Daftar 10 Aplikasi Cek Barang Original untuk Android

Kini sudah ada beragam pilihan aplikasi cek barang original yang bisa digunakan untuk mengecek, apakah barang yang dibeli asli atau tidak.


Saat berbelanja, keaslian produk selalu jadi hal yang paling dikhawatirkan. Apalagi jika membelinya tidak di toko resmi yang sulit untuk dilacak. Tapi jangan khawatir, karena kini sudah ada beragam pilihan aplikasi cek barang original yang bisa digunakan untuk mengecek, apakah barang yang dibeli asli atau tidak.

Bahaya Barang Palsu

Keberadaan aplikasi cek barang original sangatlah membantu, terlebih karena semakin maraknya peredaran barang palsu. Beredarnya barang palsu tidak hanya merugikan produsen, juga memiliki akibat yang buruk bagi konsumen. Sebagai pengguna barang secara langsung, konsumen tidak akan mendapatkan kualitas barang yang sama seperti yang seharusnya.

Setiap produk didesain bukan hanya dari segi estetika saja, melainkan juga dari segi keamanan dan kesehatan. Pada barang palsu, faktor keamanan dan kesehatan diabaikan. Yang dikedepankan hanyalah penampilan fisik barang palsu yang sudah semirip mungkin dengan barang aslinya. Sementara untuk faktor lainnya diabaikan begitu saja.

Aplikasi Pengecek Barang Original atau Tidak

Fungsi dari aplikasi semacam ini adalah memberikan rasa aman kepada pembeli saat melakukan transaksi pembelian. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa menguntungkan penjual. Hal ini dikarenakan, setelah pembeli yakin bahwa barang yang dijual aman, pasti tidak akan ragu lagi untuk melakukan transaksi berikutnya. Untuk itu, ini daftar aplikasi yang bisa dicoba:

1. HiddenTag - Authenticity Verification&shopping

Aplikasi cek barang original yang pertama adalah HiddenTag. Cara kerja dari aplikasi ini adalah melakukan scan pada kode Hiddentag yang ada pada produk. Apabila hasil scan menyatakan bahwa barang tersebut palsu, maka ada menu report yang bisa dipilih. Bisa juga menuliskan review pada produk tersebut.

Perlu diperhatikan lagi, bahwa kode yang dimaksud bukanlah kode QR ataupun barcode, melainkan kode Hiddentag. Aplikasi ini tidak akan bisa digunakan untuk melakukan scan pada bentuk kode lainnya. Adapun mayoritas produk yang memiliki kode Hiddentag ini adalah produk-produk Korea.

2. Barcode it Checker

Bila HiddenTag tak bisa melakukan pengecekan selain pada kode Hiddentag, maka bisa menjajal aplikasi yang satu ini. Barcode it Checker didesain untuk mengecek keaslian barang melalui barcode-nya. Cukup buka aplikasi dan scan barcode menggunakan kamera ponsel, aplikasi akan menampilkan informasi keaslian produk.

Selain menyatakan bahwa produk asli atau tidak, jika produk tersebut asli, maka akan muncul di negara mana produk tersebut diproduksi. Aplikasi ini bisa digunakan melalui ponsel maupun tablet Android. Satu poin yang paling penting, Barcode it Checker sepenuhnya bisa digunakan secara gratis!

3. BPOM Mobile

Untuk mengecek keamanan produk makanan, obat, serta kosmetik, maka BPOM Mobile bisa diandalkan. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak keaslian dari produk-produk yang mencantumkan nomor izin BPOM. Apabila menemukan produk dengan nomor izin palsu, maka pengaduan juga bisa diajukan langsung melalui aplikasi.

Untuk melakukan scan pada produk, arahkan kamera pada barcode atau kode QR yang ada. Yang perlu diperhatikan, untuk menggunakan BPOM Mobile, berikan izin kepada aplikasi untuk menggunakan kamera dan mengakses GPS. Akses GPS diperlukan untuk mengetahui lokasi pengguna saat melakukan scan.

4. QR & Barcode Scanner

Aplikasi scanner ini bisa melakukan scan pada kode QR dan barcode suatu produk. Cukup buka aplikasi dan langsung scan, aplikasi akan langsung menampilkan hasilnya tanpa perlu mengklik apa pun lagi. 

Hasil scan yang bisa dibaca dengan aplikasi ini bervariasi. Pembacaan teks, URL, ISBN, nomor kontak, kalender, email, produk, lokasi, WiFi, dan masih banyak lagi bisa dilakukan. Selain melakukan scan, aplikasi ini pun bisa dimanfaatkan untuk membuat kode QR. Untuk melakukannya, masukkan data yang ingin diubah dan klik generate untuk membuat kode.

