11 Rekomendasi Set Top Box (STB) yang Bagus Semua Merk TV

Peralihan tv analog ke digital membutuhkan perangkat khusus bernama STB. Berikut beberapa rekomendasi Set Top Box yang bagus untuk semua merk tv.
Rekomendasi Set Top Box Terbaik

Beberapa waktu lalu pemerintah mengeluarkan kebijakan “menyuntik mati” tv analog. Dengan kata lain, masyarakat tak bisa lagi menonton semua siaran. Untungnya, ada rekomendasi Set Top Box (STB) untuk mengubah tv jadi digital.

Tentu kebijakan ini bukan tanpa sebab. Selain menangkap channel, STB juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas siaran. Sehingga masyarakat bisa menikmati tayangan yang lebih jernih dibanding tv analog.

Meskipun banyak yang kontra, lambat laun peralihan ini akan tetap terjadi. Tapi jangan khawatir, sebab banyak pilihan Set Top Box murah berkualitas. Terlebih lagi, daftar ini berdasarkan rekomendasi Kominfo.

Set Top Box itu Apa Sih?

Sebelum lanjut, mungkin sebagian dari kalian belum paham apa itu Set Top Box. Dalam artian singkat, Set Top Box atau STB adalah perangkat yang berfungsi menangkap sinyal digital untuk diubah jadi sinyal analog.

Cara kerjanya yaitu mengolah sinyal dari antena UHF, lalu output-nya menghasilkan gambar dan suara ke tv analog yang digunakan.

Selain Set Top Box, ada juga perangkat dengan fungsi serupa, yakni Android TV Box. Bedanya dengan fitur dan tayangan yang lebih lengkap. Tapi keduanya tetap mendukung akses Youtube setelah dilakukan penyetelan.

Dalam penggunaannya, Set Top Box tidak butuh parabola. Anda tetap bisa memakai antena biasa atau UHF. Jadi jika ingin beralih ke tv digital, yang perlu dibeli hanya STB saja.

Tapi perlu diketahui, pemakaian Set Top Box khusus untuk tv analog atau tabung. Kalau di rumah Anda sudah ada Smart TV, perangkat ini tak diperlukan lagi.

Saat ini STB bisa dibeli di mana saja, baik toko online maupun toko menjual peralatan elektronik. Terlepas dari itu, lebih disarankan beli di Shopee atau Tokopedia.

Kisaran harga sekitar Rp150.000 hingga Rp350.000 tergantung merk dan kualitas. Namun, kalau tergolong masyarakat kurang mampu, Anda bisa dapat Set Top Box terbaik gratis lewat program Kominfo.

Rekomendasi Set Top Box TV Terbaik

Seperti penjelasan awal, penggunaan Set Top Box tak bisa dihindari. Semua masyarakat yang ingin menikmati tayangan televisi harus memiliki perangkat ini. Meskipun jenis tv-nya jadul atau dalam bentuk tabung.

Berdasarkan rekomendasi Set Top Box (STB) terbaik yang dikeluarkan pemerintah, berikut beberapa daftarnya. Selain kualitas bagus, harga juga sangat murah!

1. Advance STP-01A Full HD TV


Daftar pertama untuk Set Top Box terbaik rekomendasi Kominfo adalah merk Advance DVB-T2. Perangkat ini dibekali fitur jempolan, tapi dengan harga murah. Resolusi 1920x1080 mampu menghasilkan tayangan yang jernih.

Salah satu fitur menarik dari STB ini adalah akses Youtube. Yaps, kita bisa memutar Youtube di tv. Dengan harga Rp249.000, Anda sudah dapat 1 paket lengkap seperti remot, kabel, dan unit STB.
 

2. Kaonsat 899 HD DVB-T2

Selanjutnya ada merk Kaonsat 899 untuk Anda yang mencari Set Top Box tv digital terbaik dan murah. Harganya cuma Rp300.000 bisa dipakai di segala jenis tv, seperti tabung, LCD, hingga LED.

