Rekomendasi Aplikasi Pelacak Lokasi Nomor Handphone dan GPS untuk Android

Apalagi dengan hadirnya berbagai aplikasi pelacak lokasi nomor handphone hal itu akan lebih mudah dilakukan.

Melacak lokasi seseorang melalui lokasi nomor handphone-nya bukan hanya ada pada adegan drama dan film saja. Di dunia nyata sekarang ini, hal itu sudah bisa dilakukan. Apalagi dengan hadirnya berbagai aplikasi pelacak lokasi nomor handphone hal itu akan lebih mudah dilakukan.

Aplikasi Pelacak Handphone dengan Nomor

Kemajuan teknologi memang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Termasuk menemukan lokasi seseorang karena satu atau dua alasan penting - orangtua yang diharuskan memantau keberadaan anak, misalnya. Untuk itu, berikut ini beberapa aplikasi pelacak lokasi berdasarkan nomor handphone-nya yang bisa dicoba:

1. Mobile Number Locator - Find Phone Number Location

Aplikasi pelacak lokasi nomor handphone ini didesain untuk menemukan lokasi handphone secara real time dengan menggunakan lokasi nomor handphone. Jumlah nomor yang bisa dicari lokasinya pun tak terbatas. Cukup masukkan nomor-nomor yang ingin diketahui keberadaannya dan tunggu aplikasi bekerja dan menemukan di mana lokasi nomor-nomor tersebut berada. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memblokir nomor spam, telepon iseng, bahkan penipuan yang menggunakan telepon. Cara kerjanya adalah dengan melacak riwayat aktivitas dari nomor tersebut, serta identitas yang terdaftar atas nomor. Jadi aplikasi ini bukan hanya untuk mencari lokasi keberadaan device semata, melainkan juga identitas si pemilik nomor.

2. Phone Tracker by Number

Satu lagi aplikasi pelacak lokasi nomor handphone yang wajib dicoba, Phone Tracker by Number. Jumlah pengguna aplikasi ini mencapai lebih dari 50 juta dan punya 44 pilihan bahasa. Teknologi yang digunakan adalah tracker yang untuk GPS dan nomor handphone. Dengan begitu, baterai handphone pun tidak akan cepat terkuras habis.

Dengan memanfaatkan lokasi nomor handphone dari operator, lokasinya bisa lebih terarah dan notifikasi akan lebih cepat sampai. Yang paling menarik, untuk mendapatkan lokasi terbaru nomor yang dilacak, tidak perlu melakukan refresh. Hal ini dikarenakan, lokasi yang dikirimkan selalu update.

3. Mobile Number Locator - Phone Caller Location

Kehilangan handphone dan melacak keberadaannya melalui nomor handphone bukan lagi menjadi hal yang mustahil dilakukan. Dengan menggunakan Mobile Number Locator, hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan GPS.

Cara kerjanya yaitu cukup dengan memasukkan nomor handphone. Lalu kemudian, aplikasi ini akan mengirimkan SMS ke nomor tersebut. untuk melacak posisi GPS-nya.

Menariknya lagi, Mobile Number Locator - Phone Caller Location juga bisa mengecek lokasi nomor yang berasal dari luar negeri. Bahkan, dalam kondisi offline pun country tracker-nya tetap bisa digunakan untuk mengidentifikasi negara asal nomor yang dicari. 

4. Phone Number Tracker - Mobile Number Locator Free

Aplikasi yang memasang tagline “free” pasti akan menjadi salah satu yang paling laris. Aplikasi pelacak nomor handphone gratis yang satu ini melacak keberadaan handphone dengan memanfaatkan lokasi nomor seluler. 

Jadi, informasi lokasi detail sampai ke negara hingga kota mana nomor tersebut berasal bisa diperoleh. Oleh karena itu, aplikasi ini akan bisa membantu untuk meminimalisir masuknya telepon iseng dan panggilan spam. 

Mobile Number Locator Free ini pun dengan fitur blokir. Jadi, nomor-nomor yang terindikasi sebagai nomor spam, penipuan, sampai nomor bodong yang sering digunakan untuk iseng tidak akan bisa menghubungi. 

