Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung 2023 (Semua Tipe)

Khawatir data penting di smartphone dilihat orang lain? Yuk segera lakukan cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung agar privasi tetap aman.
Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung penting diketahui semua orang. Terutama bagi pengguna yang ingin menjaga privasi. Repot kan kalau orang lain membuka aplikasi dengan data penting di dalamnya?

Bukan hanya Samsung saja, semua merek hp pasti memiliki fitur Hidden App. Ini sangat penting agar keamanan data pengguna terjaga. Misalnya ketika hp Samsung hilang, otomatis pencuri tidak bisa mengakses data di aplikasi yang dikunci.

Lantas, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung? Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan, pertama lewat menu Pengaturan dan kedua menggunakan APK tambahan dari Google Play.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Metode pertama yang paling mudah adalah via fitur bawaan hp Samsung. Dalam hal ini Anda tinggal buka menu Settings atau Pengaturan. Nanti ada opsi untuk menyembunyikan aplikasi tertentu, dan hanya bisa dibuka dengan kata sandi.

Kalau masih bingung, berikut cara sembunyikan aplikasi di Samsung:

  • Pertama klik Home Screen Settings
  • Selanjutnya pilih Pengaturan
  • Lalu klik opsi Hide Apps > pilih aplikasi apa saya yang hendak disembunyikan
  • Terakhir klik Selesai atau Done

Sementara jika Anda ingin memunculkan kembali aplikasinya, tinggal masuk saja ke menu Hide Apps. Nanti terlihat ikon (-) minus yang berfungsi untuk menghapus APK dari daftar tersembunyi.

Sembunyikan Aplikasi via Secure Folder

Selain lewat menu Settings, masih ada cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung yang tak kalah mudah. Metode ini diyakini lebih aman karena kita bebas mengunci aplikasi menggunakan keamanan PIN ataupun fingerprint.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama buka menu Settings atau Pengaturan dalam bahasa Indonesia
  • Selanjutnya cari Biometrik > Biometrik dan Keamanan
  • Kemudian telusuri menu yang muncul dan pilih Secure Folder
  • Lalu setujui proses aktivasi
  • Atur password atau PIN yang nantinya digunakan untuk membuka aplikasi
  • Terakhir, pindahkan aplikasi yang mau dikunci ke Secure Folder

Sampai tahap ini cara menyembunyikan APK di hp Samsung Galaxy sudah selesai. Sangat mudah, kan? Metode di atas bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan.

Cara Sembunyikan Aplikasi Samsung Pakai APK Tambahan

Metode kedua yang bisa Anda coba adalah menggunakan aplikasi tambahan. Meskipun cukup merepotkan, namun ini opsi terbaik bila menu Pengaturan di hp sudah error atau tidak bisa diakses dengan sempurna.

Aplikasi yang dimaksud adalah AppLock Pro, Hide App, dan Nova Launcher. Selain tiga daftar ini, sebenarnya masih banyak aplikasi lain. Tapi ketiganya menawarkan fitur lebih lengkap.

Berikut cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung pakai APK tambahan:

1. AppLock Pro

Applock Pro dikembangkan oleh Eywin Apps. APK satu ini memungkinkan kita mengamankan aplikasi yang ada di hp dengan password atau PIN. Fitur untuk dinikmati di antaranya Lock apps, Spy camera, hingga Fake error message.

Selain itu, AppLock Pro juga sudah didukung Fingerprint lock sehingga pengguna tak perlu susah payah memasukkan password saat ingin membuka aplikasi.

2. Hyde

Sesuai namanya, Hyde mampu mengamankan data maupun file. Cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung dengan Hyde sangat mudah. Kita tinggal memanfaatkan fitur Lock dua kali klik. Secara otomatis aplikasi akan terkunci.

Dengan tools Hyde, semua aplikasi yang ada di perangkat bersifat pribadi. Hanya pengguna dengan akses password yang bisa membukanya.

3. App Hider

Selanjutnya ada App Hider yang cukup populer di Play Store. Dengan 10 juta unduhan dan 413 ribu ulasan, APK ini bisa diandalkan untuk sembunyikan aplikasi hp Samsung Anda. Bahkan di semua tipe, seperti J2 Prime, A10, A20, A02s, hingga A01.

Cara kerja App Hider sangat sederhana, Anda tinggal pindahkan aplikasi yang ingin disembunyikan ke App Hider. Jika sudah, hapus aplikasinya dari layar Home.

Selain menyembunyikan aplikasi, App Hider juga punya fitur untuk menggandakan aplikasi atau clone. Anda bisa mengakses beberapa akun Facebook ataupun WA dari satu perangkat.

Akhir Kata

Privasi adalah tanggung jawab kita sendiri. Apalagi saat ini hampir semua orang menyimpan data penting di smartphone. Tentu saja kalau tidak diamankan, potensi pelanggaran ruang privat maupun pencurian data bisa terjadi.

Demikian ulasan lengkap cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung semua tipe. Masing-masing metode sama baiknya, namun lebih simpel kalau kalian memanfaatkan fitur bawaan Samsung yaitu lewat menu Pengaturan.