Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Video Slow Motion via Android untuk Content Creator

Sekarang ini sudah banyak aplikasi edit video slow motion yang bisa digunakan bahkan dari ponsel Android. Ingin tahu? Simak ulasannya!

Efek slow motion banyak digunakan pada video karena bisa membangun mood penonton. Dengan memberikan slow motion, perhatian penonton akan lebih mudah digiring pada klimaks. Apalagi sekarang ini sudah banyak aplikasi edit video slow motion yang bisa digunakan bahkan dari ponsel Android.

Padahal jika menilik satu dekade lalu, mengunggah video dari ponsel berarti harus terima resiko resolusi yang ala kadarnya tanpa sentuhan efek berarti. Belum lagi kualitas video yang tidak seberapa. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak aplikasi edit yang bisa dipilih, termasuk memberikan efek slow mo, seperti:

1. Slow Motion Video FX: Fast & Slow Motion

Mengedit video layaknya menggunakan software editing pada PC bisa dilakukan pada ponsel dengan Slow Motion Video FX. Terdapat dua pilihan tipe proses editing dari aplikasi edit video slow motion ini, proses yang simpel dan proses yang advance.

Untuk proses yang simpel, efek slow mo akan diberlakukan untuk keseluruhan video. Jadi saat memilih satu video untuk diedit, terapkan seberapa slow untuk setiap motion yang diinginkan. Selanjutnya aplikasi akan mengubah keseluruhan video sesuai dengan kecepatan yang telah dipilih.

Sementara itu, jika memilih advance, maka permainan slow motion bisa diatur hanya pada bagian-bagian yang diinginkan saja. Agar bisa melakukannya, tambahkan points pada timeline, dan atur kecepatan video hanya pada bagian tertentu sesuai yang dikehendaki. Jika sudah selesai, simpan video yang telah diedit.

2. Slow Motion - Slow Mo, Fast Mo

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa memberikan efek slow mo dan fast mo pada video. Cukup tentukan bagian mana yang ingin diberikan efek slow mo atau fast mo. Tentukan pula di bagian mana masing-masing efek dimulai dan berakhir.

Selain untuk memberikan efek lambat atau cepat, aplikasi ini juga bisa merapikan serta memotong video. Yang paling penting, mengedit video menggunakan aplikasi ini tidak akan mengurangi kualitas video yang dihasilkan.

3. Video Velocity: Slow Motion HD

Aplikasi yang dikembangkan oleh ZipoApps ini adalah salah satu video editor yang banyak dipercaya oleh pengguna Android. Unsur estetika dari video yang dihasilkan menjadi faktor penting yang menyebabkan orang percaya menggunakan aplikasi ini.

Selain slow motion, Video Velocity juga bisa menambahkan efek fast motion serta freeze untuk menambahkan efek optimal pada video. Mengunggah video di media sosial pun bisa dengan mudah dilakukan tanpa perlu menunggu mengeditnya via PC.

4. Efectum - Video Editor and Maker with Slow Motion

Mengedit video layaknya seorang editor video profesional bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Efectum. Tidak hanya efek slow motion saja, ada juga efek-efek lain yang bisa ditambahkan untuk mempercantik video. Mulai dari menambahkan text, background musik, sampai efek timelapse.

Merapikan dan memotong video pun mudah dilakukan dengan Efekctum. Untuk bisa mendapatkan semua fitur lengkapnya, disarankan untuk menggunakan versi aplikasi yang berbayar.

5. Slow Motion Video Maker

Dengan aplikasi edit video slow motion ini, mengedit video dengan hasil maksimal bisa dilakukan secara gratis. Meskipun gratis, fitur yang ditawarkan juga tak tanggung-tanggung. Tidak sekedar memberikan efek slow motion saja, efek lain reserve video sehingga terkesan backward pun bisa dilakukan.

Selain itu, ada pula fitur untuk menghilangkan audio asli dari video. Jadi, jika ingin menambah voice over atau background music bisa dilakukan dengan lebih rapi tanpa ada suara tambahan. Ditambah lagi, ada bermacam format hasil video yang telah diedit, mulai dari MP4, AVI, MKV, FLV, dan lainnya.

