Rekomendasi Game Anak Sekolah SD yang Mengedukasi

Banyak suguhan aplikasi yang bermanfaat untuk anak-anak. Misalnya, game anak sekolah SD yang mengedukasi. Simak ulasannya!

Kehadiran smartphone bisa memberikan manfaat maupun mudharat. Hal ini bergantung pada masing-masing pengguna dalam memanfaatkannya. Banyak suguhan aplikasi yang bermanfaat untuk anak-anak. Misalnya, game anak sekolah SD yang mengedukasi.

Jadi, gadget juga bisa dimanfaatkan untuk media belajar anak. Manfaatkan suguhan game edukasi yang tersedia di Play Store. Anak pun bisa belajar seraya bermain. Adapun rekomendasinya, sebagai berikut:

1. Anak Cerdas

Para orang tua bisa mengenalkan game Anak Cerdas yang sangat cocok untuk anak SD. Game ini menyajikan subjek pelajaran yang beragam. Para penggunanya juga bisa menyesuaikan dengan tingkat kelas masing-masing.

Anak Cerdas dikembangkan oleh Acer Indonesia. Pertama dirilis sejak tahun 2014, tepatnya bulan Februari. Hadirnya game ini menjadi salah satu aplikasi yang bisa mengedukasi anak-anak dengan cara yang berbeda.

Tersedia berbagai fitur yang lengkap, mulai dari parental control hingga zona anak. Setiap fitur menjadi salah satu pembatas agar anak mengakses laman yang sesuai dengan usianya. Tidak hanya itu, anak juga tidak bisa asal mengunduh, karena terdapat izin unduh yang mengharuskan orang tua menginput password terkait.

2. Baby Panda World

Selanjutnya, anak SD bisa bermain game Baby Panda World. Satu di antara aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk belajar anak dengan cara yang menyenangkan. Permainan yang satu ini sangat cocok dimainkan anak SD, kelas 1-3. 

Game yang mendapat rating 3+ ini menyajikan berbagai peran yang bisa dipilih sang anak. Misalnya, peran pilot, guru, polisi, koki, dokter dan sebagainya. Anak bisa mengenal ragam profesi yang sesuai dengan minatnya. 

Baby Panda World siap memberikan pengalaman yang mengesankan dalam bermain game. Anak-anak pun tidak akan bosan dengan adanya 100 area yang bisa dijajaki. Game yang satu ini sangat direkomendasikan, sehingga anak bisa menentukan cita-cita yang sesuai dengan minatnya. 

3. Body Parts Adventure

Tidak hanya itu, game anak sekolah SD lainnya yang patut dinikmati yaitu Body Parts Adventure. Salah satu permainan lainnya yang bisa memberikan edukasi pada anak. Sesuai namanya, game ini mengenalkan berbagai konsep bagian tubuh.

Setiap anak harus melakukan suatu misi tertentu. Misi tersebut mencakup pengenalan anggota tubuh hingga penyebutan fungsinya yang tepat. Bagian tubuh yang dikenalkan mulai dari yang sederhana hingga organ vital pada tubuh manusia.

Game ini disajikan dengan tampilan yang fresh. Jadi, anak-anak pun tidak akan merasa bosan. Selain itu, permainan ini sarat akan ilmu yang bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak. 

4. Educational Games. Memory

Rekomendasi lainnya yaitu Educational Games. Memory. Game anak sekolah SD lainnya yang sangat mengedukasi. Permainan ini siap mengasah memori anak. Daya ingat adalah satu aspek penting yang harus diasah. Dengan demikian, anak pun bisa menangkap berbagai ilmu pengetahuan dengan mudah.

Setiap anak bisa melewati level yang tersedia. Permainan ini menyajikan 3 level dengan tingkat kesulitan yang beragam. Sang anak bisa mengikuti permainan yang tersedia, mulai dari mengingat barang hingga pencarian gambar yang disajikan secara berbeda.

Untuk menghindari rasa bosan, anak bisa memainkan level easy, medium hingga hard sekali pun. Para pengguna bisa menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Aplikasi ini bisa diunduh secara langsung di Play Store. 

5. Edukasi Anak Muslim

Selanjutnya, para orang tua juga bisa mengenalkan aplikasi Edukasi Anak Muslim. Game lainnya yang sangat cocok dimainkan anak SD. Sesuai namanya, aplikasi ini menyajikan ragam doa, surat pendek hingga pembelajaran tentang sholat. 

