Rekomendasi 12 Game PC Offline Ukuran Kecil Untuk Penghilang Stress

Padahal, jika mau ada banyak game PC offline ukuran kecil keluaran dulu yang masih asyik untuk dimainkan.


Tak sedikit orang harus merelakan hobi bermain game, padahal butuh pelepas stress. Alasannya karena PC yang kurang mendukung atau karena kebanyakan game sekarang merupakan game online. Padahal, jika mau ada banyak game PC offline ukuran kecil keluaran dulu yang masih asyik untuk dimainkan.

Mengapa Bermain Game Offline untuk PC?

Di antara semakin maraknya game online, game offline masih tetap memiliki peminat setia. Pengembang game pun masih terus mengeluarkan versi game offline yang bisa dimainkan tanpa membutuhkan koneksi internet. Dari segi pendanaan, jelas bermain offline game lebih ramah di kantong.

Selain itu, meski game PC offline ukuran kecil masih mengharuskan untuk diinstal, namun jauh lebih baik dibandingkan dengan game online. Seperti yang diketahui, game online sekarang ini didesain dengan resolusi terbaik, sehingga membutuhkan perangkat PC yang paling mutakhir.

Pilihan Game Offline yang Ringan untuk PC 

Keunggulan lain dari game-game berukuran kecil ini yaitu bisa dimainkan di PC low-end. Selain itu, tak perlu boros data internet karena bisa dimainkan secara offline. Ini daftar game yang bisa coba dimainkan untuk menghilangkan penat:

1. Counter Strike Source

Para gamer pasti sudah familiar dengan Counter Strike Source, atau lebih dikenal dengan singkatannya, CS. Game PC offline ukuran kecil ini merupakan game menembak dari sudut pandang pertama. Jadi pemain akan menjadi juru tembak dan diharuskan untuk menembak musuh-musuh yang ada.

Untuk bisa memasang game ini di PC, hanya dibutuhkan minimal prosesor pentium 4 dengan kecepatan 3.0 GHz serta RAM 1 GB. Sistem Windows XP pun masih sanggup menerima game ini. Sementara itu, memori yang dibutuhkan adalah sekitar 3 GB.

2. Into The Breach

Sistem permainan dalam game ini adalah untuk melindungi kota dari invasi alien yang mendarat di bumi. Agar bisa memenangkan game, biasanya pemain harus rela mengorbankan sesuatu. Game ini tergolong menyenangkan dan tidak cepat membuat bosan meski dimainkan berulang-ulang.

Dibandingkan dengan CS, Into The Breach kapasitas PC yang dibutuhkan jauh lebih kecil. Hanya prosesor dengan kecepatan minimal 1.7+ GHz dan RAM 1 GB. Akan tetapi, sistem OS XP sayangnya tidak bisa memainkan game ini, karena yang diminta adalah Windows Vista/7/8/10. 

3. Grand Theft Auto Vice City

Game populer yang hampir semua gamer di dunia ini mengenalnya, bisa dibilang GTA Vice City adalah game legendaris. Pada game ini, pemain akan memerankan sosok kriminal bernama Tommy. Ada banyak plot twist yang menjadikan game ini tetap menarik dan masih menjadi favorit banyak orang.

Untuk bisa memainkan versi GTA ini, cukup dibutuhkan OS Windows XP dengan Microsoft 2000. Sementara itu, RAM yang dibutuhkan minimal adalah 256 MB dengan prosesor Intel pentium 4 atau AMD Athlon XP.

4. Owlboy

Hal menarik dari game ini adalah developernya membutuhkan waktu hingga 9 tahun untuk penyempurnaan. Hanya saja, para pemain beranggapan bahwa tantangan game ini terlalu berat untuk dijadikan sebagai hiburan ringan. 

Dengan grafis yang minimalis, game ini tidak membutuhkan kapasitas PC yang besar. Dengan prosesor minimal Dual Core serta OS Windows Vista/7/8/10 sudah bisa memainkan game ini. Untuk RAM minimal yang dibutuhkan adalah 1 GB. 

5. Valiant Hearts: The Great War

Satu lagi game PC offline ukuran kecil yang sayang untuk dilewatkan, Valiant Hearts: The Great War. Game offline ini mengangkat cerita yang pernah terjadi pada masa PD I. Yang menarik dari game ini, bukan jumlah kemenangan dalam perang yang ditonjolkan, melainkan momen-momen sulit yang diakibatkan oleh perang.

OS minimal yang dibutuhkan adalah Windows XP dengan 2 GB RAM. Sementara itu, untuk prosesor minimal pada PC adalah Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon64 X2.

