7 Daftar Aplikasi Jurnal Harian Paling Recommended!

Maraknya aplikasi jurnal harian yang dibuat oleh para pengembang untuk keperluan penggunannya. Apa saja? Simak Rekomendasinya!

Perkembangan zaman yang semakin canggih dan lebih kompetitif rupanya tidak membuat kegiatan mencatat pun terlupakan. Hal tersebut bisa dilihat dengan maraknya aplikasi jurnal harian yang dibuat oleh para pengembang untuk keperluan penggunanya. Simak berikut ini penjelasan serta beberapa aplikasi yang dapat digunakan:

Tentang Aplikasi Jurnal Harian

Bagi setiap orang beberapa momen atau kejadian bisa menjadi sebuah kenangan yang tidak bisa terlupakan. Tidak jarang sebagian besar orang tersebut menuliskannya dalam sebuah aplikasi jurnal harian yang ditulisnya setiap waktu. Semua perasaan, pengalaman dan apa pun yang terjadi di tuliskan dalam jurnal.

Jika dulu sebagian besar orang akan menuliskannya ke dalam buku diary atau harian, maka kini sudah beralih ke yang lebih modern. Penggunaan aplikasi sebagai jurnal yang memuat tentang kegiatan si penggunanya tersebut tentu jauh lebih efektif pemakaiannya, mengapa? Hal tersebut dikarenakan tersimpan dalam sebuah perangkat yakni smartphone.

Kini tidak perlu bersusah payah lagi untuk membawa buku atau note kecil yang bisa menampung segala ide atau isi pikiran yang akan dituliskan. Pengguna hanya perlu membuka smartphone dan membuka aplikasi jurnal harian saja. Sekarang lebih praktis bukan rasanya menuliskan berbagai kegiatan harian?

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Jurnal Harian

Kehadiran sistem dari aplikasi sebuah jurnal harian tentu mempunyai banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Menulis dan menyimpan berbagai kegiatan penting pun tidak harus dilakukan secara manual di buku. Berikut keuntungan dari penggunaan aplikasi jurnal yang telah tersedia yaitu:

  • Penggunaanya fleksibel.
  • Terjaga kerahasiaannya.
  • Menjadi lebih konsisten dalam menulis.
  • Catatan tidak mudah hilang.

Aplikasi Jurnal Harian

Tersedianya berbagai pilihan dari aplikasi jurnal yang dapat pengguna temukan, tentu ada yang namanya kelebihan dan kekurangan. Tidak semua aplikasi dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. Namun ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk menuliskan kegiatan, diantaranya yaitu:

1. Moment Diary Tale

Pengguna adalah penyuka warna merah muda yang cerah? Sekarang ada aplikasi jurnal Moment Diary Tale yang bisa digunakan dengan desain yang menggambarkan keceriaan seorang remaja perempuan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi tersebut memiliki desain berwarna merah muda dengan sistem layout yang mudah dipakai.

Berbagai fitur yang menarik perhatian penggunanya pun menjadi standar yang terlihat lebih istimewa. Fitur yang bisa pengguna pakai yaitu stempel waktu, banyaknya jumlah kata, adanya kalender, serta dapat menambahkan foto yang dimiliki. Kehadiran fitur foto tersebut bisa pengguna tambahkan di setiap lampiran halaman jurnal tentunya.

Tidak hanya itu, para pengguna Moment Diary Tale juga bisa mengirim catatan yang dibuatnya ke email. Selain itu, pengguna bisa melakukan ekspor catatan ke dalam perangkat PC sehingga penyimpanannya pun lebih luas. Untuk kerahasiaan serta keamanan, aplikasi tersebut sudah sangat terjaga dengan 4 digit jumlah sandi yang bisa pengguna terapkan.

2. Journey

Selanjutnya aplikasi yang bisa dipakai sebagai jurnal adalah Journey yang dapat pengguna dapatkan secara gratis. Cara mendapatkannya cukup mudah yaitu hanya dengan membuka aplikasi Google Play Store, lalu masukan nama aplikasinya dan unduh. Selain itu, pengguna juga bisa menemukannya di Mac, Chromebook dan Windows.

Sistem untuk entri dan menambahkan konten visual pun bisa pengguna terapkan di dalam aplikasi tersebut. Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur kalender serta menampilkan lokasi berdasarkan catatan yang telah dibuat. Secara keseluruhan entri yang dilakukan telah disimpan dalam Google Drive.

3. Day One Journal

Pengguna menyukai kreatifitas tanpa batas dalam menuangkan atau mencatatkan berbagai isi pikiran? Rekomendasi aplikasi jurnal terbaik adalah Day One Journal yang telah dilengkapi oleh desain yang sangat menarik dan unik. Pengguna bisa mengkreasikan setiap tulisannya dengan menambahkan emoticon, atau pun gambar ke dalamnya.

