Rekomendasi Aplikasi Notes di PC, Tugas Dan Agenda Anti Terlupa

Apa saja kegunaan aplikasi notes di PC? Apa saja aplikasi yang bisa dipakai? Simak artikel ini selengkapnya!


Dalam keseharian, berapa lama waktu yang dihabiskan di depan PC. Apalagi di masa seperti ini dimana segala hal dilakukan secara online. Karenanya, membuat catatan kecil di PC tentu akan lebih praktis. Sebenarnya, apa saja kegunaan  apa saja kegunaan aplikasi notes di PC? Apa saja aplikasi yang bisa dipakai? Simak artikel ini selengkapnya!? Apa saja aplikasi yang bisa dipakai? Simak artikel ini selengkapnya!

Kegunaan Aplikasi Notes 

Berbagai hal bisa dilakukan melalui komputer. Ditambah lagi dengan kemajuan zaman seperti ini, sepertinya semua hal dilakukan dengan lebih baik secara digital. Pekerjaan dan aktivitas pengguna semuanya bisa dilakukan melalui komputer. Karenanya, akan lebih praktis jika catatan pun dibuat langsung dari komputer bukan?

Aplikasi Notes di PC memungkinkan pengguna untuk mencatat segala sesuatu, biasanya hal-hal penting yang terjadi selama pertemuan daring atau mungkin mencari referensi. Dengan menggunakan aplikasi notes, pengguna tidak perlu bersusah payah menyediakan catatan kertas lagi. Notes digital seperti ini juga membantu catatan pengguna agar tidak tercecer.

Rekomendasi Aplikasi Notes

Pasti menyenangkan bukan untuk bisa mencatat segala sesuatu langsung dari komputer. Namun saat akan menggunakan aplikasi, pasti akan bingung, aplikasi mana yang cocok untuk digunakan. Karenanya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi notes yang bisa dipilih oleh pengguna:

1. Sticky Notes

Rekomendasi pertama tentu saja aplikasi Sticky Notes. Aplikasi ini adalah aplikasi notes di PC yang merupakan aplikasi bawaan PC. Setiap PC pasti sudah dilengkapi dengan aplikasi ini. Pengguna bisa menggunakannya untuk membuat catatan kecil atau catatan pengingat. Sticky Notes juga memungkinkan pengguna untuk menempelkan beberapa notes di layar utama.

Catatan di Sticky Notes bisa diubah-ubah warnanya sesuai dengan keinginan pengguna. Pada catatan pengingat, pengguna juga bisa mencoret agenda yang sudah terlaksana. Namun karena aplikasi ini adalah aplikasi bawaan, maka aplikasi ini dirasa memiliki fitur yang terlalu sederhana. Pengguna bahkan belum bisa menambahkan gambar pada catatan ini.

2. Microsoft OneNote

Jika ingin menikmati fitur notes PC yang lebih keren, pengguna perangkat Microsoft bisa mulai menggunakan OneNote. Aplikasi ini adalah aplikasi asli milik Microsoft, namun bukan aplikasi bawaan. Pengguna bisa menginstalnya dari layanan penyedia aplikasi resmi milik Microsoft. OneNote disebut-sebut sebagai aplikasi note yang sangat direkomendasikan.

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa membuat catatan apa saja. Bahkan pengguna bisa langsung membentuk catatan dalam bentuk peta pikiran. Dengan begitu, catatan pengguna akan menjadi lebih ringkas dan mudah dimengerti. Selain itu pengguna bisa menggunakan fitur rekaman suara. Suara yang direkam nantinya bisa ditranskripsi menjadi catatan.

3. EverNote

Di nomor tiga, ada aplikasi notes di PC yang sama besarnya dengan OneNote, yaitu EverNote. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat banyak catatan langsung dari PC. Evernote juga dilengkapi dengan fitur penambahan grafik, gambar, rekaman suara, cuplikan video, dan lain-lain untuk mendukung pembuatan catatan oleh pengguna.

Namun aplikasi ini banyak mendapatkan keluhan dari pengguna. Untuk pengguna dengan versi gratis, fitur yang didapatkan sangatlah terbatas. Sedangkan untuk menikmati fitur lanjutan, pengguna harus melakukan sejumlah pembayaran. Terlebih lagi, harga penjualan aplikasi EverNote dikatakan terlalu mahal untuk aplikasi ini.

4. Simple Note

Selanjutnya adalah aplikasi catatan Simple Note. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan untuk ponsel seperti Android dan iOS. Namun sekarang, pengguna sudah bisa menggunakannya melalui PC juga. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk menambahkan catatan-catatan kecil saat pengguna sedang melakukan aktivitas dari PC.