Tak Butuh Pelacak Nomor, Pelacak GPS Bisa Jadi Alternatif

Bisa jadi, ada orang yang tidak tertarik dengan aplikasi pelacak lokasi nomor handphone karena satu atau dua alasan tertentu, meski butuh tracker. Untuk kasus ini, maka aplikasi tracker lain yang berbasis GPS berikut bisa dimanfaatkan:

1. Google Find My Device

Aplikasi yang dikembangkan langsung oleh Google ini termasuk yang paling banyak dimanfaatkan oleh para pengguna Android. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, maka disyaratkan untuk menggunakan akun Google yang sama pada setiap device dan melacak lokasinya. 

Misalnya saja, jika lupa meletakkan handphone, maka bisa menggunakan Find My Device dari laptop atau tablet yang menggunakan akun Google yang sama. Nantinya, lokasi handphone yang dicari akan dikirimkan ke device yang digunakan untuk melacak.

Apabila handphone yang dilacak dalam kondisi mati, maka yang akan dimunculkan adalah lokasi terakhir handphone tersebut tercatat pada data Google. Satu hal yang penting jika ingin memanfaatkan aplikasi ini adalah memberikan akses lokasi pada Google untuk melacak keberadaan device. 

2. Find My Kids: Location Tracker

Tujuan utama pengembangan aplikasi ini adalah ditujukan untuk para orangtua yang cemas terhadap anak mereka. Dengan menggunakan Find My Kids, lokasi handphone anak bisa ditemukan dengan mudah. Tak hanya itu saja, orangtua juga bisa memastikan keberadaan anak benar-benar aman.

Selain itu, jika handphone anak dalam kondisi silent atau berada di lokasi yang sulit diakses, maka akan ada bunyi alarm pengingat. Ditambah lagi, orangtua pun bisa dengan mudah memantau aplikasi apa saja yang digunakan oleh anak. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa anak tidak mengakses konten yang berbahaya. 

Status baterai handphone anak pun bisa dengan mudah diketahui dengan aplikasi ini. Jadi, orangtua bisa dengan mudah mengingatkan anak mereka untuk segera mengisi daya handphone jika dibutuhkan. Dengan demikian, handphone bisa selalu terpantau dan saat terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, lokasi keberadaan anak bisa dengan cepat ditemukan. 

3. GeoZilla - Find My Phone

Satu hal yang sulit dilakukan untuk keluarga yang semuanya sibuk adalah mengkomunikasikan keberadaan masing-masing. Apalagi jika sedang sibuk, sehingga terlewatkan untuk mengirim pesan ke mana akan pergi. Untuk itu, GeoZilla bisa dimanfaatkan untuk urusan memberikan informasi lokasi kepada keluarga.

Dengan GeoZilla, berbagi informas lokasi bisa dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan fitur GPS. Tidak berhenti disitu saja, informasi keamanan anggota keluarga pun bisa dengan mudah diperoleh dari aplikasi ini. 

Dengan adanya fitur yang dapat memperhitungkan kecepatan mengemudi, bisa saling memantau keselamatan anggota keluarga. Tidak berhenti disitu saja, aplikasi ini juga akan menginformasikan jika ada yang berkendara sambil menggunakan handphone. 

4. Find My Phone. Family GPS Locator by Familio

Pasti tidak asing lagi dengan fitur 360 degrees view yang ditawarkan Google melalui Google Map. Fitur ini pula yang ditawarkan oleh Find My Phone yang dikembangkan oleh Familio sebagai pelacak lokasi GPS handphone.

Selain memberikan lokasi real time keberadaan seseorang, ada pula panic button yang sangat berguna jika dalam kondisi darurat. Di samping itu, ada juga fitur chat untuk memudahkan saling berkomunikasi dalam aplikasi.

Ditambah lagi, UI-nya didesain untuk memberikan UX terbaik kepada semua kalangan pengguna, termasuk anak kecil. Di samping itu, pengguna bisa mengatur setting, siapa saja yang bisa melihat lokasinya. Yang lebih pentingnya lagi, konsumsi daya yang digunakan juga tergolong kecil.

Meskipun seringkali digambarkan sebaliknya, aplikasi pelacak lokasi nomor handphone dan yang berbasis GPS yang disebutkan di atas semuanya legal. Semua aplikasi yang ada pada daftar dapat ditemukan dengan mudah di Play Store. Jika masih ragu, cobalah untuk melihat rating serta ulasan dari para pengguna lainnya.