Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks dengan Berbagai Fitur

Kemunculan ragam aplikasi pengubah suara menjadi teks ini tentunya akan sangat memudahkan penggunanya. Apa saja aplikasinya? Simak ulasannya!


Dengan perkembangan zaman yang terus maju, saat ini tentu ada banyak jenis aplikasi yang bermunculan. Salah satu aplikasi unik yang sangat bermanfaat adalah aplikasi untuk mengubah suara menjadi sebuah tulisan. Kemunculan ragam aplikasi pengubah suara menjadi teks ini tentunya akan sangat memudahkan penggunanya.

Seperti yang sudah diketahui, mendengarkan suara dan menyalinnya secara manual tentu akan sangat merepotkan. Banyak kalangan yang akhirnya memakai aplikasi semacam ini karena beberapa alasan. Jika belum tahu ingin memakai aplikasi apa, maka simak rekomendasi aplikasinya yang ada di bawah ini beserta dengan alasan penggunaannya:

Mengapa Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks Dibutuhkan?

Kecepatan melakukan suatu pekerjaan merupakan hal utama yang saat ini banyak menjadi fokus utama. Dengan kebutuhan yang semakin banyak ini, maka teknologi hadir untuk menjadi solusi. Hal ini juga sejalan dengan proses mendapatkan data yang bisa ditemui dengan berbagai output. Salah satunya adalah dalam bentuk suara.

Dengan data berupa suara ini, tentunya akan ada banyak pihak yang perlu mengubahnya dalam bentuk tulisan. Jika dilakukan secara manual, maka prosesnya akan lama. Untuk menghasilkan proses yang lebih cepat dan efisien, maka hadirlah aplikasi untuk mengubah suara menjadi sebuah tulisan yang bisa dipakai.

Banyak kalangan yang membutuhkan aplikasi ini karena alasan tersebut. Berbagai bidang pekerjaan yang bersinggungan dengan hal ini pastinya akan sangat perlu untuk memakainya. Penggunaan aplikasi semacam ini juga relatif mudah. Sehingga semakin kuat pula alasan banyak pihak yang memakainya.

Rekomendasi Aplikasi yang Bisa Dipakai

Jenis aplikasi untuk mengubah suara menjadi sebuah tulisan sudah mulai banyak bermunculan. Tiap-tiap jenis ini pasti memiliki komponen pembeda yang bisa dirasakan oleh setiap pengguna. Bagi yang ingin memanfaatkan aplikasi terbaik, maka proses pemilihannya harus selektif. Berikut adalah beberapa daftar aplikasi yang layak untuk dimanfaatkan:

1. Transkripsi Instan

Rekomendasi aplikasi pengubah suara menjadi teks yang pertama jatuh kepada Transkripsi instan. Aplikasi ini sendiri diluncurkan oleh Research at Google dengan ukuran sekitar 7,7 MB. Dengan ukuran yang tergolong kecil ini, maka ruang penyimpanan ponsel yang kecil pun bisa menampung aplikasinya secara penuh.

Melalui aplikasi ini, pengguna tidak perlu mengkhawatirkan jenis bahasa dan dialek yang dipakai. Transkripsi Instan ini sudah memiliki 80 lebih bahasa dengan ragam dialek di dalamnya. Dengan demikian, bahasa apa pun yang dipakai asal masuk dalam database maka akan mudah dideteksi lengkap dengan dialeknya.

Tingkat respon aplikasinya juga sangat baik. Fitur respon ini tentunya penting untuk aplikasi jenis ini. Dengan respon yang baik, maka bahasa yang teks yang muncul akan semakin cepat dengan hasil yang tentunya akurat. Rekomendasi aplikasi yang pertama ini memang sangat sayang untuk dilewatkan mengingat jenis fiturnya banyak.

2. Voice to Text

Aplikasi kedua yang masuk dalam jajaran rekomendasi adalah Voice to Text. Jenis aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Maruar dengan ukuran 2,4 MB. Nominal ini tentunya lebih kecil dari rekomendasi yang pertama tadi. Meski lebih kecil, namun fitur yang ada di bagian aplikasi ini juga bisa dikatakan unggul dengan pemakaian yang mudah.

Panjang catatan yang bisa dibuat di aplikasi ini tidak ada batasan bagi semua pengguna. Dengan demikian, semua pengguna bisa memanfaatkannya dengan mudah meski rekaman suara yang dimiliki sangatlah panjang. Selain itu, sensor penspasian juga sangat baik sehingga pengguna tidak perlu takut jika tulisan menyatu antar katanya.

Setelah catatan selesai dibuat, maka setiap pengguna juga bisa mulai mengubah file yang dimiliki ke format lainnya untuk dibagikan. Dengan semua kemudahan ini, maka pengguna akan merasakan fitur lengkap selama pemakaian. Hal ini akan sangat disayangkan jika semua fitur ini tidak dicoba atau difungsikan.

