Khawatir Hujan? Aplikasi Cuaca Terbaik Ini Bisa Diandalkan

Menjawab keresahan ini, berbagai aplikasi cuaca terbaik hadir di toko aplikasi sehingga dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.


Datangnya musim pancaroba seringkali dianggap sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan karena rentan sakit dan ketidakpastian cuaca. Menjawab keresahan ini, berbagai aplikasi cuaca terbaik hadir di toko aplikasi sehingga dapat diakses dengan mudah melalui smartphone. Dengan demikian, persiapan akan lebih matang untuk menghadapi kemungkinan hujan maupun panas.

Daftar Aplikasi Cuaca dengan Kualitas Terbaik

Mengikuti ramalan cuaca yang setiap hari ditayangkan di televisi masih banyak dilakukan, namun tak semua orang memiliki waktu untuk menonton TV. Kesibukan membuat masyarakat lebih banyak berkutat di depan smartphone yang dapat dibuka kapan saja. Agar bisa mengetahui perkiraan cuaca setiap hari dan mengantisipasinya, berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

1. Info BMKG

Membicarakan aplikasi cuaca terbaik, nama BMKG tidak dapat dilewatkan. Tidak hanya hadir dalam informasi di televisi, BMKG juga hadir dalam versi aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam mengaksesnya. Sudah diunduh hingga lima juta kali, apps berukuran 9.3 MB ini masih menjadi kepercayaan banyak orang.

Fitur andalan yang terdapat dalam Info BMKG yakni prakiraan cuaca selama tujuh hari dari berbagai kecamatan Indonesia. Ada juga informasi seputar iklim, prediksi dan analisa curah hujan, kualitas udara, cuaca di bandara, perkiraan gempa bumi dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa diandalkan untuk memantau kondisi di sekitar lokasi pengguna sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi.

2. Weather Forecast

Weather Forecast merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Convenient & Easy Apps. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menghadirkan ramalan cuaca dengan akurasi tinggi. Tidak hanya menampilkan ramalan cuaca di kota yang ditinggali, namun hingga mancanegara. Weather Forecast juga melaporkan analisa mendetail seputar cuaca seperti suhu temperatur, bahkan kecepatan angin.

Penggunaannya mudah, yaitu cukup mengunduh aplikasinya di Play Store kemudian menyambungkannya dengan GPS dan melakukan pengaturan yang sesuai kebutuhan. Dengan fiturnya yang lengkap, Weather Forecast hanya berukuran 6 MB sehingga tidak menghabiskan banyak ruang.

3. Transparent Clock & Weather

Aplikasi cuaca terbaik selanjutnya adalah Transparent Clock and Weather yang telah diunduh hingga melebihi 50 juta kali. Dalam apps buatan Machapp Software ini pengguna dapat mengamati ramalan cuaca serta jam digital berupa widget yang cocok untuk beragam jenis smartphone. Fiturnya terbilang lengkap seperti menampilkan persentase baterai, alarm, serta jadwal harian.

Informasi seputar sistem internal seperti sisa memori microSD serta status WiFi juga ditampilkan, sehingga efektif untuk pengguna yang aktif menggunakan smartphone. Aplikasi berukuran 23 MB ini memiliki hingga sepuluh widget yang dapat disesuaikan selera dan bisa diunduh dari Play Store.

4. Morecast

Mencari aplikasi cuaca terbaik dengan tampilan antarmuka (interface) yang interaktif dan enak dilihat? Morecast menjadi salah satunya. Aplikasi buatan Ubimet ini memiliki desain yang didominasi warna ungu dan biru, dilengkapi tata letak yang mudah untuk dipahami orang awam. Saat menjalankan aplikasinya, pada bagian atas terdapat situasi cuaca yang sedang berlangsung (real time).

Saat di scroll, rincian analisanya dapat dilihat lebih lengkap bahkan hingga tujuh hari mendatang. Dengan tampilannya yang simple, Forecast menyediakan fitur lengkap seperti navigasi cuaca yang sangat berguna untuk memantau perjalanan. Unduh aplikasinya melalui Play Store dengan ukuran 27 MB.

5. Yahoo Weather

Nama Yahoo telah banyak dikenal oleh pengguna internet karena berbagai layanan yang ditawarkannya seperti Yahoo mail. Yahoo juga mengeluarkan aplikasi ramalan cuacanya sendiri yaitu Yahoo Weather dan sudah tersedia di Play Store.

Dalam apps berukuran 33 MB ini, tersedia informasi mengenai ramalan cuaca di hari ini maupun masa depan. Informasinya terbilang lengkap seperti tekanan angin, temperatur, serta peta yang interaktif. Fitur peta ini memudahkan pengguna mencari tahu tentang satelit, radar, hingga cuaca bersalju.

