Aplikasi Identifikasi Tanaman Terbaik dengan Lebih dari 2000 Spesies

Ada cara yang lebih mudah untuk mengetahuinya, yakni dengan menggunakan aplikasi identifikasi tanaman. Simak rekomendasinya!

Seperti yang diketahui kalau ada banyak sekali jenis tanaman yang tersebar di lingkungan sekitar. Terkadang hal itu membuat orang bertanya-tanya jenis dari tanaman tersebut. Namun karena sekarang jaman sudah lebih maju, maka pertanyaan ini sudah tidak perlu dilakukan. Ada cara yang lebih mudah untuk mengetahuinya, yakni dengan menggunakan aplikasi identifikasi tanaman.

Rekomendasi Aplikasi Identifikasi Tanaman

Tadi sudah disebutkan sedikit bahwa jaman sekarang semakin canggih, melakukan identifikasi tanaman hanya tinggal menggunakan aplikasi saja. Jadi tidak perlu repot bertanya kesana kemari, cukup gunakan aplikasi identifikasi tanaman saja maka pengguna sudah dapat mengetahui jenis tanaman tersebut. bagi yang ingin mencoba, dan juga penasaran dengan daftar aplikasinya. Berikut ini adalah rekomendasinya:

1. Plantifier

Aplikasi pertama ini tidak hanya membantu mengidentifikasi tanaman, tapi juga mempertemukan beberapa penggemar tanaman dalam satu platform. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat mendapatkan hasil identifikasi dengan hanya memfoto tanamannya. Kemudian hasil foto tersebut diunggah di aplikasi untuk kemudian diidentifikasi oleh pengguna lainnya terkait dengan jenis dan spesifikasi dari tanaman tersebut.

Di sini pengguna dapat mengunggah foto dengan cara mengirimkannya melalui file yang sebelumnya sudah tersimpan. Atau dapat juga dengan langsung memfotonya dari aplikasi ini. Pengguna hanya tinggal memilih mana yang menurutnya paling mudah. Nantinya hasil identifikasi dapat langsung pengguna lihat untuk mengetahui dengan jelas spesifikasi dan identitas dari tanaman ini.

2. iPflanzen

Tampilannya sangat sederhana, cocok digunakan untuk amatir yang baru mulai mencoba aplikasi seperti ini. Apalagi ukuran yang dimiliki oleh aplikasi ini juga tidak terlalu besar, dan aplikasi ini tidak memungut biaya dari penggunanya. Oleh sebab itu bagi amatir baru mulai ingin belajar tentang berbagai jenis tanaman, aplikasi yang satu ini merupakan pilihan tepat.

Hal ini semakin didukung dengan adanya bank data yang dimiliki oleh aplikasi ini, yakni 1500 tanaman. Baik yang liar, maupun tanaman hias semuanya lengkap tersedia di bank data ini. Semakin diperkuat dengan fakta bahwa aplikasi ini gratis dan ukurannya tidak terlalu besar. Tentu dapat digunakan oleh semua kalangan.

3. SmartPlant

Dapat dikatakan aplikasi identifikasi tanaman yang satu ini sangat unik. Karena di sini pengguna tidak hanya dapat melakukan identifikasi terhadap tanaman saja. Tapi juga akan mendapatkan jadwal untuk melakukan perawatan tanaman yang dimilikinya. Tentu saja jadwal yang diberikan ini berbeda-beda disesuaikan dengan jenis tanaman yang dimiliki, karena berbeda tanaman berbeda juga perawatannya.

Di aplikasi ini pengguna akan diingatkan untuk melakukan perawatan. Dari mulai melakukan penyiraman, dan beberapa hal lainnya. Jadinya tumbuhan dapat tumbuh dengan maksimal sesuai dengan keinginan. Apalagi di sini juga diberikan beberapa tips dan trik seputar pemeliharaan tanaman, baik itu hias maupun tanaman biasa. Tentu sangat membantu pengguna terkait dengan masalah perawatan tanaman ini.

4. iNaturalist

Sesuai dengan namanya naturalist, aplikasi ini mengidentifikasi semua yang ada di alam. Tidak hanya mengidentifikasi tanaman saja, tapi aplikasi ini juga dapat membantu mengidentifikasi hewan yang ada di alam. Jadinya bukan hal yang aneh lagi apabila aplikasi ini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Terutama untuk para pecinta alam yang sering mengeksplor alam liar.

