Daftar Software Untuk Memperbaiki File JPG yang Rusak di Smartphone dan PC

JPG rusak memang membingungkan! Hal ini mempunyai solusi dengan menggunakan software untuk memperbaiki file JPG yang rusak dengan mudah.

Banyaknya format untuk foto atau gambar yang digunakan saat ini tentu mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Salah satu format yang dimaksud ini adalah JPG untuk foto. Namun terkadang format JPG ini rusak sehingga pengguna merasa bingung. Akan tetapi hal ini mempunyai solusi dengan menggunakan software untuk memperbaiki file JPG yang rusak dengan mudah.

Mengapa File JPG Rusak?

Sangat banyak pertanyaan yang kerap kali muncul mengapa file JPG yang dimiliki tersebut mengalami kerusakan. Memang ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sehingga file tersebut rusak dan tidak dapat dibuka. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait penyebab rusaknya file JPG yang wajib diketahui seseorang:

1. Bad Sector

Penyebab mengapa file JPG menjadi rusak karena bad sector atau akumulasi dari kerusakan disk. Dimana kerusakan disk yang dimaksud ini yakni disk magnetik sehingga memberikan pengaruh yang besar terhadap ruang penyimpanan. Kerusakan ruang penyimpanan ini yang menjadikan file saat proses penyimpanan mengalami kegagalan.

2. Media Penyimpanan Tergores

Pada dasarnya memang beragam media agar dapat menyimpan file yang dimiliki seperti CD atau DVD. Apabila media ini tergores tentu file foto yang ada di dalamnya akan mengalami kerusakan sehingga tidak terbaca. Maka dari itu, jika menggunakan media ini sebaiknya selalu hati-hati saat ingin membuka file.

3. Degradasi Data

Dapat pula disebabkan karena degradasi data yang biasanya terjadi pada hard drive yang dimiliki pengguna. Dimana hard drive tersebut akan kehilangan orientasi pada komponen magnetik yang mempengaruhi kerusakan pada bit data yang tersimpan. Adapun penyebab mengapa degradasi data ini terjadi seperti perangkat yang dimiliki terlalu panas.

Software Untuk Memperbaiki File JPG

Memang file JPG tersebut masih bisa diperbaiki sehingga seseorang tidak perlu merasa khawatir akan hal tersebut. Sangat banyak software yang dapat digunakan untuk memperbaiki file yang dimaksud ini. Lantas apa saja software yang dapat digunakan? Berikut penjelasan terkait dengan rekomendasi software untuk memperbaiki file JPG yang rusak:

1. Stellar Phoenix

Software yang dapat digunakan adalah Stellar Phoenix dan dianggap sangat ampuh dalam mengatasi file JPG yang rusak. Bahkan bukan hanya file dengan format JPG saja, namun juga dengan format lainnya seperti PNG. Namun software ini hanya dapat digunakan dalam perangkat PC saja sehingga tidak dapat digunakan untuk perangkat smartphone.

Cara menggunakannya pun cukup mudah yakni memilih tools untuk mengekstrak Thumbnail. Dengan tujuan untuk melihat kembali file JPG yang rusak sehingga nantinya bisa disimpan kembali ke perangkat. Bukan hanya memperbaiki file tersebut saja, namun juga kualitas yang diberikan pada saat proses perbaikan selesai sesuai dengan ukuran asli.

2. File Repair

File Repair ini juga digunakan dalam perangkat PC untuk memperbaiki file JPG tersebut. Software ini bisa digunakan di berbagai perangkat yang dimiliki sehingga memudahkan pengguna jika ingin memperbaiki file tersebut. Caranya adalah sinkronkan software tersebut ke perangkat PC agar nantinya bisa melakukan pemindaian file.

Secara otomatis, file yang rusak akan terdeteksi dan akan diekstrak ke dalam bentuk format yang baru. Dengan format baru ini tentu file JPG yang rusak bisa lagi ditampilkan di perangkat. Hal menarik yang dimiliki software ini sebab bisa mengatasi kerusakan pada gambar yang disebabkan karena pengaruh virus. Memang pengaruh ini kerap kali terjadi sehingga file rusak.

