Rekomendasi Aplikasi Pengingat Minum Agar Minum Air Lebih Teratur

Menggunakan aplikasi pengingat minum air bisa menjadi pilihan yang tepat. Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Untuk memulai pola hidup sehat, langkah yang diambil bisa dari hal kecil dalam keseharian. Salah satu yang tepat untuk memulainya adalah dengan minum air putih. Namun terkadang, hal sepele seperti ini masih sering terlewatkan. Karenanya, menggunakan aplikasi pengingat minum air bisa menjadi pilihan yang tepat. Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Pentingnya Kegunaan Aplikasi Pengingat untuk Minum 

Karena minum air sudah menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat, maka masalah lupa minum air menjadi sangat serius. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, orang harus banyak minum air. Selain menjaga kadar air dalam tubuh, meminum air cukup bisa membantu membangun kesehatan dalam tubuh.

Untuk itu, aplikasi pengingat untuk minum air juga menjadi penting. Dengan menggunakan aplikasi seperti ini, konsumsi air harian akan lebih terjamin juga terkontrol jumlahnya. Pengguna tidak perlu lagi merasa lupa karena aplikasi ini terpasang di ponsel yang pastinya akan dibawa kemanapun pengguna pergi.

Rekomendasi Aplikasi

Saat akan memasang aplikasi pengingat untuk minum, banyak pilihan yang akan tersedia. Banyaknya pilihan tersebut membuat bingung untuk memilih. Namun tenang saja karena berikut ini akan disajikan rekomendasi aplikasi yang bisa dipilih sebagai pengingat minum air:

1. Water Tracker: Drink Water Reminder

Rekomendasi pertama adalah Water Tracker: Drink Water Reminder. Aplikasi pengingat minum ini membantu pengguna untuk mengatur kebutuhan air harian. Pengguna akan diminta memasukkan berat badan sekarang. Setelahnya keperluan air harian akan ditentukan di sini. Karenanya, aplikasi ini juga bisa membantu program diet yang dilakukan.

Dalam aplikasi ini pengguna bisa tahu kebutuhan air dalam tubuh per harinya. Setelahnya, aplikasi akan membantu pengguna untuk menjadi pengingat minum air. Pengguna bisa memilih rentang waktu yang disetel untuk pengingat. Dalam aplikasi, pengguna juga bisa memasukkan ukuran air minum setiap kali pengguna memasuki waktu minum.

2. Water Time Pro

Di nomor dua, ada aplikasi water time pro. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Water Time Pro membantu pengguna untuk menjadi pengingat kala waktu minum air. Hal ini mendukung pengguna untuk minum air lebih teratur sehingga asupan cairan tubuh terpenuhi. Water Time bisa menentukan kebutuhan air harian dari keadaan tubuh pengguna.

Selain air, aplikasi ini juga memiliki informasi terhadap minuman lainnya yang dikonsumsi oleh tubuh. Saat pengguna mengonsumsi minuman lainnya, pengguna bisa langsung memasukkannya dalam record aplikasi ini. Pengguna bisa memilih jenis minuman selain air yang diminum. Dengan begitu, rekaman aplikasi ini akan lebih akurat.

3. Water Drink Reminder

Selanjutnya adalah aplikasi pengingat minum bernama Water Drink Reminder. Aplikasi ini membantu pengguna menentukan jumlah kebutuhan cairan harian dari berat badan pengguna. Saat awal menggunakan aplikasi ini, pengguna akan diberikan beberapa pertanyaan seperti berat badan dan kondisi tubuh yang dialami pengguna dalam keseharian.

Dari kondisi yang didapatkan, aplikasi akan menentukan kebutuhan air pengguna. Water Drink Reminder akan menyesuaikan pengingat minum agar pengguna bisa mencapai kebutuhan minimal tersebut dalam satu hari. Dalam aplikasi juga akan disajikan grafik progres pengguna dalam menjalankan program minum air teratur.

4. Drink Water Reminder 30 Days

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Drink Water Reminder 30 Days. Aplikasi ini juga akan membantu pengguna mengetahui seberapa banyak tubuh membutuhkan air minum. Setelah kadar harian ditentukan, pengguna bisa mendapatkan alarm pengingat. Alarm yang dipasang bisa disesuaikan dengan seberapa banyak pengguna biasa minum.

Aplikasi ini menyajikan konsep yang berbeda dari aplikasi lainnya. Dalam aplikasi ini, minum air secara teratur disajikan dalam bentuk tantangan. Pengguna akan ditantang untuk konsisten melakukan hal ini selama 1 bulan atau 30 hari. Pengguna akan mendapatkan track record untuk kegiatan minum airnya selama satu bulan.

