Daftar 10 Aplikasi Konsultasi Dokter Gratis yang Bisa Dicoba Pengguna Android

Untuk urusan kesehatan, keberadaan aplikasi konsultasi dokter gratis bisa banyak membantu. Apa saja aplikasinya? Ini rekomendasinya!


Kasus COVID-19 yang kembali meningkat, membuat pemerintah harus memberlakukan pembatasan kegiatan. Masyarakat pun harus semakin hati-hati saat keluar rumah dan wajib tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk urusan kesehatan, keberadaan aplikasi konsultasi dokter gratis bisa banyak membantu, khususnya jika hanya gejala ringan saja.

Mengapa Konsultasi Dokter Melalui Aplikasi?

Selain karena peningkatan kasus CV-19 seperti yang telah disinggung di atas, aplikasi konsultasi dokter gratis juga memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Meskipun untuk urusan penanganan kegawatdaruratan aplikasi tidak bisa membantu banyak, namun aplikasi bisa mengurangi kepanikan jika terjadi sesuatu.

Terlebih lagi, dengan berkonsultasi pada dokter melalui aplikasi, bisa memberikan second atau bahkan third opinion terhadap urusan kesehatan. Belum lagi kemudahan dalam berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis. Kesempatan seperti ini pasti akan lebih sulit jika dilakukan secara langsung.

Daftar
Aplikasi yang Bisa Konsultasi dengan Dokter secara Gratis

Melalui aplikasi konsultasi dokter, masyarakat tak perlu berbondong-bondong ke klinik atau rumah sakit untuk keluhan sederhana. Selama belum membutuhkan penanganan medis, berkonsultasi via aplikasi bisa sedikit memberikan rasa tenang. Berikut ini daftar aplikasi yang bisa coba digunakan:

1. Alodokter

Alodokter menjadi aplikasi konsultasi dokter gratis teratas di Play Store. Fitur-fitur yang dimiliki terbilang lengkap, mulai dari konsultasi dengan dokter via chat, booking janji konsultasi, hingga keberadaan artikel kesehatan. Pengguna juga bisa berbelanja kebutuhan kesehatan dan mendapatkan diskon hingga 5% jika menunjukkan aplikasi Alodokter di Apotek Century.

Berafiliasi dengan ribuan dokter berpengalaman yang ada di 1.500 rumah sakit serta klinik dari seluruh pelosok Indonesia. Tak hanya itu saja, Alodokter juga menawarkan fitur asuransi kesehatan dengan premi yang murah dan pendaftaran mudah. Asuransi dari Alodokter memberikan bantuan untuk rawat inap mencapai Rp1 juta per malam.

2. Halodoc - Doctors, Health Stores & Appointments

Selain Alodokter, bisa dibilang bahwa Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang paling terkenal di Indonesia. Aplikasi yang diprakarsai oleh sekumpulan dokter ini memberikan kemudahan dalam urusan kebutuhan kesehatan para penggunanya. Tak hanya berkonsultasi dengan dokter melalui fitur chat, pengguna juga bisa membeli produk kesehatans secara online.

Aplikasi ini juga berafiliasi dengan beberapa klinik dan rumah sakit. Jadi jika butuh konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, booking bisa dilakukan melalui aplikasi. Belum cukup itu saja, Halodoc juga menawarkan fasilitas cek laboratorium yang hasilnya akan langsung dikirimkan ke aplikasi.

3. KlikDokter: Healthy Solutions

KlikDokter memiliki fitur chat yang bisa 24 jam dalam sepekan. Jadi, berkonsultasi dengan dokter pun bisa segera dilakukan tanpa perlu menunggu hingga esok hari. Fitur chat ini juga memiliki topik obrolan yang berbeda setiap harinya. Topik-topik kesehatan yang diangkat misalnya tentang gizi dan diet, kehamilan dan kesuburan, gigi dan mulut, dan sebagainya. 

Ada pula artikel dengan beragam topik kesehatan yang bisa ditemukan pada aplikasi ini. Satu lagi fitur menarik yang dimiliki oleh KlikDokter adalah tools yang berhubungan dengan kesuburan dan kehamilan. 

4. SehatQ: Doctor Consultation, Online Appointment

Menggunakan aplikasi Sehat adalah cara terlengkap dan termudah untuk urusan kesehatan. Apa pun masalah kesehatan yang ditemui sehari-hari, bisa langsung dikonsultasikan kepada dokter via chat. Konsultasi chat yang dilakukan juga dijamin kerahasiaannya, jadi tak perlu malu dan ragu untuk menanyakan masalah kesehatan apa pun. 

SehatQ juga bisa digunakan untuk melakukan booking janji ketemu dengan dokter. Ada ribuan dokter yang terdaftar di SehatQ dan bisa dipilih hanya dengan sekali klik. Apabila pembayarannya akan dilakukan dengan menggunakan asuransi, tinggal pilih provider asuransi yang digunakan. 

