Rekomendasi 9 Aplikasi Belajar Offline SMP Terbaik

Semua pelajar SMP kini bisa memanfaatkan aplikasi belajar offline SMP yang bisa diinstall melalui smartphone.


Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi penunjang pembelajaran siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal untuk belajar di tempat kursus. Semua pelajar SMP kini bisa memanfaatkan aplikasi belajar offline SMP yang bisa diinstall melalui smartphone.

Pentingnya Aplikasi Belajar Bagi Siswa

Penggunaan smartphone memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengakses berbagai informasi, khususnya mengenai pembelajaran. Apalagi saat ini tersedia banyak aplikasi yang mendukung proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Berbagai fitur yang terdapat di dalamnya, mampu meningkatkan pengetahuan bagi para siswa. Beberapa manfaat adanya aplikasi belajar bagi siswa antara lain:

  • Metode belajar yang lebih bervariasi;
  • Minat siswa untuk belajar lebih meningkat;;
  • Mewujudkan situasi belajar yang lebih efektif;
  • Menumbuhkan keterampilan tertentu di bidang teknologi;
  • Menawarkan kemudahan dalam belajar; dan
  • Memberikan motivasi belajar bagi siswa.

Aplikasi Belajar Offline SMP

Menggunakan aplikasi ini, pelajar SMP kini bisa belajar di rumah saja. Tentunya dengan aplikasi ini belajar menjadi lebih menyenangkan dan siswa semakin betah. Berikut ini aplikasi belajar offline SMP yang menarik untuk digunakan:

1. Ruang Guru

Salah satu aplikasi belajar offline bagi siswa SMP yang paling populer saat ini adalah Ruang Guru. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, sehingga orang tua atau dewan guru harus melakukan pembayaran terlebih dahulu kepada developer. Adapun harga per tahun sangatlah terjangkau, apalagi banyak diskon menarik yang sering menanti.

Aplikasi Ruang Guru dapat digunakan secara offline maupun online. Untuk layanan offline, pembayaran hanya dilakukan satu kali. Kemudian siswa akan diberikan video terdahulu atau video yang masih belum dibaharui. Adapun jika ingin belajar secara real time, maka bisa dilakukan secara online yang mengharuskan untuk membayar terlebih dahulu sebelum aplikasi dibuka.

2. Cerdasional

Selanjutnya adalah aplikasi belajar Cerdasional yang bisa membantu siswa siswi SMP untuk memahami pembelajaran secara cepat. Aplikasi offline ini menyediakan berbagai fitur yang sangat lengkap. Mulai dari e-book pembelajaran, rangkuman soal-soal ujian hingga kalkulator.

Untuk menggunakan aplikasi Cerdasional sangat mudah, siswa hanya perlu mengunduhnya secara gratis melalui Playstore. Adapun kapasitas dari aplikasi Cerdasional juga tidak besar yaitu hanya 16 MB saja. Maka dari itu, aplikasi ini sangat kompatibel untuk digunakan di berbagai macam spesifikasi Android.

3. Buku Sekolah Digital (BSE)

Aplikasi Buku Sekolah Digital atau BSE merupakan aplikasi belajar offline SMP yang sangat lengkap. BSE ini dibuat oleh Dinas Pendidikan Pusat yang berisi berbagai buku hasil request para penggunanya. Sehingga jika pelajar ingin request buku dapat menghubungi kontak yang sudah tersedia.

Aplikasi ini dibuat untuk membantu pelajar SMP yang ingin memiliki buku ajar tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Di dalamnya berisi berbagai macam kumpulan buku pelajaran yang sangat bermanfaat. Tidak hanya buku untuk SMP saja, melainkan juga buku ajar atau buku pegangan guru SD, SMA serta kejuruan.

4. Rangkuman Fisika SMP

Jika sedang mengikuti olimpiade sains seperti Fisika, cobalah untuk mengunduh aplikasi Rangkuman Fisika SMP. Di dalam aplikasi ini sudah tersedia berbagai materi Fisika yang ditulis secara jelas dan runtut. Sehingga sangat cocok bagi pelajar SMP yang di materi di sekolahnya kurang mumpuni.

Adapun keunggulan dari aplikasi ini dibandingkan aplikasi belajar gratis lainnya adalah adanya video pembelajaran yang atraktif. Sehingga siswa hanya perlu menyimak video tersebut hingga paham mengenai pembelajaran yang sedang dijelaskan.

