Seputar Yandex Browser, Mesin Pencarian dari Rusia

Yandex browser adalah salah satu produk digital dari perusahaan teknologi asal Rusia, yang cukup populer di negara asalnya.

Jika kamu mencari mesin pencarian selain Google, kamu bisa menggunakan Yandex browser. Mesin pencarian ini dikembangkan oleh perusahaan Rusia. Di negara asalnya, mesin pencarian dari Yandex ini menjadi andalan untuk menjelajahi internet.

Sama seperti mesin pencarian pada umumnya, Yandex mengembangkan mesin pencarian yang mudah. Kamu akan mendapatkan banyak informasi dengan gratis dan mudah didapatkan. Meskipun begitu, mesin pencarian ini cukup jarang digunakan.

Mesin pencarian ini menjadi bagian dari perusahaan Yandex yang banyak mengembangkan layanan digital seperti email dan peta. Untuk memahami lagi tentang mesin pencarian dari Yandex ini, simak informasi lengkapnya berikut.

Apa Itu Yandex Browser?

Yandex merupakan salah satu perusahaan besar yang bergerak dibidang digital dan teknologi. Perusahaan ini mengembangkan banyak produk digital, misalnya aplikasi, e-commerce, maps, sampai mesin pencarian.

Salah satu produknya yakni Yandex browser yang berguna sebagai mesin pencarian seperti google browser. Di negara asalnya, Rusia, browser ini menjadi mesin pencarian yang banyak digunakan. Bisa dibilang, browser ini lebih populer daripada google.

Masyarakat Rusia lebih memilih untuk menggunakan browser ini, karena berasal dari negaranya sendiri. Meskipun belum banyak diketahui masyarakat global, mesin pencarian ini tetap terus berkembang dengan berbagai fitur menarik.

Tidak berbeda jauh dengan google, mesin pencarian dari Yandex juga menghubungkannya dengan beragam layanan Yandex lainnya. Maka dari itu, mesin pencarian ini bisa menjadi pilihan lain untuk menjelajahi beragam informasi di internet, selain google.

Fitur-Fitur Mesin Pencarian Yandex

Tidak jauh berbeda dengan mesin pencarian lainnya, Yandex juga memiliki beragam fitur unggulan. Fitur-fitur ini akan membantu kamu, sebagai penggunanya untuk dapat menjelajah internet dengan lebih mudah.

Namun, Yandex browser dikembangkan dengan beragam fitur yang lebih menarik. Adapun fitur-fitur unggulan Yandex tersebut diantaranya, sebagai berikut:

1. Background Custom

Jika kamu bosan dengan background yang itu-itu saja, kamu bisa mengganti background atau layar belakang tampilan mesin pencarianmu. Yandex mengembangkan mesin pencarian dengan fitur unik ini.

Kamu bebas mengganti background dengan pilihan gambar yang kamu sukai. Jadi, mesin pencarianmu lebih terlihat menarik dan tidak biasa.

2. Custom Tema

Selain background, kamu juga bisa menggunakan tema untuk mesin pencarian Yandex. Tema yang kamu gunakan, bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Jadi, selain latar belakang, kamu bisa menyelipkan hal yang kamu sukai pada tema mesin pencarian Yandex ini.

3. Pengaturan Widget

Fitur unik lainnya adalah pengaturan widget pada halaman utama browser. Lewat fitur ini, kamu jadi bisa mencantumkan aplikasi atau layanan digital yang sering kamu gunakan pada halaman utama browser ini.

Umumnya, tampilan widget menampilkan beberapa aplikasi yang sering digunakan penggunanya. Informasi cuaca adalah salah satu tampilan widget yang sering muncul di layar utama ponsel. Kamu juga bisa menampilkan informasi cuaca tersebut pada halaman utama browser.

3. Layanan VPN

Virtual Private Network atau lebih dikenal akrab dengan VPN, menjadi fitur selanjutnya yang dimiliki Yandex browser. Fitur ini biasanya sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk melindungi data-data penting.

Secara sederhana, VPN akan membantu kamu mengakses situs yang terbatas. Itu artinya, beberapa situs yang hanya bisa diakses di wilayah tertentu, dapat kamu akses dengan adanya fitur ini, meskipun kamu tidak sedang berada di wilayah tersebut.

4. Akses Layanan Yandex Lainnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Yandex tidak hanya mengembangkan mesin pencarian, tetapi juga beberapa layanan lain. Maps dan email adalah beberapa contoh layanan digital lain yang dikembangkan perusahaan ini.

Memiliki cara kerja yang hampir sama dengan google, Yandex browser juga memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk terkoneksi dengan layanan Yandex lainnya. Kamu bisa membuat akun Yandex untuk dapat terhubung dengan beberapa layanan tersebut.

