11 Rekomendasi HP 4 Jutaan untuk Gaming dan Aktivitas Berat 2023

Rekomendasi HP 4 Jutaan Terbaik

Ada banyak rekomendasi hp 4 jutaan saat ini. Tentu saja, spesifikasi yang ditawarkan kuat untuk gaming maupun menjalankan aplikasi berat. Anda bisa memilih merk sesuai kebutuhan, Xiaomi, Vivo, Infinix, Realme, hingga Oppo.

Saat ini hampir semua brand populer hadir dengan label murah untuk produk kelas menengah ke atas. Mungkin hanya Apple yang masih kekeuh memasarkan smartphone mahal. Bahkan harganya berkali-kali lipat dari Android.

Namun, untuk menikmati ponsel spesifikasi mewah, Anda tak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Berikut rekomendasi hp 4 jutaan tercanggih sebagai referensi kalau ingin mengganti hp lama dengan yang baru.

Tips Memilih HP 4 Jutaan Spek Tinggi

Sebelum masuk ke pembahasan utama, Phonesable.com akan jelaskan tips yang wajib dilakukan jika hendak membeli produk elektronik, khususnya smartphone. Ini penting agar kalian tidak menyesal di kemudian hari.

Apalagi saat ini banyak ponsel keluaran terbaru yang dibekali ragam fitur unggulan. Oleh karena itu, Anda harus menemukan produk terbaik sesuai kebutuhan pribadi.

Simak beberapa tips berikut ini:

1. Layar dan Performa

Ketika membeli smartphone baru, carilah layar dengan ukuran sempurna. Maksudnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Kalau tak ingin ribet saat menggenggam hp, pilih smartphone yang dibekali layar maksimal 5,5 inci.

Sementara kalau Anda suka main game atau streaming film, layar dengan ukuran lebih besar bisa jadi pilihan. Intinya, ukuran layar tergantung pada penggunaan.

2. RAM dan Memori

Mengingat rata-rata ukuran aplikasi dan game sangat besar, hp RAM 3/32 GB sudah tak berfungsi dengan baik. Kita hanya bisa menginstal beberapa aplikasi dan game berukuran ringan. Itupun akan membuat kinerja perangkat jadi lemot.

Setidaknya Anda perlu membeli hp RAM 6/128 GB agar mampu menampung banyak aplikasi dan game tanpa mempengaruhi kinerja perangkat.

3. Daya Tahan Baterai

Memilki hp spek tinggi namun dengan daya baterai rendah tidak ada gunanya. Idealnya, smartphone harus memiliki daya di atas 5000 mAh dan dibekali fitur pengisian cepat agar penggunaannya bisa tahan lama.

4. Desain

Desain smartphone memang sangat subjektif. Tetapi jika Anda peduli dengan estetika dan tampilan, sudah sepantasnya beli hp 4 jutaan dengan desain terbaik. Jangan lupa cek juga fitur-fitur pendukung yang tersemat di bagian body.

5. Kualitas Kamera

Fotografi di era digital adalah kebutuhan penting bagi banyak orang. Kamera yang bagus adalah awal agar tetap eksis di media sosial. Untungnya, saat ini banyak smartphone yang dibekali kamera resolusi tinggi.

Tapi Anda juga tak boleh sembarang memilih. Sebab, beberapa merk smartphone memiliki kualitas kamera buruk meskipun dengan resolusi tinggi.

Bagaimanapun juga, pastikan Anda memperhatikan tips di atas sebelum memutuskan membeli smartphone baru. Selain itu, jika ingin melakukan pembelian, coba cek e-commerce Shopee atau Tokopedia. Biasanya ada banyak promo dan diskon khusus.

Rekomendasi HP 4 Jutaan Tercanggih

Ketika dihadapkan dengan banyak merk smartphone, Anda harus “picky” agar tidak salah beli. Kalau beli di e-commerce, Anda bisa cek dulu ulasan pengguna dan bila perlu tonton channel Youtube yang me-review hp, seperti GadgetIn.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah rekomendasi hp 4 jutaan terbaik yang dirangkum berdasarkan tahun 2022. Yuk simak!

1. Samsung Galaxy A32 5G

Samsung Galaxy A32 5G hadir dengan RAM 8/128GB yang sangat bagus untuk kebutuhan harian hingga gaming. Apalagi fitur jaringan 5G membuat koneksi makin cepat saat berselancar di media sosial.

Dengan harga Rp3,8 juta, Anda akan memiliki hp yang dibekali MediaTek Dimensity 720. Chipset luar biasa yang mampu menjalankan game dan aplikasi berukuran besar.


Ini adalah rekomendasi hp di bawah 5 juta yang wajib dilirik. Telebih lagi, refresh rate layar sudah 90Hz dan daya baterai 5000 mAh yang mampu bertahan hingga 2 harian.

2. Samsung Galaxy A23 5G

Desain yang dihadirkan Samsung untuk Galaxy A23 5G sangat mewah. Bukan hanya itu, prosesor dan spesifikasinya terbilang sangat bagus. Tak heran kalau Galaxy A Series ini masuk daftar hp 4 jutaan tercanggih di tahun 2022.

Harga hp dengan chipset Snapdragon 695 5G dan RAM 6/128GB ini tidak sampai 4 juta, terakhir admin cek di Tokopedia hanya Rp3.999.000 saja.

3. POCO F4

Anda mungkin sudah mendengar tentang kualitas hp POCO. Di bawah naungan Xiaomi, produk ini jadi andalan banyak orang terutama yang suka gaming. POCO F4 cocok bagi Anda yang mencari hp 4 jutaan gaming.

