10 Game Asah Otak Offline Paling Seru untuk Mengisi Hari-harimu

Bagi yang tidak memiliki koneksi internet, game asah otak offline bisa menjadi pilihan tepat. Apa saja gamenya? Simak ulasannya!

Semua orang memerlukan hiburan untuk mengatasi kejenuhan aktivitas sehari-hari maupun mengisi waktu luang, salah satunya dengan game. Bagi yang tidak memiliki koneksi internet, game asah otak offline bisa menjadi pilihan tepat. Tidak saja menyenangkan untuk dimainkan, namun juga mengaktifkan bagian tertentu pada otak sehingga tetap terasah kemampuannya.

Jenis game sangat banyak, pilihannya tersedia di berbagai toko aplikasi dan bisa diunduh dengan mudah pada perangkat yang digunakan. Genre yang banyak digemari salah satunya permainan otak seperti strategi, teka-teki, atau survival. Ingin merasakan game yang asyik dan dapat dimainkan offline tanpa kuota internet? Berikut beberapa rekomendasi terbaiknya:

1. Plants Vs Zombies

Namanya tak lagi asing di kalangan penggemar game, pasalnya permainan besutan Electronic Arts ini telah diunduh hingga melampaui 100 juta kali di Play Store. Game berukuran 98 MB ini mengusung tema yang menarik yaitu mempertemukan tanaman dengan zombie sebagai musuh yang harus dikalahkan. Tanaman bertugas melindungi pemilik rumah dari serangan zombie dengan melancarkan serangannya.

Setiap tanaman dibekali kemampuannya masing-masing, begitu juga dengan beragamnya jenis zombie dengan potensi bahaya yang berbeda. Levelnya akan terus meningkat mulai dari yang sederhana dan semakin menantang. Untuk itulah keterampilan membuat strategi serta fokus dari pemain sangat diasah. Game ini dapat dimainkan secara offline di berbagai perangkat.

2. Roll The Ball

Game asah otak offline buatan Bitmango ini terkesan sederhana, namun nyatanya membutuhkan strategi berpikir yang terus diasah. Konsepnya, pemain bertugas menggelindingkan bola. Sebelum itu, pipa-pipa tempat bola menggelinding perlu disambungkan dengan cara yang tepat. Tujuannya adalah menggelindingkan bola hingga sampai keluar dari pipanya.

Seiring bertambahnya level, bentuk pipa yang harus disambungkan semakin rumit. Hal ini tentu membutuhkan fokus dan logika berpikir sehingga dapat mengarahkan bola keluar. Penasaran menaklukkan berbagai tantangannya? Game ini bisa didownload dari Play Store dengan ukuran 54 MB.

3. Brain Dots

Berasal dari developer Translimit, game ini cocok untuk segala usia bahkan anak balita sekalipun. Tugas pemain sederhana, yaitu menggambar garis sehingga bola bisa membentur bola yang lainnya. Bukan saja permainannya yang sederhana, tampilan antarmukanya juga sangat manis dan enak dilihat.

Meski terkesan mudah, semakin tinggi levelnya maka bertambah rumit pula tantangannya. Otak dijamin akan “panas” menghadapi tantangan yang tidak lagi semudah kelihatannya. Brain Dots bisa diunduh dari Play Store. Sediakan memori sekitar 40 MB untuk menyimpannya di perangkat.

4. 2048

Game asah otak offline satu ini mengusung tema angka yang membuatnya sangat seru. Pemain tidak akan disuruh menjumlahkan angka hingga mencapai 2048, namun tugasnya adalah menggabungkan angka-angka yang serupa agar meraih skor lebih tinggi. Cara memainkan game yang dikembangkan oleh Robbie Houghton ini cukup sederhana.

Pemain dapat menggeser angka yang tersedia, ke kanan maupun kiri. Namun setiap kali angkanya digeser, akan muncul angka yang baru. Jangan sampai seluruh kotak menjadi penuh angka, untuk itu angka yang sama dapat digabungkan. Serunya game berukuran 10 MB ini sangat cocok untuk “membangunkan” kembali otak yang terasa buntu.

5. Brain It On!

Bosan dengan tipikal game asah otak offline yang biasa? Brain It On bisa menjadi pilihan seru, dimana pemain akan diminta untuk menggambar sesuai perintah. Tidak menjadi masalah jika kurang pandai menggambar, karena yang diutamakan adalah logika berpikir. Di sini pemain harus memahami perintah yang diberikan agar bisa menghasilkan gambar yang sesuai.

