Cara Live di TikTok Tanpa 1000 Followers, Berikut Panduan Lengkap!

Inilah panduan lengkap cara live di TikTok tanpa 1000 followers. Ikuti langkahnya agar bisa main game atau jualan dan disaksikan banyak orang!
Cara Live di TikTok Tanpa 1000 Followers

Saat ini ada banyak orang melakukan live di TikTok. Kontennya pun beragam, mulai dari jualan hingga bermain game. Berbeda dari Youtube, cara live di TikTok lebih mudah, kita bisa mulai tanpa harus punya 1000 followers.

Live merupakan fitur yang dihadirkan TikTok untuk menjalin interaksi antara kreator dan penonton. Biasanya, fitur ini digunakan oleh akun online shop untuk berjualan, tapi sekarang semua orang mulai melakukannya.

Syarat untuk live TikTok sebenarnya harus punya 1.000 followers. Tapi, pengguna baru yang belum memiliki banyak pengikut juga bisa mencoba fitur ini. Tapi tentunya cara live di TikTok tanpa 1000 followers ada syarat khusus.

Cara Live di TikTok

Seperti penjelasan awal, fitur live TikTok hanya diperuntukkan bagi pengguna dengan 1.000 followers. Meskipun begitu, kita masih bisa melakukan live dengan cara membuat laporan ke pihak TikTok.

Tujuan live harus 1.000 pengikut tentu agar pengguna bisa merasakan ditonton banyak orang, bukan hanya 1 atau 2 views saja. Selain jumlah followers, syarat live di TikTok lainnya adalah berumur 16 tahun dan upgrade aplikasi ke versi paling baru.

Nah, setelah semua syarat terpenuhi, Anda bisa ikuti panduan cara live di TikTok untuk main game, jualan, atau sekedar bincang-bincang.

  • Pertama pastikan aplikasi sudah ter-update
  • Kemudian buka TikTok
  • Di laman Beranda klik tombol + di bagian tengah bawah
  • Kalau followers sudah 1.000, akan terlihat tombol “Live”
  • Langsung saja klik “Live”
  • Lalu klik “Go Live” untuk memulai siaran langsung TikTok

Cara di atas hanya berlaku untuk Anda yang hendak live menampilkan muka. Jika ingin main game dengan menampilkan layar hp dan facecam, berikut langkah-langkahnya.

  • Download aplikasi CameraFi Live di Google Play
  • Jika sudah, buka aplikasinya dan klik “Layar”
  • Lalu pilih “Custom RTMP”
  • Akan muncul URL RTMP dan tombol Streaming
  • Selanjutnya buka aplikasi TikTok
  • Klik menu + dan Live, lalu pilh “Siarkan di PC/Mac”
  • Setelah Streaming Key muncul, salin URL Server ke URL RTMP
  • Salin juga Streaming Key ke CameraFi Live
  • Klik Start lalu buka TikTok lagi
  • Klik tombol Live dan GO untuk memulai

Bagi pemula cara live di TikTok memang cukup membingungkan. Tapi dengan mengikuti panduan di atas, Anda pasti bisa melakukannya, terlebih mengingat keuntungan yang jika melakukan live TikTok.

Cara Live di TikTok Tanpa 1000 Followers

Ulasan di atas adalah panduan umum yang biasa dilakukan pengguna, sementara cara live di TikTok tanpa 1000 followers jelas sangat berbeda. Langkah-langkahnya lebih rumit karena harus melapor ke CS TikTok Indonesia.

Oleh karena itu, langsung saja ikuti cara live TikTok tanpa 1000 followers pemula di bawah ini:

  • Di aplikasi TikTok, masuk ke menu Profil
  • Lalu klik garis tiga di bagian kanan
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi
  • Kemudian klik menu Dukungan, lalu klik lagi Laporkan Masalah
  • Setelah itu, klik opsi Live
  • Pilih yang “Saya tidak dapat memulai Live”
  • Biasanya muncul pertanyaan lain, pilih saja “Tidak”
  • Lalu klik “Perlu bantuan lainnya”
  • Selanjutnya sampaikan keluhan bahwa Anda tidak bisa memulai Live
  • Jangan lupa sertakan screenshot sebagai bukti
  • Terakhir, klik tombol Laporkan

Sampai di sini cara live TikTok tanpa 1000 followers belum selesai. Kalian harus menunggu konfirmasi email. Apabila keluhan diterima, maka fitur live TikTok bisa Anda nikmati meskipun belum punya banyak pengikut.