5. YesDoc: 24 Hour Live Doctor Consultation

Ada hal berbeda yang ditawarkan oleh aplikasi konsultasi dokter gratis yang satu ini, yaitu adanya fitur panggilan video. Fitur ini bisa digunakan secara real-time 24 jam non stop. Ada dokter yang bertugas yang siap menjawab semua masalah kesehatan yang pengguna keluhkan. Jadi jika butuh pertolongan pertama, YesDok bisa membantu memberikan arahan yang tepat.

Apabila yang dikeluhkan masih belum memerlukan penanganan medis langsung, ada kemungkinan tim dokter dari YesDoc akan meresepkan obat. Jika demikian, maka ada fitur pengantaran obat langsung ke depan pintu. Selain itu, masih ada fitur-fitur menarik lainnya dalam aplikasi ini. Hanya saja, saat melakukan konsultasi dengan video call koneksi internet harus stabil.

6. Lekassehat

Ragu melakukan konsultasi dokter secara online karena takut salah mendeskripsikan keluhan? Jangan khawatir, selain fitur chat, Lekassehat memiliki fitur video call, sehingga dokter bisa lebih pasti dalam memberikan diagnosis. Ada beragam jenis dokter yang tergabung dalam aplikasi ini, mulai dari dokter umum, spesialis, gigi, sampai gigi spesialis.

Dokter yang tergabung di aplikasi ini juga bisa memberikan resep sesuai dengan keluhan yang dimiliki. Untuk pembelian obat, dapat memanfaatkan layanan farmasi yang terdapat di dalam aplikasi atau bisa juga dibeli di apotek terdekat. Jadi, menggunakan aplikasi ini bisa menghemat biaya periksa langsung ke klinik atau ke rumah sakit.

7. ProSehat: Chat Dokter, Panggil Dokter ke Rumah

Jika belum puas hanya dengan sekedar konsultasi via chat atau video call, ProSehat menawarkan sesuatu yang lain, yakni home visit. Artinya, pengguna bisa memanggil dokter ke rumah hanya lewat aplikasi. Tak hanya memanggil dokter saja, layanan lab, imunisasi, dan vaksinasi bisa dilakukan secara DriveThru atau memanggil petugas ke rumah.

Hanya saja, layanan vaksinasi home service baru bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang berdomisili di Jabodetabek saja. Selain konsultasi dan layanan home service, ProSehat juga menyediakan beragam produk kesehatan lengkap yang selalu memiliki promo menarik. Produk kesehatan yang ada juga bisa dibeli dengan cara berlangganan, untuk meminimalisir lupa.

8. Good Doctor

Aplikasi ini digadang-gadang bisa memenuhi semua kebutuhan kesehatan pengguna. Alasannya karena aplikasi ini memiliki misi untuk menyediakan 1 dokter untuk 1 keluarga di Indonesia. Berkonsultasi dengan dokter bisa mudah dilakukan selama 24 jam non stop dengan dokter umum atau spesialis.

Ada pula fitur untuk pemesanan obat yang akan langsung diantarkan sampai ke depan pintu rumah. Selain itu, jika butuh pelayanan medis langsung, pengguna bisa melakukan booking melalui aplikasi ini. Bagi yang menggunakan asuransi kesehatan yang telah bermitra dengan Good Doctor juga akan mendapatkan banyak manfaat menarik lainnya. 

9. MyDoctors - Konsultasi Dokter dan Psikolog

Jika aplikasi konsultasi dokter gratis yang telah disebutkan sebelumnya hanya berpusat pada masalah kesehatan fisik, maka MyDoctors punya konsentrasi lain. Melalui MyDoctors, konsultasi yang dilakukan tak hanya berupa kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan psikis. 

Konsultasi bisa dilakukan secara rutin dengan audio visual melalui video call, sehingga tidak perlu datang langsung ke klinik atau rumah sakit. Meski begitu, jika dibutuhkan MyDoctors juga bisa membuat janji temu. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan maka ada tim yang biasa melakukan home service, baik untuk pemeriksaan maupun pemeriksaan laboratorium.

10. Satwagia - Dokter Hewan, Konsultasi Online, Grooming

Berbeda dengan sembilan aplikasi yang disebutkan sebelumnya, aplikasi yang satu ini ditujukan untuk urusan kesehatan hewan. Ada fitur yang bisa digunakan untuk melakukan konsultasi terkait kondisi kesehatan hewan peliharaan kesayangan. 

Selain itu, ada pula fitur untuk melakukan booking janji ketemu dengan dokter hewan di klinik serta janji grooming. Memenuhi kebutuhan hewan peliharaan pun bisa dilakukan dengan aplikasi ini. 

Keberadaan aplikasi konsultasi dokter gratis di atas jelas sangat membantu di masa pembatasan kegiatan seperti sekarang ini. Terlebih lagi, bagi yang sangat khawatir akan penularan COVID-19 yang kembali meningkat. Asalkan tidak memerlukan penanganan medis, maka kunjungan ke rumah sakit atau klinik bisa dikurangi.