Rekomendasi Game Berkebun Offline, Main Seru Meski Tanpa Internet

Tidak perlu khawatir kehabisan kuota, game berkebun offline berikut ini bisa dimainkan tanpa sambungan internet:

Memainkan game berkebun sangatlah menyenangkan. Game seperti ini selalu hadir dengan sederhana, namun tidak pernah kalah seru dengan game yang sajiannya luar biasa sekalipun. Pemain bisa mendapatkan tantangan-tantangan yang ringan, namun tetap menantang untuk dilakukan. Tidak perlu khawatir kehabisan kuota, game berkebun offline berikut ini bisa dimainkan tanpa sambungan internet:

1. Big Little Farmer

Rekomendasi pertama pada daftar game berkebun offline ini adalah Big Little Farmer. Pada game ini, pemain akan berperan sebagai petani yang mengelola lahan pertaniannya sendiri. Disamping pertanian, pemain juga akan melakukan pengelolaan terhadap peternakan. Dari sini, pemain harus mengumpulkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Permainan ini hadir dengan grafis yang sangat sederhana. Namun grafis yang sederhana ini tidak menghalangi permainan untuk tetap terasa menyenangkan. Justru dengan grafis yang sederhana, ukuran game tidak akan terlalu besar. Selain tak perlu khawatir habis kuota, pemain tidak perlu takut memori pada perangkatnya akan penuh karena aplikasi ini.

2. Fairy Farm

Yang kedua adalah game Fairy Farm. Seperti nama ya, dalam game ini pemain akan mengelola pertanian juga. Hanya saja konsep yang diambil oleh game ini memberi kesan berani beda. Bagaimana tidak, game ini memang game pertanian, namun karakter tokohnya adalah para peri yang akan mengelola pertanian.

Sama dengan kebanyakan game pertanian yang diluncurkan, disini pemain harus mencari keuntungan dari mengelola kebun. Pemain akan membantu para peri untuk menanam hingga menjual hasil kebun. Keuntungan yang akan didapatkan dapat masuk ke koin pemain. Koin tersebut akan diputar untuk membeli tanaman baru atau melakukan peningkatan.

3. Green Farm 3

Jika yang dicari adalah game yang santai dan tidak perlu strategi, maka Green Farm 3 bisa menjadi pilihan yang tepat. Game ini menghadirkan game simulasi pertanian yang sederhana tapi sangatlah seru. Pemain dalam game ini akan harus mengurus pertanian dan peternakan yang nantinya juga akan dipanen setelah siap.

Selain pertanian dan peternakan, dalam Green Farm 3 pemain bisa juga merawat hewan peliharaan. Jadi pemain tidak akan bosan hanya dengan hewan Ternak. Dari segi grafis, game ini masih memiliki sajian grafis yang cenderung sederhana. Namun hal ini malah membuat banyak pemain memilih Green Farm 3. Dengan tampilan seperti ini, pemain akan lebih mudah untuk bisa mempelajarinya.

4. Farm Paradise

Di nomor empat ada game berkebun offline Farm Paradise. Game yang ini menghadirkan pemain dalam sebuah jalan cerita. Disini, pemain akan diceritakan telah melakukan penjelajahan ke sebuah tempat yang tidak berpenghuni. Tempat ini berupa pulau yang jauh dari kota dan tidak banyak penghuninya.

Tugas pemain disini adalah mengatur sedemikian rupa agar lokasi ini menjadi lokasi yang hidup. Pemain akan mulai mengolah tanah lalu menanaminya dengan tumbuhan yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, pemain juga akan memiliki beberapa hewan peliharaan. Nah, inilah sisi unik dari permainan ini. Hewan peliharaan yang dimiliki oleh pemain adalah hewan tidak biasa seperti singa, jerapah, dll.

5. Hay Day

Nah, rekomendasi nomor lima ini adalah rekomendasi game berkebun offline yang sudah sangat terkenal. Bagaimana tidak, Hay Day telah menjadi game berkebun dengan 11 juta pengguna. Padahal jika diperhatikan, sajian game Hay Day sama dengan permainan berkebun pada umumnya. Pemain harus mengelola kebun serta peternakan.