Tips Memulai Live Stream di TikTok

Selain menjadi media hiburan dan mencari informasi, TikTok bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya mendapatkan uang dengan memulai live stream. Uang yang didapat bisa melalui Gift atau Link Donasi.

Dengan keuntungan tersebut, tak heran banyak pengguna yang menjadikan TikTok sebagai pesaing Youtube dalam hal aplikasi penghasil uang.

Meskipun saat ini citra TikTok dianggap buruk karena menampilkan jogetan alay dan efek jedag-jedug, tapi tak dapat dibantah kalau banyak hal baik yang bisa didapat dengan bermain TikTok.

Setelah berhasil live TikTok tanpa 1000 followers, berikut beberapa tips yang wajib dijalankan agar memiliki banyak views dan sukses di TikTok Live.
 

1. Jadwal Rutin

Kalau ingin serius berinteraksi di TikTok Live dan mendapatkan uang darinya, Anda harus membuat jadwal rutin. Jadi pengguna bisa langsung menonton setiap kali Anda memulai live. Buat info di Biodata agar lebih terorganisir.

Pastikan kalau jadwal sudah dibuat, Anda harus live tepat waktu. Jangan telat atau memundurkan jadwal karena ini akan membuat penonton kecewa dan mempengaruhi jumlah views, terutama bagi streamer baru.

2. Sajikan Kualitas

Kualitas live stream sangat dipengaruhi oleh kamera dan pencahayaan. Meskipun live TikTok bisa dilakukan dengan rekaman/screen recorder, tapi kalau Anda memutuskan live menampilkan wajah, wajib banget memperhatikan kamera.

Gunakan hp yang dibekali kamera bagus, serta maksimalkan pencahayaannya agar penonton merasa puas. Hal ini akan membuat audiens dapat melihat ekspresi wajah dengan lebih jelas.

3. Cek Koneksi Internet

Sebelum memulai live TikTok tanpa 1000 followers, jangan lupa selalu cek koneksi jaringan. Sedikit gangguan akan membuat kualitas live jadi kurang maksimal. Terutama kalau Anda live main game mobile yang butuh sinyal bagus.
 

4. Durasi TikTok Live

Sesuaikan durasi live dengan audiens, seperti 2 jam dalam satu sesi atau maksimal 3 jam. Kalau mereka termasuk “ngalong” atau suka begadang, Anda bebas memulai live kapan saja. Meskipun hingga larut malam ini tak jadi masalah.

Intinya memahami kebiasaan penonton sangat penting jika ingin sukses jadi streamer di TikTok. Tentukan waktu yang tepat dan mulai cara live TikTok tanpa 1000 followers!

5. Lampirkan Link Donasi

Perlu diketahui, salah satu cara dapat penghasilan dari TikTok adalah donasi dari penonton. Ini bisa berupa Gift atau Saweria. Kalau ingin mengikuti jejak kreator sukses di TikTok, selalu lampirkan link donasi setiap kali memulai live.

Penonton yang merasa live Anda bermanfaat pasti akan mengirim donasi. Meskipun hanya Rp1.000 atau Rp5.000 per orang, ini cukup membantu untuk meningkatkan kualitas live atau membeli kebutuhan harian.
 

Akhir Kata

Bagaimana, apa Anda mulai tertarik untuk membuat akun dan memulai live TikTok pertama? Jangan lupa ya, syarat followers sebaiknya dipenuhi dulu, karena tanpa 1.000 followers kita hanya menunggu keberuntungan.

Demikian penjelasan lengkap tentang cara live di TikTok tanpa 1000 followers. Beberapa ide konten yang bisa Anda coba, yakni main game PUBG atau Free Fire, jualan, dan melakukan ragam challenge unik. Semoga bermanfaat!