Daftar Aplikasi Tracking Pesawat

Saat ini tidak perlu cemas, karena sudah banyak sekali aplikasi tracking pesawat yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis.


Pesawat memang masih menjadi moda transportasi tercepat dan paling digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sayangnya, beberapa berita mengenai pesawat hilang kontak hingga kecelakaan membuat beberapa di antaranya menjadi ragu untuk naik pesawat. Namun, saat ini tidak perlu cemas, karena sudah banyak sekali aplikasi tracking pesawat yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

Meskipun banyak pilihan aplikasi tracking  yang bisa digunakan, namun tidak semuanya bisa sangat atraktif. Oleh karena itu, artikel ini akan merekomendasikan beberapa aplikasi pelacak pesawat yang paling atraktif. Dengan demikian pengguna bisa melacak pesawat secara real time. Nah, berikut beberapa rekomendasi aplikasi tracking atraktif yang bisa digunakan:

Aplikasi Tracking Pesawat Gratis

Ingin bepergian menggunakan pesawat, tapi baru pertama kalinya? Tidak perlu bingung, sekarang sudah ada banyak aplikasi id Play Store yang menawarkan layanan informasi seputar pesawat dan bandara. Jika hanya ingin sekedar mengetahui  informasi umum, maka cukup gunakan saja aplikasi tracking pesawat versi original. Nah, berikut beberapa aplikasi  tracking pesawat versi original yang patut dicoba:

1. FlightAware Flight Tracker

Rekomendasi aplikasi paling atraktif yang pertama adalah FlightAware Flight Tracker. Dengan beberapa menu dan fitur canggih di dalamnya, pengguna diberikan tawaran lebih dari melakukan pelacakan pesawat biasa. Aplikasi keren ini menyajikan informasi penerbangan secara real time dan juga lokasi penerbangan komersial di dunia.

Tidak hanya itu, FlightAware Flight tracker juga memiliki fitur GPS yang dapat dipakai untuk melacak penerbangan di sekitar lokasi pengguna. Cukup gunakan jari untuk memperbesar peta dunia untuk melihat penerbangan yang ingin dilacak. Pengguna bisa mencari tahu penerbangan apa saja yang ada di sekitar serta ke mana saja arahnya.

2. Gate Guru

Ingin menggunakan moda pesawat tapi belum mengetahui informasi detailnya? Tenang, saat ini sudah ada aplikasi bernama Gate Guru yang akan membantu menyajikan informasi penerbangan secara detail kepada pengguna. Tidak hanya itu saja, aplikasi canggih ini bahkan bisa memberikan informasi detail mengenai bandara yang akan digunakan untuk boarding pass.

Pengguna hanya perlu memasukkan jadwal penerbangan yang diinginkan pada aplikasi tersebut. Setelah itu, Gate Guru akan menghubungkan pengguna dengan titik-titik bandara. Gate Guru juga akan memberikan informasi detail terkait fasilitas bandara, waktu boarding pass terakhir, harga tiket, perkiraan cuaca, hingga sewa mobil.

3. Flight View

Ingin melakukan perjalanan tanpa harus susah payah mengatur jadwal dan lain-lainnya? Jika ya, maka Flight View bisa menjadi solusi masalah tersebut. Dengan menggunakan Flight View, maka pengguna bisa mengatur perjalanannya dengan sangat mudah dan cepat.

Pengguna hanya perlu meneruskan email konfirmasi perjalanan saja, maka Flight View akan mengatur semuanya. Hebatnya lagi, aplikasi keren ini tersedia gratis di semua toko aplikasi yang ada di smartphone. Keren, ya!

4. iFly Airport Guide

Saat ingin bepergian menggunakan bandara baru, tentu akan membuat siapa saja merasa bingung. Hal itu tentu sangat wajar, karena setiap bandara memiliki fasilitas dan juga tarif yang berbeda. Untuk itu, diciptakanlah aplikasi bernama iFly Airport Guide yang akan siap memberikan informasi detail terkait bandara yang akan digunakan untuk check in.

Aplikasi tracking pesawat ini akan memberikan informasi seputar fasilitas bandara seperti restoran, parkir, ATM dan Bank hingga travel yang bisa digunakan. iFly Airport Guide telah menyimpan informasi detail lebih dari 700 bandara di dunia. Untuk itu, aplikasi tersebut sangat cocok bagi pengguna yang suka bepergian ke tempat baru di seluruh dunia.

5. Flightradar24

Aplikasi tracking kedelapan ini merupakan satu-satunya yang diciptakan selain untuk memberikan informasi juga menghibur. Detail info yang diberikan oleh Flightradar24 sangatlah lengkap dibanding aplikasi sebelumnya. Flightradar24 akan memberikan informasi detail terkait jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat secara real time. Selain itu, pengguna juga akan mendapat informasi terkait ketinggian, kecepatan dan rute pesawat.

