8 Aplikasi Edit PDF Gratis di HP dan PC dengan Fitur Lengkap 2023

Mengubah struktur dokumen atau koreksi kesalahan penulisan kini lebih mudah sejak hadirnya aplikasi edit PDF gratis. Apalagi fiturnya sangat lengkap!
Aplikasi Edit PDF Gratis

Mengonversi file PDF kini lebih mudah sejak hadirnya aplikasi edit PDF gratis. Pengguna yang ingin mengubah struktur dokumen dapat memanfaatkan fitur-fitur unggulan di aplikasi tanpa harus berlangganan.

Sudah lama PDF jadi andalan pekerja atau instansi untuk berbagi dokumen, baik secara formal maupun informal. Tapi tak jarang, isi dokumennya ada yang kurang sempurna, sehingga butuh pengeditan lebih lanjut.

Ada banyak aplikasi edit PDF di hp maupun PC yang bisa dicoba. Tentunya masing-masing dibekali fitur mutakhir agar pengguna tak kebingungan ketika memakainya. Berikut ini rekomendasi aplikasi terbaik untuk mengubah dokumen PDF.

Daftar Aplikasi Edit PDF Gratis

Cara kerja editor PDF online sangat mudah, meskipun namanya “aplikasi” tapi Anda bisa menggunakannya langsung di browser tanpa harus di-download. Tinggal unggah file PDF ke situs, dan ubah sesuai kebutuhan.

Perlu diingat, aplikasi berbasis gratisan tidak memiliki fitur lengkap. Untuk menikmati fitur unggulan, tentunya Anda harus berlangganan. Tapi kalau penggunaan aplikasi ubah PDF tidak begitu sering, sepertinya versi gratisan juga sudah cukup.

Sebagai referensi, berikut beberapa rekomendasi aplikasi edit teks PDF gratis yang bisa dicoba:

1. iLovePDF


Di daftar pertama ada iLovePDF sebagai situs untuk mengedit maupun mengubah semua hal yang berhubungan dengan PDF. Bahkan di sini kita juga bisa convert semua file ke PDF tanpa harus membayar biaya langganan.

Salah satu hal menarik dari iLovePDF adalah proses pengeditan cepat dan navigasi tombol yang memudahkan pengguna. Cukup pilih file yang ingin diedit, lalu manfaatkan fitur yang tersedia dan simpan file ke galeri atau folder laptop.

iLovePDF sangat cocok bagi Anda yang ingin menambahkan teks, struktur dokumen, komentar, atau sorotan. Fitur lengkap dan pengeditan yang simpel akan membuat tugas atau pekerjaan jadi lebih cepat selesai.

Fitur unggulan di iLovePDF termasuk konversi file, penggabungan, pemisahan, membuat watermark, dan menambahkan nomor pada setiap halaman.

Untuk menikmati fitur yang lebih lengkap, ada opsi Paket Premium seharga $4 perbulan. Ini bisa diambil kalau Anda berada di dunia perkantoran atau sering berhubungan dengan file PDF.

2. HiPDF


Kita pasti jengkel ketika dikirim file PDF yang berantakan, entah penulisan salah atau gambar pendukung keliru. Kalau mengalami hal seperti ini, tak perlu khawatir karena ada HiPDF yang merupakan aplikasi edit PDF gratis terbaik.

HiPDF menyediakan fitur Freemium (gratis rasa premium) yang dapat digunakan langsung di browser tanpa harus download aplikasinya. Dengan ini, Anda dapat mengelola semua alur kerja yang berhubungan dengan file PDF.

Untuk fitur yang dihadirkan, HiPDF cukup lengkap untuk mengedit teks PDF dengan cepat. Anda juga bisa mengonversi file dari PDF maupun ke jenis file lain, seperti JPG, Excel, Word, hingga HTML.

Jika pekerjaan Anda selalu berkaitan dengan file PDF, ada opsi berlangganan dengan biaya terjangkau. Per tahun hanya perlu bayar $48 untuk menikmati semua fitur dan tools di dalam aplikasi.

3. Sejda PDF


Sejda PDF termasuk aplikasi edit PDF Android gratis yang memungkinkan pengguna mengedit teks tanpa watermark. Selain di hp, Anda juga bisa menggunakannya di laptop/PC karena aplikasi ini berbasis situs web.

Kebanyakan PDF Editor menyertakan watermark pada dokumen yang diedit. Sejda PDF bisa jadi solusi bagi tidak mau ribet dengan keberadaan watermark.

Disamping itu, tools di Sejda PDF dapat berfungsi dengan baik di semua sistem operasi, termasuk Windows, Linux, iOS, dan macOS.

