Inilah Rekomendasi Aplikasi VPN untuk Laptop Yang Aman

Apabila terdapat keterdesakan dalam mengakses situs terkait, dianjurkan untuk menggunakan aplikasi VPN untuk laptop. Simak rekomendasinya:

Sejak pemerintah mulai memberlakukan UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) pada tahun 2008, segala pelanggaran terhadap pasal terkait akan diberikan tindakan yang sepadan. Salah satu pengimplementasian paling mencolok terlihat pada kinerja Kominfo dalam memblokir situs illegal. Apabila terdapat keterdesakan dalam mengakses situs terkait, dianjurkan untuk menggunakan aplikasi VPN untuk laptop.

Bisa dibilang VPN menjadi solusi utama agar masyarakat dapat mengakses situs-situs terblokir. Hal ini disebabkan karena jaringan VPN bekerja secara private/pribadi serta memberikan inovasi layanan peladen jaringan lain untuk pengguna. Singkatnya, VPN menyediakan akses keterhubungan antara perangkat asli milik pengguna dengan perangkat sejenisnya. Berikut ini informasi lanjutan mengenai pengertian VPN:

Pengertian Singkat Tentang VPN

Virtual Private Network (Jaringan Pribadi Virtual) merupakan kepanjangan dari VPN secara harfiah. Sebagaimana pengertian singkat tersebut, VPN berfungsi untuk mengubah jaringan publik bawaan perangkat milik pengguna beralih sifat menjadi lebih pribadi. VPN menjadi media penukaran informasi eksternal antara jaringan publik atau pribadi terhadap sistem komputasi jaringan pribadi pada perangkat pengguna.

VPN tercipta dari proses koneksi virtual point to point dari sirkuit khusus berupa protokol tunneling pada jaringan tersedia. Apabila perangkat milik pengguna bentuk default dalam jaringannya adalah akses publik, dengan menggunakan VPN akan mengubah akses menjadi pribadi. Jaringan pribadi ini diyakini masyarakat sebagai inovasi teknologi yang dapat mengamankan koneksi internet.

Pemanfaatan jaringan VPN tersebut memungkinkan penggunanya mendapatkan data secara pribadi atau private sesuai tingkatan enkripsi yang berlaku di internet. Berdasarkan pemberlakuan sistem enkripsi tersebut, jaringan VPN dapat menutup permanen riwayat peramban milik pengguna. Hal tersebut mengakibatkan pemilik perangkat internet tidak dapat melihat kembali catatan riwayat peramban yang telah dipakai sebelumnya.

Manfaat Penggunaan Jaringan VPN

Sesuai penjelasan sebelumnya, VPN merupakan media pengubah jaringan publik default pada perangkat menjadi jaringan yang bersifat pribadi. Peralihan sifat jaringan pada perangkat tersebut bertujuan untuk memberikan jangkauan peramban lebih luas bagi penggunanya. Berdasarkan pengertian tersebut dapat ditarik satu garis lurus, yakni; pengguna dapat melakukan modifikasi konfigurasi terhadap jaringan jenis ini.

Karena jaringan bersifat pribadi, penggunaan VPN dapat meminimalisir resiko kebocoran data perangkat pribadi terhadap pihak luar. Fasilitas enkripsi end-to-end yang ditawarkan kepada pengguna mengakibatkan pemangkasan catatan riwayat peramban terhadap perangkat. Selain itu, VPN juga dapat dipakai untuk mengaburkan lokasi sebenarnya agar pihak luar tidak dapat melacak keberadaan pengguna yang asli.

Rekomendasi Aplikasi VPN Untuk Laptop Terbaik dan Aman

Akhir-akhir ini penggunaan VPN pada kehidupan sehari-hari merupakan hal sudah yang biasa. Bahkan beberapa kalangan, khususnya para pekerja kantoran, menjadikan jaringan VPN sebagai basic protocol atau standar kerja pada perusahaan. Salah satu penyebabnya yakni karena jaringan VPN bersifat pribadi serta dapat mengatur riwayat peramban sehingga data perusahaan menjadi lebih aman.

Fenomena tersebut berjalan sejajar dengan penciptaan variasi jenis VPN terbaru yang semakin marak dikembangkan oleh pembuat aplikasi terkait. Kondisi menjamurnya pilihan VPN pada beragam situs elektronik memaksa masyarakat harus selektif dalam memilih sistem dan konten aplikasi paling baik. Inilah rekomendasi aplikasi VPN untuk laptop paling baik dan aman untuk digunakan:

1. Tunnel Bear

Tunnel Bear sebagai layanan penyedia jaringan menawarkan tampilan sistem yang bersifat user friendly. Kualitas tampilan yang tersedia tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam memahami penggunaan aplikasi terkait. Aplikasi ini juga menyediakan kuota untuk pengguna versi gratis sejumlah 500 MB setiap bulan. Kredibilitas aplikasi ini terjamin serta tidak perlu diragukan lagi.

