WeChat Apk

WeChat Apk aplikasi layanan pesan dengan berbagai macam fitur yang cara mengunduh yang mudah.


Beberapa dari kita, mungkin tidak terlalu familiar dengan aplikasi pesan teks yang bernama WeChat Apk. Pasalnya, aplikasi ini tidak terlalu banyak digunakan di Indonesia. Namun ternyata, WeChat menjadi aplikasi pesan teks yang paling populer di China, lho.

Nah, pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi seputar WeChat mulai dari perkenalan, fitur yang dimiliki, cara mengunduh, hingga cara mendaftarnya.

Pertama-tama, yuk kita berkenalan terlebih dahulu dengan aplikasi WeChat.

Apa itu WeChat?

WeChat adalah aplikasi layanan pesan yang sangat populer di China, dengan basis penggunanya lebih dari 1 miliar orang per bulan. Walaupun tersedia di Indonesia, nyatanya WeChat tidak terlalu populer disini.

Pada awalnya, WeChat hanya melayani pesan teks saja, tetapi aplikasi ini terus berkembang hingga menjadi aplikasi yang mempunyai banyak fasilitas.

Tidak hanya untuk mengirim pesan, saat ini WeChat Apk juga bisa digunakan untuk memesan pesawat terbang, membayar belanja, hingga memanggil kendaraan online. Namun, beberapa fasilitas memang belum tersedia di Indonesia.

  • Perbedaan WeChat China dan Internasional

Di China, WeChat memiliki nama WeiXin. Sedangkan untuk internasional, namanya tetap WeChat.

Selain nama, WeiXin menggunakan karakter China pada semua bagiannya, dengan peta yang digunakan yakni Baidu Maps. Untuk versi internasionalnya, WeChat menggunakan bahasa Inggris, dengan peta dari Google Maps.

Apabila dibandingkan antara pengguna WeiXin dengan WeChat, tentunya pengguna China terhitung jauh lebih banyak daripada pengguna internasional.

  • Julukan “Aplikasi Super”

Seperti yang sudah dikatakan, WeChat Apk sudah digunakan untuk berbelanja, melakukan pembayaran, dan yang lainnya. WeChat pun mendapat julukan “aplikasi super” sebab kedua aplikasi ini seluruhnya terintegrasi dalam satu layanan.

Alih-alih membuat aplikasi satu per satu khusus untuk belanja dan lainnya, aplikasi WeChat Apk justru malah dibuat langsung seluruhnya ke dalam WeChat. Tak heran sebagian besar pengguna menganggap WeChat sebagai toko serba ada.

  • Mini Program yang Cocok untuk Pebisnis

Hal menarik dari WeChat Apk free download di platform mana saja ini, yaitu Mini Program. Yang dimaksud dengan Mini Program adalah versi mini dari sebuah aplikasi tanpa perlu diunduh. Melainkan dapat dijalankan langsung dari interface aplikasi utamanya.

Dengan download WeChat Apk terbaru dan menggunakannya untuk bisnis, maka pebisnis mudah memberi informasi ke pengguna melalui Mini Program ini. Tentu dengan pengguna terbesar di Cina, WeChat cocok untuk promosi. Bahkan bagi pebisnis asing sekalipun yang ingin berekspansi.

Fitur-fitur WeChat Apk

Tidak afdol rasanya jika mengulas suatu aplikasi tanpa membahas fitur yang dimilikinya.

WeChat memiliki berbagai macam fitur yang sangat memudahkan kamu dalam beraktivitas sehari-hari, berikut penjelasannya:

  1. Perpesanan

Fitur utama WeChat yakni mengirimkan pesan, sama seperti yang dimiliki WhatsApp dan juga LINE. Pengguna WeChat dapat menambahkan orang, bertukar pesan, serta bertelepon.

Setiap pengguna WeChat Apk memiliki semacam barcode atau kode unik yang disebut dengan QR code yang berfungsi untuk menambahkan teman ke WeChat dengan cara memindainya.

Selain dengan QR code, kamu juga bisa menambahkan teman WeChat menggunakan ID dan nomor telepon.

  1. Momen


Jika Instagram memiliki “Snapgram” dan WhatsApp memiliki “Status”, maka WeChat memiliki fitur yang bernama “Momen”, sehingga penggunanya dapat mengunggah foto atau video yang dapat dilihat oleh teman atau kontak.

Selain itu, teman yang melihat momen tersebut juga dapat menyukai atau mengomentarinya. Jadi, kamu bisa bebas membagikan pengalaman yang penting atau lucu kepada teman-teman kamu.

  1. Hold to Talk

Fitur yang ketiga ini berupa voice chatting, yaitu saling bertukar pesan suara kepada teman. Fitur ini sebenarnya mirip dengan voice note yang terdapat pada WhatsApp dan LINE.