5. Cek Keaslian Produk PT. ADEV NATURAL INDONESIA

Sedikit berbeda dari aplikasi cek barang original yang satu ini, yaitu hanya bisa digunakan untuk mengecek keaslian dari barang tertentu saja. Jadi, aplikasi ini hanya akan mengecek apakah barang merupakan produk yang diproduksi oleh PT. ADEV NATURAL INDONESIA atau bukan.

PT. ADEV sendiri merupakan sebuah perusahaan produsen kosmetik kenamaan. Perusahaan ini menerima jasa produksi kosmetik atau yang lebih dikenal dengan istilah jasa maklon. Karena banyaknya produk yang telah diproduksi atas permintaan para klien, PT. ADEV melakukan langkah terobosan agar konsumen tahu mana produk yang asli dan mana yang bukan.

6. QR & Barcode Reader

QR & Barcode Reader bisa membaca berbagai format kode barcode seperti QR, Aztec, UPC, Data Matix, EAN, Code 39, dan masih banyak lagi. Untuk itu, tak perlu ragu untuk melakukan scan dengan aplikasi ini dan dapatkan informasi produk yang diinginkan. 

Yang istimewa, scan tidak harus dilakukan melalui pemindaian kamera, karena file gambar pun bisa di-scan. Selain itu, ada juga fitur senter untuk memudahkan pemindaian di lokasi yang gelap. Bisa juga melakukan zoom agar bisa memindai kode yang berukuran kecil atau berada di tempat yang sedikit berjarak dari ponsel.

7. CertiEye

Sudah banyak pengguna yang memanfaatkan CertiEye untuk mengecek keaslian suatu produk. Hasil scan-nya pun bisa dijamin akurat dan merupakan informasi yang sebenar-benarnya. Oleh karenanya, pengguna bisa langsung mengetahui keaslian produk tanpa harus menunggu ahli membuat penilaian.

Hanya saja, scan keaslian produk dengan CertiEye hanya bisa dilakukan untuk produk yang memiliki Certi Mark. Selain melakukan scan produk, aplikasi ini juga bisa membuka data dan informasi seputar produk yang lebih mendalam. Cukup klik pada ‘More Product Info’ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut pada produk tersebut.  

8. Barcode Scanner

Meski bernama Barcode Scanner, kode yang bisa di-scan oleh aplikasi ini bukan hanya barcode saja. Informasi yang tersembunyi pada Data Matrix dan kode QR juga bisa terbaca dengan menggunakan Barcode Scanner ini. URL dan informasi lainnya pun bisa dengan mudah diperoleh hanya dengan sekali scan.

Bila terjadi masalah dan Barcode Scanner tidak bisa melakukan scan, cobalah untuk mengatasinya terlebih dahulu. Caranya dengan membuka menu setting dan enable semua pilihan yang ada. Kemudian, disable satu per satu untuk menentukan mana yang terkena bug. Satu hal lagi, aplikasi ini tidak memiliki iklan. Jadi, jika melihat iklan, bisa dipastikan itu merupakan malware. 

9. Epson Genuine

Aplikasi cek barang original ini hanya bisa digunakan khusus untuk produk-produk Epson Indonesia. Artinya, hanya produk Epson yang ada di Indonesia saja yang bisa di-scan. Aplikasi ini bisa memindai, mana yang benar-benar produk asli Epson dan mana yang bukan. Jika produk dinyatakan asli, maka akan ada hasil keterangan yang menyatakan bahwa produk consumable.

Seperti yang diketahui, untuk memastikan bahwa produk gadget seperti printer bisa bertahan lama adalah dengan menggunakan sparepart asli. Oleh karenanya, aplikasi ini merupakan upaya Epson Indonesia dalam membantu konsumen untuk menjaga produk Epson-nya.

10. QR Scanner - Barcode Reader

Satu lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian barang adalah QR Scanner - Barcode Reader. Aplikasi keluaran TrustedApp ini bisa melakukan scan terhadap produk dengan aman. Artinya, aplikasi ini akan memastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang tertera pada kode memang aman untuk dibuka.

Hasil scan yang pernah dilakukan juga akan tersimpan di dalam aplikasi dengan adanya fitur history. Selain itu, ada pula fitur senter untuk memudahkan dalam melakukan scan kode di malam hari. 

Keberadaan berbagai macam aplikasi cek barang original memudahkan konsumen dalam memastikan keaslian produk. Menggunakan produk yang asli jelas lebih direkomendasikan dibandingkan menggunakan barang palsu.