Cara Membuat Centang Hijau WA

Tanda centang hijau WA bisa dengan mudah kamu dapatkan, artikel ini akan memberitahu bagaimana cara membuat centang hijau dan nikmati keuntungannya.

Jika kamu ingin meningkatkan penjualan dari WhatsApp business, ada baiknya kamu pikirkan untuk cari tahu cara membuat tanda centang hijau WA

Karena ternyata tanda centang hijau ini sangat membantu dalam meningkatkan rasa percaya pelanggan pada suatu bisnis dan mampu meningkatkan jumlah penjualan.

Seperti pada platform instagram yang mana dengan akun tersebut bertanda centang, maka akan memberikan kesan bahwa memang akun tersebut tidak sembarangan dimiliki orang. 

Akun dengan verifikasi WA centang hijau bisa dikatakan bahwa akun tersebut sudah dianggap akun resmi keluaran dari WhatsApp. Akun dengan adanya simbol centang hijau WA, lebih direkomendasikan saat digunakan dalam sebuah akun yang beroperasi dalam kegiatan bisnis.

Oleh karena itu, banyak pengusaha online mulai menggunakan centang hijau WA bisnis. Dimana kode centang hijau WA tersebut didapatkan dari baik cara centang hijau di WA gb atau resmi.

Informasi selengkapnya bisa kamu baca artikel ini sampai selesai, disini kamu akan menemukan penjelasan mengenai tanda centang hijau, apa saja keuntungannya, dan bagaimana cara mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp business.

Penjelasan Singkat Centang Hijau WA

Centang hijau di WhatsApp adalah simbol verified badge yang menandakan kalau akun bisnis kamu sudah terverifikasi oleh pihak WhatsApp. 

Akun WhatsApp yang sudah diverifikasi bisa membantu meningkatkan kepercayaan para pelanggan dan jumlah pelanggan. 

Centang hijau WA juga menggambarkan bahwa WA tersebut berasal dari pemilik yang resmi. Sehingga melakukan bisnis dengan akun seperti itu, membuat para konsumen tidak ragu lagi. Lambat laun ini yang mendorong para pebisnis untuk membuat centang hijau WA business untuk usahanya. 

Proses verifikasi dilakukan dengan mengganti akun bisnis ke WhatsApp Business API. Kamu membutuhkan bantuan dari Business Solution Partner yaitu mitra resmi dari WhatsApp API, bantuan ini diperlukan agar proses verifikasi bisa berjalan lancar.

Jika proses verifikasi berhasil maka simbol verified badge atau centang hijau WA akan muncul di samping nama akun bisnis. 

Pelanggan dapat melihat simbol tersebut pada layar percakapan walaupun mereka tidak simpan nomor bisnismu. 

Namun, jangan salah kemunculan WA centang hijau ini juga memicu timbulnya orang-orang untuk melakukan pembuatan stiker centang hijau WA, font centang hijau WA. Tidak heran jika sekarang ini banyak orang dalam percakapan WA-nya menyisipkan stiker centang hijau. 

Jika Kamu berminat dengan stiker tersebut bisa lakukan salinan centang hijau WA  itu.  Sehingga perangkat Kamu juga memiliki gambar centang hijau WA png. Adapun caranya bisa dilakukan seperti menyalin Stiker lainnya. 

Pastikan untuk centang hijau WA copy paste di perangkat, atau langsung dengan tekan centang hijau WA salin kemudian pada HP. Walaupun tujuannya hanya untuk menambah ekspresi saat chatingan, tetapi stiker ini tetap banyak diminati.

Keuntungan Mendapatkan Centang Hijau WA

Sebelum dibahas mengenai tutorial centang hijau di WA, maka pengguna juga perlu paham bahwa adanya logo centang hijau WA memiliki banyak keuntungan. 

Selain meningkatkan kepercayaan pelanggan dan jumlah pelanggan, centang hijau mempunyai beberapa manfaat lainnya seperti berikut:

1. Membangun kredibilitas dengan harga murah

Adapun keuntungan saat melakukan verified centang hijau WA akan dipaparkan dibawah ini. Salah satunya bisa dengan cepat mendapatkan kredibilitas. Seperti yang diketahui bahwa adanya emot centang hijau WA berperan penting dalam penjualan online.

