Kegunaan dan Rekomendasi Aplikasi Waktu Sholat Terbaik di Hp

Agar mengetahui jadwal sholat yang teratur, bisa menggunakan aplikasi waktu sholat terbaik untuk Hp. Apa saja aplikasinya? Simak ulasannya!


Sudah menjadi pengetahuan umum jika umat Muslim melaksanakan sholat sebanyak lima kali dalam sehari. Sholat lima waktu merupakan kewajiban utama bagi umat Muslim. Namun karena diselingi dengan kegiatan lainnya, beberapa orang sering melewatkan waktu sholat. Agar mengetahui jadwal sholat yang teratur, bisa menggunakan aplikasi waktu sholat terbaik untuk Hp.

Beberapa orang mungkin mengira bahwa aplikasi waktu sholat ini hanya akan memenuhi memori Hp saja. Namun kenyataanya aplikasi waktu sholat ini cukup memiliki kegunaan yang cukup penting. Agar semakin tertarik simak beberapa kegunaan aplikasi waktu sholat dan beberapa rekomendasi aplikasi waktu sholat terbaik:

Kegunaan Aplikasi Waktu Sholat

Kegunaan utama dari aplikasi waktu sholat tentunya untuk menunjukkan waktu sholat yang tepat sesuai dengan lokasi pengguna. Namun jika hanya untuk melihat waktu sholat saja, maka bisa menggunakan TV atau dengarkan suara adzan dari masjid terdekat saja. Uniknya ada beberapa kegunaan lain dari aplikasi waktu sholat ini, yaitu:

  • Sebagai alarm, umumnya aplikasi waktu sholat memiliki fitur alarm untuk mengingatkan jadwal sholat.
  • Bisa digunakan untuk membaca doa dan Al-Quran.
  • Sebagai alat komunikasi dengan sesama umat Islam lainnya.
  • Panduan ibadah yang cukup lengkap.

Beberapa kegunaan tersebut umumnya ditemukan di beberapa aplikasi waktu sholat. Namun setiap aplikasi waktu sholat tentu memiliki fitur tersendiri yang berbeda-beda. Agar bisa memilih aplikasi waktu sholat yang tepat, gunakan saja beberapa rekomendasi aplikasi waktu sholat yang akan dibahas selanjutnya.

Rekomendasi Aplikasi Waktu Sholat di Hp

Saat ini ada banyak aplikasi waktu sholat yang bisa digunakan bagi pengguna Hp Android. Beberapa aplikasi tersebut memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi waktu sholat terbaik di Hp yang bisa menjadi pilihan:

1. Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan

Bagi yang mencari aplikasi waktu sholat terbaik untuk Hp, maka aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan ini bisa menjadi pilihan. Karena aplikasi ini akan menunjukkan waktu sholat yang tepat dalam satu hari. Bahkan bukan hanya satu hari, pengguna juga bisa memeriksa waktu sholat di hari-hari lainnya dalam jangka waktu satu bulan.

Pada awal mula penggunaan aplikasi ini, pengguna akan diminta untuk mengatur lokasi Hp. Hal ini dilakukan untuk mengatur jam sesuai dengan lokasi pengguna, karena tiap daerah tentunya memiliki sedikit perbedaan waktu. Setelah itu pada tampilan awal Hp, pengguna bisa melihat jadwal lengkapnya. 

Uniknya lagi adalah pengguna bisa menghidupkan alarm pada aplikasi ini. Jadi alarm tersebut bisa menjadi pengingat waktu sholat telah dimulai. Cara menghidupkannya adalah pilih waktu sholat, lalu klik gambar alarm di sebelah kanan. Setelah itu klik alarm sound, atau jika tidak ingin menggunakan alarm, bisa hidupkan suara notifikasi saja.

2. Muslim Pro

Mulai jalankan sholat secara rutin dan perdalam ilmu agama Islam dengan bantuan aplikasi Muslim Pro. Aplikasi ini menyediakan informasi seputar agama Islam dengan lengkap dan tepat. Salah satu fiturnya yang unik adalah fitur Quran dan Duas. Pada fitur ini pengguna bisa membaca dan mempelajari berbagai macam doa agama Islam. 

Uniknya lagi juga terdapat fitur panduan ibadah haji dan juga informasi tentang haji. Jadi pengguna bisa mempelajari tentang pentingnya ibadah haji dan juga panduannya untuk melaksanakan ibadah haji. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas agar sesama pengguna bisa saling berkomunikasi dengan berbagi cerita.

