22 Game PC Ringan RAM 1GB & 512MB yang Bisa Offline 2023

Mau main GTA V atau eFootball PES tapi spesifikasi komputer rendah? Yuk coba mainkan game PC ringan RAM 1GB dan 512MB yang bisa offline berikut.
Game PC Ringan RAM 1GB

Ada banyak game PC ringan RAM 1GB untuk dimainkan. Bahkan, tak sedikit pula yang kompatibel di PC RAM lebih rendah, 512MB contohnya. Grafik yang dihadirkan memang kurang bagus, namun kita bisa bernostalgia dengan gameplay-nya.

Tren memainkan game ringan offline bukan hanya ada di perangkat mobile, di PC juga masih sangat diminati. Alasannya tentu karena game keluaran baru membutuhkan spesifikasi PC tinggi.

Kalau PC atau laptop yang Anda gunakan belum mampu memainkan game GTA V ataupun FIFA22, tak ada salahnya mencoba game ringan.

Dari segi gameplay dan grafik mungkin kalah jauh, tapi masih tetap seru, kok! Penasaran apa saja daftar game PC ringan RAM 1GB? Yuk simak rekomendasi di bawah ini.

Daftar Game PC Ringan RAM 1GB dan 512MB

Bicara soal game, saat ini ada banyak genre mulai dari balapan, olahraga, petualangan, hingga RPG. Tentunya masing-masing punya ciri khas. Tapi yang jelas, semua genre pasti ada peminat, bahkan untuk yang kurang populer.

Berikut beberapa game PC ringan RAM 1GB yang bisa Anda mainkan secara offline:

1. Grand Theft Auto: San Andreas

Pastinya tahu dong sama game yang satu ini? Yaps, GTA San Andreas begitu populer dan diminati lintas generasi. Hampir semua orang dewasa, remaja, hingga anak-anak pernah memainkan game bertemakan aksi-petualangan ini.

GTA San Andreas adalah game legendaris yang dikembangkan oleh Rockstar. CJ atau Carl Johnson jadi karakter utama yang harus menyelesaikan ragam misi. Bukan hanya di PC, sekarang juga sudah merambah di perangkat mobile.

> Genre: Aksi-petualangan
> Spesifikasi PC: Pentium 3
> RAM: 512MB

2. Torchlight 2

Kalau Anda pernah main DOTA, pasti familiar dengan Torchlight 2. Secara konsep dua game ini cukup mirip. Bedanya, Torchlight 2 memiliki ragam mode yang menantang. Kita bisa main offline atau single player dengan koneksi internet.

> Genre: RPG
> Spesifikasi PC: Pentium 4 1.4GHz
> RAM: 1GB

3. Need For Speed: Most Wanted

Selanjutnya ada Need For Speed: Most Wanter edisi 2005. Game PC ringan RAM 512MB ini memang sangat jadul, namun masih cukup seru dimainkan. Bukan hanya fokus pada balapan mobil, namun daya tarik game ini juga ada di alur ceritanya.

NFS Mos Wanter memiliki tingkatan level, dimana masing-masing level menghadirkan kesulitan berbeda. Kita diharuskan mengalahkan 15 musuh di arena balap. Kalian bisa mengaktifkan NOS agar akselerasi mobil lebih kencang.

> Genre: Balapan mobil
> Spesifikasi PC: Intel Pentium 4 1.4GHz
> RAM: 512MB

4. MoH: Airborne

Memiliki konsep serupa dengan Call of Duty, Medal of Honor Airbone wajib Anda coba kalau suka game perang. Hanya butuh PC Pentium 4, game ini sudah bisa dimainkan. Bahkan, minimum RAM-nya 1GB saja.

MoH: Airbone bercerita tentang misi seorang prajurit perang. Selain mengalahkan musuh dan mendapatkan bonus, kalian juga disuguhi jalan cerita menarik dengan POV karakter utama.

> Genre: Aksi-perang
> Spesifikasi PC: Intel Pentium 4 2.8GHz
> RAM: 1GB

5. World Rally Championship 4

Di daftar ke-5 Phonesable.com merekomendasikan WRC4 sebagai game PC ringan RAM 1GB yang bisa offline. Rilis tahun 2013, game ini menghadirkan konsep balapan Rally di lintasan atau track dari 13 negara berbeda.

World Rally Championship 4 memungkinkan pengguna memilih jenis mobil. Ada lebih dari 65 mobil dengan tampilan dan kecepatan berbeda. Kalau tertarik, Anda bisa download di PC spek Pentium 4 dengan RAM 1GB.