Ketika pengguna akan membuat halaman baru dari aplikasi jurnal harian tersebut akan secara otomatis menginputkan beberapa metadata dalam aplikasi. Beberapa metadata yang ditambahkan yaitu lokasi, music, data cuaca, tag dan masih banyak lainnya. Sangat mencuri perhatian bukan?

Selain itu untuk permasalahan privasi, para pengguna bisa menerapkan kunci buku harian yang berbentuk sandi ID. Para penggunanya pun sekarang sudah dimanjakan dengan kemampuan ekspor catatan atau diary tersebut dalam bentuk PDF. Jadi, sekarang semua catatan yang pernah dibuat bisa disimpan ke berbagai bentuk folder yang berisikan PDF.

4. Diaro

Tidak berbeda jauh dengan aplikasi jurnal harian yang telah dijelaskan sebelumnya, Diaro masuk ke dalam aplikasi yang berfungsi untuk mencatat. Untuk memperoleh aplikasi tersebut pengguna hanya perlu mencarinya pada Play store. Berikutnya lakukan unduhan atau download, maka aplikasi pun terpasang ke dalam perangkat smartphone.

Hal yang dapat pengguna lakukan dengan memanfaatkan aplikasi tersebut yaitu entri halaman yang bisa dilakukan dengan membuat folder. Selain itu mode pencarian cepat juga terdapat di dalamnya, sehingga bisa menemukan catatan yang dibutuhkan sebelumnya dengan mudah. Namun yang menjadi kekurangan dalam aplikasi tersebut adalah tampilan iklan berbayar setiap waktunya.

5. Daylio

Sedang mencari aplikasi jurnal harian terbaik? Sekarang saatnya beralih menggunakan Daylio yang dibuat khusus untuk para pengguna yang hobi menulis. Terlebih lagi perangkum yang suka menuliskan beberapa poin penting di setiap kegiatannya. Menjadikan aplikasi tersebut sangat recommended dan harus dicoba.

Hal lain yang menjadikan aplikasi tersebut sangat menarik adalah fitur reminder, PIN serta kemampuannya dalam membackup. Backup yang dilakukan tersebut penyimpanannya sendiri akan disimpan dalam Google Drive. Terakhir adanya fitur pemilihan mood yang sangat cocok untuk menggambarkan ekspresi perasaan ketiak menulis catatan.

6. Diarium

Malas mengetik, tetapi menginginkan sebuah rekam catatan terkait kegiatan sehari-hari? Pengguna bisa memanfaatkan Diarium untuk melakukannya, caranya pengguna hanya perlu merekam ucapan ke dalamnya. Berikutnya suara atau ucapan tadi akan berubah ke dalam bentuk teks berupa catatan.

Sangat mudah dan simpel bukan untuk sekedar mempunyai sebuah catatan diary? Nah bagi pengguna yang memakai Android, Ios, macOS serta yang sejenis lainnya kini bisa memakai aplikasi Diarium tersebut. Menjadi aplikasi catatan elektronik paling banyak diminati sebab lengkap akan berbagai fitur.

Selain itu fiturnya yang lengkap, para pengguna yang telah memanfaatkannya juga merasakan betapa fungsionalnya aplikasi tersebut. Banyaknya fitur yang telah tersedia tersebut sangat mumpuni sehingga banyak mendapat ulasan positif. Tercatat dalam Play Store, jumlah unduhan yang sudah dilakukan yakni lebih dari 50 ribu.

7. Universal Diary

Masih menjadi aplikasi jurnal harian gratis membuat aplikasi Universal Diary pun banyak diminati para penulis. Tidak berbeda jauh kemampuannya dengan aplikasi lain yang menawarkan catatan elektronik. Aplikasi universal Diary juga mempunyai kemampuan menampung sejumlah catatan para penggunanya.

Pengguna bisa melakukan entri dengan menambahkan foto serta video ke dalamnya. Belum lagi kemampuan untuk mengatur dan mengelola aplikasi tersebut, sehingga membuat penggunanya rutin menuliskan catatan. Kelebihan lainnya yaitu dapat melakukan ekspor keseluruhan catatan dalam bentuk file PDF.

Itulah penjelasan terkait aplikasi jurnal harian yang dapat pengguna pertimbangkan untuk mencatatkan berbagai kegiatan sehari-hari. Pilih aplikasi yang dirasa sesuai dengan kebutuhan pengguna, selain itu pastikan juga kemudahan penggunaanya. Jadi proses mencatat pun akan terasa lebih menyenangkan.