5. Drink Water Tracker: Water Reminder & Alarm

Di nomor lima, ada aplikasi Drink Water Tracker: Water Reminder & Alarm. Aplikasi ini adalah aplikasi yang menyediakan fitur dasar pengingat minum air. Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Drink Water Tracker: Water Reminder & Alarm juga akan menanyakan kepada pengguna berat badan dan keadaan tubuh. Dari sini akan didapatkan kebutuhan air harian.

Pengguna bisa juga memasukkan ukuran gelas minum yang biasa digunakan oleh pengguna. Jadwal minum air bisa disesuaikan dengan pola kegiatan sehari-hari pengguna. Setelahnya, aplikasi akan membantu mengatur kapan saja alarm akan berbunyi. Terlebih lagi, pengguna bisa mengatur aplikasi untuk tidak memberi alarm pada waktu-waktu tertentu.

6. Daily Water Tracker Reminder

Daily Water Tracker Reminder juga merupakan aplikasi pengingat minum air yang dasar. Pengguna akan diminta untuk memasukkan berat badan. Aplikasi akan memberitahukan berapa jumlah air yang dibutuhkan pengguna dalam satu hari. Setelahnya, pengguna bisa mendapatkan notifikasi kustom sesuai dengan keseharian pengguna dari aplikasi.

Aplikasi ini akan meminta pengguna untuk memasukkan target tertentu dalam menggunakan aplikasi ini. Jika sudah, aplikasi akan memfokuskan pengguna untuk mencapai target tersebut. Daily Water Tracker Reminder akan membantu pengguna untuk mendapatkan review bulanan terhadap kemajuan dalam konsumsi air putih.

7. Plant Nanny

Rekomendasi aplikasi pengingat minum nomor tujuh ini merupakan aplikasi yang paling lucu di antara aplikasi yang lainnya. Jika aplikasi lainnya mengingatkan dalam bentuk alarm, aplikasi ini menyajikannya dalam bentuk perawatan tanaman. Pengguna juga akan dibuatkan jadwal yang disesuaikan dengan berat badan sebelum pengguna memulai menggunakannya.

Dalam Plant Nanny, pengguna akan diwujudkan dalam bentuk tanaman yang tampilannya lucu. Tanaman ini nantinya akan membutuhkan air yang sesuai dengan kebutuhan air harian pengguna. Saat pengguna sudah memasuki minum, maka Plant Nanny akan memberikan notifikasi bahwa tanaman pengguna dan juga pengguna sudah waktunya ‘disirami’.

8. Aqualert

Aqualert sama dengan aplikasi pengingat sebelumnya. Aplikasi ini  akan menanyakan informasi seputar tubuh pengguna terlebih dahulu. Setelahnya, aplikasi ini akan menemukan angka kebutuhan air tertentu sesuai keadaan tubuh. Lalu, pengguna juga bisa mengatur jam-jam dimana pengguna ingin diingatkan untuk meminum air dan tidak.

Aqualert menyajikan pengingat dalam bentuk permainan atau tantangan. Pengguna akan ditantang untuk menepati jadwal minum secara konsisten. Setelah berhasil memenuhi misi tertentu, pengguna akan mendapatkan reward. Reward yang ditawarkan adalah pin Skin atau pin muscles. Jika pengguna konsisten lebih lama lagi, pengguna akan mendapatkan hadiah lebih banyak lagi.

9. Rey

Aplikasi yang terakhir bernama Rey. Pengguna bisa mendapatkan tracker minum air sesuai berat badan. Pengguna juga bisa menyesuaikan ukuran gelas serta menyetel alarm sesuai dengan jadwal kegiatan sehingga tidak mengganggu.

Tidak hanya untuk pelacakan minum air putih, Rey menawarkan fitur penambahan minuman selain air putih dalam tracker. Selain itu, pengguna bisa mendapatkan laporan konsumsi air harian dari widget pada layar utama ponsel. Namun untuk bisa menikmati fitur ini, pengguna harus mengeluarkan sejumlah uang untuk meningkatkan aplikasi ini.

Dengan aplikasi pengingat minum diatas, jadwal minum air bisa lebih teratur. Selain aplikasi ini sudah pasti terpasang di ponsel pengguna yang akan dibawa kemana-mana. Dengan begitu, capaian asupan air harian yang dibutuhkan akan terpenuhi. Yuk, mulai hidup sehat dan teratur dengan memenuhi kebutuhan minum tubuh.