12 Rekomendasi Game Mirip Harvest Moon yang Tak Kalah Seru!

Berikut rekomendasi game mirip Harvest Moon dengan grafik hingga gameplay sama serunya. Yuk coba mainkan!
Game Mirip Harvest Moon

Game yang mirip Harvest Moon banyak dicari di tengah gempuran game battle royale. Dengan kata lain, game jadul dengan gameplay simpel masih tetap diminati. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga suka memainkannya.

Harvest Moon adalah game kategori simulasi dengan konsep pertanian. Kita sebagai pemain memiliki tugas untuk memulihkan mercusuar dan menanam sayuran hingga buah-buahan.

Sebagai tambahan, kita juga bisa beternak, membuka lahan baru, dan menjalani aktivitas layaknya kehidupan di dunia nyata.

Bagaimanapun juga, Harvest Moon sudah begitu sempurna dari segi gameplay. Tapi kalau kalian merasa bosan, ada banyak pilihan game mirip Harvest Moon di Google Play, App Store, NDS, hingga Steam PC. Apa saja? Yuk simak!

Daftar Game Mirip Harvest Moon

Bicara soal Harvest Moon, game ini begitu populer dalam beberapa dekade terakhir. Meskipun hanya tersedia untuk Nintendo, pesonanya tak pudar. Tapi sekarang, kita bisa memainkannya di berbagai platform, termasuk Android & PC.

Bermain game seringkali jadi “obat” di tengah padatnya aktivitas. Terlebih lagi game yang dimainkan tidak menguras tenaga dan pikiran. Kalau tak sabar memainkan game mirip Harvest Moon, berikut rekomendasi yang wajib dicoba.

1. Stardew Valley


Pertama ada Stardew Valley yang merupakan game simulasi pertanian mirip Harvest Moon. Berlatar belakang di kota kecil bernama Pelican Town, kita bertindak sebagai karakter petani dan juga peternak.

Dari segi grafik mungkin tak begitu bagus karena hanya 2D. Tapi yang menjadikan game ini menarik adalah gameplay-nya. Kita bisa beternak, bercocok tanam, hingga berinteraksi dengan NPC lain.

Saking populernya, bahkan ada developer yang membuat game mirip Stardew Valley. Tentu saja untuk masalah konsep permainan tak seseru saat memainkan versi original.

2. Gleaner Heights

Selanjutnya ada Gleaner Heights yang tak kalah seru dari daftar pertama. Ini merupakan game simulasi pertanian dengan konsep mirip Harvest Moon. Kita bebas memilih karakter pria atau wanita dan menyesuaikan tampilannya.

Bukan hanya melakukan aktivitas pertanian, game ini memungkinkan kita untuk bertarung dengan NPC. Selain itu, setiap karakter memiliki keterampilan khusus. Kita bisa meningkatkannya guna menjalankan misi dengan baik.
 

3. Alchemy Story


Rekomendasi game Android mirip Harvest Moon yang tak kalah seru adalah Alchemy Story. Konsep simulasi pertanian di sini sangat berbeda. Diceritakan seluruh penduduk desa berubah jadi binatang karena ilmu sihir.

Pemain ditugaskan untuk mengembalikan desa beserta penduduk menjadi seperti sebelumnya. Nanti kalian bisa melakukan ragam hal, seperti menanam sayur dan buah-buahan, memelihara hewan, hingga aktivitas pertanian lainnya.

4. My Time At Portia

My Time At Portia menambah daftar game yang mirip Harvest Moon. Kita akan merasakan nuansa nostalgia dengan konsep pertanian. Di awal game, Anda bisa memilih karakter Marco atau Linda yang berperang dalam gameplay.

Tujuan Anda cukup simpel, yakni melakukan aktivitas pertanian pada umumnya. Disamping itu, pemain juga bisa menjalin hubungan dengan NPC, bahkan sampai menikah.

5. Harvest Life


Melihat perkembangan game MMORPG simulasi dengan grafik simpel, gamer tak kekurangan opsi judul game. Salah satu game iOS mirip Harvest Moon yang wajib dicoba adalah Harvest Life. Ini juga tersedia di Play Store untuk Android.