STB ini dibuat khusus untuk antena digital terestrial. Meskipun harganya terjangkau, pastikan dulu di daerah Anda sudah mendukung siaran T2. Kalau belum, admin sarankan beli STB lain.

3. Evercoss STB DVB-T2


Evercross bukan hanya memproduksi smartphone, tapi juga perangkat elektronik salah satunya Set Top Box. DVB-T2 bisa Anda pilih untuk menikmati tayangan tv digital. Fitur-fiturnya cukup lengkap, bisa sambung ke Wi-Fi dan akses Youtube.

Selain itu, dengan membeli STB ini Anda mendapatkan aksesoris pendukung, yakni adapter, kabel RCA, remot, baterai, dan manual book. Harga jual di Shopee sekitar Rp279.000.

4. Tanaka T2 Sniper

Tanaka adalah salah satu Set Top Box untuk tv tabung yang bagus. Ini dapat menangkap siaran digital dari seluruh Indonesia. Terlebih lagi, ada akses khusus untuk beberapa platform, seperti WeTV, Youtube, hingga TikTok.

Bahkan Anda bisa menonton tayangan Piala Dunia 2022 lewat aplikasi Vidio yang sudah terinstal otomatis. Sementara dari segi kualitas, STB Tanaka dibekali resolusi 1080P Full HD yang jernih.

Harga STB Tanaka T2 Sniper adalah Rp245.000 – Rp255.000 di e-commerce. Kalau beli di toko elektronik mungkin sedikit lebih mahal.

5. Nagoya DVB-T2 Receiver


Dibekali ragam fitur unggulan, Nagoya Digital DVB-T2 bisa jadi pilihan kalau Anda mencari rekomendasi STB terbaik harganya murah. Tak perlu repot setting sana sini, cara memasang Set Top Box ini sangat mudah!

Pengguna hanya perlu menghubungkan STB ke tv, colok kabel antena, dan nyalakan perangkat. Setelah ini tinggal nikmati siaran dari channel RCTI, SCTV, Indosiar, hingga NET. Tentunya dengan kualitas lebih baik.

6. Venus New BRIO

Tak ketinggalan merk Venus New BRIO yang termasuk salah satu Set Top Box tv digital terbaik 2022. Harganya sangat terjangkau, yakni Rp235.000 sudah termasuk remot, kabel RCA, dan garansi 1 tahun.

Bahkan lebih dari itu, kita akan dimanjakan dengan kualitas siaran yang jernih tanpa semut ataupun bayangan. Apalagi kalau tv kalian sudah LCD (bukan tabung), bisa mengakses platform WeTV, TikTok, dan Youtube.

7. Xtreamer BIEN 3


STB terbaik memang jadi incaran banyak orang. Apalagi kalau fiturnya sangat lengkap dan harga terjangkau. Xtreamer BIEN 3 dapat jadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati siaran tv digital tanpa harus ganti tv baru.

Sebagai tambahan, Set Top Box ini mendukung banyak saluran tv lokal dan internasional. Apalagi resolusi layarnya sudah FHD 1080P, yang jernih dan nyaman di mata.

Tertarik beli? STB ini dijual seharga Rp239.000 dan bisa langsung dipasang tanpa tambahan biaya lain.

8. Akari DVB-T2

Untuk menghadirkan kenyamanan pengguna, STB Akari dibekali fitur yang mampu membuka semua saluran sekaligus. Jadi kita bisa melihat acara favorit secara bersamaan tanpa perlu ganti-ganti channel lagi.

Desain peranti simpel dan ringan membuat Set Top Box yang satu ini sangat laris di pasaran. Terlebih lagi, harganya tidak lebih dari Rp300 ribu.

