11 Aplikasi RAR Terbaik untuk Buka File di HP Android 2023

Ada banyak aplikasi RAR terbaik di hp Android untuk membuka file dengan format WinRAR maupun WinZIP. Yuk simak rekomendasinya di artikel ini.
Aplikasi RAR Terbaik di HP Android

Aplikasi RAR Android sangat penting bagi Anda yang sering berhubungan dengan file berformat RAR/ZIP. Kalau aplikasi ini tak terinstal, file yang dikirim tidak akan bisa dibuka. Sehingga mau tak mau harus menggunakan laptop.

Cara kerja aplikasi ini adalah mengekstrak file ke dalam format sesuai berkas aslinya. Di laptop atau PC kita tinggal klik kanan dan pilih “Extract here”. Namun, kebanyakan hp Android tidak mendukung file WinRAR/WinZIP.

Dengan kata lain, kita harus download aplikasi tambahan agar bisa mengompres file tersebut. Untungnya, ada banyak aplikasi RAR terbaik yang dapat Anda manfaatkan gratis. Yuk simak rekomendasi di bawah ini.

Daftar Aplikasi RAR Terbaik

Kalau Anda sering buka PC atau laptop, pasti sering melihat file dengan format RAR/ZIP. Ketika menemukan jenis file tersebut di hp, sebagian besar dari kita pasti bingung bagaimana cara bukanya.

Tapi tak perlu khawatir, saat ini perkembangan teknologi mempermudah manusia melakukan ragam hal. Sesuai fungsi dan manfaatnya, berikut beberapa aplikasi RAR terbaik untuk ekstrak file di Android.

1. AndroZIP

Dikembangkan oleh AFG Labs, AndroZIP adalah salah satu aplikasi RAR terbaik saat ini. Di Google Play jumlah unduhannya ada jutaan pengguna, dan pasti akan terus bertambah karena ragam fitur yang ditawarkan.

Bukan hanya mengekstrak file RAR atau ZIP saja, aplikasi ini memungkinkan kita mengompresi, menyalin, dan menghapus file. Bahkan juga bisa untuk back up data yang tersimpan di hp Android.

2. 7 Zipper

Seperti daftar sebelumnya, 7 Zipper juga berfungsi untuk membuka file format RAR dan ZIP. Aplikasi ini lebih dulu populer di perangkat PC berbekal fitur menawan. Anda bisa mengekstrak file dengan sangat mudah, dan tentunya gratis!

3. ZArchiver

Cara buka RAR di hp juga bisa menggunakan ZArchiver. Aplikasi ini sangat populer di Google Play karena menawarkan fitur terbaik. Ada banyak format file yang tersedia, mula dari ZIP, GZIP, TAR, 7zip, hingga XZ.

Keunggulan ZArchiver ada pada fleksibilitas. Pengguna bebas melakukan pengeditan pada semua format file. Tentu saja ini sangat bermanfaat, apalagi semua fitur dapat dinikmati gratis tanpa berlangganan.

4. Archiver B1

Selanjutnya ada Archiver B1 yang bisa Anda pilih kalau ingin membuka ragam format. Aplikasi ini mendukung file RAR, ZIP, hingga B1. Selain fitur di dalamnya juga sangat lengkap, pengguna tak akan kesulitan saat mengekstrak file.

Untuk cara download aplikasi RAR Android ini, Anda bisa buka Playstore dan cari “Archiver B1” di kolom pencarian. Nanti aplikasinya muncul di barisan atas.

5. RAR

RARLAB sebagai developer aplikasi terkemuka menghadirkan “RAR” yang berfungsi untuk mengekstrak file di Android. Sesuai namanya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini jika ingin buka file RAR atau ZIP.

Bukan hanya itu, RAR juga mendukung format lain seperti TAR, BZ2, 7z, ARJ, hingga ISO. Tak perlu khawatir dengan keamanannya, aplikasi RAR di hp ini cukup populer dan tak ada keluhan dari pengguna Android.

6. Easy Unrar, Unzip & Zip

Easy Unrar atau aplikasi RAR gratis yang menawarkan ragam fitur terbaik. Dengan ini, Anda bisa mengekstrak file apapun di Android. Bahkan juga mengubah file JPEG ke RAR dan memproteksinya pakai password.

Tertarik? Silahkan unduh langsung di PlayStore. Tapi pastikan tertulis developer RbigSoft dan ada 136 ribu ulasan dengan jumlah unduhan sebanya 10 juta.

7. Simple Unrar

Mencari aplikasi RAM di hp terbaik? Coba deh pakai Simple Unrar. Berbekal fitur unggulan, aplikasi dari Resonance Lab ini mampu mengekstrak file ZIP hingga RAR di perangkat Android. Terlebih, ukuran APK-nya cuma 4,8MB!