5. Rangkuman Biologi SMP

Di dalam mata pelajaran Biologi biasanya siswa harus memiliki pemahaman serta hafalan yang bagus agar dapat menguasai materi dengan baik. Aplikasi yang diperuntukkan bagi siswa SMP ini berisi semua rangkuman materi Biologi yang dikemas per judul secara eksklusif. Sehingga siswa dapat memilih materi yang sesuai dengan tingkat pendidikan.

Aplikasi Rangkuman Biologi SMP ini menawarkan berbagai materi yang sangat lengkap. Bahkan menurut developer, aplikasi ini mengacu pada salah satu buku pelajaran pegangan siswa. Tidak heran jika materi yang disediakan oleh aplikasi sangat lengkap. Materi yang tersedia sudah dibuat dalam bentuk rangkuman, sehingga lebih mudah dipahami.

6. Rangkuman Matematika SMP

Beberapa siswa tidak menyukai pelajaran Matematika karena dirasa sangat sulit jika dibandingkan dengan pelajaran lainnya. Apalagi banyak rumus Matematika yang harus dipahami dengan baik. Melalui aplikasi Rangkuman Matematika SMP ini, siswa dapat belajar dengan lebih efektif. Karena aplikasi ini menawarkan tampilan semenarik mungkin yang di dalamnya terdapat konsep game agar siswa tidak bosan.

Apabila dilihat dari rangkuman materi yang disediakan, siswa akan jauh lebih mudah dalam memahaminya. Karena rangkuman materi Matematika ini dibuat dengan sangat sederhana. Bahkan sudah tersedia rumus cepat yang jauh lebih efektif. Setelah siswa paham dengan materi tersebut, siswa bisa mengerjakan soal yang tersedia. Soal-soal inilah yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa.

7. Star Shart

Berikutnya adalah aplikasi Star Shart yang menawarkan materi pembelajaran Geografi maupun Astronomi. Di dalam aplikasi ini berisi berbagai informasi mengenai benda-benda langit. Siswa bisa mempelajari tentang jarak bumi ke planet lainnya, keluarga bintang, titik koordinat dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sangat informatif sehingga layak digunakan.

Apalagi jarang sekali ada aplikasi yang membahas mengenai ilmu Astronomi secara lengkap. Hal inilah yang menjadi daya tarik para siswa, tidak heran jika banyak yang mengunduh Star Chart. Bahkan, banyak orang yang menganggap bahwa aplikasi ini merupakan ensiklopedia benda langit. Perlu diketahui bahwa tampilan dari aplikasi ini sangat mudah dipahami.

8. Cerdas Cermat SMP

Selanjutnya aplikasi Cerdas Cermat SMP merupakan aplikasi belajar offline SMP yang di dalamnya tersedia kumpulan soal-soal SMP. Melalui aplikasi ini, siswa bisa belajar dengan mengerjakan soal-soal seperti Ujian Sekolah, kuis harian, Ujian Nasional, Ujian Tengah Semester dan lainnya.

Di dalam aplikasi ini tersedia permainan interaktif, sehingga siswa dapat belajar dengan cara menyenangkan. Siswa bisa belajar berbagai mata pelajaran mulai dari IPS, Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Penjaskes, TIK, PKN, Sejarah dan lainnya. Tidak hanya itu, soal yang diberikan juga tersedia mulai dari kelas 7 hingga kelas 9.

9. Hello English

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini bisa digunakan secara offline ataupun online. Hello English mendukung pembelajaran offline dengan adanya 475 pelajaran serta 10.000 kosa kata. Siswa juga bisa mempelajari bahasa lainnya, karena di dalam aplikasi ini sudah tersedia 22 bahasa lainnya.

Hello English menawarkan metode belajar bahasa Inggris dengan berbagai cara. Mulai dari video, teks berita, audio, game interaktif, diskusi dengan guru dan sebagainya. Dengan metode pembelajaran tersebut, belajar menjadi lebih menyenangkan dan ringan.

Itulah beberapa aplikasi belajar offline SMP yang sangat layak untuk diunduh. Apalagi saat ini sistem pembelajaran dilakukan secara daring yang membuat siswa terkadang tidak mudah untuk memahami materi pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi belajar tersebut, siswa bisa lebih fokus belajar. Apalagi di dalamnya tersedia tes untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap materi tersebut.