Rekomendasi Game Catur Online dengan Teman, Main Rame Lebih Seru

Kini catur juga telah hadir dengan wajah baru. Game catur online dengan teman ini bisa memberikan sensasi baru bermain catur secara online.

Dari dulu permainan catur tidak pernah kehilangan penggemarnya. Semakin tua usianya, semakin banyak juga pemain-pemain catur yang muncul. Jika dulu catur terkenal dengan dua orang yang bertatap muka dengan satu papan catur di depannya, kini catur juga telah hadir dengan wajah baru. Game catur online dengan teman ini bisa memberikan sensasi baru bermain catur.

1. Chess.com

Rekomendasi yang pertama jatuh pada Chess.com. Situs web game catur online dengan teman ini menjadi permainan catur yang hangat diperbincangkan. Hal ini dimulai dengan munculnya fenomena viral Dewa Kipas beberapa waktu lalu. Setelah adanya fenomena ini. Chess.com akan ditemukan sebagai rekomendasi nomor 1 di berbagai daftar game catur.


Chess.com sendiri adalah permainan catur dengan basis situs web. Karenanya, untuk memainkan Chess.com, pemain harus berada dalam jaringan internet. Kebanyakan pengunjung situs ini hanya memainkan catur seperti biasa secara gratis. Chess.com juga menyediakan fitur belajar catur yang mengharuskan pengunjung untuk melakukan sejumlah pembayaran. 

2. Chess-Clash of Kings

Rekomendasi nomor dua adalah Chess-Clash of Kings. Jika Chess.com berbasis situs web, Chess-Clash of Kings ini dihadirkan dalam bentuk aplikasi. Pengguna bisa menginstalnya terlebih dahulu di ponsel pengguna. Setelahnya pengguna bisa langsung memainkannya. Permainan ini juga menawarkan mode permainan offline dimana pemain akan melawan sistem.

Namun fitur andalan yang sudah pasti menjadi daya tarik utamanya adalah permainan catur online. Dengan terhubung di jaringan internet, pengguna bisa memainkan game ini dengan teman atau orang lain. Chess-Clash of Kings juga semakin menarik dengan 10 tingkat tantangan yang ditawarkan untuk semakin menguji kehebatan pengguna.

3. Chess Free

Masih sama dengan game catur online dengan teman sebelumnya, Chess Free bisa dimainkan dengan memasang aplikasi pada ponsel pengguna. Game ini diluncurkan oleh kreator AI Factory Limited. Semua pengguna iOS juga Android bisa memasangnya. Terlebih lagi, aplikasi ini bisa dinikmati tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Sebelum bermain, pemain bisa memilih apakah ingin melawan sistem atau bisa juga dengan melawan pemain lain. Setelahnya, pengguna bisa memilih satu dari dua belas level yang ditawarkan. Gunakan level tertinggi untuk tantangan lebih tinggi. Selain itu, pemain catur pemula bisa memanfaatkan fitur Chess Tutor untuk mempelajari permainan catur terlebih dahulu.

4. Chess24

Di rekomendasi nomor empat, ada game Chess24. Game ini menyediakan fitur dasar permainan catur. Untuk bisa mengakses game ini, pengguna ponsel bisa menginstalnya terlebih dahulu. Namun untuk pengguna PC, pengguna cukup mengakses situs web chess24.com. Setelahnya pengguna bisa mulai memainkan permainan catur.

Website maupun aplikasi Chess24 mengharuskan pengguna untuk terhubung dalam jaringan internet. Semua fiturnya hanya bisa dijalankan secara online. Fitur andalan yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah fitur pengaturan waktu. Pengguna bisa melangsungkan pertandingan online dengan batas waktu yang dipilih sendiri.

5. Chess Royale

Rekomendasi game catur online dengan teman di urutan ke-lima adalah Chess Royale. Jika dibandingkan dengan empat game catur online dengan teman sebelumnya, Chess Royale memiliki tampilan paling simpel. Pengguna akan disajikan halaman utama yang memuat satu papan catur. Namun, pengguna diberikan kebebasan untuk mengatur papan caturnya sendiri.

Dalam permainan ini, pengguna bisa memilih salah satu dari lima mode yang ditawarkan. Salah satu mode andalan yang selalu dipilih oleh pengguna adalah mode duel. Dengan mode ini, pengguna bisa bermain secara online dengan pengguna Chess Royale lainnya. Menangkan pertandingan ini dan dapatkan hadiah imbalan dari kemenangan permainan.