Berbekal RAM 6/128GB dan chipset Snapdragon 870 5G performanya sudah pasti gacor. Terlebih lagi, kecepatan CPU menyentuh angka 3.2 GHz. Intinya kuat banget memainkan game berat.

POCO F4 bisa dibeli di online shop dengan harga Rp4.899.000.

4. Redmi Note 11 Pro 5G

Satu hal yang menarik dari Redmi Note 11 Pro 5G adalah resolusi kamera depan 108MP dan front camera 16MP. Tentunya ini jadi nilai plus bagi Anda yang butuh hp Android untuk kebutuhan foto-foto atau videografi.

Selain itu, dukungan prosesor Snapdragon 695 5G dan baterai Li-Po 5000 mAh membuat performanya cukup baik untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Apalagi harga cuma Rp4.099.000.

5. POCO X3 GT

Selanjutnya rekomendasi hp 4 jutaan terbaik jatuh kepada POCO X3 GT. Produk dari Xiaomi ini dijual dengan harga Rp4.799.000. Spesifikasinya MediaTek Dimensity 1100, OS Android 11, MIUI 12.5, dan CPU berkecepatan 2.6 GHz.

Di kalangan gamers, POCO X3 GT dianggap sebagai hp gaming rata kanan. Sebab, kita bisa memainkan game berat dengan setelan grafik maksimal. Contohnya PUBG Mobile dan Genshin Impact.

6. OPPO Reno 8 5G

Dibekali chipset MediaTek Dimensity 1300, kualitas OPPO Reno8 5G tak perlu diragukan lagi. Anda bebas mengunduh banyak game dan aplikasi tanpa khawatir performa menurun. Terlebih lagi dengan dukungan RAM 8/256 GB.

Berdasarkan spesifikasi dan harga yang terbilang murah, Rp4.280.000, OPPO Reno8 5G layak jadi pilihan kalau Anda membutuhkan hp baru.

7. Infinix Zero X Pro

Infinix Zero X Pro rilis pada September 2021. Produk yang masih terbilang baru dan belum banyak penggunanya. Berbekal MediaTek Helio G95 dan CPU Octa-core 2.05 pada dapur pacu, kita bisa melakukan ragam aktivitas berat.

Baca juga: HP Gaming 3 Jutaan Terbaik

Meskipun nama Infinix tak sepopuler Xiaomi atau Vivo, namun performanya tak perlu diragukan lagi. Dengan harga Rp4.714.000 Anda bisa bawa pulang hp terbaik dari Infinix ini.

8. Infinix Note 12 VIP NFC

Masih dari produk Infinix, tipe Note 12 VIP patut dilirik kalau Anda mencari rekomendasi hp 4 jutaan terbaru 2022. Berbekal fitur unggulan NFC dan resolusi kamera jumbol, harga yang dipatok sekitar Rp3,7 juta.

Kekurangan Infinix Note 12 VIp yang sangat disayangkan adalah daya baterai cuma 4500 mAh. Selain itu, desain kameranya juga terlihat kurang aestethic dan terkesan “asal beda dari merk lain”.

9. Realme GT Master

Ada banyak alasan kenapa Realme GT Master masuk dalam jajaran hp 4 jutaan terbaik. Pertama, chipset versi terbaru yakni Snapdragon 778 5G CPU 2.4 GHz. Disamping itu, fitur fast charging-nya mampu mengisi daya 100% dalam 33 menit.

Meskipun harga sedikit lebih mahal, Rp4.999.000, tapi Realme GT Master Edition sangat layak masuk daftar hp Android terbaik di kelas mid-end.

10. Vivo V25e

Vivo juga memiliki produk hp harga 4 jutaan terbaik. Ada banyak hal yang membuat Vivo V25e sangat menarik. Tampilan layar AMOLED 90Hz 1080 x 2404 pixes dengan size 6.44 inci menghadirkan kesan mewah.

Apalagi di sektor dapur pacu, Vivo V25e didukung oleh OS Android 12 UI Funtouch 12 dan chipset MediaTek Helio G99. Selain itu, kecepatan CPU yang mencapai 2.2 GHz membuat hp ini mendukung game dan aplikasi berat.

Kalian bisa beli Vivo V25e dengan harga Rp4.435.000 di e-commerce atau offline store resmi Vivo.

11. HP iPhone Second

Sebagai tambahan, kalau Anda mencari hp iPhone harga 4 jutaan, solusi terbaik adalah produk second atau bekas. Sebab, mustahil ada yang jual iPhone baru di bawah 5 juta. Kalaupun ada paling barang rekondisi atau KW.

Bahkan, pStore saja menjual produk Apple keluaran lama, contoh iPhone 11 sekitar Rp4,7 juta. Ada sih yang harganya Rp2,7 juta, tapi tipe XR 64GB yang sekarang sudah jarang digunakan.

Akhir Kata

Kita tak perlu pusing ketika dihadapkan dengan banyak merk smartphone. Yang paling penting, sesuaikan budget dan kebutuhan sebelum membeli. Jangan sampai menyesal karena pilihan Anda tidak sesuai ekspektasi.

Jadi itulah ulasan lengkap tentang rekomendasi hp 4 jutaan tercanggih. Untuk smartphone dengan spesifikasi tinggi, harga di bawah 5 juta masih terbilang worth it. Apalagi merk Xiaomi dan Vivo. Tapi ingat, jangan sampai salah pilih!