Rekomendasi Aplikasi Matematika untuk PC Agar Belajar Makin Seru

Seiring zaman yang terus berkembang, aplikasi matematika untuk PC sekarang mudah ditemukan. Tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat belajar.


Matematika adalah ilmu dasar yang menjadi pelajaran wajib mulai TK sampai SMA. Wajar, mengingat peran matematika cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari. Seiring zaman yang terus berkembang, aplikasi matematika untuk PC sekarang mudah ditemukan. Tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat dalam mempelajari matematika dengan lebih praktis.

Kehadiran aplikasi menjawab kemajuan teknologi dimana banyak hal dapat dilakukan berbekal perangkat elektronik. Sekolah online merupakan salah satu bukti dari kemajuan tersebut, mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung. Aplikasi di PC atau laptop dapat menjadi alternatif belajar yang lebih menyenangkan dan variatif. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ulasannya:

Aplikasi Matematika Level Beginner

Ada beberapa aplikasi yang diperuntukkan untuk level pemula hingga yang lebih tinggi. Aplikasi yang tersedia di sini memiliki level sulit, namun juga ramah pemula. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk berbagai jenjang, termasuk pelajar yang masih belum begitu memahami matematika:

1. TuxMath

Bagi pengguna yang mencari tools matematika untuk belajar di PC, TuxMath adalah jawabannya. Mengusung konsep yang sedikit berbeda daripada yang lain, TuxMath menghadirkan pembelajaran matematika disertai permainan (games). Dengan logo bergambar pinguin yang lucu, aplikasi ini bersifat gratis dan open source.

Cocok untuk anak yang sedang mempelajari matematika dengan bermain sambil menggunakan konsep matematika misalnya pembagian dan pengurangan. TuxMath diperuntukkan bagi anak berusia 7 hingga 13 tahun, dengan beragam misi yang levelnya terus bertambah dan kompleks. Misalnya game soal pecahan dengan bentuk asteroid yang bisa dihancurkan dengan mencari penyebut yang tepat.

2. Geogebra

Membutuhkan aplikasi matematika untuk PC yang dapat digunakan untuk berbagai level, baik yang masih pemula hingga yang ahli? Geogebra merupakan pilihan yang tepat. Apps ini dirancang secara dinamis untuk berbagai standar matematika. Mulai dari geometri, aljabar, spreadsheet, statistik, kalkulus, dan masih banyak lagi.

Semua tersedia dalam satu paket dan penggunaannya mudah. Apps buatan Hohenwarter ini sering digunakan oleh siswa yang kesulitan mengerjakan masalah matematika dan sudah tersedia untuk Windows, Android, Linux, hingga macOS. Sejak 2002 hingga kini, Geogebra masih termasuk aplikasi andalan untuk mengerjakan persoalan matematika dengan komputasi.

3. Microsoft Mathematics

Microsoft terus menghadirkan program yang mampu menjawab kebutuhan pengguna. Dilihat dari namanya, semua orang dapat menebak bahwa aplikasi ini difungsikan untuk perhitungan matematika. Aplikasi yang kompatibel di PC ini dapat digunakan secara gratis dan menjadi solusi bagi pengguna yang sering berurusan dengan matematika.

Sebagai perangkat lunak buatan Microsoft, aplikasi ini menghadirkan beragam fitur untuk memecahkan masalah matematika hingga sains. Dalam Microsoft Mathematics terdapat kalkulator grafik hingga pengonversi satuan. Ada juga triangle solver, fitur yang mampu menunjukkan solusi matematika dengan beberapa langkah saja. Aplikasi ini kompatibel di Windows, Android, serta iOS.

4. Learning Point

Learning Point adalah aplikasi matematika untuk PC yang dikhususkan bagi pengguna dengan OS Windows 8 dan juga Windows 10. Aplikasi ini tidak terbatas memahami dunia matematika, namun juga ilmu komputer, sains, hingga sejarah. Pengguna dapat mempelajari beragam topik dengan beberapa klik saja. Sebuah program lengkap yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Sederhananya, dimana terdapat angka, maka aplikasi ini akan mampu menyelesaikannya. Dalam urusan matematika, Learning Point akan memecahnya menjadi beberapa bagian yang umum ditemukan sehingga lebih mudah dipahami. Video yang tersedia di setiap bagian menjadi sumber bagi penggunanya untuk belajar secara bertahap dan menyeluruh.

5. QMentat

Meski namanya terdengar aneh, namun aplikasi matematika untuk PC ini dirancang untuk membantu penggunanya menghadapi berbagai persoalan matematika. Aplikasi ini lebih diperuntukkan bagi perhitungan yang tidak melibatkan fungsi simbolik seperti alfa, beta, dan simbol yunani. Tampilan sederhana dan penggunaan yang mudah menjadikannya populer baik di kalangan pelajar maupun yang lebih ahli.

