Cara Menghapus Arsip Story IG yang Lama Secara Permanen 2023

Berikut panduan lengkap tentang cara menghapus arsip Story IG secara permanen. Selamat tinggal kenangan indah bersama mantan!
Cara Menghapus Arsip Story IG

Instagram mengandalkan foto dan video pada konten mereka. Salah satunya Story IG dengan dukungan efek, stiker, dan GIF menarik. Tapi tak jarang, pengguna ingin menghapus arsip Story IG mereka karena alasan tertentu.

Selain mau membersihkan akun dan menghemat memori penyimpanan, biasanya ini disebabkan karena ada foto/video bersama mantan. Mereka tak ingin gagal move on karena mengenang masa lalu.

Terlebih lagi, untuk pengguna yang sering update Instastory sampai titik-titik. Tentu ini jadi boomerang karena butuh banyak waktu untuk menghapus satu per satu.

Di sini akan dijelaskan cara menghapus Story IG dengan mudah dan cepat. Bagi Anda yang masih bingung langkah-langkahnya, yuk simak sampai selesai!

Cara Menghapus Arsip Story IG

Tak bisa dibantah kalau Story merupakan fitur unggulan Instagram. Meskipun di awal kemunculannya sempat mendapat kecaman karena dianggap meniru konsep Snapchat. Bahkan sekarang jadi media promosi maupun endorsement.

Secara default, Instastory bisa dilihat pengguna lain atau pengikut selama 24 jam. Setelah itu akan terhapus dari menu Story, tapi bukan permanen, melainkan tersimpan di Arsip.

Dengan begitu, Anda tetap bisa melihatnya di lain waktu atau kalau perlu save Story IG ke galeri hp.

Di sisi lain, kalau Anda ingin menghilangkan secara permanen, berikut cara menghapus Story IG yang berada di menu Arsip atau sudah kadaluwarsa.

Hapus Arsip Story via Aplikasi Instagram

Instagram memungkinkan kita menghapus Story yang telah melewati batas 24 jam lewat aplikasi mobile. Karena aplikasi IG di Android dan iPhone punya tampilan serupa, Anda dapat ikuti langkah-langkah berikut.

Dalam penjelasan ini, Phonesable.com menggunakan aplikasi Instagram Android sebagai referensi.

  • Pertama buka aplikasi IG, entah itu di Android atau iOS
  • Kemudian masuk ke Profil (menu kanan bawah)
  • Lalu klik tombol garis tiga di bagian kanan atas

  • Pilih menu Arsip

  • Selanjutnya Anda akan melihat semua IG Story dari yang lama hingga terbaru
  • Klik Story yang mau dihapus permanen
  • Setelah itu, klik tulisan “Lainnya” > pilih Hapus

  • Biasanya akan muncul pop-up konfirmasi, klik Hapus lagi

Perlu diketahui, Anda dapat mengembalikan Story yang sudah diarsip jika belum lewat 30 hari. Setelah itu, Instagram akan menghapusnya secara permanen. Untuk itu, pastikan Anda cek Story mana yang tetap ingin disimpan.

Jika Anda termasuk pengguna yang sering update Story, tentu tak ingin menghapusnya satu per satu. Oleh karena itu, perlu memanfaatkan fitur Kalender untuk menghapus arsip di IG sekaligus.

Cara menghapus semua arsip cerita di IG sangat mudah. Selain kalender, ada juga hal spesifik seperti lokasi yang disematkan ketika membuat Instastory.

Pada bagian Arsip, Anda bisa melihat tiga menu di bagian atas. Pindah ke bagian ikon kalender bertuliskan 30. Di sana akan terlihat semua arsip berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun.

Untuk menghapus semua Story IG sekaligus, tinggal pilih tanggal yang diinginkan. Setelah itu klik “Lainnya” dan pilih Hapus. Cara ini akan menghilangkan semua Instagram Story yang dibuat pada tanggal tersebut.

Sebagai tambahan, kalau Anda ingin menghapus Story IG yang dibuat pada lokasi tertentu, coba gunakan metode “Lokasi”.

Menu ini berada di sebelah Kalender, dan cara melakukannya juga sama saja. Pilih lokasi yang tertera di Map, klik “Lainnya” dan Hapus.

Cara Menghapus Permanen Story IG


Meskipun sudah melakukan langkah di atas, Anda masih punya satu tugas agar Story terhapus secara permanen. Sebab, Instagram masih menyimpan arsip selama 30 hari ke depan sebelum benar-benar dihapus.

Dengan begitu, jika berubah pikiran Anda punya kesempatan untuk memulihkannya.

Namun, apabila sudah bertekad menghapus arsip Story IG secara permanen, berikut langkah yang bisa dilakukan.

  • Pertama buka aplikasi Instagram
  • Kemudian masuk ke Profil (tombolnya ada di bagian kanan bawah)
  • Klik garis tiga > Pengaturan
  • Selanjutnya pilih opsi Akun
  • Lalu pilih Recently Deleted
  • Setelah itu, tap Story yang hendak dihapus permanan
  • Terakhir tap Lainnya > Hapus

Cara ini akan membuat arsip Story hilang dari akun Instagram secara permanen. Sayangnya, tidak ada metode untuk menghapus sekaligus dengan menu kalender dan lokasi. Jadi Anda harus melakukannya satu demi satu.

Apa Bisa Hapus Story Instagram dari Web?

Sayangnya cara hapus arsip Story IG hanya bisa dilakukan via aplikasi. Sampai sekarang Instragam tidak menyediakan versi web. Tentunya ini sangat disayangkan, karena akan lebih mudah melakukan hal tersebut lewat laptop atau PC.

Dengan kata lain, ini yang menyebabkan kenapa arsip IG tidak bisa dihapus. Jadi, Anda harus menggunakan aplikasi Instagram, baik di Android maupun iOS.

Meskipun Instagram memiliki banyak fitur yang diandalkan pengguna seluruh dunia, versi web-nya tidak sebagus aplikasi. Ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan, sebagai contoh membuat Story IG via web dan membuat Reels.

Akhir Kata

Seperti penjelasan awal, ada banyak alasan menghapus Story Instagam. Mungkin Anda ingin menghilangkan kenangan menyakitkan atau menjaga arsip agar tetap bersih. Dengan panduan di atas, tak perlu bingung jika ingin menghapusnya.

Demikian ulasan lengkap tentang cara menghapus arsip Story IG secara permanen. Anda juga bisa melakukannya sekaligus melalui trik kalender untuk menghemat waktu. Sekian dari Phonesable.com, semoga bermanfaat!