Fitur yang termasuk di dalam aplikasi antara lain melihat informasi file, ekstrak file RAR yang diproteksi password, serta mendukung file dengan size lebih dari 2GB.

8. WinZIP – Zip UnZip Tool

WinZIP dibekali ragam fitur untuk memudahkan pengguna mengekstrak file yang tidak bisa dibuka di hp Android. Aplikasi ini juga tersedia untuk laptop. Tentunya dengan fitur yang lebih simpel sehingga tak membebani perangkat.

Menariknya, aplikasi ini sudah terenkripsi AES 256 sehingga keamanan file terjamin. Namun, fitur ini hanya bisa diakses jika berlangganan Premium.

Terlepas dari itu, tak ada masalah di fitur lainnya. Pengguna bebas melakukan ekstrak file terutama dengan format RAR dan ZIP.

9. Zipify

Rekomendasi aplikasi RAR terbaik yang wajib dicola adalah Zipify. Seperti daftar sebelumnya, ada berbagai keunggulan di aplikasi ini. Salah satu yang utama mampu membuka dokumen foto, video, hingga PDF di dalam file RAR.

Tak perlu khawatir kehabisan memori Android, ukuran aplikasi Zipify tak lebih dari 9MB. Hanya saja, versi gratis Zipify kurang nyaman karena ada banyak iklan. Kalau mau berlangganan, biayanya cukup terjangkau, sekitar Rp32.000.

10. AZIP Master

AZIP Master layak masuk daftar aplikasi buka file RAR terbaik di Android. Pasalnya, Innosoft Global selaku developer membekali setumpuk fitur gratis. Selan ekstrak file RAR, aplikasi ini juga bisa mengompres video dan file ZIP.

Dengan fungsi yang optimal dan interface simpel, AZIP Master wajib dicoba bagi Anda yang sering berhadapan dengan file WinRAR/WinZIP.

Tak perlu khawatir dengan hasil ekstrak, AZIP Master akan menjaga kualitas foto dan video tanpa menambah ukuran file. Segera download aplikasinya di Playstore gratis!

11. ALZip – File Manager & Unzip

Terakhir, ALZip – File Manager & Unzip bisa jadi opsi aplikasi RAR terbaik di Android. Alasannya, tampilan aplikasi sangat simpel sehingga mudah mengekstrak file. Bahkan, kita tinggal drag and drop dokumen tanpa harus bikin folder baru.

Disamping mudah digunakan, ALZip juga mendukung semua jenis file. Keunggulan lainnya Anda tak akan terganggu dengan iklan, hal yang jarang ditemukan di aplikasi gratis.

Cara Menggunakan Aplikasi RAR di Android

Setelah tahu rekomendasi aplikasi RAR di Android terbaik, mungkin masih ada yang bingung cara menggunakannya. Inti dari segala inti, cara buka file RAR di hp sangatlah mudah. Terlebih lagi, kita tak perlu bayar alias gratis.

Berikut cara membuka file dengan format RAR di Android:

  • Pertama download salah satu aplikasi di atas
  • Jika sudah, buka aplikasinya
  • Lalu pilih file yang ada di File Manager
  • Selanjutnya klik Ekstrak
  • Tunggu hingga proses selesai > klik OK
  • File akan terpisah dari format RAR/ZIP

Kalau masih bingung, berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna ketika dihadapkan dengan file format RAR atau ZIP.

1. Apakah file RAR bisa di Android?
Bisa, tapi harus mengunduh aplikasi tambahan yang bisa ditemukan di Google Play

2. RAR dan ZIP apa bedanya?
Secara definisi tak jauh berbeda, namun ZIP hanya mampu mengompresi file maksimal 2 GB saja. Sementara RAR bisa sampai 8.589.934.591 GB.

3. Buka ZIP pakai aplikasi apa?
Bisa pakai salah satu aplikasi RAR terbaik di atas. Rekomendasi admin ZArchiver.

4. Bagaimana cara buka RAR di hp?
Download dan install aplikasi RAR untuk Android, bisa coba ZArchiver.

Akhir Kata

Untuk memudahkan pengguna membuka file RAR/ZIP, developer menghadirkan aplikasi ekstrak file. Dengan begitu, kita tak perlu susah payah memindahkan file ke laptop atau PC. Tinggal download APK-nya dan gunakan secara gratis!

Banyak sekali aplikasi RAR terbaik di hp Android yang bisa digunakan. Kalau bingung, Anda bisa coba satu persatu atau pilih rekomendasi Phonesable.com yaitu ZARchiver. Banyak fitur unggulan dan tentunya aman di hp Xiaomi, Samsung, Oppo, hingga Vivo.