Tersedia fitur audio yang memungkinkan anak untuk mendengarkan bacaan doa dengan tepat. Menariknya, para pengguna bisa mengoperasikan game ini secara offline. Berbagai fitur lainnya bisa membuat pengguna puas.

Aplikasi yang satu ini bisa ditemukan di Play Store masing-masing. Selanjutnya, unduh dan instal di perangkat masing-masing. Aplikasi yang mengedukasi ini pun bisa dinikmati sang anak. 

6. Kids Educational Games

Ingin mengenalkan bahasa Inggris pada anak? Orang tua bisa menyajikan game Kids Educational Games khusus Learn English. Permainan yang satu ini sangat tepat dioperasikan oleh anak tingkat Sekolah Dasar. 

Game ini dijamin tidak membosankan. Setiap anak bisa belajar bahasa Inggris dengan tema yang diinginkan. Tema yang dimaksud mencakup warna yang beragam, binatang, angka, buah-buahan, dan semacamnya.

Pertama-tama, sang anak bisa mengikuti pembelajaran yang tersedia. Pembelajaran disajikan dengan cara yang mengesankan. Selanjutnya, tahap terakhir sang anak harus menyelesaikan kuis yang tersedia. 

7. Game Anak Edukasi Hewan Laut

Ingin mengenalkan biota laut pada anak? Game yang satu ini sangat tepat untuk dicoba. Setiap anak bisa mengenal berbagai hewan laut dengan cara yang menyenangkan. Permainan ini sifatnya atraktif. Setiap anak bisa menyelesaikan misi sesuai petunjuk.

Misi yang tersedia pun sangat menyenangkan. Anak-anak bisa menggambar hewan, mewarnai hingga menebak nama suatu hewan laut. Permainan ini dijamin menyenangkan dan membuat anak bisa belajar biota laut dengan cara yang lebih seru. 

8. Math Kids

Siapa bilang belajar Matematika membosankan. Para orang tua bisa mengatasinya dengan belajar Matematika via game. Salah satu game yang bisa dicoba yaitu Math Kids. Game anak sekolah SD lainnya yang sangat tepat untuk belajar Matematika dengan cara yang unik.

Kesan anak terhadap Matematika pun akan berubah. Pelajaran yang dianggap sulit ini bisa dipelajari dengan alternatif yang lebih menyenangkan. Anak-anak pun dijamin lebih seru dan senang mempelajarinya. 

Aplikasi game ini menyajikan animasi yang lucu, bisa berupa binatang ataupun buah. Selain itu, setiap jenis animasi disuguhkan dengan warna yang fresh dan mencolok. Hal ini sebagai salah satu daya tarik sang anak.  Permainan ini siap memberikan edukasi yang lebih seru. 

9. Little Panda’s Restaurant

Ingin mengenalkan profesi koki pada anak? Orang tua bisa menyajikan permainan Little Panda Restaurant. Game yang bukan hanya sekedar permainan biasa, melainkan tersemat edukasi di dalamnya. Anak-anak bisa melakukan peran koki, mulai dari memasak hingga menghidangkan.

Sesuai namanya, sang anak akan belajar bagaimana penyajian hidangan pada pelanggan yang datang ke restoran. Sang anak akan merasakan kesan tersendiri karena bisa berperan sebagai koki sekaligus pemilik restoran. 

Hidangan yang tersedia lebih dari 20 jenis. Selain itu, makanan yang disuguhkan berasal dari budaya yang beragam. Anak bisa mengenal lumpia, sandwich, kue dan sebagainya. Selain itu, dalam proses pembuatan makanan, anak-anak bisa belajar bagaimana mengiris hingga memanggang. Aplikasi ini dijamin bermanfaat untuk anak-anak. 

10. Toon Math

Ingin yang lebih menantang? Anak-anak bisa bermain Toon Math. Aplikasi lainnya yang menyuguhkan edukasi Matematika dengan cara yang berbeda. Cara mainnya sangatlah unik dan menantang. Setiap anak diharuskan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. 

Koin yang dikumpulkan bisa didapatkan dengan cara berlari. Selain itu, terdapat beberapa soal Matematika yang harus diselesaikan ketika anak berlarian mengumpulkan koin. Pastikan menyelesaikan misi dengan baik. Kumpulkan koin sebanyak-banyaknya dan jawab setiap pertanyaan yang tersedia. 

Demikianlah ulasan terkait rekomendasi game anak sekolah SD yang mengedukasi. Pastikan setiap orang tua bersikap bijak dalam mengenalkan smartphone pada anak. Dengan demikian, kehadiran berbagai game pada smartphone pun bisa memberikan manfaat  untuk sang anak.