Untuk tingkat keakuratannya juga aplikasi ini termasuk tinggi. Oleh karena itu tidak heran jika kemudian banyak yang menggunakannya. Hal ini semakin didukung dengan kemudahan penggunaan aplikasi ini. Tidak hanya sampai di situ, keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah selesai melakukan identifikasi pengguna dapat mengunggah foto yang diambilnya langsung ke sosial media.

5. Leafsnap

Kegiatan mengidentifikasi tanaman bagi sebagian orang dapat menjadi suatu hal yang menghibur bagi sebagian orang. Terkhusus bagi orang-orang yang memang memiliki kegemaran terhadap tanaman. Akan lebih menyenangkan lagi, apabila hasil dari identifikasi ini dapat dikumpulkan pada satu folder khusus. Jadinya pengguna tidak perlu repot mencari ketika membutuhkan hasil identifikasinya.

Hal ini dapat pengguna dapatkan dari aplikasi ini. Dimana dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melihat kembali tanaman yang sudah diidentifikasinya, karena sebelumnya sudah dikumpulkan dalam satu folder. Jadi tidak perlu lagi merasa repot saat hendak mencari alasannya. Karena kemudahannya inilah tidak heran jika kemudian semakin banyak pengguna yang memakai aplikasi ini.

6. Garden Compass

Sedikit berbeda dengan kegiatan mengidentifikasi tanaman, aplikasi ini digunakan untuk mengidentifikasi hama yang ada pada tanaman. Jadi apabila memiliki tanaman hias, atau tanaman apapun di rumah dan di sekelilingnya terdapat hama maka dapat menggunakan aplikasi ini. Pengguna hanya tinggal mengambil foto dari hama tersebut untuk kemudian nantinya akan diidentifikasi jenis hamanya.

Dengan mengetahui jenis hama yang sudah menyerang tanaman tersebut, maka tentu penanganan yang dilakukan dapat lebih tepat. Apalagi identifikasi hama yang dilakukan oleh aplikasi ini dilakukan oleh ahlinya. Tentu saja sudah terpercaya. Bagi yang ingin mencoba aplikasi ini, maka dapat langsung mendownloadnya baik itu di appstore maupun di playstore.

7. PlantSnap

Aplikasi identifikasi tanaman terakhir yang dapat dicoba adalah plantsnap. Memiliki cara kerja yang mudah, hanya tinggal mengharuskan pengguna mengambil foto tanaman yang ingin diidentifikasi saja. Kemudian kalau sudah, maka biarkan AI yang dimiliki oleh aplikasi ini untuk bekerja. Nantinya hasil tentang semua informasi dari aplikasi ini akan langsung diberikan.

Penggunaan aplikasi ini juga terhitung mudah. Apalagi untuk desain UI nya yang sangat menarik minat pengguna. Tidak akan membuat pengguna merasa bosan saat menggunakannya. Begitu juga dengan hasil yang diberikan sangat akurat. Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini dapat digunakan secara gratis di dua sistem operasi, yakni android dan juga IOS.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Identifikasi Tanaman

Semua aplikasi identifikasi tanaman di atas memiliki keunggulannya masing-masing, dan tentu dapat dipilih sesuai dengan selera. Namun sebelum memilihnya, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Tujuannya agar pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dengan lebih nyaman, dan beberapa hal tersebut yakni:

  • Memperhatikan cara aplikasi tersebut melakukan identifikasi. Sesuaikan mana yang paling tepat dan cocok untuk digunakan.
  • Melihat bank data yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Apakah datanya sudah lengkap.
  • Perhatikan spesifikasi tanaman yang diidentifikasi dari aplikasi tersebut. Apabila mencari yang khusus tanaman liar, maka dapat mencari yang sesuai.
  • Menyesuaikan dengan sistem operasi handphone yang digunakan. Pastikan aplikasi yang digunakan sudah sesuai dengan sistem operasi perangkat yang digunakan, supaya dapat digunakan dengan lebih maksimal.
  • Memperhatikan apakah aplikasi tersebut berbayar atau tidak, supaya dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.
  • Melihat review yang diberikan oleh pengguna-pengguna terlebih dahulu dari aplikasi yang hendak digunakan. Supaya pengguna dapat melihat gambaran seputar aplikasi ini dengan jelas.

Jadi, dengan rekomendasi aplikasi identifikasi tanaman di atas dan hal yang perlu diperhatikan apa saja, maka jangan bingung lagi dalam memilih aplikasinya. Dengan begitu pengguna dapat memilih aplikasi mana yang kiranya paling tepat dan nyaman untuk digunakan.