Akun Whatsapp yang sudah diverifikasi dan punya centang hijau mampu membantu meningkatkan kepercayaan para pelanggan terhadap bisnis yang kamu jalankan. Sehingga diharapkan akun tersebut mendapatkan peningkatan kepercayaan dari pelanggannya.

2. Meningkatkan penjualan

Selain meningkatkan rasa percaya pelanggan, centang hijau dapat meningkatkan jumlah penjualan karena pelanggan tidak ragu lagi untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Melakukan download centang hijau WA, membuat akun tersebut berpeluang untuk mendapatkan banyak nilai penjualan. Pasalnya adanya gambar centang hijau WA secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan di konsumen.

Dengan begitu, para konsumen tidak ragu lagi untuk membeli produk pada akun dengan emoticon centang hijau WA tersebut. 

3. Sebagai tempat branding secara gratis

Selain sosial media, centang hijau pada akun WhatsApp bisa menjadi tempat untuk branding atau pengenalan agar nama bisnis semakin dikenal. Nantinya nama bisnis akan langsung muncul di ruang percakapan tanpa harus di save sebelumnya.

Membuat branding di WA tentu cukup sulit, untung saja keberadaan emoji centang hijau WA ini cukup membantu. Oleh karena itu, terus simak cara centang hijau di WA yang akan dipaparkan pada pembahasan selanjutnya. 

4. Mengatur CRM dengan mudah

Selain ada beberapa kelebihan saat memiliki teks centang hijau WA jika dilihat dari sisi konsumen. Tetapi ternyata dengan cara membuat centang hijau di WA juga membuat pemilik juga dipermudah. Pada hal ini jika dikaitkan dengan CRM.

Centang hijau di WhatsApp dapat mempermudah urusan kamu untuk mengatur CRM (Customer Relationship Management). Dimana CRM adalah sistem integrasi aplikasi WhatsApp dan aplikasi CRM untuk mengatur atau menjaga interaksi antara pelanggan dan pebisnis.

Syarat Mendapatkan Centang Hijau WA

Untuk cara mendapatkan WA centang hijau pengguna bisa masuk di link centang hijau WA baik pada Playstore ataupun WA MOD nya. Namun, lebih disarankan menggunakan WA resmi di Playstore. Lalu juga perhatikan syaratnya. 

Sebelum mendapatkan centang hijau di WhatsApp kamu harus mengurus beberapa persyaratan di sudah ditentukan oleh pihak WhatsApp. Berikut beberapa persyaratannya :

1. Siapkan NPWP dan SIUP

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan adalah dokumen yang dibutuhkan jika kamu ingin punya centang hijau di akun WhatsApp bisnis.

Kelengkapan dokumen bertujuan untuk membuktikan legalitas sebuah bisnis, sehingga pihak WhatsApp bisa melakukan verifikasi dan memberikan centang hijau.

Selain itu pemilihan jenis bisnis adalah hal penting yang harus dilakukan, kamu harus tahu juga bisnis apa saja yang dilarang sesuai ketentuan pihak WhatsApp. Berikut bisnis atau produk jualan yang dilarang :

  • Adult product atau adult services.
  • Alcohol brands.
  • Obat-obatan terlarang.
  • Hewan liar atau hewan yang dilindungi.
  • Jasa kencan buta.
  • Cryptocurrencies
  • Senjata tajam, senapan ilegal.
  • Obat dan peralatan medis.

2. Punya ID Facebook Business Manager

Ada baiknya kamu punya akun Facebook Business Manager sebelum akun bisnis kamu di verifikasi oleh pihak WhatsApp.

Selanjutnya isi formulir yang diminta sesuai petunjuk, setelah itu ajukan akun WhatsApp kamu menjadi WhatsApp Business API  sebelum dapat centang hijau dari Facebook.

3. Aktifkan autentikasi dua faktor

Verifikasi 2 langkah atau autentikasi dua faktor dilakukan sebagai bentuk perlindungan ekstra terhadap akun bisnis, sehingga tidak akan mudah diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Contoh verifikasi 2 langkah yaitu saat kamu log in ke akun Google lalu disuruh memasukkan password kombinasi, lalu ada arahan untuk memasukkan kembali kode khusus yang sudah dikirimkan lewat SMS atau email.