9. FREEBOX H1


Bicara soal Set Top Box tv digital terbaik dan murah, mungkin Anda perlu mencoba FREEBOX H1. Ukurannya sangat kecil, sehingga tidak memakan banyak ruang. Bahkan kita bisa menggantungnya ke dinding.

Bukan hanya flexibel, fitur dan teknologinya juga tak kalah bagus dibanding STB lain. Kita bisa melakukan streaming, baik nonton film maupun menikmati konten favorit di Youtube.

Didukung pemutaran multimedia, STB FREEBOX H1 bisa Anda beli di Tokopedia atau Shopee dengan harga Rp230 ribu.

10. Visat U1 DVB-T2

Mau beli STB yang ramah di kantong dan tahan lama? Visat U1 mungkin bisa dilirik. Meskipun kurang populer, namun kualitasnya sudah teruji. Terbukti dengan rating tinggi di hampir semua toko e-commerce.

Bukan hanya mampu menayangkan siaran tv lokal, kita juga bisa mencari ribuan channel lain dari seluruh dunia. Bahkan, pembelian STB ini sudah termasuk instalasi Youtube dan platform digital lain.

11. Kubik Arca DVB-T2


Pilihan terakhir ada Kubik Arca yang juga tak kalah bagus dibanding merk STB terkenal. Harga Set Top Box tv digital terbaik yang satu ini sangat terjangkau, hanya Rp235 ribu sudah termasuk aksesoris pendukung.

Perangkat ini direkomendasikan oleh Kominfo karena dibekali EMS (Early Warning System) yang merupakan fitur untuk mendeteksi getaran gempa dan peringatan tsunami.

Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo

Bukan sekedar mengeluarkan kebijakan tv digital, pemerintah melalui Kominfo juga membuat rencana Set Top Box gratis. Dengan begitu, masyarakat tetap bisa menikmati tayangan tanpa perlu beli televisi baru.

Namun, distribusi STB gratis ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu. Kalau Anda termasuk satu di antaranya, simak cara mendapatkan Set Top Box tv digital Kominfo di bawah ini.

Adapun kriterianya sebagai berikut:

  1. Hanya keluarga dengan tingkat kemiskinan ekstrim
  2. Nama kepala keluarga & alamat tercantum di DTKS Kemensos
  3. Sudah melalui tahap verifikasi P3KE Kemenkopmk
  4. Validasi oleh pemerintah kota/kabupaten
  5. Tempat tinggal berada di wilayah terdampak suntik mati tv analog

Apabila Anda memenuhi semua kriteria di atas, langkah berikutnya tinggal ajukan pendaftaran melalui mekanisme berikut.

  • Pertama akses situs https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/
  • Pada bagian Cek Penerima Bantuan STB, masukkan NIK dan ketik kode Captcha
  • Lalu klik tombol Pencarian
  • Bila nama Anda muncul, selanjutnya hubungi Call Center 159
  • Selain itu bisa juga datang ke Posko Respons Cepat Penganganan Bantuan STP
  • Pastikan Anda membawa e-KTP dan KK asli ke lokasi

Meskipun kebijakan suntik mati tv analog ini berdampak di seluruh Indonesia, namun posko Kominfo hanya ada di DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor.

Kalau Anda tinggal di wilayah selain kota-kota tersebut, dengan sangat disayangkan harus membeli STB pakai uang pribadi. Gunakan rekomendasi di atas kalau masih bingung mana Set Top Box terbaik untuk semua merk tv.

Akhir Kata

Dengan kebijkan pemerintah, tak ada cara lain bagi masyarakat yang tetap ingin menonton tv. Tapi sebenarnya ini bukan masalah serius, sebab harga STB tergolong sangat murah. Bahkan pemakaiannya tanpa biaya langganan.

Demikian beberapa rekomendasi Set Top Box terbaik untuk semua merk tv. Tapi kalian harus tahu kalau harga menentukan kualitas. Sebaiknya pilih STB yang tidak terlalu murah agar tidak cepat rusak.