Sesuatu yang menghibur dari Flightradar24 adalah pengguna bisa melihat melalui Cockpit View bak seorang pilot yang sedang mengemudi. Selain itu, pengguna juga bisa melihat posisi pesawat dengan angle yang berbeda. Cukup arahkan kamera handphone ke atas, maka pengguna langsung bisa melihat pesawat terbang tepat di atas kepala menggunakan fitur Augmented Reality View.

6. Flight Tracker

Bagi yang suka informasi secara lengkap, akurat dan selalu update, maka Flight Tracker jawabannya. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi tracking pesawat dengan informasi yang cukup lengkap di dalamnya. Pengguna akan diberikan informasi detail terkait jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat secara realtime.

Kerennya lagi, aplikasi Flight Tracker juga menyajikan detail informasi terkait kecepatan pesawat, ketinggian hingga total waktu yang dibutuhkan. Aplikasi tentu akan sangat membantu para wisatawan yang gemar menggunakan moda transportasi udara ini. Dengan informasi terupdate dan sangat lengkap, pengguna tentu tidak akan merasa cemas lagi saat ingin bepergian menggunakan pesawat.

Aplikasi Tracking Pesawat Versi Pro

Jika masih belum puas dengan aplikasi tracking pesawat versi original, tidak perlu khawatir, karena masih ada versi pro. Pada versi pro, pengguna akan mendapatkan informasi yang lebih akurat secara real time. Karena aplikasi ini advance dari versi original, tentunya ada tambahan biaya di dalamnya. penasaran? Berikut daftar aplikasi tracking pesawat versi pro:

1. Flight Track 5

Penggunaan ponsel pada pesawat tentu akan sangat dilarang karena dapat mengganggu sinyal penerbangan maskapai itu sendiri. Hal itu tentu akan membuat pengguna aplikasi tracking pesawat menjadi risau karena harus mematikan data selulernya selama flight. Karena hal tersebut, maka muncullah inovasi aplikasi pelacak pesawat yang bisa digunakan secara offline, yakni Flight Track 5.

Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini di mana pun., bahkan ketika sedang flight. Tidak hanya itu saja, Flight Track 5 juga bisa digunakan untuk melakukan pembatalan dan pembaruan penundaan dari 3.000 bandara di Indonesia. Untuk memiliki aplikasi ini,  pengguna harus membayar $4.99 atau setara dengan Rp 75.000 untuk mendapatkan aplikasi canggih ini.

2. Flight Board

Nah, bagi para pecinta hal-hal simpel dan tidak suka ribet, maka Flight Board adalah aplikasi tracking pesawat yang patut untuk dicoba. Tidak hanya tampilannya saja yang sederhana, informasi yang sajikan juga sangat simpel. Pengguna akan diberikan informasi terkait jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat saja.

Meskipun demikian, Flight Board telah memiliki informasi kedatangan dan keberangkatan pesawat dari 14.000 penerbangan dari 3.000 bandara seluruh dunia. Selain itu, aplikasi ini bahkan memberikan pembaruan informasi setiap 5 menitnya. Keren, bukan? Nah, jika tertarik memiliki aplikasi Flight Board, maka pengguna harus membayar sekitar Rp60.000 untuk menikmati aplikasi ini.

3. Flight Wise Flight Tracker Pro

Nah, bagi yang sedang berada di Kanada atau Amerika, maka Flight Wise Flight Tracker Pro akan sangat berguna. Bagaimana tidak, aplikasi keren ini telah menyimpan arsip penerbangan yang banyak dicari para pelancong. Flight Wise Flight Tracker Pro akan selalu memberikan informasi penerbangan secara detail dan selalu terupdate.

Pengguna akan mendapatkan informasi terkait posisi saat ini, tujuan penerbangan hingga jadwal kedatangan pesawat di seluruh bandara Kanada dan Amerika. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mendapatkan informasi sangat detail terkait pesawat yang akan ditumpangi. Beberapa informasi pesawat terkait foto pesawat, hingga detail riwayat terbang bisa diketahui menggunakan aplikasi keren ini.

Itulah kesembilan rekomendasi aplikasi tracking pesawat yang patut untuk dicoba. Selain digunakan untuk melacak posisi pesawat, ternyata beberapa aplikasi di atas memiliki fitur tambahan yang sangat menarik. Jangan lupa unduh dan install aplikasi di atas agar perjalanan menggunakan pesawat terasa lebih nyaman dan aman.