3. SysInfo Image Repair Software

Nah, software ini juga dijadikan sebagai software untuk memperbaiki file JPG yang rusak dengan mudah. Dimana software ini sangat ampuh untuk memperbaiki file JPG dan cara pemulihan filenya pun cukup canggih. Bagaimana tidak, pengguna bisa memulihkan file JPG tersebut dengan algoritma foto. Nantinya file JPG akan dipulihkan secara otomatis.

Software tidak hanya memperbaiki file JPG, namun juga file dengan format lain pun bisa diperbaiki dengan mudah. Bahkan software ini dapat memperbaiki kartu SD yang dimiliki maupun wadah penyimpanan yang lain. Melihat beberapa keunggulan tersebut tentu membuat software ini dianggap sebagai software yang terbaik.

4. Doctor Pic

Doctor Pic juga tidak kalah populer untuk digunakan dalam memperbaiki file JPG dan tentunya lebih dikenal dengan nama Picture Doctor. Manfaat yang dimiliki oleh aplikasi ini tentu sangat sesuai dengan nama yang dimiliki yakni untuk memulihkan file yang rusak. Bahkan software ini bukan hanya memulihkan file, akan tetapi mampu menyempurnakan grafik pada gambar.

Dengan begitu, grafik pada gambar menjadi lebih bagus dan berkualitas pada saat dipandang mata. Bahkan software Doctor Pic ini juga dapat digunakan untuk memulihkan format PSD yang diperoleh dari aplikasi Adobe Photoshop. Namun sebelum menggunakan aplikasi ini sebaiknya mengetahui versi yang ditawarkan yakni versi pro dan versi biasa.

5. PixRecovery

Sama halnya dengan software lainnya yang dapat digunakan untuk memperbaiki file JPG yang dianggap rusak atau tidak terbaca. Nantinya file yang tidak terbaca tersebut akan dipulihkan sama seperti gambar asli sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir. Hal ini disebabkan karena software tersebut selalu mempertahankan dimensi dan warna file yang asli.

Software ini mempunyai sedikit perbedaan dengan software lainnya yang pada umumnya memperbaiki semua format file. Berbeda dengan PixRecovery yang bisa memulihkan beragam kamera digital yang digunakan saat mengambil gambar. Dimana ragam dari kamera digital yang dimaksud ini antaranya Sony, Fuji, dan lain sebagainya.

6. Kernel Photo Repair

Ada juga software untuk memperbaiki file JPG yang rusak yang dinamakan Kernel Photo Repair. Memang software ini dikhususkan untuk memulihkan file JPG yang dimiliki maupun file JPEG. Nantinya software ini membantu mengatasi masalah tersebut sehingga file yang dimiliki bisa dibuka kembali seperti semula apalagi jika file penting.

Sangat banyak keunggulan yang dimiliki dari software ini antaranya dapat memperbaiki atau memulihkan lebih dari 1 foto secara bersamaan. Dengan begitu, dapat dikatakan jika pengguna bisa menghemat waktu dan kualitas dari foto tetap terjaga. Maksudnya, foto akan terlihat jelas yang disertakan dengan kualitas HD yang dimiliki tentunya.

7. Data Recovery Wizard

Menggunakan software ini memang sangat membantu untuk memulihkan file JPG rusak yang dimiliki. Dimana nama dari software tersebut adalah Data Recovery Wizard yang terlebih dahulu harus diunduh oleh pengguna. Software ini dapat digunakan untuk memulihkan file yang rusak menggunakan perangkat PC yang dimiliki pengguna.

Nantinya pengguna mengunduh dan pasang aplikasi tersebut, kemudian buka aplikasi untuk mengklik Scan. Pilih file JPG yang rusak kemudian Recover pada tampilan software, secara otomatis file tersebut akan ditampilkan. Memang cara memulihkan file JPG yang rusak dalam software tersebut tidak terlalu sulit tentunya.

Itulah penjelasan terkait dengan penyebab sehingga file JPG mengalami kerusakan atau tidak bisa dibuka. Namun hal tersebut tentu mempunyai solusi untuk mengatasinya. Dimana solusi yang dimaksud ini dengan memanfaatkan software untuk memperbaiki file JPG yang rusak. Software tersebut pun dapat digunakan dalam perangkat PC dan smartphone.