Aplikasi Musik yang Ada Liriknya untuk Android dan iOS

Ini beberapa aplikasi musik yang ada liriknya, sangat berguna bagi siapa pun yang ingin bernyanyi namun tidak hafal dengan lirik.


Musik menjadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Biasanya, saat mendengarkan musik orang-orang secara tidak sadar ikut bernyanyi. Maka dari itu, diperlukan aplikasi musik yang ada liriknya agar bisa mengikuti lagu dengan baik. Berikut ini beberapa aplikasi yang sangat berguna bagi siapa pun yang ingin bernyanyi namun tidak hafal dengan liriknya:

Aplikasi Musik untuk Android

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi musik yang di dalamnya terdapat lirik lagu. Bagi pengguna Android kini tidak perlu bingung lagi untuk memilih aplikasi tersebut. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi musik untuk pengguna Android:

1. Genius – Song Lyrics & More

Salah satu aplikasi musik yang ada liriknya dan sangat direkomendasikan adalah Genius. Aplikasi ini memiliki stand-alone yang menyediakan lirik lagu terbaru serta terintegrasi dengan Spotify. Salah satu fitur unggulan dari Genius yaitu Behind the Lyrics. Di dalam fitur ini tersedia berbagai informasi, fakta unik serta cerita di balik pembuatan lagu.

Melalui Genius, pengguna bisa mendengarkan lagu sekaligus menambah pengetahuan tentang musik. Koleksi lagu di aplikasi Genius sudah mencapai hampir 2 juta. Walaupun demikian, pengguna juga dapat mendownload lirik lagu favorit dan bisa dibaca tanpa koneksi internet. Adapun kekurangan dari Genius adalah sering terjadi bug minor saat aplikasi digunakan.

2. Lyrics Library

Selanjutnya ada aplikasi lirik lagu yang dapat digunakan secara offline yaitu Lyrics Library. Aplikasi ini menyediakan katalog lirik yang sangat lengkap. Pengguna dapat mencari lirik lagu berdasarkan genre, album, penyanyi, band maupun judul lagu. Apabila lirik lagu sudah berhasil didapatkan, pengguna bisa langsung download lirik lagu tersebut agar bisa digunakan secara offline.

Lyrics Library menawarkan berbagai macam fitur yang memungkinkan penggunanya membuat, menyimpan, mengedit hingga membagikan lirik lagu. Fitur mengelola lirik lagu di aplikasi ini sangat praktis. Namun jika digunakan untuk menyimpan lirik dalam jumlah banyak, aplikasi akan menjadi lambat.

3. Lyrics – Save Music Lyrics Offline

Aplikasi lirik lagu ini cukup menarik untuk digunakan, karena bukan hanya sekedar aplikasi untuk mencari lirik lagu saja. Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat membuat lirik lagu sendiri. Aplikasi ini memiliki sistem crowdsourcing yang memungkinkan untuk mengumpulkan lirik lagu yang diunggah oleh pengguna untuk digunakan oleh pengguna lainnya.

Dengan begitu, setiap pengguna Lyric dapat berkontribusi terkait lagu yang jarang ditemukan liriknya. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi pemutar musik seperti Google Music, Spotify dan masih banyak lagi. Adapun fitur untuk mengunduh maupun mengedit lirik lagu bisa digunakan secara offline.

4. ALSong

Jika ingin mencari aplikasi musik yang ada liriknya dan dapat digunakan secara real-time maka ALSong adalah pilihan yang tepat. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu capek scrolling karena aplikasi ini akan menyesuaikan dengan tempo lagu yang diputar. ALSong dapat dijalankan di latar belakang dan tampil di lockscreen HP sehingga akan memudahkan penggunanya.

Selain itu, ALSong juga menyediakan berbagai koleksi lagu secara lengkap termasuk lagu Korea yang menggunakan hangul. Pengguna tidak akan ketinggalan lagu-lagu yang sedang trending, karena aplikasi ini memiliki daily chart. Di samping itu, pengguna juga bisa memasukkan lirik lagu secara manual.

5. QuickLyric – Instant Lyrics

Aplikasi yang hanya berukuran 10 MB ini memiliki fitur bubble widget yang akan memudahkan penggunanya untuk bernyanyi. Pengguna bisa download lirik lagu terlebih dahulu agar bisa menggunakannya secara offline. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi pemutar lagu seperti Google Music dna lainnya.

