Rekomendasi Aplikasi AL Quran 30 Juz untuk HP dan PC

Ada berbagai aplikasi Al Quran 30 juz baik offline maupun online yang bisa digunakan. Melalui aplikasi tersebut tentunya membaca Al Quran jadi mudah.

Umat muslim kini sudah dapat membaca Al Quran secara digital yaitu menggunakan HP, tablet, laptop atau komputer. Ada berbagai aplikasi Al Quran 30 juz baik offline maupun online yang bisa digunakan. Melalui aplikasi tersebut tentunya membaca Al Quran menjadi lebih praktis. Apalagi bagi siapapun yang sering travelling, aplikasi ini sangatlah bermanfaat.

Aplikasi Al Quran yang Dapat Diakses di HP

Adanya aplikasi Al Quran pembaca akan mendapatkan pahala serta keberkahan dari setiap ayat suci yang dilafalkan. Apalagi di setiap aplikasi terdapat berbagai fitur menarik yang menjadi kelebihannya tersendiri. Mulai dari pengingat waktu shalat, terjemahan dan lainnya. Berikut ini beberapa aplikasi membaca Al Quran di smartphone yang bisa digunakan:

1. Al Quran Indonesia

Aplikasi pertama yang direkomendasikan adalah Al Quran Indonesia dengan didesain cukup menarik dan sudah dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia beserta audio Mp3 murottal. Selain itu, sudah tersedia tulisan latin di setiap ayat yang memudahkan bagi siapapun yang sedang belajar membaca Al Quran. Aplikasi yang dapat digunakan dalam keadaan offline ini sangat mudah diakses.

Untuk berpindah antar halaman, hanya perlu menggeser layar. Kemudian posisi membaca juga dapat diatur sesuai keinginan apakah landscape atau portrait. Aplikasi Al Quran Indonesia sudah diunduh 10 juta pengguna lebih dan memiliki fitur bookmark, penanda tajwid, mode terang dan gelap dan lainnya. Menariknya, pembaca juga bisa menandai sampai mana Al Quran sudah dibaca.

2. Quran Best

Berikutnya adalah aplikasi Quran Best yang memiliki tampilan layaknya mushaf cetak. Quran Best sudah mengantongi sertifikat tashih dari Kementerian Agama RI ini dilengkapi dengan terjemahan dan tafsir bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, Quran Best juga dilengkapi adanya audio murottal Mp3 serta pencatat lembar tilawah.

Quran Best juga dibekali berbagai tampilan mushaf Al Quran dengan beberapa standar penulisan. Seperti khat Indonesia tajwid maupun non tajwid dan juga khat Madinah tajwid maupun non tajwid. Di dalam Quran Best terdapat fitur untuk reminder khatam Al Quran ketika bulan Ramadhan tiba. Fitur lainnya adalah dzikir, bookmark, terjemahan dan masih banyak lagi.

3. Muslim Pro

Aplikasi Al Quran 30 juz ini sudah diakui jutaan ulama dari seluruh dunia yaitu Muslim Pro. Di dalam Muslim Pro sudah tersedia pengingat adzan, waktu shalat yang sangat akurat. Selain itu, semua ayat suci dapat dibaca dengan jelas dan mudah beserta terjemahan yang bisa memberikan pemahaman bagi pembaca.

Muslim Pro menawarkan berbagai fitur seperti bookmark, audio, asmaul husna, kumpulan doa harian dan kalender islami. Selain itu, aplikasi Muslim Pro juga dibekali penunjuk arah kiblat, melcak masjid terdekat serta wisata halal. Aplikasi ini juga menyediakan notifikasi audio adzan dari muadzin pilihan, tidak heran jika Muslim Pro menjadi aplikasi Al Quran terbaik.

4. Quran Majeed

Merupakan aplikasi Al Quran 30 juz yang didesain dalam bentuk naskah Utsmani. Di dalamnya tersedia terjemahan serta audio murottal. Pengguna bisa mengubah ukuran font sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, Quran Majeed juga menawarkan berbagai tema yang menarik. Tidak heran jika aplikasi Quran Majeed sudah diunduh oleh 5 juta orang lebih.

Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan Quran Majeed. Antara lain adalah fitur zoom ini, lokasi wisata halal dan masjid di sekitar dan fitur audio. Quran Majeed juga menyediakan lebih dari 45 bahasa yang bisa dipilih. Mulai dari bahasa Indonesia, Inggris dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bisa diunduh oleh pengguna Android maupun iOS.

5. MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Adalah salah satu aplikasi yang sangat memudahkan bagi siapapun yang ingin membaca Al Quran beserta terjemahannya. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan audio Mp3 murottal. Aplikasi yang sudah bersertifikat tashih oleh Kementerian Agama RI ini menawarkan berbagai macam fitur.

Aplikasi ini dapat diakses secara offline dan di dalamnya tersedia terjemahan langsung dari Kementerian Agama. Dengan desain yang elegan, aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan tema. Pengguna juga dapat mengubah mode terang dan gelap sehingga bisa memberikan kenyamanan pada mata. Apabila ingin memberikan tanda pada ayat hanya perlu klik 2x kemudian ayat akan tersimpan.

6. Umma ID

Aplikasi ini merupakan aplikasi Al Quran 30 juz buatan Indonesia. Di dalam Umma ID sudah tersedia berbagai fitur menarik yang bisa menjadi pendamping dalam beribadah. Pengguna dapat memanfaatkan beberapa fitur di dalamnya. Mulai dari petunjuk arah kiblat, pengingat waktu sholat, kelas belajar Class dan lainnya.

Aplikasi Umma ID juga sangat mudah dibaca karena sudah tersedia berbagai jenis terjemahan. Kemudian di dalam aplikasi juga sudah tersedia panduan hukum tajwid yang bisa melatih pembaca mengenal bacaan tajwid. Umma ID juga sudah dilengkapi dengan fitur bookmark serta mencari surah atau juz. Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan kelas live streaming.

Aplikasi Al Quran untuk PC

Tidak hanya di HP saja, aplikasi Al Quran juga bisa diakses melalui PC. Tentunya berbagai fitur menarik juga sudah disediakan di dalamnya. Berikut ini beberapa aplikasi Al Quran di PC yang sangat bermanfaat:

1. Ayat KSU

Aplikasi Al Quran yang dapat digunakan di PC adalah Ayat. Aplikasi Ayat sudah dibekali dengan 20 bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mendengarkan MP3 dari 20 qori ternama di dunia. Aplikasi Al Quran ini menawarkan salinan terbaik dari Mosshaf Al-Tajwid, Mosshaf Warsh, serta Mosshaf Al-Madina.

Akses penggunaan Ayat bisa dilakukan secara offline maupun online. Cara menggunakan secara online dapat dilakukan dengan mengunjunginya di situs aplikasi ini. Namun jika ingin menggunakan secara offline maka dapat mengunduh aplikasi melalui situs tersebut.

2. MyQuran Indonesia Lite Quran

Adalah aplikasi yang ditawarkan dalam bentuk software dan sudah dilengkapi menggunakan desain yang elegan serta sederhana. Adapun dalam penggunaannya, sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak fitur menarik yang disediakan oleh aplikasi besutan Indonesia ini.

Selain itu pengguna juga tidak perlu khawatir boros kuota internet, karena aplikasi ini bisa digunakan secara offline. Menariknya, di dalamnya sudah tersedia berbagai bacaan doa yang bisa menambah pengetahuan. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

3. Al Quran Mushaf Madinah

Adalah aplikasi yang akan memudahkan penggunanya dalam beribadah serta meningkatkan keimanan. Karena di dalamnya sudah tersedia berbagai keunggulan yang dapat dimanfaatkan penggunanya. Ketika ingin mencari surat tertentu, cukup dengan menyisipkan lafadz yang akan dicari. Selanjutnya aplikasi akan memunculkan hasil pencarian.

Aplikasi Al Quran ini sudah dibekali dengan fitur mengganti warna di setiap lafadz. Sehingga ketika menggunakan aplikasi, pengguna akan lebih nyaman dan tidak bingung. Untuk mengunduh aplikasi Al Quran Mushaf Madinah bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resminya.

Itulah 10 aplikasi Al Quran 30 juz yang sangat direkomendasikan. Dengan adanya aplikasi Al Quran ini, tentunya sangat memudahkan bagi siapapun yang sedang ingin membaca Al Quran secara praktis. Bahkan ketika bepergian, pengguna juga masih bisa beribadah dengan cara mudah. Apalagi di dalam aplikasi sudah tersedia berbagai fitur yang sangat membantu penggunanya.