Aplikasi Simple Note menyediakan fitur dasar pencatatan pada PC. Memang, Simple Note tidak memberikan fitur yang sangat lengkap seperti OneNote juga EverNote. Namun aplikasi ini bisa dinikmati dengan gratis sepenuhnya. Pengguna juga bisa mengganti warna latar serta jenis teks pada aplikasi ini serta menambahkan beberapa gambar pada catatannya.

5. Google Keep

Rekomendasi aplikasi notes di PC nomor lima adalah Google Keep. Google keep masih masuk dalam serangkaian aplikasi yang dimunculkan oleh Google. Gunanya sudah tentu untuk membuat catatan dari PC atau gadget lain yang dimiliki oleh pengguna. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membuat catatan kecil warna-warni dengan tambahan aplikasi lucu.

Seperti aplikasi keluaran Google, aplikasi Google Keep ini memiliki keunggulan. Aplikasi ini akan terhubung ke semua perangkat yang terdaftarkan ke alamat email yang sama. Jadi, pengguna bisa melihat catatan ini di setiap gawai pengguna. Hanya saja, karena aplikasi ini adalah keluaran Google, maka sudah pasti aplikasi ini hanya bisa dijalankan dalam jaringan.

6. iDailyDiary

Aplikasi notes PC selanjutnya adalah iDailyDiary. Seperti namanya, aplikasi ini menyajikan fitur catatan yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mencatat apa saja. Pengguna juga bisa memberikan keamanan pada catatan yang dibuat dengan aplikasi ini. iDailyDiary memungkinkan pengguna untuk memasang password dan menerapkan enkripsi pada catatannya.

Menariknya lagi, sesuai namanya, aplikasi ini tersaji dalam bentuk buku diary yang biasa ditemui. Pengguna juga bisa membuka catatan dari tanggal tertentu hanya dengan memilih pilihan tanggal yang ada pada bagian bawah halaman. Catatan yang dibuat oleh pengguna juga bisa diekspor sehingga pengguna bisa menyimpannya di tempat lain atau membagikannya.

7. Paper Street Journal

Jika mencari aplikasi catatan yang sepenuhnya gratis, maka Paper Street Journal bisa menjadi jawabannya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat catatan langsung dari PC pengguna. Kelebihan aplikasi ini adalah, pengguna bisa memilih format penyimpanan catatan. Pengguna bisa menyimpan hasil catatan tidak sebatas pada aplikasi saja.

Paper Street Journal juga telah dilengkapi oleh fitur penambahan gambar. Hanya saja, jika pengguna membuat catatan tulisan, pengguna tidak bisa menambahkan gambar. Begitu juga sebaliknya. Fitur-fitur tersebut hanya bisa dipilih salah satu dalam masing-masing catatan yang dibuat. Hal inilah yang membuat Paper Street Journal kurang diminati.

8. Bloom Diary

Rekomendasi nomor delapan adalah Bloom Diary. Aplikasi catatan yang satu ini adalah aplikasi yang memiliki desain menarik. User Interface yang dimiliki oleh aplikasi ini memudahkan pengguna untuk membuat catatan-catatan tertentu. Selain itu, pengguna bisa menambahkan gambar atau file lain ke dalam catatan yang dibuat dengan Bloom Diary.

Bloom Diary memungkinkan pengguna untuk menambahkan judul pada catatan yang dibuatnya. Pengguna juga bisa melakukan pengelompokan catatan sesuai kategori tertentu. Setelahnya, pengguna juga bisa mengumpulkan beberapa catatan menjadi satu bab. Hal ini akan membantu pengguna untuk merapikan catatan yang pernah dibuat.

9. Wunderlist

Rekomendasi aplikasi notes PC yang terakhir adalah Wunderlist. Dari tampilan aplikasi ini, terlihat sekali bahwa aplikasi ini telah mengusung konsep yang modern. Tampilan simpel, namun fitur yang ditawarkan untuk pengguna sangat beragam. Terlebih lagi aplikasi ini bisa dinikmati sepenuhnya secara gratis.

Pengguna bisa memanfaatkan semua fitur pada aplikasi ini sekalipun dalam keadaan tidak terhubung ke jaringan. Namun, jika pengguna terhubung ke jaringan, maka pengguna bisa menikmati fitur kolaborasi. Pengguna bisa menambahkan pengguna lain untuk sama-sama membuat dan menyimpan catatan yang diperlukan untuk keperluan tim. Fitur ini sangat menguntungkan bukan?

Dengan menggunakan salah satu aplikasi notes di PC diatas, membuat catatan di PC menjadi sangat mudah. Pengguna bisa langsung mencatat hal-hal penting yang didapatkan saat sedang menggunakan PC. Terlebih lagi, pengguna tidak perlu takut catatan hilang atau rusak. Semua catatan akan aman dalam direktori PC dan bisa dibuka sewaktu-waktu.