10 Situs Freelance Terbaik Penghasil Uang Bagi Pemula 2022

Tertarik bekerja online dengan bayaran fantastis? Daftar saja di situs freelance terbaik yang dapat menghasilkan uang bagi pemula.
Situs Freelance Terbaik

Pekerjaan sebagai freelancer memungkinkan kita dapat penghasilan dengan memanfaatkan skill atau keahlian. Kemudahan yang ditawarkan membuat situs freelance penghasil uang dicari banyak orang.

Meskipun tidak ada jenjang karir serta bukan pekerjaan tetap, namun kalau ditekuni gaji yang didapat bisa lebih dari pekerja kantoran. Terutama untuk profesional yang sudah lama menggeluti dunia freelancer.

Saat ini ada banyak situs freelance terbaik dengan ragam industri. Ada yang fokus ke desain, editor, hingga content writer. Bagi pemula yang memiliki skill khusus dan ingin menjadi seorang freelancer, wajib banget simak ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Situs Freelance Terbaik

Daftar situs freelance penghasil uang sudah terbukti membantu banyak orang, entah itu sebagai full-time freelancer atau hanya sekedar cari uang tambahan. Ini sangat cocok bagi Anda yang punya prinsip self-employment.

Kami telah merangkum beberapa situs freelance terbaik dan dipercaya banyak orang. Kalau ingin menelusuri lebih lanjut situs mana yang cocok dengan keahlian Anda, berikut daftar selengkapnya.

1. Freelancer.co.id

Freelancer.co.id adalah situs yang menawarkan pekerjaan online. Ini termasuk salah satu yang terbaik karena cabang dari Freelancer.com. Pemula yang baru merambah dunia freelance sangat cocok masuk ke situs ini.

Selain populer, Freelancer.co.id juga memiliki lebih dari 1.800 kategori pekerjaan. Kalau mau daftar, Anda hanya perlu menyiapkan email atau akun Facebook dan memiliki rekening PayPal untuk menerima pembayaran.

2. Projects.co.id


Selanjutnya ada nama Projects.co.id yang juga termasuk situs freelance Indonesia untuk pemula. Sudah lama situs ini jadi andalan untuk mengais rezeki secara online, sehingga kredibilitasnya tak perlu diragukan lagi.

Untuk kategori pekerjaan, di sini ada banyak pilihan. Beberapa contoh yang sangat dibutuhkan di era digital, seperti Voice Over, Bahasa Phyton, Programmer, Content Creator, hingga Pembuatan Website.

3. Upwork

Tak lupa ada Upwork yang dianggap sebagai salah situs freelance terbaik. Pasalnya, basis pengguna sudah bukan kelas nasional lagi, melainkan internasional dari banyak negara. Dengan begitu, pembayarannya pasti lebih tinggi.

Upwork sangat cocok bagi freelancer pemula, pelajar, maupun mahasiswa yang ingin dapat penghasilan tambahan. Tapi karena persaingannya cukup ketat, pastikan skill Anda berada di level Expert atau minimal High.

4. Writer Access


Kalau Anda mencari situs freelance untuk mahasiswa yang punya keahlian di bidang menulis, Writer Access bisa jadi pilihan tepat. Situs ini khusus menawarkan jasa yang berhubungan dengan dunia tulis menulis.

Beberapa jenis pekerjaan yang bisa diambil jika jadi freelance di Writer Access di antaranya, artikel SEO, ghostwriter, novelis, copywriter, hingga translator. Selan itu ada juga tools yang dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan.

Tapi karena ini situs luar negeri, untuk pembayaran hanya bisa lewat PayPal dan kartu kredit. Jadi sebelum daftar pastikan Anda sudah memiliki rekening internasional, setidaknya PayPal yang paling simpel.

5. Fiverr

Bicara soal situs freelance untuk pemula, Fiverr adalah pilihan paling tepat. Situs ini sudah sangat populer di luar negeri dan jadi pilihan utama perusahaan yang butuh pekerja lepas. Tak perlu ragu, langsung saja ajukan pendaftaran!

Keunggulan Fiverr yang jarang dimiliki situs lain adalah sistem perekrutan. Freelancer akan dibedakan sesuai level dan jumlah job. Sehingga pengguna baru punya peluang untuk dapat job dan naik ke level yang lebih tinggi.

6. 99designs


Sesuai namanya, situs freelance untuk mahasiswa yang satu ini hanya menawarkan job di bidang desain. Kalau Anda punya skill desain logo atau web designer, 99design bisa jadi wadah untuk mendapatkan penghasilan.

Beberapa jenis keahlian yang dibutuhkan di 99design adalah desain banner, feed Instagram, logo perusahaan, presentasi, UI, dan masih banyak lainnya.

Bagi pemula tak perlu khawatir, karena 99design juga memberi bekal berupa artikel teknis dan tips bermanfaat untuk membangun karir di dunia freelance.
 

7. Sribulancer

Tak ketinggalan Sribulancer yang juga merupakan situs freelance terbaik. Dengan popularitasnya sejauh ini, Sribulancer wajib jadi tujuan pekerja lepas yang ingin dapat penghasilan tambahan maupun full-time.

