Aplikasi Baca Novel Offline Terbaik yang Mudah Digunakan

Salah satu solusi paling pas dari permasalahan mahalnya harga novel adalah memakai aplikasi baca novel offline. Simak ulasannya!

Membaca novel adalah salah hobi yang dimiliki banyak orang. Harga novel sendiri juga terbilang mahal. Sehingga, banyak pihak yang merasa kesulitan untuk membelinya. Salah satu solusi paling pas dari permasalahan ini adalah memakai aplikasi novel. Saat ini, aplikasi baca novel offline sudah bisa didapat dan dipakai dengan mudah.

Melalui aplikasi offline ini, maka setiap pengguna bisa membaca novelnya tanpa harus memiliki sambungan internet. Sebenarnya aplikasi membaca novel ada banyak. Namun tidak semua menyediakan fitur baca offline. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi novel offline yang bisa dimanfaatkan:

1. Wattpad

Aplikasi baca novel offline pertama yang masuk dalam jajaran rekomendasi adalah Wattpad. Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan aplikasi paling populer di kalangan pecinta novel. Dalam aplikasi ini, diisi dengan ragam genre novel terkhusus yang bisa dibaca. Pilihan judulnya juga sangat banyak dengan alur yang berbeda-beda.

Pengguna bisa membaca novel secara gratis untuk berbagai judulnya. Namun dalam aplikasi ini, juga ada judul berbayar yang bisa dibuka jika memiliki akun premium. Wattpad.com selaku pengembang juga memberi fitur penyimpanan perpustakaan untuk para pembaca. Membaca secara offline juga memungkinkan dengan aplikasi yang satu ini.

Jika ingin membacanya secara offline, maka setiap judul harus dimasukkan ke dalam novel offline. Dengan metode tersebut, maka pembaca bisa menikmatinya meski tanpa sambungan internet Bagi pembaca yang juga ingin menyalurkan hobi menulisnya, maka aplikasi yang satu ini juga bisa dijadikan pilihan.

2. NovelMe

Pilihan aplikasi kedua yang direkomendasikan adalah NovelMe. Dunia baca novel dengan aplikasi memang dipenuhi dengan kompetitor. NovelMe termasuk yang paling banyak dipakai di samping Wattpad. FunSoft.dev selaku pengembang aplikasi ini mengkhususkan genre romantis untuk mengisi judul novelnya.

Jadi, judul dengan genre selain romantis hampir tidak ditemukan. Meski ada genre lain seperti fantasi dan horor, namun unsur romantis tidak akan pernah hilang di dalamnya. Jika membaca novel di aplikasi ini, tentunya akan ada banyak kemudahan yang akan didapat. Salah satunya adalah tampilannya yang mudah untuk dipahami.

Tidak hanya itu saja, pembaca yang ingin menulis novel sendiri juga bisa. Melalui fitur yang sudah disediakan, pengguna bisa mulai merancang novelnya sendiri. Pihak pengembang juga sering mengadakan ajang kompetisi untuk penulis. Pemenangnya tentu akan mendapat hadiah yang sangat menarik.

3. Storial.co

Rekomendasi aplikasi baca novel offline selanjutnya adalah Storial.co. Aplikasi ini juga menyediakan fitur membaca offline untuk penggunanya. Selain itu, genre novel yang ada di dalamnya juga sangat beragam. Mulai dari komedi, fantasi, horor, romansa, dan lain sebagainya. Bahkan, kumpulan puisi juga ada di dalamnya.

Tampaknya, pengembang Storial.co sangat memperhatikan pembaca. Hal ini terbukti dengan fitur unik yang ditawarkan. Jika pembaca menemukan kutipan menarik, maka kutipan tersebut bisa diubah menjadi quotes. Kemudian, quotes tersebut bisa dibagikan ke media sosial masing-masing pembaca yang membuatnya.

Fitur ini tidak bisa ditemukan di aplikasi lainnya. Maka dari itu, akan sangat sayang jika tidak memanfaatkan aplikasi ini secara mendalam. Ukuran aplikasinya sendiri juga tergolong minim. Sehingga perangkat yang dipakai menampung aplikasi ini tidak akan terbebani selama pemakaian berlangsung.

