Perbedaan Smart TV dan Android TV, Mana yang Lebih Bagus?

Apa saja perbedaan Smart TV dan Android TV? Untuk mengetahui mana yang lebih bagus,yuk simak penjelasan lengkap berikut ini.
Perbedaan Smart TV dan Android TV

Saat ini kita sedang dalam masa peralihan tv analog ke digital, sehingga banyak orang yang bingung perbedaan Smart TV dan Android TV. Karena secara konsep, keduanya digunakan untuk aktivitas serupa, yakni menyaksikan tayangan digital.

TV merupakan salah satu perangkat elektronik yang digunakan hampir semua orang. Sejak teknologi semakin berkembang, dan analog tak lagi digunakan, TV pun terbagi menjadi beberapa jenis.

Berbeda dari pendahulunya, Smart TV dan Android TV membutuhkan koneksi internet untuk menikmati semua fitur. Namun juga bisa menggunakan antena kalau hanya sekedar menonton channel lokal.

Nah, di bawah ini akan diulas perbedaan Smart TV dan Android TV. Selain itu, simak juga keunggulan keduanya sehingga Anda bisa memilih mana yang lebih bagus.

Apa itu Smart TV dan Android TV?

Smart TV dan Android TV adalah perangkat elektronik yang dapat terhubung ke internet dan memiliki fitur unggulan. Dengan kata lain, fungsinya sama seperti komputer, tapi sedikit lebih unggul karena ukuran layar lebih besar.

Faktanya, semua TV yang menghadirkan konten online, bisa dikatakan sebagai “Smart TV”. Dalam artian lain, Android TV pun termasuk bagian dari Smart TV.

Namun sebaliknya, Smart TV tidak bisa dianggap sebagai Android TV karena masing-masing produsen memiliki OS atau sistem operasi tersendiri.

Dari penjelasan di atas, kita sudah bisa menyimpulkan perbedaan Smart TV dan Android TV secara mendasar. Selanjutnya Phonesable.com juga akan mengulas perbandingan keduanya secara detail.

Tapi sebelum itu, berikut keunggulan Smart TV dan Android TV:

Keunggulan Smart TVKeunggulan Android TV
Terkoneksi dengan smartphonePerpustakaan aplikasi
Banyak hiburan dan gameUpdate berkelanjutan
Desain tv minimalis dan eleganTerhubung dengan produk Google
Terintegrasi dengan Smart HomeBisa pakai Google Assistant


Ya, Anda tidak salah baca. Smart TV terintegrasi dengan Smart Home. Artinya, semua furniture atau barang elektronik modern dapat dikontrol melalui Smart TV.

Disamping itu, Anda juga bisa menikmati ragam hiburan dari platform film, musik, bahkan game online. Tentunya ini hanya bisa terlaksana bila Smart TV yang dimiliki mendukung semua fitur tersebut.

Sementara layanan yang dihadirkan Android TV tak jauh berbeda dengan smartphone. Dengan kata lain, aplikasi yang ada di Google Play bisa di-download dan Anda dioperasikan dari layar televisi.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Seperti penjelasan di awal, semua Android TV tergolong sebagai Smart TV, namun tak semua Smart TV memiliki fungsi layaknya Android TV. Ini bisa kita lihat dari sistem operasi yang menghadirkan keunggulan untuk mengakses Google Play.

Supaya tahu mana yang lebih bagus Smart TV atau Android TV, berikut beberapa perbedaan keduanya.

1. Sistem Operasi

Perbedaan pertama ada di sistem operasi (OS). Sebagian besar atau bahkan semua Android TV dibekali software bawaan Google. Sementara Smart TV memiliki OS yang lebih beragam, sebagai contoh TizenOS untuk merek Samsung dan webOS LG.

Meskipun begitu, bukan berarti Smart TV tidak bisa menikmati layanan Google. Hanya saja dibutuhkan pengaturan tambahan yang lumayan rumit.

