12 Game Mirip COC Offline MB Kecil, Dijamin Paling Seru!

Ada banyak rekomendasi game mirip COC offline MB kecil. Berikut beberapa daftar yang bisa di-download gratis di Android maupun iOS. Yuk coba mainkan!

Game mirip COC atau Clash of Clans bisa kita temukan dengan mudah, baik di Google Play maupun App Store. Tapi yang jadi masalah, kebanyakan gamers mencari game ukuran kecil, sehingga tidak membebani perangkat.

Seperti yang kita tahu, game COC begitu populer dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun sekarang pemainnya sudah banyak berkurang, namun tak membuat game ini sepi peminat.

Dikembangkan oleh Supercell, Clash of Clans lebih dulu muncul dibanding Mobile Legends. Dulu sekitar tahun 2014-an, banyak pengguna Android maupun iOS memainkan game ini dengan serius. Bahkan ada yang sampai jual-beli akun.

Nah, kalau ingin memainkan game ini tapi spesifikasi hp tak memadai, coba deh deretan game mirip COC offline MB kecil berikut. Ukurannya yang ringan tak akan membebani memori perangkat mobile kamu.

Daftar Game Mirip COC (Clash of Clans)

Clash of Clans atau COC menghadirkan konsep permainan strategi pertempuran. Dimana setiap pemain harus membangun desa sebagai area pertahanan dan juga menghancurkan base lawan dengan prajurit pilihan.

Meskipun sangat seru, terkadang kita mudah bosan dengan gameplay-nya. Sehingga, memainkan game mirip COC offline ukuran ringan bisa jadi solusi. Berikut rekomendasi terbaik.

1. Clash of Kings


Di daftar pertama ada Clash of Kings yang menghadirkan konsep mirip Clash of Clans. Dari segi tampilan, game ini dianggap jauh lebih bagus dari COC. Selain itu, alur cerita atau latar belakangnya juga sedikit berbeda.

Developer Clash of Kings mengambil tema Real Time Strategy, dimana pemain berperang sebagai raja yang harus menjalankan kerajaan dan mengembangkannya hingga menjadi besar.

Cara mainnya tak luput dari koin yang berguna sebagai alat untuk membuat bangunan agar terlihat lebih bagus. Kalau tertarik, kamu bisa unduh gratis di Playstore!

2. Brave Conquest

Selanjutnya ada Brave Conquest yang dianggap game mirip COC offline MB kecil. Game ini menghadirkan gaya tempur yang menakjubkan dan manajemen strategi unik. Kelola kerajaan sendiri dan kalahkan setiap musuh!

Sama seperti daftar sebelumnya, Brave Conquest juga mengharuskan kita membangun kerajaan dari nol. Selain itu, gameplay-nya cukup ketat karena harus bersaing dengan pemain lain guna melindungi kerajaan dari invasi.

Tentunya, untuk bisa menang di Brave Conquest, kalian harus memiliki hero sebanyak-banyaknya. Kemampuan mereka sangat penting agar tidak bisa dikalahkan dengan mudah.

3. Lords Mobile


Lords Mobile adalah game bertema strategi yang dikembangkan oleh IGG. Di platform download ini masuk daftar populer dan sudah diunduh ratusan juta orang. Lords Mobile dianggap sebagai game mirip COC ukuran ringan.

Konsep yang ditawarkan memadukan strategi, open space RPG, dan building. Dengan begitu, gamers tak hanya fokus bertarung saja, namun juga membangun kerajaan dan pasukan yang kokok agar tahan dari serangan musuh.

Lords Mobile memiliki beberapa mode, namun yang paling populer adalah PvP, dimana kita harus membentuk pasukan, menyerang musuh, dan “mencuri” resources yang mereka miliki.

4. Rise of Kingdoms

Kalau kamu merasa game mirip Clash of Clans offline lebih seru daripada yang online, Rise of Kingdoms bisa jadi pilihan. Awalnya, game ini berjudul “Rise of Civilization” dengan adaptasi gameplay layaknya COC.

Meskipun banyak anggapan game ini seru, namun kamu harus meluangkan banyak waktu. Sebab, di awal permainan kita harus melakukan building, upgrade, serta mengambil resources yang durasinya cukup lama.
 
Rise of Kingdoms memiliki banyak hero untuk dikumpulkan, setidaknya hingga artikel ini rilis ada 34 hero dengan kemampuan berbeda. Selain itu, ada juga 11 civilizations yang menawarkan keunikan tersendiri.

5. Boom Beach


Boom Beach sangat populer saat ini, bahkan iklannya muncul di mana-mana. Alasannya tak lain karena dianggap sebagai game mirip COC offline MB kecil. Apalagi, game ini digarap oleh developer yang sama seperti COC, yaitu Supercell.

Gameplay yang ditawarkan Boom Beach memang tidak 100% mirip, namun dari tampilannya kita bisa melihat ada banyak persamaan. Terlebih lagi, game ini membutuhkan strategi untuk mengalahkan musuh.