5. Bookmarks

 

Tidak jauh berbeda lagi dengan mesin pencarian pada umumnya, Yandex juga mengembangkan bookmarks untuk mesin pencariannya. Dengan fitur ini, kamu bisa menandai beberapa halaman website yang kamu sukai.

Jadi, kamu bisa lebih cepat menemukan website kegemaran kamu ketika memerlukan informasi cepat. Cukup izinkan sinkronisasi datamu di akun Yandex, kamu sudah bisa menandai beberapa website pada mesin pencarian Yandex.

6. Terjemahan


Mesin pencarian ini memang dikembangkan oleh perusahaan asal Rusia. Namun, kamu tidak perlu khawatir dengan keterbatasan bahasa. Meskipun umumnya website yang terdapat dalam mesin pencarian menggunakan bahasa Rusia, tetapi kamu tetap bisa menggunakan bahasa inggris.

Browser ini mengembangkan fitur terjemahan. Bahasa inggris menjadi pilihan bahasa yang bisa kamu pilih, agar kamu bisa mengetahui informasi yang kamu cari dari mesin pencarian ini.

7. Rekomendasi Informasi Berdasarkan Kegemaran

Selain website favorite, kamu juga bisa mendapatkan beragam informasi berdasarkan kegemaranmu. Fitur ini bekerja berdasarkan aktivitasmu selama menjelajahi internet menggunakan mesin pencarian dari Yandex ini.

8. Penjelajahan Private

 

Jika kamu tidak ingin sistem menandai history pencarian kamu, fitur incognito mode bisa diaktifkan. Melalui mode ini, kamu bisa menjelajahi web menggunakan Yandex dengan mode private. Selain history pencarian, sistem juga tidak akan menandai kata kunci yang kamu masukkan.

Mengunduh Aplikasi Mesin Pencarian Yandex

Aplikasi ini bukan aplikasi yang langsung ada disetiap ponsel atau perangkat kamu. Jadi, untuk menggunakan mesin pencarian ini, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Play Store adalah salah satu tempat untuk mengunduh mesin pencarian ini.

Kamu bisa mengunduhnya melalui link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Yandex.browser

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Buka Play Store.
  • Ketik Yandex Browser di kotak pencarian.
  • Klik ‘Yandex dengan Pencarian Video’ dengan logo huruf ‘Y’ berwarna merah dan putih.
  • Klik menu install dan tunggu proses selesai.
  • Buka aplikasi setelah selesai diunduh.
  • Masuk ke halaman utama, atau kamu bisa melakukan pendaftaran akun.
  • Akun selesai didaftarkan, kamu sudah bisa menjelajahi internet dengan mesin pencarian dari Yandex.

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Pencarian Yandex

Sebagai mesin pencarian yang diandalkan oleh masyarakat di negaranya, mesin pencarian Yandex ini memiliki beragam kelebihan dari mesin pencarian lainnya. Namun, mesin pencarian ini juga memiliki beberapa kelemahan.

Adapun kelebihan dan kelemahan dari mesin pencarian ini diantaranya sebagai berikut:

1. Kelebihan

Fitur-fitur yang dimiliki mesin pencarian ini menjadi salah satu kelebihannya. Secara lebih terperinci, kelebihan mesin pencarian ini yakni:

  • Dapat diunduh dan digunakan secara gratis.
  • Tampilan halaman browser seperti majalah jadi lebih unik dan menarik.
  • Dapat digunakan untuk berbagai sistem operasi mulai dari android, windows hingga iOs.
  • Halaman utama dapat di custom sesuai keinginan pengguna.
  • Menampilkan informasi yang akurat dan lengkap, sehingga mampu memenuhi kebutuhan informasi penggunanya.

2. Kelemahan

Meskipun mesin pencarian ini dikembangkan dengan banyak kelemahan, tetapi ada beberapa kelemahan dari browser ini. Adapun kelemahannya adalah sebagai berikut:

  • Walaupun dapat diunduh pada beberapa sistem operasi, tetapi browser ini tidak bisa digunakan oleh pengguna ponsel yang memiliki spesifikasi rendah.
  • Karena harus diunduh terlebih dahulu, kemungkinan masih ada virus dalam proses pengunduhannya.
  • Saat pertama kali menggunakan mungkin masih bingung, karena browser ini kebanyakan menyediakan bahasa Rusia.

Yandex browser menjadi pilihan lain untuk mesin pencarian. Meskipun belum bisa menyaingi google, tetapi browser dari Rusia ini cukup populer di negara asalnya.