Harvest Life adalah game simulasi pertanian yang bercerita di kota kecil. Kita dituntut membangun pertanian hingga sukses, mulai dari merawat hingga memperluas area. Selain itu, ada juga ragam misi dengan imbalan menarik.

6. Harvest Town

Dikembangkan oleh AVIDGamers, Harvest Town menghadirkan gameplay yang mirip dengan Harvest Moon. Bahkan, grafiknya terlihat tak jauh berbeda. Mulai dari rumput, bentuk bangunan, hingga karakter di dalam game.

Harvest Town merupakan game RPG Indie dimana kita menjadi seorang petani dan penggembala. Hal paling menarik di game ini adalah fitur-fitur yang lebih interaktif, sehingga kita bebas mengekspresikan diri.

7. Ooblets


Kalau Anda mencari game NDS mirip Harvest Moon, Ooblets adalah pilihan tepat! Konsep yang dihadirkan ada sedikit unsur Pokemon karena kita diwajibkan menangkap makhluk-makhluk yang berkeliaran.

Disamping itu, fokus lain di game Ooblets adalah menjalin pertemanan dengan NCP dan mengembangkan bisnis pertanian. Namun sayangnya, kita tak bisa berhubungan hingga menikah seperti Harvest Moon.

8. Sunrise Village: Farm Game

Sunrise Village manyajikan gameplay yang tak kalah seru. Dapat dimainkan di Android dan iOS, Anda memulai petualangan dengan membangun desa serta mengeksplorasi dunia yang begitu misterius dan penuh tantangan.

Ini termasuk game mirip Harvest Moon offline karena kita bisa memainkannya tanpa sambungan internet. Tapi game ini sedikit lebih baik dari segi grafik. Terlebih lagi, ada banyak resources seru yang berpengaruh pada permainan.

9. Spring Valley


Spring Valley adalah game mirip Harvest Moon dimana kita bisa melakukan ragam kegiatan. Selain bertani, melakukan perjalanan, membangun rumah, hingga menjalin pertemanan adalah konsep utama di game ini.

Disamping itu, ada banyak misteri yang harus kita pecahkan guna memperoleh hadiah. Spring Valley juga memungkinkan kita berinteraksi dengan karakter lain, bahkan seekor kucing bernama Captain Meatball.

10. Friends of Mineral Town

Ini adalah game GBA mirip Harvest Moon yang menceritakan kehidupan pertanian di sebuah desa. Setelah merantau ke kota, Anda kembali untuk meneruskan lahan pertanian yang telah hancur sejak ditinggalkan kakek.

Tugas utama adalah mengembalikan kebun kembali berjaya dengan cara merawat tanaman hingga kasih makan ternak. Sebenarnya game ini adalah remake dari Harvest Moon FoMT dengan grafik yang sudah ditingkatkan.

11. The Farm: Sassy Princess


Selanjutnya Anda mungkin tertarik dengan game mirip Harvest Moon ringan yang satu ini. The Farm: Sassy Princess menawarkan konsep simulasi petualangan. Diceritakan ada seorang Princess yang ingin membangun area pertanian.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan banyak hal, seperti bergaul dengan tetangga, dan menjalin hubungan percintaan. Ukuran game hanya 37 MB, tak perlu hp mahal Anda bisa memainkannya di Android spesifikasi rendah.

12. Coral Island

Sebagai tambahan, Coral Island juga termasuk game yang mirip Harvest Moon PC. Ini merupakan game karya anak bangsa yang bisa Anda dapatkan lewat Steam. Konsepnya tak jauh berbeda, hanya saja dengan grafik lebih baik.

Coral Island rilis pada 11 Oktober 2022 dan sekarang bisa Anda download di PC melalui platform Steam. Tapi game ini tidak gratis, Anda harus membayar sekitar $25 untuk bisa memainkannya.

Akhir Kata

Bagaimanapun juga, Harvest Moon adalah game simulasi kehidupan yang jadi referensi banyak developer dalam membuat game dengan tema serupa. Konsep gameplay yang simpel tak membuatnya ini redup di pasaran.

Kesimpulannya, game jadul masih memiliki pasar tersendiri, meskipun grafiknya sudah ketinggalan zaman. Setelah tahu rekomendasi game mirip Harvest Moon di atas, menurut Anda mana yang paling bagus?