Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas, Lakukan Langkah Mudah Ini

Jika pernah mengalami masalah pengisian daya pada perangkat, berikut beberapa cara mengatasi hp tidak bisa dicas dengan mudah dan cepat.
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas

Hampir setiap orang tak lepas dari yang namanya smartphone. Gadget yang dapat disaku ini merupakan alat yang sering digunakan di seluruh dunia. Pada konten kali ini, Phonesable.com mau bahas cara mengatasi hp tidak bisa dicas.

Sebagian dari kita pasti pernah mengalami pengisian daya pada hp tidak berfungsi. Tentunya hal ini sangat tidak menyenangkan jika baterai hp sekarang namun tidak bisa di-charge.

Jika kalian pernah mengalami masalah pengisian daya pada hp, biasanya kendala ini datang dari dua hal, yakni Hardware dan Software. Tapi jangan khawatir, artikel ini akan jelaskan secara lengkap penyebab dan cara mengatasi hp tidak bisa dicas.

Penyebab HP Tidak Bisa Dicas

Sebenarnya ada beberapa masalah yang menjadi penyebab hp gagal mengisi daya. Sebelum menyimpulkan, kita harus tahu kemungkinan yang bisa terjadi. Misalnya, baterai mengisi daya tapi lambat atau sama sekali tidak terjadi pengisian.

Ketika hp dicas tapi tidak mengisi, ada dua masalah yang paling umum:

Hardware

Terjadi kerusakan pada kabel adaptor, socket, atau pada adaptor itu sendiri
Kerusakan pada port charger yang berada di hp, sehingga daya tidak dapat masuk atau berhasil mengisi tapi sangat lambat

Software

Kerusakan pada software pengisian daya – Untuk mengisi daya tidak hanya melibatkan hardware, tetapi juga software yang terpasang. Misalnya saja USB Driver.

Smartphone juga butuh software untuk mendeteksi ketika ada daya yang masuk. Sehingga jika gagal mendeteksi daya, maka pengisian tidak akan masuk.

Aplikasi yang terpasang pada hp – Terkadang aplikasi akan membuat kinerja perangkat jadi berat dan boros baterai. Selain itu tidak ada jaminan aplikasi dari Google Play sepenuhnya aman. Bisa jadi menguras banyak daya.

Versi OS kadaluwarsa – Smartphone perlu di-update ke OS versi yang lebih baru. Jika hp kita sekiranya butuh melakukan update, sebaiknya langsung diperbarui. Karena terkadang masalah dapat mengakibatkan kegagalan pengisian daya.
 

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas

Smartphone adalah gadget yang paling sering digunakan dan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Tak heran, semua orang menjaga dan mengupayakan perangkat satu ini tetap awet. Tetapi daya baterai hp tidaklah lama.

Apalagi jika sering dicas dalam waktu singkat. Seiring berjalannya waktu, kesehatan baterai akan berkurang dan mengakibatkan ion baterai rusak.

Jika hal tersebut terjadi, berikut beberapa cara mengatasi baterai hp tidak bisa dicas.

1. Restart Perangkat

Cara mengatasi hp dicas tapi tidak mengisi yang pertama adalah melakukan restart ulang. Jika penyebabnya adalah masalah kecil atau sedikit eror pada sistem, tentu setelah dinyalakan kembali hp akan kembali normal.

Namun perlu diketahui, setelah hp dimatikan jangan langsung dinyalakan kembali. Tunggu perangkat istirahat sejenak paling tidak 5 menitan atau sampai suhu perangkat dingin, setelah itu cobalah nyalakan kembali.

2. Cek Kabel USB dan Adaptor

Masalah paling mendasar biasanya datang dari kabel USB dan juga adaptor yang kita gunakan. Kabel USB sering sekali bermasalah karena terlipat atau bahkan kabelnya mengelupas.

Jika kabel USB kalian mengalami masalah, sebaiknya beli USB dengan merek yang sama atau USB original agar bisa digunakan tanpa masalah. Selain itu, ada baiknya jangan gunakan kabel USB dengan merek sembarangan.