Jenis-jenis Layanan yang Dimiliki Oleh Yandex

Seperti yang telah dibahas dalam ulasan sebelumnya bahwa Yandex, perusahaan asal Rusia ini menghadirkan mesin pencarian yang canggih. Namun ternyata tidak hanya browser, peramban Yandex juga hadir dalam bentuk lain seperti layanan penyimpanan Yandex Opera mini, connect, DNS, dan lain-lain.

Selain browser, ada juga jenis layanan lain dari Yandex browser APK yang bisa digunakan dalam Yandex hingga jumlahnya mencapai sepuluh layanan. Semuanya memiliki fungsi masing-masing yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Ada apa saja?

  • Browser opera mini. Banyak diandalkan untuk menggali berbagai informasi. Banyak orang memanfaatkan layanan ini, karena menghadirkan nuansa berbeda dari mesin pencarian lainnya.
  • Layanan dari Yandex ini merupakan B2B, yakni business to business. Layanan ini berfokus ke konektivitas jaringan internet untuk banyak orang yang membantu menjalankan transaksi antar pelaku bisnis.
  • Merupakan layanan publik yang dirilis Yandex untuk seluruh pengguna tanpa terkecuali. DNS merupakan sistem yang menjadi penghubung antara URL dengan IP Address, berguna untuk memudahkan interaksi manusia ke komputer.
  • Layanan yang berfungsi menyimpan berbagai file dalam satu tempat, seperti Google Drive.
  • Yandex Linux download. Bisa dioperasikan di OS Linux.
  • Mesin pencarian yang dikhususkan untuk mencari gambar, dengan hasil yang lebih variatif dibandingkan browser pada umumnya.
  • Berkirim email sekarang juga bisa dilakukan melalui Yandex. Tidak terdapat batasan penyimpanan sehingga bisa menyimpan dalam jumlah banyak dan gratis.
  • Yandex browser Alpha. Versi eksperimental untuk browser yang lebih cepat dan intuitif.
  • Pengguna dapat melakukan pembayaran digital melalui Yandex untuk berbagai transaksi. Keunggulannya adalah tidak dikenai biaya tambahan saat transfer.
  • Yandex VPN APK. Memudahkan pengguna browser secara bebas tanpa terlacak historinya.
  • Membantu pengguna untuk menerjemahkan tulisan secara daring, fungsinya serupa dengan Google Translate.
  • Yandex browser video player APK. Layanan dimana pengguna dapat mengakses video beragam tema secara gratis dan lancar.

Cara Menggunakan Yandex Browser

Agar dapat menggunakan Yandex browser 18 APK sebagai mesin pencarian yang memiliki beragam fitur menarik, pengguna perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Sebab jika sudah berhasil diinstal namun belum dapat menggunakannya, akan sia-sia.

Sebenarnya cara untuk menggunakan Yandex browser perisian serupa dengan browser lainnya seperti Google, Bing, Yahoo, dan sejenisnya. Bagi pengguna yang sering mencoba browser selain Yandex, tentu lebih terbiasa untuk mengoperasikan Yandex. Berikut ini selengkapnya tentang penggunaan Yandex:

  • Siapkan perangkat yang telah diinstal dengan Yandex offline installer. Buka Yandex dengan klik ikon yang muncul di layar. Umumnya, setelah berhasil menginstal maka ikon Yandex akan segera muncul.
  • Setelah masuk ke halaman utamanya, pengguna bisa langsung memakai mesin pencariannya untuk mencari berbagai hal. Ketikkan nama buku, artis, berita, dan lain sebagainya yang ingin dicari. Klik tombol pencarian, lalu tunggu sesaat.
  • Yandex akan segera memunculkan berbagai website yang menyediakan informasi sesuai yang diketik oleh pengguna. Pilih atau buka semua situsnya agar bisa mendapatkan informasi yang sesuai.
  • Jika khawatir Yandex browser memakai Bahasa Rusia, bisa mengganti menu pengaturan dengan Bahasa Inggris. Bisa juga menggunakan Yandex browser lite untuk penggunaan terbatas.

Demikian ulasan lengkap mengenai browser Yandex RU download yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mulai menggunakannya. Jika dibandingkan dengan mesin pencarian lain, tentu Yandex memiliki nilai lebihnya sendiri. Sehingga pengguna dapat menentukan seperti apa jenis browser yang paling nyaman untuknya.

Terlebih, ada berbagai program yang disediakan oleh Yandex untuk berbagai aktivitas. Kini pengguna juga bisa menyimpan file pribadi, menonton video dengan leluasa, bahkan melakukan pembayaran online. Semuanya berbekal satu aplikasi dan pengguna hanya perlu tahu browser Yandex UA download.