6. Starbound

Sedikit berbeda dengan game yang telah disebutkan sebelumnya, Starbound memiliki grafik 2D. Jalan cerita game ini adalah eksplorasi ke planet-planet di luar bumi. Selain game utamanya, ada game-game sampingan yang menarik untuk dimainkan demi membuang stress. Selain itu, juga ada banyak versi mod dengan bermacam fitur menarik.

Sistem yang dibutuhkan minimal adalah Windows XP dengan prosesor Core 2 Duo. Untuk memori minimalnya yaitu 2 GB dengan memori grafis 256 MB dan DirectX 9.0c compatible GPU.

7. Child of Light

Jika menyukai jalan cerita fantasi, maka sangat disarankan untuk menjajal Child of Light. Game ini mengusung jenis game adventure di dunia fairy tales. Di dalam game, pemain akan berperan sebagai Putri Aurora yang harus berpetualang di Lemuria. Game ini termasuk ringan dan mudah untuk dimainkan.

Game ini membutuhkan Intel Core 2 Quad atau AMD Athlon II X4 sebagai prosesor dan RAM 4 GB. OS PC yang dibutuhkan adalah Windows Vista/7 SP1/8 serta video card nVIDIA GeForce GTX 260 ati AMD Radeon HD 4870.

8. 80 Days

Seperti namanya, game ini menuntut pemain untuk mengeksplorasi bumi dalam kurun waktu 80 hari. Dalam kurun waktu tersebut, pemain harus mengunjungi 150 kota di berbagai belahan dunia. Yang perlu diperhatikan yaitu wajib bijak dalam menggunakan alokasi uang yang ada dan items yang dimiliki.

Untuk bisa memainkan game ini di PC, minimal hanya perlu Windows XP+ sebagai OS. Sementara itu, untuk prosesornya minimal memiliki kecepatan  2 GHz dengan SSE2 instruction set support. RAM yang dibutuhkan adalah 2 GB.

9. Assassin's Creed Brotherhood

Nama Assassin’s Creed pasti sudah banyak dikenal di kalangan para gamer. Versi Brotherhood merupakan versi game PC offline ukuran kecil dari pendahulunya, Assassin’s Creed. Mode permainannya pun masih mirip dengan versi lainnya, hanya saja setting cerita dalam versi ini lebih banyak di Roma.

Untuk prosesornya, dibutuhkan minimal Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon 64 X2 dan RAM 1,5 GB. Adapun OS untuk PC yaitu minimal Windows XP dengan kartu grafis GeForce 8800 GT atau ATI Radeon HD 4700 minimal.

10. Binding of Isaac: Rebirth

Game ini merupakan salah satu versi dari serial game Binding of Isaac, namun bisa dikatakan sebagai yang paling terkenal. Secara konsep, game ini merupakan sebuah shooting game. Pemain diminta untuk menembak musuh berupa monster dengan senjata-senjata yang bisa diperoleh sepanjang game.

Adapun OS yang dibutuhkan untuk bisa memainkan game ini minimal adalah Windows XP. Sayangnya, memori RAM yang diminta tergolong cukup besar, yakni 8 GB RAM, meski cukup menggunakan prosesor 2.4 GHz Quad-Core 2.0. Sementara itu, untuk kartu grafisnya minimal Intel HD Graphics 4000, ATI Radeon HD-Series 4650, atau nVIDIA GeForce 2xx-Series 

11. Final Fantasy VIII

Satu lagi game ringan untuk PC yang tak boleh ketinggalan, Final Fantasy VIII. Game ini masih tentang aliansi yang saling menginvasi dan bertarung bersama. Cerita pada versi ke-8 ini dimulai di Balamb Garden, sebuah akademi militer pelatihan untuk SeeDs. Pemain akan menjadi Leonhart, sementara lawannya bernama Seifer.

Untuk bisa memainkan FF VIII, minimal harus menggunakan Microsoft Windows Vista/7/8. Adapun processor minimalnya adalah Intel Core 2 Duo dengan RAM 4 GB dan kartu grafis minilah nVIDIA  GeForce 9600 GT.

12. Undertale

Dalam forum-forum game, Undertale memiliki rating yang cukup tinggi. Alur permainannya pun sedikit aneh, karena alih-alih mengalahkan musuh, pemain justru diminta untuk bersikap baik.

Yang pasti, setiap keputusan yang dibuat sepanjang permainan perlu dipikirkan baik-baik, karena akan menyangkut kelanjutan permainan selanjutnya. Sistem yang diminta untuk bisa memainkan game ini minimal adalah Windows XP dengan RAM 

Semua game PC offline ukuran kecil yang telah disebutkan di atas membutuhkan tidak membutuhkan OS maupun prosesor terbaru. Jadi, kapasitas PC low-end pun masih tetap bisa bermain game secara offline dan melepas stress.