4. Reputasi bisnis yang baik

Seperti penjelasan di atas kalau centang hijau hanya akan diberikan untuk bisnis yang sudah dikenal oleh publik atau memiliki reputasi yang baik.

Popularitas sebuah bisnis bisa kamu tingkatkan melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya sebagai bentuk perkenalan atau promosi brand.

Selain itu bisa memanfaatkan SEO untuk meningkatkan traffic pengunjung yang datang ke website bisnis.

Cara Mendapatkan Centang Hijau WA

Adapun untuk cara bikin centang hijau di WA bagaimana mentahan centang hijau WA hingga bisa membuat foto centang hijau WA, akan dijelaskan di bawah ini. 

Setelah persyaratan terpenuhi kamu bisa mengikuti beberapa prosedur berikut untuk mendapatkan centang hijau :

1. Nomor untuk akun WhatsApp bisnis

Siapkan nomor yang akan digunakan sebagai akun WhatsApp Business API. Pastikan nomor tersebut adalah nomor baru atau nomor yang pernah kamu pakai tapi sudah tidak digunakan.

Pastikan nomor yang ingin di daftarkan adalah nomor yang aktif, karena nantinya nomor yang sudah didaftarkan ke WhatsApp Business tidak bisa diganti dengan nomor lain.

2. Daftarkan akun ke WhatsApp Business Solution Provider Mekari Qontak

Selanjutnya, akun WhatsApp bisnis yang sudah terdaftar sebelumnya didaftarkan ke  Official Business Solution Provider Mekari Qontak.

Mekari Qontak adalah penyedia jasa yang digunakan untuk mendapatkan centang hijau WA, tentunya cara ini sudah resmi karena prosesnya melalui sistem atau platform resmi WhatsApp Business API.

3. Lakukan verifikasi di Facebook Business Manager

Ketiga, kamu harus verifikasi akun Facebook Business Manager dengan cara log in ke akun Facebook Messenger. Untuk Proses verifikasinya bisa kamu ikuti cara berikut :

  • Login akun Facebook Business Manager.
  • Klik menu Business Settings.
  • Klik WhatsApp Accounts. Kalau kamu punya lebih dari satu akun, silahkan pilih satu akun yang mau di verifikasi.
  • Klik Settings, lalu klik Contact Support.
  • Pilih menu Ask a question, lalu klik WaBiz : Request Official Business Account Status.
  • Isi formulir sesuai arahan. Jangan lupa untuk siapkan dua step authentication sebelum lanjut ke proses verifikasi.
  • Nantinya status permintaan akan muncul di bawah pilihan DIrect Support pada Business Manager.

4. Tanda centang hijau akan muncul di akun WhatsApp business

Terakhir, kalau pihak WhatsApp menyetujui permintaan verifikasi yang dikirim maka secara otomatis akun berubah menjadi WhatsApp Official Business yang ditandai munculnya tanda centang hijau di samping gambar atau nama akun.

Berapa Lama Proses Verifikasi

Proses verifikasi tanda centang hijau tidak bisa dilakukan dalam waktu beberapa jami. Biasanya pihak WhatsApp membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 hari kerja.

Jika ada kendala proses verifikasi bisa memakan waktu satu minggu lebih, hal terburuknya pengajuan verifikasi ditolak oleh pihak WhatsApp.

Cepat atau lambatnya proses verifikasi adalah wewenang pihak WhatsApp yang tidak bisa dirubah. Tapi jangan khawatir, adanya Mekari Qontak dapat membantu sebagai business solution provider untuk mengecek proses verifikasi atau pengajuan ulang jika verifikasi ditolak.

Demikian itu penjelasan lengkap mengenai penjelasan akan centang hijau pada WA, hingga beberapa keuntungan saat menggunakannya. Tidak hanya itu, juga dipaparkan lengkap untuk cara dan syarat agar pengguna juga bisa mendapatkan centang hijau pada WA yang dikelolanya tersebut.

Dari penjelasan cara membuat tanda centang hijau WA sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, tapi balik lagi ke kamu apakah siap menunggu prosesnya verifikasinya yang tidak bisa diprediksi cepat atau lama feedback yang diberikan pihak WhatsApp. Selamat mencoba dan semoga berhasil.