QMentat dapat membantu mengasah keterampilan matematika pada beragam fungsi sederhana seperti pengurangan, pangkat, akar, penjumlahan, dan lain-lain. Program ini mampu mengelola beragam fungsi aritmatika dan bisa digunakan pada Windows, Android, serta iOS.

Aplikasi Matematika Level Intermediate – Pro

Aplikasi yang termasuk dalam kategori ini dirancang dengan fokus tertentu dan menyasar level menengah hingga tinggi. Berikut rekomendasi beberapa aplikasi untuk belajar matematika dengan lebih mudah:

1. SpeQ Mathematics

Berikutnya ada SpeQ Mathematics, aplikasi matematika untuk PC yang sederhana dan berukuran cukup kecil dimana seluruh perhitungannya akan dimasukkan di satu lembar saja. SpeQ adalah software gratis dan mendukung fungsi matematika, variabel, serta konstanta.

Dengan SpeQ Mathematics, pengguna dapat menentukan variabel serta fungsi untuk menghadapi trigonometri, menghitung implikasi, logis, hingga bitwise. Total ada kurang lebih 60 fungsi untuk analisa, aritmatika, probabilitas, statistik, hiperbolik, dan lain-lain. Aplikasi yang ekstensif dan intuitif ini cocok digunakan untuk pelajar maupun pengajar yang sering berkutat dengan persoalan matematis.

2. Free Universal Algebra

Aljabar, tidak dapat dipungkiri merupakan materi yang akan dihadapi pada sekolah menengah atas alias SMA. Cukup banyak siswa yang berjuang lebih keras dalam memahami aljabar, namun sekarang sudah tersedia aplikasi yang membantu mempelajarinya. Adalah Free Universal Algebra, apps gratis yang memberikan panduan selangkah demi selangkah.

Dunia aljabar yang kompleks dan bervariasi dijelaskan secara runtut dan dapat diaplikasikan ke pelajaran sehari-hari. Contohnya logaritmik dengan nilai rasio, irasional, menggunakan parameter maupun eksponensial. Semua masalah aljabar dimuat dalam program ini, cocok digunakan oleh siswa untuk mempelajari matematika dari rumah.

3. Math Editor

Dalam matematika, seringkali ditemui persamaan dengan simbol-simbol yang asing dan menuntut pemahaman lebih untuk membaca artinya. Aplikasi bernama Math Editor ini dapat menjadi solusi tepat untuk menghadapi berbagai persamaan matematika. Perangkat lunak yang kompatibel untuk PC ini membantu penggunanya membentuk persamaan dengan beragam simbol.

Contohnya akar kuadrat, alfa, beta, hingga yunani yang seringkali sulit dipahami menjadi lebih mudah. Keunggulan Math Editor adalah gratis digunakan dan ramah siswa, karena penggunaannya yang mudah dan kompatibel di MS office, paint, serta web. Cukup dengan membaca instruksi, maka persoalan matematika yang berat akan segera diatasi.

4. Math Mechanixs

Aplikasi matematika untuk PC adalah Math Mechanixs. Program ini dapat digunakan secara gratis dan ditargetkan bagi pengguna yang tertarik akan studi matematika dan fisika pada tingkat lebih lanjut. Pengguna dapat mengetikkan sendiri interpretasi matematikanya, dengan antarmuka yang memungkinkan untuk mengerjakan solusi yang berbeda pada waktu bersamaan.

Dengan adanya kalkulator ilmiah lengkap, pengguna bisa melacak fungsi serta variabel yang ditentukan dengan lebih nyaman. Math Mechanixs juga dapat menghasilkan diagram 2D maupun 3D yang bagus, memberi label data, menerjemahkan grafik, hingga memutar grafiknya sesuai kebutuhan.

5. Maxima

Maxima merupakan aplikasi matematika untuk PC yang dapat digunakan secara gratis. Perangkat buatan Massachusetts Institutes of Technology yang terkenal akan bidang matematika ini cocok untuk memecahkan berbagai masalah aljabar. Berbekal komputer, pengguna dapat menghadapi berbagai ekspresi simbolik maupun numerik, integrasi, persamaan linier, vektor, dan lain-lain.

Maxima mampu menghasilkan hasil yang runtut dan jelas, kompatibel di berbagai platform POSIX misalnya Linux, OS X, serta BSD. Bahasa pemrogramannya yang lengkap dapat digunakan untuk berbagai masalah simbolik maupun numerik, namun perlu terhubung dengan internet.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi matematika untuk PC yang bermanfaat untuk memfasilitasi pembelajaran. Hal positif dari perkembangan zaman adalah semakin beragamnya metode untuk belajar. Aplikasi dapat menjadi pilihan praktis yang dapat diakses kapan saja dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.