Daripada itu, QuickLyric juga menawarkan fitur floating lyrics yang dapat mendukung multitasking. Saat penggunaan aplikasi ini, kadang terjadi beberapa bug minor. Walaupun demikian, aplikasi ini tetap sangat recommended dengan berbagai fitur yang menguntungkan lainnya.

Aplikasi Musik untuk iOS

Selain tersedia untuk Android, aplikasi musik yang ada liriknya juga bisa ditemukan bagi pengguna iOS. Untuk mengunduhnya sangat mudah karena hanya melalui Appstore saja. Berikut ini beberapa aplikasi musik yang bisa digunakan:

1. Shazam

Berikutnya adalah aplikasi Shazam yang merupakan aplikasi musik yang ada liriknya dan sudah diakuisisi Apple. Aplikasi yang cukup populer ini menawarkan berbagai macam fitur yang mengagumkan. Shazam tidak hanya dapat menampilkan lirik saja, pengguna dapat mencari musik yang belum pernah didengar sebelumnya. Caranya adalah dengan merekam musik tersebut melalui aplikasi Shazam.

Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan judul lagu sekaligus liriknya yang dapat diakses secara offline. Aplikasi ini sudah didesain agar dapat terhubung ke beberapa perangkat sekaligus. Jika ingin menggunakan semua fitur yang disediakan oleh Shazam, maka pengguna harus login terlebih dahulu.

2. SoundHound

Salah satu aplikasi musik yang ada liriknya dan cukup populer adalah SoundHound. Aplikasi ini dapat mendeteksi lagu yang sedang diputar di sekitar serta menampilkan liriknya. Menariknya, SoundHound juga dapat mendeteksi lagu hanya dengan mengaktifkan perintah suara saja. Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengatur playlist sendiri.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan menghadirkan karaoke yang nyaman. Karena bisa menampilkan video klip dari sebuah musik. Di dalam aplikasi ini juga tersedia history backup agar pengguna dapat melihat hasil pencarian lagu yang sebelumnya.

3. Musixmatch – Lyrics & Music

Salah satu aplikasi lirik lagu yang sangat praktis dan mudah digunakan adalah Musixmatch. Cara menggunakan aplikasi ini hanya dengan memasangnya di perangkat. Kemudian secara otomatis Musixmatch akan memunculkan bubble notification yang berisi lirik lagu saat pengguna memutar musik. Karena aplikasi ini sudah dibekali dengan fitur floating lyrics yang mendukung hal tersebut.

Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan aplikasi pemutar musik lainnya seperti YouTube, Spotify, Pandora, SoundCloud, Apple Music dan lainnya. Selain itu, Musicmatch juga dapat melakukan translasi secara real-time. Perlu diketahui, database untuk lagu Indonesia maupun anime Jepang di dalam aplikasi ini masih kurang lengkap.

4. Lyrics Mania

Aplikasi Lyrics Mania bisa dibilang hampir mirip dengan Musixmatch. Namun di dalam aplikasi ini menawarkan beberapa fitur tambahan yang cukup menarik sehingga membuatnya lebih unggul. Salah satu fitur yang terdapat di dalam Lyrics Mania adalah Music ID recognition yang dapat mendeteksi lirik lagu secara otomatis.

Selain itu, ada fitur Postcard dimana pengguna dapat membuat gambar dari lirik lagu yang dipilih. Adapun database lirik lagu yang tersedia di dalam aplikasi ini sangat lengkap. Bahkan pengguna juga dapat mengetahui lagu apa yang saat ini sedang trending. Lyrics Mania ini sudah terintegrasi dengan berbagai pemutar musik lainnya.

Itulah beberapa aplikasi musik yang ada liriknya dan bisa digunakan dengan mudah. Melalui aplikasi tersebut, pengguna bisa menikmati lagu dan bernyanyi tanpa salah lirik lagu. Karena tidak semua pemutar musik menawarkan lirik lagu, sehingga aplikasi lirik ini dianggap sangat luar biasa. Sekarang tidak perlu ribet mencari lirik melalui Google lagi karena sudah ada aplikasi lirik yang khusus.