Coba Aplikasi Edit Foto Instagram Kotak kotak Untuk Hasil Kekinian


Kehadiran Instagram sebagai platform berbasis foto berpotensi besar sebagai peluang usaha. Jika dilihat, sekarang banyak pengguna yang memanfaatkan aplikasi edit foto Instagram kotak kotak. Tampilan ini terlihat unik sekaligus menarik, sehingga banyak yang menggunakannya untuk berbagai keperluan. Bisnis, personal branding, edukasi, atau memperindah profil pribadi.

Apa Itu Instagram Grid?

Pernah melihat foto di Instagram dimana satu foto dapat dipecah menjadi tiga, enam, bahkan sembilan bagian? Model postingan seperti ini dinamakan dengan Instagram grid. Dengan memanfaatkan teknik baru ini, pengguna dapat menghasilkan foto yang lebih unik. Sebuah foto bisa dibuat nampak terpotong-potong, membuat orang yang melihat penasaran foto apakah yang akan diunggah.

Teknik ini sering digunakan oleh berbagai tipe akun. Baik yang berjualan, edukasi, maupun pribadi. Dengan tambahan nilai estetika ini, pengunjung akun tersebut akan lebih tertarik melihat isinya, apalagi jika disertai konten yang rapi, menarik, dan bermanfaat. Teknik grid dapat ditemukan di kalangan artis KPop yang meluncurkan teaser untuk album baru, sehingga rasa penasaran akan bertambah.

Banyak orang mengira bahwa membuat postingan seperti ini cukup sulit dan memerlukan keahlian khusus. Namun sebenarnya tidak demikian, karena pengguna Instagram dapat memanfaatkan aplikasi khusus yang membuat foto menjadi grid. Berbekal smartphone beserta internet, pengguna sudah dapat mengunduh aplikasi seperti ini di toko aplikasi.

Aplikasi Edit Foto Instagram Kotak kotak dengan Kualitas Terbaik

Banyak pengguna yang belum tahu dan penasaran bagaimana bisa membuat tampilan kotak-kotak yang disebut dengan grid tersebut. Sebenarnya hal ini bisa dilakukan dengan mudah jika memiliki aplikasi yang tepat. Berikut ini beberapa aplikasi untuk membuat tampilan kotak-kotak di Instagram:

1. Grid Maker for Instagram

Grid Maker merupakan aplikasi gratis yang diperuntukkan bagi pengguna Android. Dibuat oleh WrongTurn Apps, aplikasi edit foto Instagram kotak kotak ini mempermudah pengguna untuk membagikan satu foto menjadi beberapa postingan sekaligus. Di sini terdapat banyak variasi grid yang dapat digunakan yakni ukuran 3x1, 3x2, 2x2, 2x3, dan masih banyak lagi maksimal sembilan bagian.

Keunggulan Grid Maker yaitu tidak mengubah resolusi foto yang asli sehingga kualitasnya tetap terjaga. Jika ingin memutar foto agar posisinya lebih pas, pengguna dapat memanfaatkan fitur rotate. Ada juga fitur lainnya seperti panorama crop, square size, dan sebagainya. Meski fiturnya cukup lengkap, aplikasi ini bisa didapatkan di Play Store dengan ukuran 9.2 MB saja.

2. 9Cut

Aplikasi berikutnya untuk membuat tampilan kotak-kotak pada Instagram adalah 9Cut. Walaupun mengusung nama 9Cut, aplikasi ini bisa membuat suatu foto menjadi format 3x1, 2x3, 3x5, dan lain-lain tergantung kebutuhan. Apps buatan JP’s App ini memiliki penilaian yang baik di Play Store yakni 4.8 dengan lebih dari satu juta download.

Fitur yang diunggulkan apps berukuran 10 MB ini yaitu kemampuan untuk zoom serta move yang jarang ditemukan pada aplikasi lain. Pengguna dapat menggeser foto yang hendak dijadikan grid sehingga posisinya lebih enak dilihat. Hasil edit bisa langsung diunggah menuju Instagram dan disimpan dalam galeri smartphone.

3. Instagrid

Berikutnya ada Instagrid, aplikasi edit foto Instagram kotak kotak yang dikembangkan oleh Liam Studio. Pengguna bisa menghasilkan postingan grid kekinian dengan  Instagrid tanpa proses yang rumit sehingga mudah digunakan meski masih pemula. Dengan apps dengan ukuran 12 MB ini, pengguna cukup memilih ingin mengunggah langsung atau mengambil foto tertentu untuk dijadikan grid.

Selanjutnya tinggal mengatur jumlah grid yang diinginkan dan langsung diupload. Jika tidak ingin langsung diupload, bisa disimpan di galeri dan dipilih mana yang terbaik. Warna biru keunguan pada interfacenya menghasilkan visual yang enak dilihat dan nyaman digunakan.

