Rekomendasi 11 Game Online Teka Teki Pengasah Otak!

Banyak orang hobi bermain game, bahkan tak sedikit yang sengaja membuka browser untuk bermain game online teka teki.


Dari semua jenis game yang ada, game berjenis puzzle atau teka-teki masih menjadi salah satu favorit. Bermain game jenis ini sudah terbukti sebagai pengisi waktu luang sekaligus pelepas penat. Bahkan tak sedikit yang sengaja membuka browser untuk bermain game online teka teki.

Manfaat Bermain Game Teka-teki

Meskipun banyak yang tidak setuju, namun nyatanya bermain game online teka teki juga bisa mendatangkan manfaat. Manfaat tersebut khususnya yang berhubungan dengan kerja otak, antara lain:

  • Sebagai bentuk hiburan yang menyehatkan untuk otak.
  • Mengembangkan proses berpikir.
  • Melatih kesabaran.
  • Meningkatkan daya ingat, fokus, dan kecerdasan.

Semua hal tersebut dapat diperoleh dengan bermain game dengan genre teka-teki. Ada banyak jenis game teka-teki yang dapat dipilih. Apalagi ada yang online, sehingga tidak perlu menginstalnya di gadget sama sekali.

Rekomendasi Game Teka-teki Online 

Game online dipilih karena tidak perlu repot mendownload dan menginstalnya. Cukup membuka browser dan bermain game pun bisa dilakukan selama masih terkoneksi internet. Berikut beberapa pilihan game teka-teki yang bisa dimainkan melalui browser:

1. Sudoku

Game online teka teki yang pertama dalam daftar ini adalah Sudoku. Siapa yang tidak mengenal game ini? Game teka-teki ini menggabungkan angka dan puzzle menjadi satu. Pemain diharuskan untuk menentukan urutan angka menurut baris, kolom, dan blok.

Sebenarnya Sudoku merupakan permainan klasik dan bukan berasal dari game. Akan tetapi, karena kepopulerannya serta banyak yang percaya game ini bisa menstimulasi kerja otak, versi game pun dibuat. Bukan hanya game versi offline, game versi online pun bisa ditemukan.

Untuk bisa memainkan Sudoku versi online, bisa langsung mengakses https://sudoku.com/. Pada website ini, pemain bisa memainkan Sudoku secara online dengan pilihan tingkat kesulitan yang berbeda. 

2. Crosswords

Sampai saat ini, teka-teki silang alias TTS masih menjadi pilihan banyak orang untuk mengasah kemampuan otak. Sama seperti permainan TTS versi klasik yang biasa dimainkan di kertas, TTS versi game online ini juga menyediakan clues dari kata yang harus ditebak. 

Salah satu website yang bisa dijajal untuk bermain TTS versi website adalah boatloadpuzzle.com. Website ini menyediakan TTS versi web yang bisa dimainkan secara online. Yang perlu diperhatikan, website ini berbasis Bahasa Inggris, sehingga TTS-nya pun menggunakan Bahasa Inggris. 

3. Braingle

Jika pada dua poin sebelumnya yang disebutkan adalah game-nya, maka yang satu ini adalah sebuah website. Pada website ini, terdapat pilihan game-game pengasah otak, termasuk game teka-teki. 

Website ini merupakan wadah bagi siapa saja yang bersedia menginput teka-teki dan game lainnya untuk bisa dimainkan oleh orang lain. Untuk bisa bermain di website ini, pemain diharuskan memiliki akun. Jika sedikit keberatan untuk membuat akun premium, bisa dimulai dengan membuat akun versi gratisnya terlebih dahulu.

4. Crazy Games

Seperti pada poin sebelumnya, yang satu ini juga masih merupakan platform website game online, yaitu crazygames.com. Ada satu kategori kelompok yang khusus merupakan kumpulan game teka-teki.

Di sini, bisa dimainkan banyak game teka-teki secara online. Mulai dari game teka-teki tentang tebak kata, board game, jigsaw, mahjong, kartu, dan lain sebagainya. Selama terhubung dengan koneksi internet, semua game yang ada bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang sekaligus mengasah otak.

Pada website game online ini, ada pilihan bahasa yang bisa dipilih, dan Bahasa Indonesia adalah salah satunya. Selain itu, untuk bermain game di sini, tidak perlu secara khusus membuat akun dan login. Game yang ada bisa dimainkan secara langsung tanpa akun.

5. Mahjongg Solitaire

Satu lagi game online teka teki yang tak boleh dilewatkan, yaitu Mahjongg Solitaire. Game ini terinspirasi dari permainan asli Tiongkok, mahjongg, yang masih banyak dimainkan sampai sekarang. Pada game ini, konsep permainan mahjong digabungkan dengan Solitaire.