6. Weather by WeatherBug

Ingin mencoba aplikasi prakiraan cuaca yang unik? Weather by WeatherBug bisa menjadi pilihan, karena tersedianya fitur berupa kamera lalu lintas yang dapat memantau kepadatan pada titik tertentu. Selain itu, pengguna juga dapat membagikan foto serta album yang dapat diakses kapan saja. Aplikasi ini mengusung logo kumbang sehingga membuatnya mudah dibedakan dari aplikasi sejenis.

Dari segi interface terbilang unggul karena menyajikan tampilan yang jelas dan interaktif. Pengguna dapat mencari tahu ramalan cuaca pada area tempat tinggal secara detail, karena kondisi di setiap distrik kota pun bisa berlainan. Apps berukuran 42 MB ini dapat diunduh gratis melalui Play Store.

7. Accuweather

Membicarakan aplikasi cuaca terbaik, tidak lengkap jika belum menyertakan Accuweather. Aplikasi berukuran 45 MB ini telah diunduh hingga melebihi 100 juta kali. Terlebih, Accuweather seringkali terinstal otomatis pada perangkat Android sehingga namanya tak lagi asing. Apps ini dapat memberikan laporan cuaca secara akurat dan menampilkan suhu ruangan.

Dilengkapi grafik, radar, serta peta, pengguna juga dapat melihat video pada wilayah tempat tinggalnya. Fitur yang komprehensif dan mudah digunakan menjadikannya salah satu rekomendasi terbaik untuk melihat ramalan cuaca.

8. The Weather Channel

Aplikasi untuk melihat ramalan cuaca sangat banyak, namun The Weather Channel merupakan salah satu yang paling up to date dalam menampilkan informasinya. Terbukti dengan nilainya yang tinggi di Play Store yaitu 4.7. Keunggulan utamanya yakni dapat menampilkan ramalan cuaca sampai sepuluh hari mendatang. Ramalan ini memuat kelembaban, titik embun, visibilitas, kecepatan angin, dan sebagainya.

Bahkan tersedia video dari berbagai negara seputar kondisi cuacanya. Sederhananya, pengguna dapat mengatur sendiri informasi apa saja yang ingin ditampilkan pada layar smartphone sehingga bisa memilih yang terpenting. Dengan tampilan yang sederhana namun interaktif, pengguna dapat mengunduh aplikasinya dengan ukuran 36 MB.

Seberapa Akurat Data dari Aplikasi Cuaca?

Penggunaan aplikasi yang ada di smartphone dapat membantu masyarakat dalam mengetahui dan mengantisipasi kondisi cuaca. Di era yang serba digital seperti sekarang, pepatah untuk sedia payung sebelum datangnya hujan tidak lagi relevan. Berbekal aplikasi, masyarakat dapat mengantisipasi sejak jauh hari terkait cuaca yang akan datang.

Namun, hal yang umum ditanyakan adalah bagaimana akurasi dari aplikasi untuk memperkirakan cuaca tersebut. Berdasarkan informasi dari Tirto.id, sebagian besar dari apps perkiraan cuaca menggunakan data yang berasal dari berbagai sumber. Beberapa di antaranya seperti NASA, satelit, Weather Service, balon udara untuk pengamatan cuaca, dan lain-lain.

Data yang dihimpun dari berbagai lokasi dan sensor seperti yang disebutkan membuat akurasi pada aplikasi cuaca terbaik semakin akurat. Organisasi BMKG dari berbagai negara mengklaim telah memiliki 10 ribu lebih titik pengamatan di penjuru dunia. Data ini memuat informasi penting seperti curah hujan, kecepatan angin, titik embun, temperatur, dan lain-lain.

Deputi dari BMKG Indonesia yang memiliki aplikasinya sendiri juga mengungkapkan data yang tertera dalam aplikasinya. Dijelaskan bahwa prakiraan cuaca tersebut hadir sebagai data dari berbagai titik. Ada data asli dan data pengamatan, dibantu dengan 180 kantor dari BMKG yang rutin melakukan pengumpulan data dan bekerjasama dengan instansi lainnya sehingga datanya dapat dipercaya.

Demikian pembahasan seputar aplikasi cuaca terbaik yang akurasinya tinggi dan menyediakan beragam informasi penting. Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia, masyarakat tidak perlu lagi mengkhawatirkan perubahan cuaca yang mendadak. Tanpa menunggu ramalan cuaca di TV, berbekal smartphone sudah bisa memeriksa perkiraan cuaca dengan beberapa klik saja.