3. Speech to Text

Lalu ada juga aplikasi bernama Speech to Text yang masuk dalam jajaran aplikasi pengubah suara menjadi teks lain yang layak dimanfaatkan. Xenom Apps adalah pengembang dari aplikasi ini. Jika dilihat dari ukuran aplikasinya, pengguna hanya perlu mengosongkan ruang penyimpanan sebesar 1,4 MB untuk memakai aplikasi ini.

Meski ukurannya sangat kecil, namun aplikasi ini tergolong berkualitas dan menarik untuk dimanfaatkan. Bagi yang ingin mengubah suara menjadi suatu tulisan, maka akan sangat pas jika memakai aplikasi ini. Hal ini dikarenakan jumlah fiturnya yang tergolong banyak dan sangat bermanfaat jika dipakai.

Tampilannya sendiri sangat sederhana dan simpel. Poin ini akan memudahkan pengguna baru untuk beradaptasi dengan penggunaan aplikasi. Dengan tampilan yang sederhana, tentu setiap orang bisa memakainya dengan mudah tanpa harus bingung dengan tombolnya. Semua sudah diatur oleh pihak pengembang untuk menciptakan kemudahan.

4. Speechnotes

Pilihan aplikasi lainnya adalah Speechnotes yang sangat menarik untuk dipakai. WeelSource – Empowering You adalah pengembang aplikasi ini. Ukuran aplikasinya sendiri masih tergolong mini yaitu sekitar 6,1 MB. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka setiap pengguna bisa membuat tulisan dari rekaman suara secara efisien.

Nantinya, hasil tulisan akan masuk dalam memo yang ada di perangkat. Apabila ingin diubah dalam format lainnya, maka tulisan tersebut bisa langsung disalin dan diubah formatnya. Uniknya, aplikasi ini juga bisa terkoneksi dengan Google Drive. Sehingga, catatan yang sudah dibuat akan tersimpan di Google Drive agar lebih aman.

Respon bahasa yang dimiliki juga sangat akurat. Dengan demikian, catatan yang dibuat akan memiliki hasil yang baik. Penggunaan aplikasi ini secara offline juga masih sangat memungkinkan. Namun jika dibandingkan dengan online, hasil yang didapat kurang baik. Maka dari itu, sangat direkomendasi untuk memakai aplikasi ini secara online saja.

5. Otter

Aplikasi pengubah suara menjadi teks yang kelima adalah Otter. Pengembang aplikasi ini bernama Otter.ai. Bagi yang ingin memanfaatkan aplikasi ini, maka harus mengosongkan ruang perangkat paling tidak 12 MB. Meski tergolong besar dibandingkan aplikasi lainnya, namun fitur yang ada dalam aplikasi ini tergolong paling lengkap.

Penggunaan aplikasi ini juga sudah didukung dengan AI yang canggih. Semua tanda baca, spasi, pemisahan paragraf, hingga penggunaan huruf besar bisa dilakukan secara otomatis. Bahkan sensor bahasa dan kecepatannya sangatlah bagus dan akan sangat pas untuk dimanfaatkan dalam rekaman yang cepat.

Jika sudah selesai membuat catatan, maka hasilnya bisa langsung dibuat dalam format yang diinginkan. Penambahan slide atau foto juga sangat memungkinkan dalam aplikasi ini. Untuk membagikan catatannya pun sudah disediakan banyak fitur tambahan sehingga pengguna tidak perlu bingung lagi.

6. SpeechTexter

Jenis aplikasi lain yang disarankan untuk dipakai adalah SpeechTexter. Ukuran aplikasi ini hanya sebesar 2,8 MB saja. Dengan ukuran yang kecil ini, tentunya tidak akan membebani perangkat yang dipakai. Aplikasi ini termasuk yang memiliki akurasi pengenalan tinggi dengan tingkat 95% dalam bahasa Inggris.

Bahkan untuk pilihan bahasa sendiri sudah ada sekitar 70 bahasa yang bisa dideteksi. Dengan banyaknya bahasa ini, tentunya setiap pengguna bisa membuat catatan dengan mudah tanpa takut ada kesalahan. Bagi yang ingin menambahkan perintah, maka langsung saja mengucapkan perintah baru agar diikuti oleh aplikasinya secara langsung.

Demikianlah berbagai aplikasi pengubah suara menjadi teks yang bisa dimanfaatkan. Dengan semua pilihan di atas, maka setiap pengguna bisa memanfaatkan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Setiap aplikasi pasti memiliki komponen baik dan buruknya. Maka dari itu, bukan hal aneh jika mencoba satu per satu aplikasi di atas.