Caranya juga mudah, cukup tekan tombol suara, lalu tahan sembari menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. Setelah itu, lepaskan tombol suara, maka pesan suara pun akan terkirim dan diterima oleh lawan bicara.

  1. Shake untuk Menambah Teman

 

Selain menggunakan QR code, ID, dan nomor telepon, WeChat juga memungkinkan penggunanya untuk menemukan teman baru melalui fitur “Shake”.

Cukup dengan mengayunkan ponsel kamu ke atas dan bawah (bahasa Inggris: shake), maka WeChat akan mendeteksi pengguna lain yang berada di sekitar kamu untuk ikut menggunakan menambahkan sebagai teman.

  1. Menyembunyikan Teman

Kamu pasti pernah merasakan teman yang postingannya mengganggu pemandangan linimasa. Oleh sebab itu, kamu bisa menyembunyikan postingan dari teman tertentu supaya tidak muncul lagi di linimasa.

Caranya yakni dengan menekan profil orang yang ingin disembunyikan, lalu pilih opsi “Hide”, dengan begitu kamu bisa terbebas dari postingan teman yang mengganggu.

  1. Video Call

Fitur menarik yang lainnya yaitu pengguna WeChat Apk dapat melakukan panggilan video, baik hanya berdua atau berkelompok (maksimal 9 orang). Tentunya, fitur ini sangat cocok untuk rapat atau mendiskusikan sesuatu.

  1. Look Around

Selain shake, terdapat pula fitur look around yang membuat pengguna WeChat mencari pengguna lainnya pada radius atau jarak tertentu dari tempat kita berada. Sebab, fitur look around memanfaatkan lokasi sinyal ponsel pada tempat tertentu.

Kekurangan Aplikasi WeChat

Setelah membahas fitur-fitur WeChat yang juga merupakan kelebihan-kelebihannya, kali ini akan dibahas juga mengenai kekurangan dari versi WeChat 4.5.1 Apk hingga yang terbaru. Barangkali karena di Indonesia jarang yang masih menggunakan WeChat, sehingga banyak yang belum mengetahuinya.

  • Pengguna Tidak Banyak

Meski di Cina terunduh hampir 1 milyar pengguna, lain halnya secara internasional. WeChat Apk versi lama 2016 hingga yang baru ini hanya terunduh sebanyak 100 juta pengguna. Dengan begitu, tidak heran jika cukup sulit untuk mendapat teman baru.

di Indonesia, penggunaan aplikasi WeChat masih kalah populer dengan media chat lainnya. Bahkan produk salah satu WeChat yaitu WeChat Work Apk atau sekarang dikenal dengan WeCom yang dikhususkan untuk para pekerja ini hanya diunduh sangat sedikit secara internasional (kecuali Cina).

  • Aplikasi Terkadang Eror

Memang kejadian aplikasi eror ini rasanya semua aplikasi pernah mengalaminya, termasuk WeChat. Namun terkadang saat pengguna telah melakukan download WeChat 5.0 Apk dan versi lainnya, justru menemukan kesulitan saat mendaftar, juga adanya bug dan hang di aplikasinya.

Bahkan ada yang mengunduh WeChat MOD Apk no QR code yang mungkin dengan versi ini, tanpa membutuhkan QR code, akan berjalan lancar. Meski sebenarnya di aplikasi originalnya sudah ada solusi berupa kontak ke help center dan rutin update aplikasi.

  • Fitur Shake Tertuju ke Satu Negara

WeChat memiliki fitur unik seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satunya adalah “Shake”. Meski fitur ini cukup menguntungkan karena bisa mendapatkan teman baru, namun sayang fitur ini juga memiliki kekurangan sehingga pengguna internasional sedikit kecewa.

Hal ini terjadi karena fitur “Shake” di WeChat hanya bisa tertuju ke satu negara saja, yaitu negara Cina. Maka dari itu bagi pengguna internasional, jika ingin menambah teman baru dari fitur ini, kebanyakan akan mendapatkan teman baru dari Cina.

Cara Mengunduh

Lantas, bagaimana cara mengunduh WeChat Apk pada ponsel maupun pada laptop atau PC? Berikut cara-caranya.

  • Untuk Ponsel

Jika kamu adalah pengguna Android, maka bisa mengunduh aplikasi WeChat melalui Google Play Store. Sedangkan, untuk pengguna iOS, kamu bisa meng-install nya melalui App Store.

Setelah membuka Google Play Store atau App Store, langsung saja ketikkan “WeChat” pada search bar, maka kamu akan melihat aplikasi tersebut, lalu klik “Install”.

  • Untuk Laptop atau PC

Secara resmi, WeChat sebenarnya tidak merilis untuk laptop atau PC, seperti Windows dan Mac, tetapi kamu bisa memanfaatkan bantuan Android Emulator, yakni Bluestacks App Player, berikut penjelasannya.