2. Variasi Desain

Smart TV memiliki variasi desain yang lebih banyak. Saat ini ada beberapa produsen menawarkan produk televisi pintar dengan tampilan menawan, yakni Samsung dan LG. Keduanya bisa dibilang merajai pasar Smart TV tanah air.

Sementara kebanyakan Android TV tidak terlalu bagus pada tampilan fisik. Selain itu, pengguna Android TV terkadang butuh 2 remot untuk mengoperasikan layanan dan sistem Android.

3. Akses Fitur Digital

Perbedaan Smart TV dan Android TV berikutnya adalah akses fitur digital. Keduanya dapat terhubung ke internet, baik WiFi maupun Hotspot dari smartphone.

Namun bisa dibilang fitur digital Android TV lebih lengkap. Kendati demikian, akses Smart TV lebih mudah dan simpel layaknya tv digital lain.

4. Update Otomatis

Karena perkembangan yang begitu aktif, dan produsen mendorong upgrade secara rutin, Android TV sedikit lebih unggul dari Smart TV. Terutama dalam hal update aplikasi dan resources platform streaming.

5. Daya Tampung Aplikasi

Ada banyak kelebihan kekurangan Smart TV dan Android TV, terutama daya tampung aplikasi. Namun, Android TV selangkah lebih maju karena dukungan Google Play. Semua aplikasi bisa Anda download dengan mudah.

Berbeda dengan Smart TV, khususnya yang dibekali sistem operasi TizenOS atau webOS. Aplikasi yang mampu ditampung serba terbatas, Anda hanya bisa menggunakan beberapa plaform hiburan, seperti Youtube, hingga Netflix.

6. Asisten Digital

Layaknya smartphone Android, Smart TV juga dilengkapi Google Assistant yang memiliki banyak fungsi. Kita bisa memberi perintah untuk ganti channel hingga mencari program hanya dengan kontrol suara.

Sedangkan Smart TV yang tidak didukung sistem operasi Android harus menekan tombol dan mengetik melalui keybord/remot tanpa dukungan asisten digital.

Namun, Smart TV tetap bisa melakukan semua hal seperti Android TV. Hanya saja kita butuh peralatan proyeksi lain, yang artinya ada biaya tambahan.

Lebih Bagus Smart TV atau Android TV?

Kalau melihat poin-poin di atas, lebih bagus Smart TV atau Android TV? Sebenarnya kedua perangkat ini sama-sama bagus. Cara terbaik untuk memilih salah satu yang terbaik adalah menyesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, harga Smart TV sedikit lebih mahal dari Android TV, sehingga hanya terjangkau bagi masyarakat kelas menengah ke atas.

Terlepas dari itu, Android TV punya opsi menginstal banyak aplikasi. Semua aplikasi dan game yang tersedia di Google Play bisa Anda download dengan mudah. Berbeda dari Smart TV yang membutuhkan alat tambahan.

Tapi kalau tujuan memiliki televisi hanya untuk sekedar menonton siaran lokal, Vidio, Netflix, ataupun platform streaming film lain, Smart TV bisa jadi pilihan.

Intinya dalam memilih suatu barang, kita harus melihat fleksibilitas dan kebutuhan. Disamping itu, jangan lupakan juga spesifikasi yang ditawarkan.

Saat ini ada banyak merk Android TV dan Smart TV terbaik yang bisa Anda beli di toko elektronik maupun e-commerce Shopee dan Tokopedia.

Dengan keunggulan terhubung ke internet, memutar layanan streaming tanpa menggunakan perangkat eksternal, TV pintar jadi kebutuhan penting dalam kehidupan era digital.

Akhir Kata

Peralihan tv analog ke digital mengharuskan kita membeli perangkat elektronik baru, yaitu Set Top Box atau STB. Namun hal ini tak berlaku untuk Smart TV karena sistem di dalamnya sudah mendukung program digital.

Jadi itulah perbedaan Smart TV dan Android TV sebagai pertimbangan ketika bingung memilih mana yang lebih bagus. Kalau ada budget lebih, tak ada salahnya membeli Smart TV karena dilengkapi banyak fitur canggih.