> Genre: Balapan mobil
> Spesifikasi PC: Intel Pentium 4 2.4GHz
> RAM: 1GB
 

6. NBA 2K14

Suka dengan game basket di PC? Yuk coba download NBA 2K14. Meskipun termasuk jadul, namun gameplay-nya masih tetap seru. Apalagi ada banyak mode yang bisa dimainkan , seperti MyCareer, MyTeam, hingga MyGM.

NBA 2K14 termasuk game PC ringan RAM 1GB yang tak butuh koneksi jaringan. Dengan kata lain, Anda bebas memainkannya meskipun tidak ada kuota internet.

> Genre: Basketball
> Spesifikasi PC: Pentium 4 2.8GHz
> RAM: 1GB

7. PES 2013

Siapa yang suka game bola? PES 2013 bisa jadi pilihan untuk di-download. Meskipun saat ini sudah ganti nama jadi eFootball, namun game ini masih memiliki daya tarik. Selain gameplay yang bagus, kontrolnya juga cukup mudah.

Sebagai salah satu game PC ringan RAM 1GB, PES 2013 kompatibel di perangkat spesifikasi CPU Intel Pentium 4. Tapi, Anda harus menggunakan joystick agar lebih mudah mengontrol pemain.

> Genre: Sepakbola
> Spesifikasi PC: Intel Pentium 4 2.4GHz
> RAM: 1GB

8. Half-Life 2

Konsep yang seru dan cukup “gelap” membuat Half-Life 2 begitu populer beberapa tahun lalu. rekomendasi game PC ringan RAM 1GB ini memiliki alur cerita yang kuat, dengan Gordon Freeman sebagai karakter utama.

Tugas Anda adalah menyelesaikan misi untuk menyelamatkan dunia dari serangan musuh. Kalau tertarik, Anda bisa download di platform resmi secara gratis.

> Genre: First-person Shooter
> Spesifikasi PC: Intel Pentium 4 1.7GHz
> RAM: 512MB

9. Prince of Persia Sands of Time

Prince of Persia Sands of Time juga masuk jajaran game PC ringan RAM 1GB. Ubisoft selaku developer merilis game ini pada 2003 dengan konsep aksi. Anda bisa download di PC kentang karena size-nya cuma 300MB saja.

Kalau suka game bertemakan aksi petualangan, Prince of Persia wajib banget dicoba. Terlebih, untuk ukuran game jadul, grafiknya masih terbilang bagus.

> Genre: Aksi
> Spesifikasi PC: Intel Pentium D 2.6GHz
> RAM: 1GB

10. Burnout Paradise

Bertemakan racing, Burnout Paradise adalah salah satu game PC ringan offline yang sangat seru. Tak butuh PC atau laptop mewah, game ini kompatibel di perangkat dengan spesifikasi minimal RAM 1,5GB dan CPU Pentium 4 2.8 GHz.

Konsep gimnya cukup simpel, Anda harus menghancurkan mobil lain untuk jadi pemenang. Disamping itu, ada juga mode lain yang pastinya tak kalah seru.

> Genre: Racing
> Spesifikasi PC: Intel Pentium 4 2.8GHz
> RAM: 1,5GB

Alternatif Game PC Ringan RAM di Bawah 1GB

Selain 10 daftar di atas, Anda juga bisa mencoba memainkan kumpulan game PC ringan gratis berikut ini. Spesifikasi perangkat yang dibutuhkan tidak lebih dari RAM 1GB saja.

Nama GameSpesifikasi PC
MotoGP 2Pentium II RAM 32MB
Max Payne 2Pentium III RAM 256 MB
Mafia IPentium III RAM 128MB
Hitman 2Pentium 3 RAM 128MB
IGI 2 Cover StrikePentium III RAM 128MB
Road RashPentium III RAM 32MB
X-Men Origins: WolverinePentium 4 RAM 1GB
Far Cry 2Pentium 4 RAM 1GB
Trackmania 2 CanyonPentium 4 RAM 1GB
Left 4 DeadPentium 4 RAM 1GB
Ghost Recon: Future SoldierPentium D 3.0GHz RAM 1GB
Dead IslandIntel Core 2 Duo RAM 1GB

**semua game di atas bisa di-download gratis

Akhir Kata

Saat ini pilihan game semakin beragam, ada genre aksi, petualang, balapan, hingga simulasi. Bukan hanya menyajikan gameplay menawan, tapi juga dibekali fitur dan grafik mengagumkan.

Itulah beberapa rekomendasi game PC ringan RAM 1GB dan 512MB. Meskipun ringan, game-nya tetap seru dan menantang. Bahkan, kita tak perlu koneksi internet atau bisa offline untuk memainkannya.