Setelah kabel USB, kalian juga harus memeriksa adaptor. Karena pemakaian yang salah, power adaptor biasanya tidak dapat menyalurkan daya dengan baik sehingga hp tidak bisa dicas dengan maksimal.

Cara melakukan pengecekan sangat sederhana, kita bisa gunakan charger lain dengan merek dan jenis yang sama. Selain itu, perhatikan arus adaptornya, karena setiap adaptor memiliki arus yang variatif, dari 1 Ampere (A) hingga 2 Ampere.

Jika metode ini berhasil, maka sudah dipastikan kabel USB atau adaptor yang kalian gunakan bermasalah.

3. Periksa Port USB

Terkadang para pengguna hp sering buru-buru mencabut kabel charger dari port USB. Karena terlalu keras atau kasar dalam mencabut, tanpa disadari dapat merusak port USB atau lubang colokan di hp kamu.

Untuk cara mengatasi hp tidak bisa dicas, sebaiknya jangan langsung coba membongkar atau memperbaikinya sendiri. Periksalah kartu garansi untuk bisa diganti oleh toko resmi atau tempat kamu beli hp tersebut.

4. Periksa Kondisi Baterai

Biasanya baterai yang rusak memiliki kondisi fisik yang tidak lazim seperti bergelembung atau ada lecet sehingga baterai bocor. Untuk melakuakan pengecekan, tentu saja hanya hanya bisa dilakukan di baterai removable atau bisa dibongkar pasang.

Untuk hp baterai tanam atau non-removabel, tentu saja kita harus membawa ke tempat service resmi untuk melakukan pengecekan. Perlu diketahui juga, jangan membuka segel hp sendiri karena klaim garansi akan hangus.

5. Gunakan Aplikasi untuk Cek Kondisi Baterai

Aplikasi untuk mendeteksi kesehatan baterai saat ini sudah ada banyak sekali. Aplikasi deteksi pengisian daya juga bisa mendeteksi masalah. Sehingga akan sangat berguna untuk mengetahui lebih dini kesehatan baterai hp kita.

Dalam memilih aplikasi, sebaiknya kita melihat review dan rating yang diberikan. Karena tak sedikit juga aplikasi yang tidak aman atau sekedar gimmick.

Berikut ini adalah aplikasi terbaik untuk memeriksa kesehatan baterai hp:

  • Ampere
Aplikasi ini sangat berguna sekali untuk mengetaui seberapa besar kapasitas baterai dalam menampung daya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi arus yang digunakan perangkat.

Hal ini sangat berguna untuk melihat masalah dari baterai apakah masih bisa digunakan dengan baik atau sudah harus diganti.

  • Repair Battery Life PRO
Aplikasi ini sangat terkenal sekali dan sering digunakan sebagai cara mengatasi hp tidak bisa dicas. Repair Battery Life Pro juga bisa digunakan untuk kalibrasi ulang sehingga dapat mengembalikan performa baterai.

Selain itu, aplikasi satu ini juga dilengkapi dengan fitur pengecekan suhu, arus dan sisa daya baterai.

  • Battery Life
Battery Life memiliki fitur yang sangat mudah digunakan oleh pemula. Aplikasi ini dapat mendeteksi penurunan kinerja baterai. Selain itu juga dapat melihat arus yang tersimpan dalam baterai kita dalam hitungan mAh, sehingga lebih akurat.

Battery Life juga memiliki fitur tambahan untuk melakukan uji perangkat dan clean memory untuk membantu memperingan hp HP sehingga dapat mengurangi penggunaan daya.

Akhir Kata

Untuk mengatasi lebih jelas tentang permasalahan pengisian daya pada hp kita, sebaiknya kalian bawa ke service center resmi. Sehingga kalau ditemukan masalah, mereka bisa langsung memperbaiknya.

Demikian ulasan lengkap tentang cara mengatasi hp tidak bisa dicas dan masalah yang mendasarinya. Jadi, kita harus lihat dari segala faktor karena kerusakan bisa meliputi software atau hardware. Semoga bermanfaat!