Deretan Game Anak Muslim Offline Populer Yang Paling Direkomendasikan

Ini rekomendasi game anak muslim offline, yang bisa digunakan bermain sambil belajar. Apa saja rekomendasinya?

Arus perkembangan teknologi berjalan sejajar dan dinamis terhadap teknik parenting kebanyakan penduduk muslim Indonesia. Orang tua muslim kebanyakan mulai memanfaatkan teknologi ketika mendidik anak. Salah satunya dengan cara memainkan game anak muslim offline menggunakan gawai canggih yang tersedia. Jadi anak-anak bisa bermain sekaligus belajar melalui game tersebut.

Metode bermain sambil belajar ini tergolong teknik parenting yang lumayan efektif dan tidak membosankan .Orang tua muslim yang menjalankan metode ini dapat memberikan informasi tentang keagamaan bersamaan dengan mengajak anak-anak rekreasi. Tertarik untuk mengimplementasikan metode parenting tersebut kepada anak? Yuk simak!

Mengenal Games Anak Muslim

Dewasa ini orang tua muslim mulai menerapkan metode parenting menggunakan games digital. Kelebihan menggunakan metode ini untuk anak ialah; implementasi antara hiburan dan belajar dapat berjalan sejajar.  Akibatnya si anak tetap dapat belajar hal baru secara menyenangkan karena mendapatkan materi hiburan.

Games anak muslim secara khusus diciptakan untuk mewujudkan konsep pembelajaran yang modern dengan cara menyenangkan. Orang tua muslim yang ingin anak-anaknya belajar sekaligus bermain yang asyik dapat mempertimbangkan game ini.

Rekomendasi Game Anak Muslim Offline

Sesuai penjelasan singkat sebelumnya, permainan digital dengan tema anak muslim diciptakan secara khusus untuk orang tua muslim yang ingin menerapkan teknik parenting yang asyik. Berikut ini daftar rekomendasi game digital anak muslim:

1. Marbel Muslim Kids

Game anak Muslim Offline populer yang memasuki daftar pertama ialah Marbel Muslim Kids. Game garapan pengembang Educa Studio diciptakan khusus bagi anak usia 4-8 tahun sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Melalui game ini, anak-anak dapat mengetahui ilmu dasar agama Islam dengan cara yang asyik sehingga materi dapat melekat pada otak.

Materi yang disajikan dalam game Marbel Muslim Kids merupakan kombinasi antara gambar, latar suara narasi, dan animasi yang menarik. Kombinasi tiga elemen tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat anak-anak dalam bermain gam. Adapun materi yang disediakan, antara lain; rukun islam dan iman, huruf hijaiyah, 25 rasul, asmaul husnah, dan beragam materi sejenis.

2. Marbel Do’a Islam

Marbel Doa Islam berada dalam daftar selanjutnya dalam deretan daftar game anak muslim offline popular. Berasal dari satu pengembang seperti rekomendasi game sebelumnya, Marbel Doa Islam menyajikan konten permainan yang hampir mirip. Apabila game sebelumnya memberikan pilihan variasi materi beragam, maka game ini secara khusus menyajikan materi tentang do’a-do’a saja.

Pengembang menyediakan lebih dari 30 pilihan jenis do’a sehari-hari yang dapat dipelajari oleh anak sambil bermain. Adapun materi doa tersebut, antara lain; do’a tidur, do’a berwudhu, do’a keluar dan masuk kamar mandi, serta doa sunnah dalam kehidupan sehari-hari lainnya. Materi do’a-do’a tersebut disajikan dalam bentuk tulisan arab dan latin yang dilengkapi arti.

3. Islamic Girl Puzzle Toddler

Rekomendasi game muslim untuk anak yang selanjutnya ialah Islamic Girl Puzzle Toddler. Game garapan pengembang Pinky Girl ini menawarkan konten islami sebagai medium utama. Sesuai dengan namanya, game ini berkategori puzzle dengan latar belakang anak muslim perempuan. Islamic Girl Puzzle Toddler dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan skill pengenalan dan konsentrasi anak.

Segala fitur yang berhubungan dengan visual grafis dan suara dikombinasikan secara serasi pada game ini. Akibatnya, tampilan sistem serta alat dalam game dapat dioperasikan dengan mudah sehingga anak-anak usia 2-3 tahun dapat pula memainkan Islamic Girl Puzzle Toddler. Game ini dapat diakses dengan mudah dan bebas pada platform resmi Playstore.