Perbedaan dengan COC ada pada gaya serangannya yang hanya terpusat di satu sisi saja. Jadi, kita bisa mengalihkan fokus pada pasukan dan susunan strategi.

6. X-War: Clash of Zombies

Banyak orang yang mencari game mirip COC buatan Indonesia, sayangnya sampai hari ini belum ada developer lokal yang mengembangkan game dengan konsep seperti Clash of Clans. Tapi, kalian bisa coba X-War: Clash of Zombies.

Berbeda dari COC yang memiliki Barbarian King, X-War: Clash of Zombie menghadirkan karakter tersendiri. Kalian akan menemukan nama-nama seperti Madara, Thor, Goku, hingga Hulk.

Cara main game ini cukup sederhana, di awal permainan kamu harus membuat bangunan yang kokoh dan melatih pasukan. Selain itu, ada opsi untuk merekrut Superhero guna membantu pertempuran.

7. Castle Clash


Rekomendasi game mirip COC terbaik yang tak kalah seru adalah Castle Clash. Game ini masuk jajaran paling populer khususnya di wilayah Amerika Serikat. Kalian bisa download gratis di hp Android maupun iOS.

Meskipun dianggap mirip, namun Castle Clash menghadirkan inovasi yang lebih baik. Salah satunya kita bisa menyimpan pasukan yang tersisa untuk digunakan pada pertempuran berikutnya.

Hal ini memudahkan kita sehingga tak perlu lagi mengeluarkan banyak resources untuk melatih pasukan maupun kebutuhan tempur.

8. Vikings: War of Clans

Turut serta meramaikan jagat game mirip COC offline ukuran ringan, Vikings: War of Clans layak kamu coba. Dari namanya saja sudah terlihat kalau game ini menawarkan konsep yang sama seperti Clash of Clans.

Vikings: War of Clans mengharuskan kamu membangun kerajaan dengan pasukan terkuat. Uniknya, jika kewalahan dalam menghadapi musuh, kamu bisa minta bantuan teman untuk bertarung bersama di mode multiplayer.

9. Jungle Heat


Tak ketinggalan nama Jungle Heat yang menghadirkan gameplay seru layaknya Clash of Clans. Mengusung tema strategi, gamers diharuskan membuat markas yang kokoh dan melatih pasukan untuk melawan maupun bertahan dari musuh.

Meskipun butuh strategi terbaik, tapi Jungle Heat cukup mudah dimainkan. Kamu tak perlu putar otak atau menghabiskan banyak waktu.

Developer memberikan konsep yang seru dan menyenangkan. Tertarik? Langsung saja download game mirip COC offline ini Playstore!

10. Dawn of Titans

Dawn of Titans masuk daftar game mirip COC karena konsep yang dihadirkan. Game yang dikembangkan oleh NaturalMotion ini juga memiliki resources dan komponen pendukung layaknya Clash of Clans.
 
Untuk mulai bermain, kamu bisa merekrut pasukan Titan. Setelah itu baru bisa mulai pertempuran dengan pemain lain. Keseruan dari game ini adalah kita akan menyaksikan kekalahan base musuh dan mendapatkan loot mereka.

11. Clash of Zombies


Suka game zombie sekaligus Clash of Clans? Cobain deh game yang satu ini: Clash of Zombies. Sesuai namanya, alur ceritanya berlatar dari zombie yang menyerang manusia. Tujuan kita adalah membentuk pasukan untuk melawannya.

Kalian diberi kebebasan memilih senjata pemusnah, seperti robot, laser, dan pilihan superhero. Pimpin pasukanmu untuk menjadi kuat dan kalahkan para zombie yang berkeliaran.

12. Total Conquest

Terakhir, ada nama Total Conquest yang bisa kamu coba kalau butuh game mirip COC di Android. Game ini bertemakan strategi dengan developer Gameloft. Konsep yang ditawarkan erat kaitannya dengan Romawi Kuno.

Seperti halnya Clash of Clasn, Total Conquest juga mengharuskan kita membentuk pasukan dan membangun benteng pertahanan. Karakter yang dihadirkan cukup unik, seperti Phoenix, Centaur, hingga Cyclops.

Bukan hanya fokus pada bangunan semata, kamu juga wajib melatih pasukan agar mampu menahan gempuran musuh dan mendapatkan gelar “King” di Ultimate Level.

Akhir Kata

Clash of Clans mungkin sudah ditinggal banyak gamers, namun legacy dan kenangannya akan terus melekat sampai kapanpun. Meskipun konsepnya yang simpel, kita harus menyusun strategi agar pertahanan tak mudah ditembus musuh.

Demikian rekomendasi terbaik game mirip COC offline MB kecil yang bisa di-download gratis di Android maupun iOS. Tak perlu hp mahal, kamu bisa mainkan di hp kentang dengan spesifikasi rendah. Selamat mencoba!