Rekomendasi 8 Aplikasi Desain Rumah Android Offline dan Keuntungannya

sudah banyak aplikasi desain rumah Android offline yang mendukung hobby mendesain interior. Ini rekomendasi aplikasinya!


Memiliki rumah yang didesain sendiri tentunya menjadi impian semua orang. Akan ada kepuasan tersendiri ketika merancang rumah sendiri. Apalagi sekarang untuk mendesain rumah bisa dilakukan dengan mudah yaitu hanya membutuhkan smartphone saja. Tentunya karena sudah banyak aplikasi desain rumah Android offline yang mendukung kegiatan ini.

Aplikasi Desain Rumah yang Direkomendasikan

Adanya aplikasi desain rumah Android offline, semua orang bisa membuat bentuk bangunan rumah ingin seperti apa. Ukuran bangunan hingga model rumah bisa dibuat sesuai dengan daya imajinasi masing-masing. Berikut adalah beberapa aplikasi pendukung untuk membuat desain rumah sendiri:

1. Planner 5D-Interior Design (Planner 5D)

Kini sudah tersedia aplikasi desain rumah Android offline terbaik, salah satunya adalah Planner 5D. Dengan aplikasi desain ini, pengguna dapat merancang rumah secara interior maupun eksterior. Tampilan dari aplikasi ini cukup sederhana sehingga sangat mudah digunakan, bahkan cocok digunakan oleh pemula. Hasil desain akan terlihat sangat realistis karena tersedia mode 2D serta 3D.

Di dalam aplikasi Planner 5D, sudah tersedia berbagai item untuk mendesain rumah. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dibekali berbagai macam furniture rumah agar hasil desain memiliki tampilan yang lebih menarik. Pengguna bisa melihat hasil desain rumah secara realistis, dengan menggunakan mode Virtual Reality yang ditawarkan oleh aplikasi.

2. Houzz Interior Design Ideas (Houzz)

Aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat desain rumah idaman adalah Houzz Interior Design Ideas. Melalui aplikasi desain rumah gratis ini, pengguna bisa mendapatkan berbagai inspirasi. Mulai dari merancang, membangun, renovasi maupun dekorasi rumah impian. Houzz Interior Design Ideas menjadi aplikasi yang direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin mendesain rumah di bagian interior.

Pengguna dapat memilih berbagai macam furniture yang sudah disediakan di dalam aplikasi. Tentunya pengguna bisa memilih sesuai dengan selera, sehingga terwujud desain rumah impian. Dengan berbagai interior menarik di dalamnya.

3. Home Design 3D Outdoor/ Garden

Desain rumah semakin maksimal jika dilakukan hingga bagian luar rumah juga. Aplikasi desain rumah Android offline yang mendukungan dalam merancang bagian luar rumah adalah Home Design 3D Outdoor/ Garden. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa mendekorasi bagian eksterior rumah dengan sesuka hati.

Karena aplikasi ini menawarkan beberapa pilihan dekorasi seperti pagar, taman, kolam renang dan lainnya. Pengguna juga dapat menentukan tanaman apa yang ingin diletakkan di bagian luar rumah. Jangan khawatir, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang akan membantu untuk mencarikan ide desain eksterior rumah.

4. Home Design 3D Freemium (Anuman)

Selanjutnya adalah aplikasi Home Design 3D (Anuman) yang bisa digunakan secara offline. Aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore ini akan membantu siapapun untuk merancang desain rumah idaman dengan sangat mudah dan cepat. Walaupun hanya dengan sentuhan jari saja, hasil desain rumah yang dibuat menggunakan aplikasi ini akan terlihat sangat profesional.

Ada berbagai fitur yang tersedia di dalam Home Design 3D ini. Pengguna akan mendapatkan berbagai inspirasi desain rumah yang menarik. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa merancang lantak dalam bentuk 2D maupun 3D. Pengguna juga dapat menggambar kavling, pembatas, ruangan serta mengubah ketinggian maupun ketebalan dinding sesuai selera.