4. Collage Maker

Nama Collage Maker sudah tak asing lagi bagi yang suka mengedit foto. Pasalnya, aplikasi besutan Photo Editor & Collage Maker ini telah didownload hingga lebih dari 50 juta kali. Nilainya pun sangat baik dengan rata-rata 4.9 di Play Store. Dengan apps ini, pengguna bisa menggabungkan hingga 18 foto menjadi satu grid.

Modelnya juga dapat disesuaikan apakah kotak-kotak atau lingkaran. Jika bosan dengan tampilannya, bisa juga menambahkan tulisan atau stiker di dalam fotonya. Banyaknya fitur yang tersedia membuat Collage Maker sangat layak dijadikan pilihan untuk menghasilkan foto yang kreatif dan memanjakan mata.

5. Insta Square

Rekomendasi aplikasi edit foto Instagram kotak kotak selanjutnya adalah Insta Square. Apps yang mengantongi nilai tinggi yakni 4.8 di Play Store ini dapat menghasilkan tampilan grid berkualitas tinggi. Keunggulan Insta Square yaitu membentuk foto menjadi beragam model grid, bukan kotak-kotak saja.

Aplikasi ini juga mampu beradaptasi dengan berbagai ukuran foto, mulai dari 3x2 yang standar hingga 4x6. Untuk menggunakannya, pengguna tidak perlu membayar dan bisa mengunduhnya dengan ukuran 18 MB saja.

6. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi unggulan yang telah diunduh hingga 500 juta kali. Apps yang termasuk dalam Editor’s Choice pada toko aplikasi bernama Play Store ini dilengkapi dengan segudang fungsi dalam pengeditan foto. Salah satunya yang jarang diketahui pengguna adalah kemampuan untuk membuat foto grid di Instagram.

Dengan banyaknya filter yang tersedia, pengguna bisa mengedit terlebih dahulu fotonya sehingga tampil lebih menarik sebelum dijadikan grid. Dapatkan aplikasinya dengan ukuran 52 MB.

7. Photo Collage Maker & Grid

Berikutnya ada aplikasi edit foto Instagram kotak kotak yang memiliki beragam fitur menarik dan penggunaan yang mudah bernama Photo Collage Maker. Apps buatan Simple Design ini telah mendapatkan nilai 4.9 di Play Store, menandakan performanya yang bagus.

Bukan hanya menghasilkan kolase, pengguna juga dapat langsung mengedit foto seperti mengatur efek, kecerahan, saturasi, dan lain-lain. Foto yang dijadikan grid akan semakin keren dan menarik. Untuk mendapatkannya, bisa mengunduh apps-nya dengan ukuran 14 MB.

8. Grid Post

Grid Post adalah aplikasi edit foto Instagram kotak kotak dengan ukuran 16 MB dan penilaian cukup tinggi yaitu 4.7 di Play Store. Dikembangkan oleh Appx Studio, Grid Post memungkinkan penggunanya memotong foto dengan beragam bentuk menjadi beberapa foto berukuran persegi.

Ada lima bentuk yang bisa digunakan pada foto grid, mulai dari 3x5 hingga 3x1. Di sini juga tersedia template kolase yang dikhususkan untuk merancang desain feed yang lebih unik. Selanjutnya pengguna bisa menambahkan overlay yang menarik bersama gaya grid berbeda yang digabungkan menjadi satu dan menghasilkam temanya sendiri.

9. 9Square for Instagram

Terakhir ada aplikasi buatan hodanny yang sudah digunakan oleh 10 juta lebih pengguna. Apps ini cocok bagi pengguna yang ingin mengunggah foto menjadi beberapa postingan di Instagram. Cara penggunaannya juga mudah dan dapat dibagi menjadi beberapa bagian contohnya 3x2, 3x5, dan lain-lain. Kualitas foto yang dihasilkan cukup tinggi sehingga tetap terlihat jelas saat diklik.

Potongan gambar yang dihasilkan 9Square juga dapat disimpan di SD Card. Dengan sederet keunggulan yang ditawarkan, 9Square memiliki ukuran yang relatif kecil yakni 3.2 MB. Tampilan utamanya didominasi warna biru dan putih, terlihat menarik dan sederhana sehingga mudah dipahami oleh pengguna meski termasuk pemula.

Itulah daftar aplikasi edit foto Instagram kotak kotak yang dapat membuat tampilan profil lebih menarik. Pengguna dapat memilih aplikasi yang paling sesuai untuknya, namun seluruh aplikasi yang disebutkan di atas memiliki kualitas baik dan ukuran terjangkau sehingga tidak membebani memori smartphone.