4. Game Anak Sholeh

Permainan digital anak muslim garapan pengembang Agate Games ini menyajikan konten dan tampilan yang edukatif sehingga cocok dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran untuk anak. Konten yang berisi materi edukatif dalam game berbobot lumayan ringan. Game ini cocok untuk dimainkan anak-anak usia dini yang baru belajar mengeksplorasi pemahaman keislaman dasar.

Game Anak Sholeh menyajikan konten materi tentang basic pengetahuan islam, yakni; cara berwudhu, hikayat 25 nabi dan rasul, cara sholat, belajar huruf hijaiyah, dan pengetahuan sejenisnya. Permainan ini cocok untuk anak-anak dalam rentang usia sekitar 4 sampai 9 tahun dengan tujuan untuk menambah pengetahuan keislaman paling dasar.

5. Quiz Islami Offline

Sesuai dengan namanya, game ini menyediakan beragam pilihan materi kuis pengetahuan dasar islam yang dapat dimanfaatkan untuk melihat sedalam apa kemampuan pemahaman dan konsentrasi anak. Quiz Islami Offline merupakan game kategori edukasi garapan pengembang Sayunara Dev. Game ini dapat ditemukan dan diakses secara bebas serta gratis pada platform Google Play Store.

Quiz Islami Offline merupakan permainan edukasi tentang pengetahuan agama Islam. Game ini menyediakan kurang lebih 150 pilihan soal yang dapat dimainkan sesuai kebutuhan. Konten dan isi materi pada game ini berkaitan tentang fiqih, tajwid, dan pengetahuan umum. Penggunanya dapat memilih salah satu dari tiga kategori pilihan kuis yang ingin dimainkan.

6. Kuis Agama Islam

Selayaknya rekomendasi game edukasi agama Islam yang ini juga menawarkan konten kuis pengetahuan dasar untuk anak. Namun game Kuis Agama Islam ini memiliki pengembang yang berbeda dari sebelumnya, yaitu Peduli Edukasi. Permainan tersebut dapat dimainkan oleh anak-anak sampai remaja dari kalangan SD sampai SMA karena menyediakan pilihan materi yang bervariasi.

Permainan edukasi berbentuk kuis ini menyediakan kurang lebih 700 pilihan pertanyaan yang terbagi dalam 5 kategori. Alasan yang membuat game ini seru dan mengasyikkan ialah terdapat Batasan waktu dalam menjawab kuis bagi pemainnya. Akibatnya para pemain Kuis Agama Islam ini harus menyelesaikan pertanyaan secara cepat agar mendapatkan skor nilai terbaik.

7. TTS Islami

Sesuai dengan namanya, game ini berbentuk Teka-Teki Silang (TTS) yang harus dipecahkan secara runtut agar pemain dapat terus melanjutkan permainan. Selayaknya permainan TTS pada umumnya, game TTS Islami menyediakan pertanyaan mengenai pengetahuan agama Islam yang harus dijawab pada tabel tersedia. Pemain baru bisa melanjutkan babak berikutnya setelah menjawab seluruh pertanyaan.

Permainan kategori edukasi ini digarap oleh pengembang Mung Media. TTS Islami ini cocok dimainkan oleh seluruh kalangan anak-anak dari SD hingga SMA untuk mengasah pengetahuan agama Islam dasar. Game ini memiliki kapasitas yang ringan, hanya 4.4 MB saja. Sehingga game ini cocok dimainkan oleh pengguna yang memiliki ruang penyimpanan terbatas.

8. Cerdas Cermat Islam

Cerdas Cermat Islam merupakan permainan digital kategori edukasi yang cocok untuk mengasah pengetahuan dasar agama. Game ini digarap oleh pengembang Studio Edukasi dengan tujuan untuk memberikan ruang dan media penguji pengetahuan keislaman pada anak-anak. Karena memasuki kategori edukasi, pengaplikasian game ini tentunya bermanfaat untuk media belajar dan bermain pada anak. 

Game digital Cerdas Cermat Islam ini menyediakan lebih dari 1000 pilihan soal yang dapat dimainkan sesuai keinginan. Soal tersebut berisi materi dengan tema; sholat, puasa, wudhu, sejarah peradaban Islam, zakat, fikih, tauhid, dan pengetahuan dasar sejenis.

Demikian ulasan singkat mengenai game anak muslim offline terbaik. Orang tua muslim yang ingin menerapkan strategi parenting menggunakan media games digital disarankan mencoba sendiri daftar rekomendasi permainan di atas. Games digital merupakan solusi asik serta sebuah implementasi kegiatan bermain sambil belajar. Selamat mencoba!