5. Floor Plan Creator (Marcin Lewandowski)

Jika ingin mendesain rumah dalam bentuk 3D, maka aplikasi Floor Plan Creator ini merupakan pilihan yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi ini, berbagai urusan mendesain rumah impian bisa dilakukan dengan sangat mudah. Apalagi dalam pengoperasiannya aplikasi desain ini didukung mode S-Pen serta mouse. Aplikasi ini juga dibekali berbagai fitur pendukung yang sangat menarik dan lengkap.

Floor Plan Creator dapat digunakan untuk membuat sketsa rumah secara lebih detail serta presisi. Daripada itu, presisi denah yang dibuat juga sangat akurat. Apabila pengguna sudah menentukan denah rumah, maka bisa dilanjutkan dengan merancang atau mendekorasi interior. Salah satunya adalah dengan menambahkan berbagai furniture yang sesuai dengan selera.

6. Home Planner for IKEA (Planner 5D)

Berikutnya yaitu Home Planner for IKEA yang merupakan aplikasi desain rumah Android offline terbaik. Menggunakan aplikasi ini sangat mudah sehingga cocok digunakan oleh para pemula. Pengguna bisa membuat denah maupun desain rumah dengan lebih realistik. Apalagi di dalam aplikasi sudah tersedia berbagai pilihan item yang bisa melengkapi desain yang sedang dibuat.

Pengguna bisa memulai desain dengan membuat konstruksi bangunan, menentukan bahan-bahan bangunan, menentukan ketinggian serta ketebalan dinding dan lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa mengkombinasikan tekstur serta pilihan warna cat. Adapun untuk memulai mendesain menggunakan aplikasi ini, pertama harus menggunakan mode 2D terlebih dahulu. Kemudian ubah ke mode 3D untuk tampilan yang lebih nyata.

7. 3D Small House Design

Jika ingin mencari aplikasi desain rumah di Android yang ringan maka bisa menggunakan aplikasi 3D Small House Design. Aplikasi ini hanya berukuran 11 MB saja sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan ponsel. Daripada itu, fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mendesain rumah minimalis yang nyaman untuk dihuni. Aplikasi desain ini dapat digunakan secara offline maupun online.

Pengguna hanya perlu mengunduhnya secara gratis di Playstore. Aplikasi ini sangat sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan. Selain itu, pengguna bisa mendownload materi arsitek 3D menggunakan fitur yang tersedia.

8. Room Creator Interior Design

Sesuai dengan namanya, aplikasi desain rumah ini digunakan untuk membuat desain ruangan saja. Di dalam aplikasi ini sudah tersedia banyak template serta jenis desain ruangan yang dapat digunakan sebagai inspirasi interior rumah impian. Adapun tools yang disediakan oleh aplikasi ini dapat digunakan dengan sangat mudah.

Bahkan pengguna juga dapat memilih detail kategori dari setiap ruangan yang ingin di desain. Pengguna bisa memilih dimensi ruangan sesuai dengan keinginan. Di dalam aplikasi desain rumah ini tersedia berbagai furniture dengan desain yang mirip merek terkenal. Salah satu fitur menarik yang disediakan yaitu fitur upload foto serta import desain.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Desain Rumah

Membangun rumah membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Mulai dari budget, keadaan lahan hingga desain rumah. Agar rumah yang dibangun sesuai dengan keinginan, maka penting sekali untuk menggunakan aplikasi ketika mendesainnya. Ada beberapa manfaat menggunakan aplikasi desain rumah sebelum membangun, antara lain:

  • Mengurangi kesalahan teknis selama pembangunan;
  • Menghindari perbedaan persepsi;
  • Dapat melihat desain rumah secara real;
  • Bisa menyesuaikan terlebih dahulu;
  • Pembiayaan lebih terkalkulasi; dan
  • Tersedia banyak fitur di dalam aplikasi.

Itulah beberapa aplikasi desain rumah Android offline yang wajib dipertimbangakn jika ingin mendesain rumah dengan bebas. Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan serta karakteristik yang berbeda-beda. Walaupun demikian, semua aplikasi tersebut bisa mewujudkan siapapun yang ingin mendesain rumah sesuai dengan keinginan. Pilihlah aplikasi yang paling cocok dan sesuai dengan kriteria masing-masing.