  1. Unduh Bluestacks App Player di link berikut https://www.bluestacks.com/id/index.html 
  2. Setelah selesai terpasang, buka aplikasi tersebut, dan kamu akan mendapatkan ikon Shortcut aplikasi Android desktop.
  3. Ketik “WeChat” pada kolom pencarian, maka kamu akan menemukan aplikasi tersebut pada daftar pencarian Google Play Store.
  4. Selanjutnya, klik ikon WeChat untuk mengunduh dan memasang aplikasinya.
  5. Setelah selesai terpasang, buka aplikasi WeChat dan gunakan di laptop atau PC.

Setelah selesai meng-install aplikasi WeChat, selanjutnya kamu harus mendaftarkan akun (sign in) WeChat jika belum memiliki akun. Sedangkan, jika sudah memiliki akun, kamu langsung log in saja.

Untuk cara mendaftarkan akun atau sign in, akan dijelaskan pada bagian setelah ini.

Cara Mendaftar Aplikasi WeChat

Supaya bisa menikmati fasilitas yang disediakan WeChat, tentunya kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Jika sudah memiliki akun, maka tinggal log in saja setelah WeChat Apk berhasil di-install.

Namun, bagi yang belum memiliki akun harus mendaftarkan atau membuat akun terlebih dahulu. Nah, berikut cara mendaftar akun di WeChat.

  • Menggunakan Nomor Telepon
  1. Buka aplikasi WeChat
  2. Tekan tombol “Sign up” lalu klik “Daftar via ponsel”.
  3. Isi nomor ponsel kamu dengan baik dan benar
  4. Isi formulir pendaftaran akun dengan data diri secara lengkap dan tepat.
  5. Setelah semua data terisi, pasang foto profil.
  6. Klik opsi “Sign up dengan nomor ponsel”
  7. Baca dan pahami betul-betul terkait kebijakan privasi.
  8. Jika setuju, beri tanda centang pada narasi “Saya telah membaca dan menerima ketentuan di atas”, kemudian klik tombol “Selanjutnya”
  9. Pilih opsi “Mulai” dan selesaikan sebuah puzzle sesuai dengan instruksi.
  10. Lakukan verifikasi keamanan tahap kedua, dengan cara menghubungi teman yang sudah mendaftar WeChat untuk memindai barcode kita.
  11. Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS, kemudian klik “Berikutnya”
  12. Pendaftaran akun WeChat selesai.
  • Menggunakan Facebook

Secara garis besar, sebenarnya cara mendaftar akun WeChat menggunakan Facebook dan nomor telepon itu sama. Hanya saja, ketika setelah menekan tombol “Sign up” di awal, kamu harus memilih “Daftar via Facebook”. Setelah itu, ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Solusi Gagal Mendaftar di WeChat

Jika gagal mendaftar setelah WeChat download Apk berhasil dilakukan, mungkin pengguna mendapat masalah saat melakukan verifikasi keamanan. Oleh karena itu, di bawah ini ada penjelasan cara-cara sebagai solusi dari gagal mendaftar di WeChat:

  • Cara Mudah

Pengguna dapat menggunakan kartu Telkomsel, kemudian coba gunakan ponsel pintar yang sebelumnya belum pernah dipakai untuk memasang aplikasi WeChat. Cara lain yang cukup mudah yaitu mencari aplikasi WeChat MOD Apk no verification yang mungkin  bisa ditemukan di Google.

  • Cara Lain

Walau sudah dicoba cara yang mudah di atas tapi masih gagal juga, mungkin pengguna bisa menggunakan cara di bawah ini yang cukup bisa membantu. Pasalnya cara ini merupakan cara resmi baik dilakukan di WeChat Apk versi lama maupun versi baru.

  1. Buka halaman website help center WeChat untuk pengaduan melalui browser ponsel atau laptop dengan cara search di Google lalu klik “Feedback” pada halaman web tersebut.
  2. Pilih platform sistem operasi yang dipakai saat mendaftar, apakah Android atau iOS.
  3. Gulir di kolom negara kemudian pilih negara Indonesia.
  4. Pilih registrasi akun pada kolom kategori.
  5. Tentukan permasalahan di samping kolom kategori yaitu tidak menerima kode SMS.
  6. Deskripsikan permasalahan secara ringkas namun jelas.
  7. Tuliskan nomor ponsel dimulai dengan kode negara +62 di kolom pertama.
  8. Ketikkan alamat e-mail pengguna.
  9. Kirim formulir keluhan tersebut.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara mendaftar WeChat Apk? Terlebih aplikasi ini memiliki segudang fitur menarik didalamnya. Tunggu apalagi? Yuk langsung saja install!