Untuk bisa memainkan Mahjongg Solitaire, bisa mencobanya di https://games.washingtonpost.com/games/mahjongg-solitaire. Sistem permainannya adalah untuk mencocokkan pola motif pada kepingan mahjongg. 

6. Jigsaw

Jigsaw lebih dikenal sebagai papan puzzle di Indonesia. Sama seperti bentuk klasiknya, papan puzzle ini tersusun dari kepingan-kepingan yang jika disatukan akan membentuk suatu pola tertentu. 

Biasanya, usia anak-anak diberi permainan papan puzzle untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan berpikir kritis. Meski begitu, tak sedikit orang dewasa yang memiliki menyusun puzzle sebagai pengisi waktu luang. 

Bagi yang tertarik untuk menyusun puzzle secara online, bisa mencobanya di https://www.jigsawexplorer.com/. Ada banyak pilihan tipe jigsaw puzzle dengan beragam karakteristik gambar. 

7. Tetris

Siapa yang tidak kenal Tetris? Game menyusun balok klasik ini masih punya banyak penggemar sampai saat ini. Bermula dari game yang dikembangkan oleh engineer Rusia pada dekade 80-an ini sempat booming di era 90-an melalui gamebot atau gameboy. 

Cara bermainnya adalah dengan menyusun garis horizontal lurus dari balok tak beraturan yang terjatuh dari sisi atas. Jika sudah terbentuk garis lurus tanpa sela, garis tersebut akan hilang dengan sendirinya dan memperoleh poin. Semakin tinggi poin, maka akan semakin cepat waktu interval jatuhnya balok. 

Meskipun banyak versi dari bentuk game balok ini, Tetris masih menjadi yang paling dicari. Bahkan sampai sekarang, orang masih suka lupa waktu jika sudah mulai memainkan Tetris. Bagi yang ingin memainkannya secara online, bisa langsung mengakses di https://tetris.com/. 

8. 10x10

Konsep game ini mirip dengan Tetris, yakni harus menyelesaikan menyusun balok. Yang sedikit berbeda, susunanya tidak harus berada di sisi bawah secara horizontal, melainkan juga bisa secara vertikal. Selain itu, jika pada Tetris balok jatuh dari sisi atas layar game, maka pada 10x10, balok tersedia sebagai input di sisi layar.

Untuk memainkannya, hanya perlu menyusun balok sampai memenuhi baris atau layar. Permainan akan dinyatakan selesai begitu sudah tidak ada space kosong untuk meletakkan balok. Bagi yang penasaran dengan permainan ini, bisa mencobanya dihttps://www.arkadium.com/games/ten-x-ten/. 

9. 2048

Satu lagi game online teka teki lain yang sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi yang merasa jago berhitung. Alasannya karena game ini menggabungkan antara teka-teki dengan matematika. Game ini bisa dimainkan secara online melalui https://play2048.co/.  

Konsep permainannya adalah menjumlahkan kelipatan dari 2. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil akhir penjumlahan sesuai nama game ini, 2048. Angka tersebut merupakan sebelas kali lipat dari 2. 

10. Wordsearch

Jika merasa tertantang untuk mengetes kemampuan vocabulary Bahasa Inggris, bisa mencoba bermain Word Search. Dalam permainan game ini, akan disajikan tabel berisi huruf-huruf acak. Di antara huruf-huruf acak tersebut, tersembunyi vocabulary yang membentuk satu kata tertentu.

Pada https://thewordsearch.com/, ada kategori yang bisa dipilih. Misalnya seperti nama kota, negara, hingga acara televisi. Game ini bisa dimainkan secara online tanpa perlu login akun terlebih dahulu. 

11. Sum Blocks

Satu lagi game yang berbasis teka-teki dan matematika selain 2048. Game online yang dikembangkan oleh Armor Games ini, mengusung tema penjumlahan untuk game-nya. Bagi yang penasaran, bisa langsung mengunjungi https://armorgames.com/sum-blocks-game/18343.

Untuk memainkan game ini, pemain diharuskan untuk menjumlahkan angka yang muncul pada balok yang muncul di layar. Setiap balok memiliki nilai tersendiri, dan pemain diminta untuk meletakkan angka sesuai yang disediakan pada sudut balok yang overlap.

Keberadaan game online teka teki jelas banyak membantu, khususnya bagi yang sudah jenuh dengan aktivitas dan bisa sekaligus menjadi pelepas stress. Semua game yang disebutkan di atas dan dicoba, lalu lihat mana yang paling cocok.