6. Video Editor & Maker - InShot

Menggunakan InShot bisa mengedit sekaligus membuat video layaknya profesional. Fitur yang tersedia juga lengkap, mulai dari yang sederhana seperti menambahkan musik, hingga yang sedikit rumit seperti blurring background.

Ada 2 tipe editor yang bisa dipilih basic dan advance. Untuk tipe basic fitur editing video dasar bisa dilakukan, bahkan sampai membuat stop motion video. Sementara itu, untuk yang advance, ada fitur green screen video serta picture in picture untuk menghasilkan video collage dengan mudah.

7. Slow Motion Video Zoom Player

Saat menonton video dan melihat sesuatu yang menarik, tak sedikit yang berharap bisa mengubahnya menjadi GIF untuk meme. Dengan aplikasi ini, hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan tanpa perlu beralih ke PC.

Meskipun konsepnya adalah sebagai sebuah video player, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur editing video. Mulai dari mengatur percepatan motions pada video, reverse, hingga pengaturan transisi. Video yang telah diedit juga bisa disimpan dengan pilihan kualitas resolusi dari low sampai HD.

8. Videoshop - Video Editor

Konsep dari aplikasi editor video ini adalah mengedit video dengan beragam pilihan tools dan efek yang menarik. Mulai dari memberikan efek suara, mengubah percepatan motion video, sampai mengatur skala video dalam frame video yang tengah diedit. Semua fitur editing video keren bisa ditemukan dalam aplikasi ini.

Yang perlu menjadi perhatian, meskipun banyak pilihan tools dan efek, cukup gunakan seperlunya saja. Menggunakan banyak tools dan efek dalam satu video bisa mengakibatkan proses yang lambat.

9. VivaVideo - Video Editor&Maker

Aplikasi edit video slow motion ini bisa dengan mudah digunakan oleh pengguna amatir. Jadi tanpa perlu belajar video editing secara khusus, tetap bisa menghasilkan video dengan efek slow motion yang layak. Semua proses editing video bisa dilakukan melalui VivaVideo.

Terlebih lagi, ada pilihan template dengan efek dan transisi berkualitas HD. Tak hanya itu saja, tersedia juga tema yang akan menjadikan vlog semakin menarik. Selain itu, dapat pula menambahkan foto sebagai input untuk video dengan background music, sehingga menjadi sebuah video clip.

Di samping versi aplikasi yang gratis, ada juga versi berbayar yang memiliki semua fitur editing pro yang biasanya hanya ada pada perangkat PC. Untuk content creator, hal ini tentu sangat membantu karena tak perlu susah-susah mengedit via PC jika butuh konten cepat. Mengedit video dari ponsel bisa dilakukan dengan mudah.

10. PowerDirector - Video Editor

Terakhir untuk daftar ini adalah Power Editor - Video Editor yang menawarkan hasil video dengan kualitas HD, layaknya hasil pekerjaan profesional. Dengan aplikasi ini, proses editing yang biasanya hanya bisa menggunakan software PC bisa dengan mudah dilakukan melalui ponsel.

Speed adjustment dapat memberikan efek fast mo ataupun slow mo untuk membangun suasana yang diinginkan pada video. Ada pula stabilizer yang bisa memperbaiki footage video yang sedikit bergoyang karena gerakan saat perekaman.

Yang lebih menarik, aplikasi ini juga dilengkapi pula dengan fitur pengubah suara. Mengubah background video juga mudah dengan chroma key yang mengaplikasikan teknologi green screen editor. Apalagi jika menggunakan akun premium, maka masih ada banyak kelebihan lain yang bisa dinikmati.

Kesemua aplikasi edit video slow motion yang disebutkan di atas dapat dipastikan legal dan aman digunakan pada perangkat Android. Hanya saja, pastikan untuk memilih aplikasi yang compatible dengan perangkat serta masih memiliki memori yang cukup. Ini dilakukan untuk mencegah aplikasi crash saat digunakan.