Cara Menyalin Link Akun Instagram Sendiri di HP dan Browser

Berikut ulasan lengkap tentang cara menyalin link akun Instagram sendiri dan membagikannya ke Twitter atau media sosial lain.
Cara Menyalin Link Akun Instagram Sendiri

Karena letak tombol Share yang tersembunyi, banyak user yang tidak tahu cara menyalin link Instagram sendiri. Sehingga mereka kesulitan saat hendak membagikan postingan foto, video, maupun URL akun.

Instagram mengizinkan user untuk membagikan segala jenis postingan ke media sosial lain, termasuk Twitter, Facebook, hingga Whatsapp. Tentunya ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi.

Pada dasarnya, cara menyalin link akun Instagram sendiri sangat mudah. Hanya saja di versi aplikasi butuh trik untuk mendapatkan tautan akun. Berbeda dari versi web yang tinggal copy-paste saja.

Nah, bagi yang belum tahu cara salin link-nya, di artikel ini Phonesable akan jelaskan panduan lengkap. Pastikan simak sampai tuntas, ya!

Cara Menyalin Link Akun Instagram Sendiri

Ketika ada orang yang minta link akun Instagram kamu, mungkin timbul rasa kebingungan karena di aplikasi IG tidak ada opsi salin tautan. Namun bukan berarti tindakan ini mustahil, kita tetap bisa membagikan link profil Instagram.

Berikut beberapa cara menyalin link Instagram sendiri lewat aplikasi mobile dan website:

1. Salin Link Lewat Aplikasi

Perlu diketahui, tautan profil Instagram kita terdiri dari tiga bagian, yaitu URL (www.instagram.com), tanda miring (/), dan username. Jadi, jika username kamu misalnya @phonesable, maka link profil IG adalah www.instagram.com/phonesable.

Jadi, setiap kali butuh link Instagram untuk dibagikan, kamu tinggal ketik URL, garis miring, dan username. Tidak perlu menyalin karena memang opsi Share tautan profil sendiri belum tersedia.

Nah, apabila tidak tahu atau lupa nama pengguna Instagram kamu, ada beberapa langkah untuk mengetahuinya.

  • Pertama buka aplikasi IG, baik di Android maupun iPhone
  • Lalu masuk ke menu Profil
  • Di bagian atas kalian bisa melihat nama pengguna
  • Tinggal diingat saja username-nya
  • Ketik di belakang URL jadi www.instagram.com/username

Sampai tahap ini cara salin link akun IG sendiri sudah selesai. Selanjutnya bagikan ke teman atau media sosial tujuan. Intinya kamu tinggal ketik username saja, tidak perlu copy link.

2. Salin Link di Instagram Web

Berbeda dari versi aplikasi, cara menyalin link Instagram sendiri lewat web lebih mudah. Pertama kamu tinggal buka www.instagram.com di browser Chrome atau Firefox. Kemudian login menggunakan email dan password.

Selengkapnya simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Setelah berhasil login, buka menu Profil
  • Letaknya ada di bagian kanan bawah, ditandai dengan lingkaran foto
  • Coba lihat di bar pencarian browser
  • Di sana tertera URL profil seperti https://instagram.com/username
  • Kemudian tinggal copy saja URL-nya
  • Terakhir bagikan dengan cara paste ke kolom komentar medsos atau chat Whatsapp

Jadi, contoh link Instagram seperti yang admin jelaskan di atas. Berisi perpaduan URL, garis miring, dan nama pengguna. Sangat simpel, kan? Sekarang kamu tak perlu bingung lagi bila ingin membagikan link IG sendiri.

Cara Copy Link Postingan Foto & Reel

Sedikit melenceng dari pembahasan utama, tapi admin yakin banyak juga pengguna yang belum tahu cara copy link postingan, baik itu foto, video, maupun Reel. Oleh karena itu, sekalian admin jelaskan tutorialnya.

Sekedar informasi, agar postingan dapat dibagikan oleh pengguna lain, kamu harus setting privasi akun ke Publik. Kalau di-private, artinya orang tidak bisa mengakses akun.

Adapun cara share link akun Instagram sendiri untuk postingan foto, video, dan Reel sebagai berikut:

  • Buka Instagram kamu, bebas mau lewat hp ataupun browser
  • Cari postingan yang mau dibagikan
  • Kalau kamu buka akun IG lewat broswer, tinggal salin link di bar pencarian
  • Sementara kalau via hp sedikit lebih rumit
  • Di bagian postingan klik titik tiga
  • Kemudian pilih opsi Salin Tautan
  • Kamu juga bisa pilih “Bagikan ke..” untuk langsung share postingan tanpa harus copy paste

Selain untuk akun sendiri, metode ini juga dapat diterapkan untuk akun Instagram pengguna lain. Caranya sama saja, tinggal cari postingan tujuan dan pilih opsi Salin Tautan atau Bagikan ke.

Akhir Kata

Bukan hanya membagikan link akun, di Instagram kita juga bisa menyalin tautan postingan feed dan Reels. Bahkan, sekarang ada aplikasi download IG Story yang berfungsi untuk menyimpan cerita pengguna lain ke galeri hp.

Jadi itulah penjelasan cara menyalin link akun Instagram sendiri dan membagikannya ke Twitter atau media sosial lain. Kalau menggunakan aplikasi mobile kamu tak perlu repot, tinggal ketik username di belakang URL, seperti https://www.instagram/phonesable.