Situs ini sudah terbukti membayar para pekerja dan jadi andalan individu maupun perusahaan yang butuh pekerja dengan skill khusus.

8. Sribu


Sribu dan Sribulancer berasal dari manajemen yang sama, namun di sini hanya fokus pada desain grafis saja. Oleh karena itu, Sribu sangat direkomendasikan untuk orang yang ingin dapat cuan bermodalkan skill Graphic Designer.

Menariknya, Sribu memiliki layanan Kontes dimana semua freelance bersaing pada satu proyek yang sama. Pemenang bukan hanya mendapat uang, namun juga penghargaan yang bisa menambah nilai di portofolio.

9. PeoplePerHour

PeoplePerHour adalah situs freelance terbaik penghasil uang yang berbasis di luar negeri. Untuk mendaftar, Anda hanya perlu membuat akun dan melengkapi profil. Jangan lupa lampirkan portofolio terbaik karena persaingannya sangat ketat.

PeoplePerHour memiliki banyak pengguna dengan skill mumpuni. Oleh karena itu, untuk pemula atau pendaftar baru, sebaiknya jangan pasang tarif terlalu mahal kalau ingin dapat banyak job.
 

10. Guru


Berdiri sejak tahun 2001, Guru juga masuk dalam daftar situs freelance penghasil uang terbaik. Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan job dari beragam kategori. Kalau tertarik langsung saja ajukan pendaftaran.

Setelah Anda diterima jadi freelancer di Guru, langkah berikutnya tawarkan pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Tapi pastikan menulis dalam bahasa Inggris karena kliennya rata-rata orang bule.

Selain 10 daftar di atas, Anda juga bisa mencoba The Creative Group, Nexxt, TaskRabbit, Skyworld, SimplyHired, hingga Toptal. Semuanya memiliki pengguna dari berbagai negara.

Tips Menjadi Seorang Freelancer untuk Pemula

Persaingan di dunia freelancer tak jauh berbeda dengan pekerjaan lain. Bahkan bisa lebih berat karena kita harus bersaing dengan orang-orang dari seluruh dunia, yang tentunya sudah membekali diri dengan skill level atas.

Tapi jangan khawatir, kalau Anda seorang pemula dan serius ingin menjadi freelancer, lakukan beberapa tips mudah berikut ini.

1. Fokus ke Skill yang Dimiliki

Peluang pekerjaan akan mudah didapat jika kita memiliki banyak skill. Tapi ini tak berlaku untuk freelance pemula yang bekerja seorang diri. Jadi untuk menghindari orderan menumpuk, sebaiknya Anda fokus ke satu skill saja.

Oleh karena itu, Anda harus tentukan skill sebelum menjadi seorang freelancer. Karena ada banyak sekali kategori, seperti pembuatan website, desain grafis, pembuatan logo, hingga javascript.

2. Tentukan Tarif dan Target Pasar

Sebelum memutuskan mana situs freelance terbaik, Anda juga harus menentukan tarif dari jasa yang ditawarkan. Caranya bisa dengan membandingkan standar tarif dari freelancer lain atau menyesuaikan dari tarif di pasaran.

Selain itu, jangan lupa menentukan target pasar. Ini bisa jadi faktor penting untuk mendapatkan uang dari freelance. Sebab ke depannya kita jadi lebih mudah menjaring banyak klien.

3. Buat Portofolio atau Hasil Kerja

Setelah menggeluti freelancer selama beberapa bulan dan memperoleh cukup banyak pekerjaan, Anda harus membuat portofolio yang menarik dan membagikannya ke media sosial dan ke semua situs freelance terbaik.

Tentu saja ini termasuk strategi penting untuk menjaring lebih banyak klien. Wordpress bisa jadi opsi untuk membuat website dan membagikan portofolio agar Anda dapat klien di luar platform freelance.

4. Ambil Pelatihan untuk Tingkatkan Skill

Meskipun sudah memiliki skill, Anda wajib mengembangkannya ke tingkat yang lebih tinggi. Seperti penjelasan di awal, persaingan di dunia freelance selalu meningkat. Mengambil pelatihan adalah opsi terbaik untuk tetap bertahan.

Saat ini ada banyak situs yang menawarkan pelatihan online. Beberapa yang paling populer ada Ruangguru, Oracle, IndonesiaX, Glints ExpertClass, hingga Coursea. Tinggal pilih sesuai skill yang mau ditingkatkan.

Akhir Kata

Website online yang khusus menyediakan jasa freelance sangat cocok untuk orang dengan kemampuan di bidang digital. Peluang ini akan terus ada selama media sosial masih jadi bagian penting dari society.

Jadi itulah kumpulan situs freelance terbaik yang memungkinkan mendapatkan penghasilan dari rumah. Mengingat persaingan cukup ketat, Anda pasti bisa sukses asalkan tekun, serius, dan amanah dalam mengerjakan orderan. Selamat mencoba!