11+ Game Mirip Minecraft Gratis di Android Ukuran MB Kecil 2023

Mencoba game mirip Minecraft gratis di Android bisa jadi pilihan alternatif untuk membangun, berkreasi, dan bertahan hidup.
Game Mirip Minecraft

Saat ini tak sedikit developer mengambil jalan pintas dengan meniru konsep game populer. Ada banyak game mirip Minecraft dengan tampilan yang sangat mirip. Bahkan konsep pixel dan survival jadi terlihat tak jauh berbeda.

Minecraft memang begitu fenomenal dalam beberapa tahun terakhir. Grafik pixel dan gameplay simpel tak membuatnya kalah saing dari game lain yang lebih bagus dari semua aspek.

Apalagi untuk bisa memainkan Minecraft di Android, pengguna harus mengeluarkan uang sekitar Rp120.000 (+pajak). Belum lagi ukuran MB yang lumayan besar untuk game bertemakan simulasi.

Tapi jangan khawatir, ada banyak game mirip Minecraft gratis yang tak kalah seru untuk dimainkan. Kemiripannya mencapai 80% dan tentunya kompatibel untuk hp RAM rendah. Penasaran game apa saja? Yuk simak daftar di bawah ini!

Daftar Game Mirip Minecraft

Kesuksesan suatu game tak hanya diukur dari review pengguna saja, ada hal lain yang wajib diperhatikan. Karena kalau melihat dari rating Play Store, seharunya PUBGM dan Mobile Legends masuk daftar terburuk.

Hal paling dasar untuk menilai suatu game bagus atau jelek, bisa dilihat dari gameplay, update, dan jumlah pengguna. Semua ini ada di Minecraft, sehingga tak heran developer lain membuat game dengan konsep serupa.

Sejak dirilis pada 2009 lalu, Minecraft yang dikembangkan oleh Mojang masih jadi salah satu game terbaik. Grafik dan gameplay sederhana adalah keunggulan dari game ini.

Meskipun di Google Play ada banyak game mirip Minecraft, tapi hanya beberapa yang layak dimainkan. Berikut daftar selengkapnya.

1. Survivalcraft


Survivalcraft adalah salah satu game mirip Minecraft gratis. Ketika baru bermain, Anda layaknya orang yang sedang terdampar di suatu pulau. Tujuan utama game ini tak lain bikin barang, rakit senjata, bertani, dan bertahan hidup.

Bukan hanya sampai di situ saja, setelah mencapa level lebih tinggi, Anda bisa membuat mesin yang mampu melakukan banyak hal. Disamping itu, ada mode online yang memungkinkan untuk team-up dengan pemain lain.

Meskipun sudah ada sejak tahun 2017, game-nya masih bertahan sampai saat ini. Bahkan di Play Store ada dua versi, yakni Survivalcraft 2 Day One dan yang versi berbayar.

2. Pixel Worlds

Selanjutnya ada nama Pixel Worlds yang menggabungkan konsep MMO dan Minecraft. Pemain akan masuk ke dunia 2D dengan ragam mining dan mekanisme crafting. Tak lupa ada juga ruang bawah tanah untuk dijelajahi dan mencari hal-hal menarik.

Salah satu faktor yang membuat Pixel Worlds unik adalah mode multiplayer yang memungkinkan kita party lintas platform (PC, Android, iOS, Mac) dengan pemain lain di satu server.

3. LostMiner


LostMiner juga wajib dicoba kalau Anda mencari game mirip Minecraft di Android. Gameplay-nya bergaya 2D dengan konsep yang tak jauh melenceng dari mining, building, dan crafting. Temukan ragam item dan keseruan lainnya.

Meskipun dari segi grafik kurang memuaskan, namun LostMiner memiliki keunggulan dari segi gameplay. Terlebih ini masuk kategori game indie dengan budget tak sebanyak developer lain.

4. Roblox

Hadirnya Roblox semakin menambah daftar panjang game mirip Minecraft terbaik. Meskipun sedikit complicated dan lebih banyak hal untuk dilakukan, namun Roblox sering dibandingkan dengan Minecraft.

Di Roblox kita bisa memainkan berbagai macam game yang dibuat dengan gaya unik, termasuk building dan crafting. Disamping itu ada juga genre puzzle dan tembak-tembakan yang membuat game ini tak membosankan.