Meskipun begitu, sebaiknya operasikan Sejda PDF di desktop karena lebih fleksibel dan mendukung banyak fitur. Sebagai contoh, jenis font yang beragam hingga proses konversi yang cepat dibanding via browser hp.

4. PDFescape

Termasuk salah satu aplikasi edit PDF gratis di PC dan hp, PDFescape memiliki segudang fitur unggulan. Selain mengedit dokumen, Anda juga bisa mengubah jenis file atau menambahkan halaman dari lembar PDF lain.

Selama dokumen tidak lebih dari 10MB atau 100 halaman, Anda dapat menggunakan PDFescape secara gratis. Namun kalau lebih dari itu, berlaku biaya langganan sekitar $5 atau Rp72.000 dan pembayaran hanya melalui PayPal/Credit Card.

Meskipun tidak sepenuhnya gratis, namun aplikasi edit teks PDF yang satu ini sangat membantu. Menambahkan teks, tautan, gambar, hingga data lainnya bisa dilakukan dengan mudah lewat PDFescape.

5. Smallpdf


Banyak review mengatakan kalau Smallpdf adalah aplikasi edit teks PDF gratis terbaik. Pasalnya, di sini pengguna punya keleluasaan untuk mengoreksi dokumen. Terlebih, ada fitur Signature untuk melampirkan tanda tangan.

Namun sayangnya, Smallpdf memiliki kekurangan yang cukup membatasi pengguna. Di sini Anda hanya bisa menambah teks dan tidak memungkinkan mengubah teks yang sudah ada. Selain itu, Smallpdf versi gratis memiliki kuota harian.

Terlepas dari itu, Smallpdf lebih cocok digunakan untuk situsi genting jika tidak memungkinkan mengedit teks PDF di aplikasi lain.
 

6. PDF Expert

PDF Expert masuk jajaran aplikasi edit PDF gratis di hp dan laptop yang perlu Anda pertimbangkan. Selain bagus, aplikasi ini sering mendapat penghargaan, salah satunya Editor Choice’s Apple pada tahun 2015 silam.

Adapun fitur utama d PDF Expert adalah anotasi, isi dan tanda tangan, hingga menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Disamping itu Anda juga bisa mengubah teks pada dokumen sesuai keinginan.

Sayangnya, PDF Expert hanya dirancang khusus untuk perangkat macOS dan tidak tersedia versi Windows maupun Android.

7. SodaPDF


Dengan ragam fitur unggulan, SodaPDF layak dicoba untuk mengedit maupun menambah teks pada dokumen. Bisa dibilang ini termasuk aplikasi edit PDF terbaik yang gratis yang memungkinkan pengguna mengedit teks.

Tapi, untuk fitur pengeditan dibatasi kuota sehingga per hari hanya bisa mengedit beberapa file saja. Terbilang lumayan dibanding aplikasi serupa yang tidak punya fitur pengeditan teks.

Cara edit teks PDF dengan SodaFDF sangatlah mudah, Ana hanya perlu memilih dan unggah file-nya. Nanti akan dibawa langsung ke halaman pengeditan. Setelah itu tinggal edit bagian yang ingin diubah atau ditambah konten.

8. PDF BOB

Di daftar terakhir aplikasi edit PDF gratis di hp ada nama PDF BOB. Disamping gratis, Anda tidak perlu membuat akun untuk masuk. Cukup buka situs lewat browser, lalu unggah file PDF, kemudian lakukan perubahan sesuai keinginan.

Setelah proses pengeditan selesai, ekspor file agar bisa disimpan ke perangkat. Kalau kurang leluasa mengedit di hp, PDF BOB juga dapat diakses via laptop/PC.

Adapun tools yang tersedia di PDF BOB terbilang cukup lengkap, ada tools untuk memilih warna dan jenis font, pemilihan gambar, hingga penggunaan pensil/spidol berwarna.

Kalau ingin mengubah format file jadi JPG atau Word, tinggal pilih tools di halaman lain. Semua yang berhubungan dengan PDF bisa dilakukan di situs ini. Yuk langsung dicoba!
 

Akhir Kata

Dengan hadirnya aplikasi dan situs untuk mendukung pekerjaan, kita bisa mengalihkan fokus ke hal-hal yang lebih produktif. Apalagi mengedit teks PDF cukup mudah seperti halnya memperbaiki dokumen di Microsoft Word.

Nah, setelah tahu rekomendasi aplikasi edit PDF gratis di atas, menurut kalian mana yang paling bagus? HiPDF dan iLovePDF bisa jadi pilihan karena fitur-fiturnya lebih lengkap dan pemrosesan data hanya butuh hitungan detik.