Beberapa fitur lainnya lagi adalah  waktu sholat, Quran, khatam, lokasi restoran halal, lokasi masjid terdekat, tasbih, dan lainnya. Pengguna juga bisa melihat jadwal dan waktu sholat serta menghidupkan notifikasi dan alarm. Caranya bisa dibuka pada menu prayers pada aplikasi, lalu hidupkan alarm dan pilihlah lagu alarm yang ingin digunakan.

3. Waktu Solat

Rekomendasi aplikasi sholat terbaik lainnya di Hp adalah aplikasi Waktu solat. Mulanya pengguna harus menentukan lokasi penggunaan Hp, setelah itu aplikasi ini akan menampilkan jam sholat. Pengguna bisa melihat waktu sholat hingga tujuh hari kedepan. Agar tidak kelupaan dengan waktu sholat, pengguna bisa menghidupkan alarm pada waktu sholat.

Selain itu melihat dan mengingat waktu sholat, aplikasi ini juga memiliki fitur unik lainnya. Salah satunya yang unik adalah pengguna bisa membuat catatan sholat dan juga puasa, sehingga pengguna bisa mengevaluasi kegiatan ibadahnya. Fitur unik lainnya lagi adalah tasbih, informasi masjid terdekat, doa harian, ayat Quran, dan lainnya.

4. Alarm Adzan Otomatis Muslim Indonesia : Toppa

Gunakan aplikasi Alarm Adzan Otomatis Muslim Indonesia atau sering disebut Toppa ini untuk melihat jadwal sholat. Aplikasi ini akan menunjukkan waktu sholat sesuai dengan lokasi pengguna Hp. Agar tidak kelewatan dengan jadwal sholat, aktifkan saja alarm dan juga mode getar sesuai dengan waktu sholat di tampilan aplikasi.

Selain sebagai pengingat waktu sholat, aplikasi ini bisa digunakan untuk membaca Al-Quran. Pada fitur Al-Quran ini pengguna bisa menggunakan audio untuk mendengar bacaan doanya. Tersedia juga fitur kalkulator zakat untuk menghitung zakat. 

Yang unik dari aplikasi ini adalah pengguna bisa mengunggah apa saja layaknya sosial media pada umumnya. Jadi pengguna bisa berinteraksi dengan umat Muslim lainnya dengan berkomentar dan juga menyukai postingan orang lain. Selain itu tersedia juga fitur masjid terdekat, prayer beads, dan artikel Islami.

5. Umma

Rekomendasi aplikasi waktu sholat terbaik untuk Hp Android lainnya lagi adalah aplikasi Umma. Dengan tampilan yang sederhana dan didominasi oleh warna orange dan juga hijau ini tentu sangat menambah kesan Islami pada aplikasi ini.

Tampilan awal aplikasi ini akan diperlihatkan jadwal sholat sesuai dengan lokasi. Untuk menghidupkan notifikasinya klik pengaturan pada menu jadwal sholat, lalu aktifkan notifikasi dan suara azan. Jika sudah sholat, klik tombol check in sholat pada menu jadwal sholat. 

Aplikasi Umma ini bisa dibilang cukup modern karena ada berbagai macam fitur unik yang tersedia. Contohnya ada fitur uVoice untuk mendengarkan konten Islami yang inspiratif, lalu ada juga uClass sebagai kelas belajar agama Islam. Jika ingin berinvestasi, pengguna bisa menggunakan fitur pasar syariah swadaya.

Selain itu jika ingin berdiskusi seputar ilmu keagamaan Islam, bisa gunakan fitur uForum. Kemudian terdapat juga fitur donasi yaitu uGive dan yang terakhir ada fitur my Iqra untuk membangun kebiasaan membaca Al-Quran.

6. Athan

Athan menjadi salah satu aplikasi waktu sholat terbaik untuk Hp Android. Karena pada aplikasi Athan ini pengguna bisa menghidupkan notifikasi untuk waktu sholat, pengingat doa, pengingat Quran dan juga pengingat events. Cara menghidupkan alarm untuk waktu sholat adalah dengan membuka menu prayer times dan aktifkan alarmnya atau mode getar.

Selain waktu sholat, pengguna juga bisa melihat kalender Islam dan juga melihat hari peringatan Islam dalam satu tahun terakhir. Hal ini bisa dilihat di menu Islamic calendar dan pengguna juga bisa menghidupkan notifikasinya sebagai pengingat hari raya tersebut. Tersedia juga fitur foto quotes Islam dan juga menu Al-Quran.

Itulah delapan rekomendasi aplikasi waktu sholat terbaik untuk Hp Android. Dengan adanya aplikasi ini pengguna bisa menjalankan ibadah sholat dengan teratur dan juga memperdalam ilmu Islam dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu menunaikan sholat lima waktu dengan tepat.