Tapi keunggulan yang paling terlihat dari game Hay Day adalah grafisnya. Permainan ini memiliki kualitas animasi yang tidak sembarangan. Animasi dalam game ini disajikan dengan sangat bagus. Hal ini mendukung Hay Day untuk menarik lebih banyak lagi penggunanya. Selain itu, Hay Day juga merupakan game yang mudah dimainkan.

6. Farm Life

Konsep permainan berkebun Farm Life sama seperti game berkebun kebanyakan. Pada permainan ini, pemain akan disediakan lahan pertanian. Lahan yang disediakan terbilang cukup besar. Dengan lahan ini, pemain berkewajiban untuk mengelolanya menjadi sebuah perkebunan yang besar. Selain perkebunan, lahan bisa dikelola menjadi pertanian.

Grafis yang disajikan pun sangat sederhana. Semua bangunan dan hewan terlihat sangat sederhana. Namun tentu tidak mempengaruhi keseruan game. Disini, pemain akan terus menjalankan perkebunan. Pemain harus menjaga hewan dan tanaman terpenuhi kebutuhannya. Jika sudah waktunya, pemain harus memanen dan menjual hasil panennya.

7. Farm Town

Rekomendasi game berkebun offline nomor tujuh adalah Farm Town. Game ini menempatkan pemain sebagai tokoh utama dalam permainan ini. Pemain akan menjadi seorang warga yang tinggal di desa. Kegiatan sehari-hari warga yang diperankan adalah bertani dan beternak.

Tidak sebatas bertani dan beternak, pemain akan juga berperan sebagai manajer pertanian. Pemain harus mengatur pertanian sedemikian rupa agar tidak mengalami kerugian. Apapun caranya, pertanian harus tetap berjalan. Nantinya, pemain juga akan mendapatkan keuntungan dari menjual hasil panen dan hasil peternakan yang dikelola. 

8. Big Farm: Mobile Harvest

Konsep dari permainan berkebun  yang satu ini adalah pembukaan lahan yang sudah lama mati. Awalnya, pemain akan diceritakan melakukan perjalanan dari sebuah tempat untuk menuju ke tempat baru. Di tempat baru tersebut pemain akan menemukan lahan tua yang tidak berfungsi. Tugas pemain adalah menghidupkannya kembali hingga menjadi lahan yang produktif.

Game ini memiliki keunggulan yang diandalkan. Keunggulan itu adalah visual grafisnya yang sangat bagus. Visual grafis yang dihadirkan dalam game ini menjadikan game terasa lebih nyata. Selain itu, pengaturan warna yang baik membuat game ini menjadi game yang tidak akan menyakitkan mata.

9. Dream Farm: Harvest Story

Pada game Dream Farm: Harvest Story, pemain akan berperan sebagai pengelola industri pertanian. Pemain akan bertanggung jawab pada pengembangan lahan pertanian dan produksinya. Selain harus merawatnya, pemain bisa membayar orang lain untuk menjadi pegawai di pertanian yang dikelola oleh pemain.

Selain mengelola pertanian, pemain berkewajiban juga untuk memperluas jangkauan pertanian. Semakin luas pertaniannya, pemain bisa mendapatkan keuntungan yang semakin banyak. Karenanya, dari keuntungan hasil panen, pemain bisa membeli tambahan lahan sehingga lahan menjadi lebih luas.

10. Town Village

Yang terakhir dari rekomendasi ini adalah Town Village. Game ini juga menyajikan permainan mengelola kebun seperti pada umumnya. Namun tidak hanya itu, pemain juga bisa ikut serta dalam pembangunan kota. Pemain bisa mendukung pembangunan kota dengan terus mengembangkan pertanian dan menjual hasilnya.

Keuntungan yang didapatkan nantinya bisa digunakan untuk membeli hal-hal yang bisa digunakan untuk menghias kota. Selain itu, pemain bisa mulai membuka taman bermain dan mendapatkan keuntungan dari pengunjung.

Bagaimana, dari daftar game berkebun offline di atas, manakah yang paling menarik? Semua game berkebun dalam daftar tersebut patut untuk dicoba satu persatu. Terlebih lagi, semua game yang disajikan dalam daftar tidak akan membuat kuota habis dan boros. Game-game tersebut bisa digunakan dalam keadaan offline tanpa mengurangi keseruan game.