4. WebNovel

WebNovel juga masuk dalam jajaran aplikasi baca novel offline yang bisa dipakai. Cloudary sudah menciptakan aplikasi baca ini dengan sangat berkualitas. Bahkan, aplikasi ini masuk dalam jajaran aplikasi pilihan editor di Play Store. Jadi bisa dipastikan jika aplikasi ini memang memiliki tingkat kualitas yang tinggi.

Genre yang dihadirkan dalam aplikasi ini juga sangat banyak. Bahkan, update novel juga akan terjadi setiap hari. Jadi setiap pengguna bisa memilih yang sesuai dengan keinginan dan bisa membacanya setiap hari. Bagi yang ingin membuat novel sendiri, aplikasi ini juga sudah memberikan fitur untuk merealisasikannya.

Jika pengguna sudah sangat nyaman dengan aplikasi ini dan ingin berdiskusi dengan pembaca lainnya, maka bisa mengikuti komunitas pembaca di dalamnya. Fitur semacam ini tentu tidak akan ditemukan di aplikasi baca lainnya. Dalam komunitas tersebut, setiap anggota bisa berbagi pendapat tentang novel yang kemudian bisa dijadikan bahan diskusi.

5. NovelToon

Pilihan aplikasi baca novel secara offline lainnya adalah NovelToon. Dengan aplikasi ini, setiap pengguna bisa membaca novel secara gratis tanpa ada pembelian. Bagi kalangan remaja, maka aplikasi ini merupakan pilihan yang paling pas. Hal ini dikarenakan dalam Novel Toon kebanyakan adalah judul bertema remaja.

Karena judul novel dalam aplikasi ini sangat banyak, maka tidak jarang pengguna akan kebingungan mencari yang sesuai dengan keinginan. Namun tenang saja. Hal ini bisa disiasati dengan mudah karena NovelToon akan merekomendasikan judul. Saat pertama membuat akun, setiap pengguna harus mengisi identitas tertentu.

Dengan informasi dari identitas tersebut, maka rekomendasi cerita akan diberikan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Pengguna hanya perlu memilih judul mana yang ceritanya menarik untuk dibaca. Bagi pengguna yang tidak suka mencari terlalu lama, maka metode ini akan sangat pas untuk dimanfaatkan.

6. NovelPlus

NovelPlus.co adalah pengembang dari aplikasi yang satu ini. Jika dibandingkan dengan aplikasi baca novel lainnya, NovelPlus memiliki ukuran yang paling minim yaitu sekitar 8 MB. Jadi, pengguna tidak perlu memiliki terlalu banyak ruang di penyimpanan. Pengguna aplikasi ini juga cukup banyak dan bisa dibilang populer.

Bagi pembaca yang suka beragam genre novel, maka membaca di NovelPlus merupakan salah satu solusi pilihan. Dengan aplikasi ini, pengguna juga bisa menulis novel sendiri sesuai dengan genre yang diinginkan. Terlebih, jika cerita menarik maka akan menjadi rekomendasi editor dan jumlah pembaca akan meningkat.

Saat sedang membaca novel di NovelPlus, setiap pembaca akan saling terhubung. Dengan demikian, setiap pembaca juga bisa berdiskusi dengan pembaca dan penulis mengenai cerita yang sedang dibaca. Hal ini tentunya akan sangat menarik untuk dijadikan fitur unggulan dan dirasakan setiap pembaca.

7. Kobo Books

Rekomendasi terakhir yang diberikan adalah aplikasi bernama Kobo Books. Aplikasi ini merupakan aplikasi novel yang dikemas dalam bentuk ebook. Selain itu, audiobook juga bisa ditemukan dalam aplikasi ini. Pembaca bisa menikmati semua konten di aplikasi ini secara offline tanpa harus menyambungkan jaringan internet.

Fitur yang diberikan aplikasi ini juga tidak kalah banyak. Salah satunya adalah soal tampilan yang bisa disesuaikan kecerahannya. Dengan demikian, pengguna bisa membaca secara nyaman di berbagai keadaan. Model tampilannya juga sederhana dan tidak terlalu rumit. Sehingga, pengguna akan mudah beradaptasi dengan aplikasi.

Demikianlah daftar lengkap tentang aplikasi baca novel offline yang direkomendasikan untuk dibaca saat mengisi waktu luang. Melalui beragam aplikasi ini, maka setiap pengguna tentunya bisa menuntaskan hobi baca tanpa harus membeli novel secara nyata dan mengeluarkan uang banyak. Cara ini juga terbilang murah serta mudah untuk dimanfaatkan para pecinta novel.