5. Craftsman: Building Craft


Banyak yang bilang kalau game Craftsman mirip Minecraft karena sama-sama pixelated. Pendapat ini tak salah, karena tampilan keduanya begitu mirip. Terutama dari segi grafik dan gameplay yang ditawarkan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di game ini seperti membangun rumah, kastil, hingga membuat kerajinan. Di Google Play ada banyak game berjudul Craftsman, pastikan Anda mengunduh yang asli dari developer StarGame22.

6. London Craft


Di Google Play sendiri ada banyak game simulasi pixel kotak-kotak, salah satunya London Craft. Berlatar belakang di kota London, nuansa Minecraft begitu terasa di game ini. Perbedaan hanya pada resources yang lebih modern.

Pemain tak hanya bisa menikmati suasana kota, namun juga membangun struktur atau bangunan. Konsep open world yang ditawarkan dapat dijelajahi dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan.

7. Block Craft

Jika ingin memainkan game mirip Minecraft grafik HD, Block Craft bisa jadi pilihan. Alasannya tak lain karena karakter yang dihadirkan benar-benar mirip Minecraft. Selain itu struktur bangunan dan gameplay-nya juga tak jauh berbeda.

Seperti halnya Minecraft, pemain bisa mengajak teman untuk ikut bermain dan menikmati keindahan dunia pixel. Melakukan kesenangan bersama, membangun rumah, membuat item, dan menjelajahi tempat-tempat baru.

8. Mini Block Craft


Dikembangkan oleh Build Block Studio, game ini membawa nostalgia Minecraft klasik saat pertama rilis. Mulai dari grafik, karakter, hingga aspek kecil di dalam game sangat layak ditelusuri lebih lanjut. Terlebih, size game hanya 33 MB saja.

Pihak developer membebaskan pemain untuk menjelajahi peta yang sangat luas. Tapi karena genre-nya survival, selalu waspada terhadap ancaman. Banyak musuh yang kapan saja bisa datang dan mencuri item kita.
 

9. Stardew Valley

Dari sekian banyak game mirip Minecraft MB kecil, Stardew Valley sepertinya paling layak menyandang gelar tersebut. Dari segi grafik memang kalah jauh karena 2D, namun nilai jualnya ada di gameplay.

Meskipun harus membayar Rp70.000, namun sebanding dengan keseruannya. Kita hanya melakukan aktivitas simpel, seperti membangun rumah, membuat lahan pertanian, dan berinteraksi dengan penduduk desa.

10. BeeCraft


Jika daftar sebelumnya masih terlalu mainstream, coba deh mainkan BeeCraft. Konsep game ini tak jauh dari Minecraft, yakni simulasi, sandbox, dan pixel. Kita diharuskan membangun, berkreasi, hingga bertahan hidup.

Selain itu, ada banyak item yang bisa dimanfaatkan agar permainan jadi lebih menarik. Dengan rating 4 bintang, rasanya BeeCraft layak dicoba kalau ingin merasakan sensasi game Minecraft versi ringan.

11. Block Story

Block Story menambah daftar game mirip Minecraft Android yang dapat dimainkan secara gratis. Game ini memungkinkan kita mengeksplorasi area yang sangat luas. Konsep building dan crafting juga ada di sini.

Jangan lupa untuk meningkatkan skill dan level karakter agar mampu bersaing dengan pemain lain. Bangun juga benteng dan lawan bos utama untuk mendapatkan item-item menarik.

Selain daftar di atas, masih banyak game lain yang meniru konsep Minecraft. Beberapa di antaranya Block City Wars, Worldcraft, Pixel Gun 3D, Block Warfare, dan Minebuilder.

Akhir Kata

Minecraft adalah game bertemakan sandbox pertama yang populer. Berawal dari game PC, kini kita bisa menikmatinya lewat hp Android maupun iOS. Karakter dan resources pixel jadi daya tarik tersendiri bagi para gamers.

Meskipun sudah begitu perfect, kalau Anda ingin memainkan game mirip Minecraft gratis, daftar di atas bisa jadi referensi. Tak perlu khawatir soal spesifikasi hp, sebagian besar berukuran ringan di bawah 200 MB. Selamat mencoba!