Perbedaan VGA vs HDMI, Jenis Kabel Mana yang Lebih Bagus?

Bingung menentukan mana yang lebih bagus VGA vs HDMI? Sebagai acuan, berikut perbandingan kedua jenis kabel ini.
Perbedaan VGA vs HDMI

Perbandingan VGA vs HDMI selalu dicari untuk mengetahui mana yang lebih bagus. Pada dasarnya, kedua jenis kabel ini memiliki fungsi dan keunggulan tersendiri. Terlebih, masing-masing digunakan sebagai penghubung CPU ke monitor.

Sebenarnya VGA adalah kabel lama yang sudah jarang ditemukan, bahkan tak lagi diproduksi. Sebagai gantinya,muncul jenis baru seperti HDMI, DVI, dan DisplayPort.

Meskipun begitu, VGA masih banyak digunakan pada PC atau komputer model lama. Dengan kata lain, kabel VGA tetap jadi andalan di era digital.

Nah, bagi Anda yang bingung apa saja perbedaan VGA vs HDMI, berikut ulasan lengkap untuk mengetahui mana yang lebih bagus. Selain itu, nanti juga dijelaskan keunggulan dan kekurangan dua jenis kabel ini.

Apa itu VGA dan HDMI?

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array yang merupakan kabel penghubung antara komputer dan CPU. Rilis pada 1987, kabel ini sangat mudah dikenali karena pada bagian konektor terdapat 15 pin biru.

Sebelumnya VGA hanya mendukung resolusi 640x480 piksel, namun secara bertahap hingga tahun 2007 dikembangkan jadi Ultra Extended Graphics Array yang mampu menghasilkan resolusi 1600x1200 pixel pada monitor 15 inci.

Sementara HDMI atau High-Definition Multimedia Interface adalah standar baru di dunia komputasi. Kabel ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2002 sebagai pengganti VGA. Fitur yang disajikan HDMI mendukung resolusi HD 1920x1200 pixel.

Sebagian besar komputer atau PC model terbaru yang beredar di pasaran sudah dibekali port HDMI. Namun, VGA masih tetap dibutuhkan bila kita menggunakan teknologi jadul, seperti konsol game dan proyektor keluaran tahun lama.

Adapun perbandingan VGA dan HDMI sebagai berikut:

VGAHDMI
Bisa dikonversi ke HDMIDidukung PC modern
Hanya mampu mengirimkan videoKirim video dan audio
Maksimal refresh rate 60HzMaksimal refresh rate 240Hz
Resolusi maksimal 1600x1200 pixelResolusi maksimal 1920x1200


Selain beberapa hal di atas, ada perbedaan lain yang jelas terlihat. VGA memiliki sinyal analog, sementara HDMI sinyal digital. Artinya, VGA mengandalkan gelombang listrik untuk mengirim informasi.

Sedangkan HDMI menggunakan frekuensi dalam mengirimkan data, baik dalam keadaan hidup ataupun mati.

Berdasarkan penjelasan di atas, memang sulit mendeskripsikan lebih bagus VGA atau HDMI. Pasalnya kedua port ini digunakan untuk jenis PC berbeda, jadul dan modern.

Perbedaan VGA vs HDMI

Kalau semua pengguna PC ditanya lebih bagus VGA atau HDMI, jawabannya jelas HDMI. Karena selain digunakan untuk perangkat modern, port ini juga mempengaruhi pengalaman saat memainkan game atau memutar video.
 
Bagaimanapun juga, VGA memang masih mampu menghasilkan visualisasi pada layar monitor. Namun, resolusinya jauh lebih rendah dibandingkan HDMI yang terlihat sangat jernih.

Berikut perbedaan VGA dan HDMI untuk diketahui:

1. Jumlah Konektor

Cara membedaan HDMI dan VGA yang paling mudah adalah dengan melihat tampilan fisik. Sebagian besar VGA memiliki konektor sebanyak 15 pin dan hanya bisa dihubungkan dengan memutar skrup di kiri-kanan kepala port.

Sementara rata-rata kabel jenis HDMI memiliki 19 pin pada konektor-nya dan bisa langsung dicolok tanpa harus memutar skrup.

2. Kecanggihan Teknologi

Berikutnya perbedaan VGA dan HDMI ada di kecanggihan yang ditawarkan. Dari penjelasan di awal sudah jelas kalau HDMI membawa teknologi modern untuk menghasilkan visual yang lebih baik pada monitor PC.

Sedangkan VGA adalah kabel port jadul yang sudah “tua” dan tinggal menunggu waktu. Sebab, dalam beberapa tahun mendatang, perangkat lama akan diganti dengan yang baru, dan otomatis VGA tak lagi dibutuhkan.

3. Jenis Sinyal

Sinyal yang dihasilkan kedua kabel ini juga berbeda. HDMI mengeluarkan sinyal digital, sementara VGA sinyal analog. Dengan kata lain, untuk bisa mengubah frekuensi kabel VGA ke HDMI, pengguna harus menggunakan adaptor eksternal.

4. Resolusi

Resolusi atau grafis pada monitor juga jadi faktor yang membedakan VGA vs HDMI. Walaupun pada dasarnya VGA mampu di-push hingga 2048x1536 pixel, namun sinyal yang dihasilkan tidak akan stabil dan butuh perlakuan khusus.

Misalnya, tidak boleh ada komponen yang mengandung magnet dan panjang kabel harus disesuaikan.

Dengan kata lain, HDMI mendukung resolusi tinggi hingga 4K. Disamping itu, kualitasnya juga tidak terpengaruh oleh faktor panjang kabel dan sinyal. Terlebih, HDMI mampu mengantarkan audio dengan sangat baik.

5. Refresh Rate

Sebagai tambahan, perbedaan VGA dan HDMI selanjutnya ada di refresh rate. VGA hanya mendukung hingga 85Hz saja, sedangkan HDMI mampu memberikan resolusi 1080 pixel dengan refresh rate 240Hz.

Oleh sebab itu, perangkat PC saat ini banyak yang menggunakan kabel HDMI karena memiliki visualisasi lebih bagus dan melancarkan transisi frame saat memainkan game.

Selain itu, berkat keunggulan audio, HDMI sangat disarankan jika Anda suka menonton film di PC. Perpaduan warna dan suara yang cemerlang memberikan pengalaman lebih baik.

Akhir Kata

Kesimpulannya, tampilan visual yang dihasilkan dengan port HDMI jauh lebih bagus dari VGA. Namun, jika komputer yang Anda miliki hanya memiliki 1 port saja dan belum berencana beli baru, tak ada pilihan lain selain VGA.

Itulah ulasan lengkap tentang perbedaan VGA vs HDMI untuk mengetahui mana yang lebih bagus. Pahami juga kekurangan dan kelebihan sebelum memutuskan untuk menggunakan dua jenis kabel port ini.