2. Betternet

Betternet menjadi aplikasi jaringan VPN untuk PC terbaik yang  paling sering direkomendasikan selanjutnya. Keunggulan aplikasi ini, yakni; menawarkan tampilan UI yang keren disertai dengan cara penggunaan yang sederhana. 

Menariknya lagi, aplikasi VPN laptop ini dapat diakses dengan gratis oleh semua kalangan. Meskipun gratis, Betternet juga menyediakan variasi server berbagai Negara yang tidak terbatas.

3. Hola VPN

Rekomendasi aplikasi jaringan pribadi terbaik untuk laptop selanjutnya ialah; Hola VPN. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai media perantara untuk mengakses beragam situs yang diblokir oleh negara dengan aman dan terenkripsi. Hola VPN dapat diakses secara bebas dan gratis melalui peramban resmi yang tersedia secara default pada perangkat PC milik pengguna.

4. Hide.me

Hide.me diklaim sebagai situs VPN yang kredibel serta telah dipercayai oleh 20 juta lebih pengguna seluruh dunia. Penawaran keamanan, kecepatan, serta anonimitas yang diberikan oleh Hide.me kualitasnya semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Hide.me juga menyediakan banyak sekali pilihan server dari berbagai Negara yang dapat diakses secara bebas dan gratis oleh penggunanya.

5. Speedify

Speedify terkenal akan penawaran kualitas fitur yang mumpuni serta kemudahan cara mengaksesnya. Selain dapat digunakan untuk membuka situs terblokir, Speedify juga menawarkan enkripsi peramban yang aman. Aplikasi VPN ini menggunakan sistem enkripsi yang telah berbasis AES. Enkripsi tersebut diyakini dapat melindungi aktifitas serta riwayat penjelajahan pengguna secara aman dan terpercaya.

6. Hotspot Shield

Rekomendasi penyedia jaringan pribadi virtual selanjutnya ialah Hotspot Shield. Meskipun tergolong layanan berbayar, Hotspot Shield menyediakan penawaran fitur dan alat yang sepadan sehingga pengguna tidak akan merasa rugi. Hotspot Shield menyajikan pilihan server sejumlah 32 ribu lebih dari seluruh negara di dunia. Aplikasi ini juga diyakini memberikan fasilitas internet yang cepat.

7. OpenVPN

OpenVPN dapat dipertimbangkan menjadi solusi keamanan dalam menjelajah peramban internet. Aplikasi jaringan pribadi ini dapat dijadikan alternatif apabila pengguna masih belum menemukan situs VPN PC yang cocok. Kredibilitas OpenVPN sudah tidak perlu diragukan lagi karena menyediakan keamanan enkripsi internal sampai 256-bit. Jumlah tersebut diklaim sebagai standar durasi ideal keamanan peramban.

8. ProtonVPN

Rekomendasi situs VPN populer terbaik untuk PC selanjutnya adalah ProtonVPN. Perusahaan teknologi yang mengoperasikan situs ini ialah Swiss Proton Technologies AG yang terkenal pernah menerbitkan ProtonMail.

Adapun beberapa input dari ProtonVPN antara lain; menyediakan 116 server dari total 15 negara, banyak fitur yang dapat diakses secara gratis, pengguna dapat terhubung dalam 10 perangkat secara serentak. Beragam fasilitas yang disediakan ProtonVPN menyebabkan jaringan tersebut menjadi popular.

9. Windscribe

Rekomendasi situs VPN popular terbaik untuk PC yang terakhir adalah Windscribe. Situs ini menyediakan dua pilihan paket untuk pelanggan, yakni; gratis dan premium. Masing-masing paket tentunya menyediakan fitur dan fasilitas yang berbeda.

Paket premium dapat dibeli seharga $9 setiap bulan. Paket akan diperbarui secara otomatis oleh sistem agar pengguna dapat merasakan fasilitas premium secara berkelanjutan. Sedangkan untuk versi gratis, pengguna hanya mendapatkan satu perangkat serta maksimal 8 lokasi server. Kesamaan dari kedua paket tersebut yaitu sama-sama menyediakan fitur enkripsi untuk melindungi privasi.

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi VPN untuk laptop terbaik yang dapat dipertimbangkan. Rekomendasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, pengguna dianjurkan memilih yang sesuai.