6. Lichess

Selanjutnya adalah Lichess. Permainan ini juga termasuk salah satu yang mempunyai tampilan paling sederhana. Dengan tampilan ini, pengguna tidak akan merasa kesusahan saat akan memainkan catur melalui Lichess. Namun dengan tampilannya yang sederhana, Lichess tetap bisa menjadi game catur yang interaktif dengan track record permainan.

Lichess menawarkan tiga mode permainan catur seperti Classical, Blitz, juga Bullet. Pengguna bisa memilihnya sesuai tipe yang disuka. Permainan ini bisa dimainkan dalam mode online untuk dua orang pemain. Skor dan grafik masing-masing pemain akan ditampilkan juga di layar sehingga pencapaian masing-masing pemain bisa diketahui saat itu juga.

7. Chess-Chess Prince

Rekomendasi nomor tujuh adalah aplikasi permainan catur online. Permainan ini memiliki tampilan yang lebih kompleks daripada permainan catur lainnya. Kelebihan ini membuat Chess Prince menjadi seperti permainan catur di dunia nyata. Pada permainan ini pengguna diberikan dua opsi tampilan dari samping atau dari depan sesuai dengan keinginan pengguna.

Sebelum memainkan permainan ini, pengguna bisa memilih salah satu level yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan pengguna. Aplikasi ini menyediakan tingkatan yang cukup banyak yaitu 10 tingkat kesulitan. Pemain juga bisa menantang pemain lain yang juga berada di dalam Chess Prince untuk melakukan permainan catur mode ganda.

8. Real Chess-Alienforce

Selanjutnya adalah aplikasi Real Chess-Alienforce. Meski namanya Alienforce, aplikasi ini tidak menyinggung alien sama sekali ya.Real Chess-Alienforce hanyalah aplikasi yang menyediakan permainan catur online seperti biasa. Dengan game ini, pengguna bisa memainkan catur dengan pemain lain yang dipilih sendiri atau pemain acak yang sedang online.

Perbedaan aplikasi Real Chess-Alienforce dengan aplikasi catur lainnya bisa dilihat dari tampilan aplikasi. Aplikasi ini tidak sekedar menyajikan papan catur biasa. Papan catur dalam aplikasi ini memiliki kesan tersendiri. Selain itu, jika pengguna tidak menyukai tampilan aslinya, pengguna bisa melakukan modifikasi papan catur sesuai selera.

9. Chess Tactics for Beginners-Chess King

Jika pengguna adalah pemula dalam permainan catur, Chess King bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Dalam game ini pengguna bisa memulai dengan mempelajari catur. Setelahnya, pengguna bisa memulai mempraktekkannya. Jika pengguna sudah cukup percaya diri, Chess King menawarkan pertandingan yang akan dilakukan oleh sesama pemula.

Tenang saja, untuk pemain profesional Chess King tetap bisa menjadi pilihan permainan yang seru. Pemain tetap bisa menggunakan permainan ini untuk terus mengasah kemampuan permainan catur. Dengan fitur permainan catur online, pengguna bisa memilih pemain lain untuk memainkan salah satu dari 20 tingkat kesulitan dalam permainan ini.

10. Chess Online-Chessfriends.com

Yang terakhir adalah Chess Online-Chessfriends.com. Permainan ini berbasis situs web. Pengguna hanya perlu terhubung ke internet dan mengakses situs web Chessfriends.com. Dalam aplikasi ini pengguna bisa menguji kemampuan bermain catur dengan lawan pemain lain. Atau jika hanya ingin berlatih, pengguna bisa melawan AI yang disediakan.

Dalam permainan ini, pengguna bisa membangun sebuah komunitas. Komunitas pemain dalam permainan ini sangatlah luas. Dengan adanya komunitas yang dibangun oleh sesama pengguna, pencarian lawan main akan semakin bervariasi. Permainan ini juga memfasilitasi perkembangan permainan pengguna dengan menyajikannya dalam statistik permainan.

Setelah hadir dengan wajah baru, permainan catur terasa menjadi lebih menyenangkan bukan? Pemain bisa memainkan game catur online dengan teman. Game catur akan tetap terasa seru karena pemain tahu yang dilawan adalah teman bukan komputer. Jadi, game catur mana yang paling menarik untuk dicoba? Coba sekarang juga!