Misalnya ada perintah untuk menggulingkan gelas. Pemain harus menggambar sesuatu yang dapat membuat gelasnya terguling. Atau ada perintah memasukkan bola ke gelas, maka pemain perlu menggambar sesuatu yang bisa mendorong bolanya menuju gelas. Perintah yang berbeda-beda tentunya menantang kemampuan imajinasi dan logika.

6. Unblock Me

Sesuai namanya, game asah otak offline ini mengajak pemainnya untuk melepaskan sesuatu agar bisa keluar dari tempatnya. Dalam Unblock Me, yang harus dikeluarkan adalah balok warna merah yang berada di antara balok-balok lainnya. Pemain harus memutar otak untuk mengeluarkan balok tersebut dengan cara memindahkan balok lainnya.

Terdengar mudah? Tantangan yang diberikan setiap kenaikan level akan cukup mengesalkan dan membuat penasaran untuk diselesaikan. Game yang dibuat Kiragames ini bisa diunduh dari Play Store dengan ukuran 24 MB saja.

7. 100 Doors

Konsep yang diusung game besutan Bonbeart Games ini mengajak pemainnya untuk melarikan diri (escape) dari pintu yang sangat banyak jumlahnya. Semua pintu dalam permainan ini menuntut cara yang berbeda agar bisa dibuka. Cara-caranya unik, misalnya dengan menggoyangkan hp, mengusap, atau justru mendorongnya langsung.

Penasaran mengeksplor cara yang harus dihadapi untuk membuka tiap pintu? Unduh game-nya dari Play Store. Tersedia dalam ukuran 41 MB saja sehingga tidak begitu memberatkan memori smartphone. Jika masih penasaran, 100 Doors juga hadir hingga musim kedua dan edisi khusus Christmas.

8. That Level Again

Game asah otak offline ini mengusung tema yang cukup unik, dengan karakter sosok yang nampak murung di ruangan kelabu. Popularitas game rancangan IamTagir ini cukup tinggi sehingga dibuat musim berikutnya bahkan mencapai season empat. Dalam permainan ini, pemain ditantang untuk mengambil kunci yang terletak di suatu sisi dari ruangan tersebut.

Terdengar mudah, namun lama kelamaan pemain semakin kewalahan untuk mengambil kuncinya. Tentunya logika berpikir terus diasah agar bisa mengambil kunci yang berada di tempat aneh.

9. Hello Cats

Penyuka kucing wajib mencoba game asah otak offline buatan Fastone Games ini. Banyak pemain yang merasa geram karena tantangannya yang semakin sulit. Misinya sederhana, pemain harus menyelamatkan kucing yang terjebak di suatu tempat. Untuk itu, diperlukan beberapa item yang dapat membantu penyelamatan.

Item ini harus digambar sendiri oleh pemain. Tidak harus bagus, yang penting dapat menyelamatkan kucing. Contohnya memberi minum kucing yang kehausan atau menggambar kotak yang bisa dilompati oleh kucing. Tertarik mencobanya? Unduh game berukuran 45 MB ini melalui Play Store.

10. Brain Go 2

Bosan dengan konsep game yang sama di sepanjang permainan? Brain Go bisa menjadi alternatif yang seru dan tidak membuat jenuh. Pasalnya, ada beragam tantangan yang dihadirkan dalam game buatan Wonder Games ini. Permainannya melibatkan banyak hal yang menggelitik, misalnya saja humor intelektual yang sederhana namun membutuhkan kepekaan tinggi.

Pemain akan banyak mengandalkan kognitif, memori, pengetahuan umum, hingga pemecahan masalah. Dengan banyaknya tema yang diangkat, pemain bisa meningkatkan kapasitas otaknya sambil tetap melakukan aktivitas menyenangkan. Tak sabar menghadapi tantangannya? Download game-nya di Play Store, dengan menyediakan memori sebesar 39 MB.

Itulah rekomendasi game asah otak offline yang seru dan menantang. Seluruh game di atas dapat dimainkan tanpa terkoneksi dengan internet, sehingga tidak membebani kuota dan bisa dimainkan tanpa hambatan seperti lemot. Pilih mana game yang paling membuat penasaran, atau dapatkan semuanya untuk pengalaman asah otak yang lebih kaya.