10 Game Mirip Katla Terbaik untuk Asah Otak, Bisa Offline!

Mau main Katla versi aplikasi? Berikut beberapa rekomendasi game mirip Katla offline yang bisa dicoba, baik di Android maupun iPhone.
Game Mirip Katla

Katla adalah salah satu game tebak kata yang populer dalam beberapa bulan terakhir, khususnya di Twitter. Namun, game ini hanya tersedia lewat website. Tapi sekarang ada game mirip Katla offline versi APK yang bisa dimainkan offline.

Bukan sekedar offline, untuk memainkannya kamu tak perlu menunggu 1 hari 1 kata. Developer mengembangkan game dengan konsep level, sehingga kamu bisa mengangsur semua level dalam satu waktu.

Berbeda dengan konsep Katla website, perhari kita hanya bisa menjawab satu kata tersembunyi dengan 6 kali kesempatan. Benar maupun salah, kata berikutnya akan terbuka dalam waktu 24 jam.

Penasaran apa saja alternatif game mirip Katla? Di bawah ini akan diulas rekomendasi terbaik yang bisa diunduh lewat Playstore gratis!

Daftar Game Mirip Katla

Permainan Katla bukan sekedar hiburan belaka, di sini kita dituntut mencari tahu kata tersembunyi. Dengan kata lain, otak dilatih untuk menghasah kemampuan berpikir sehingga menurunkan risiko pikun atau mudah lupa.

Berikut beberapa game mirip Katla terbaik yang offline maupun online:

1. Wordly Indonesia

Di daftar pertama ada Wordly Indonesia yang dikembangkan oleh DevSect. Game ini baru rilis sehingga rating dan jumlah unduhannya masih sedikit. Tapi tak perlu khawatir, Wordly sangat worth it dimainkan di waktu senggang.   

Cara mainnya tak beda jauh dari Katla, dimana pemain diberikan 6 kesempatan untuk menebak sebuah kata. Kita harus menebak huruf di 4, 5 atau 6 kolom tergantung tingkat kesulitan yang dipilih.

Sorotan hijau menandakan huruf berada di tempat yang sesuai, sementara kuning berarti huruf sudah benar namun letaknya salah, dan abu-abu artinya huruf tidak ada dalam kata.

Title: Wordly Indonesia
Ukuran: 34 MB
Rating: 4,3/5

2. Words of Wonders

Dikembangkan oleh Fugo Games, Words of Wonders jadi salah satu game mirip Katla offline di Android dan iOS. Perbedaannya di sini kamu harus menjawab beberapa kata tersembunyi dengan bantuan huruf acak.

Berawal dari level 1 atau paling rendah, pemain akan merasakan kesulitan di setiap level. Oleh karena itu, Words of Wonders sangat cocok dimainkan untuk melatih kecakapan dan kemampuan berpikir.

Title: Words of Wonders
Ukuran: 165 MB
Rating: 4,8/5

3. Wordle

Selanjutnya ada Wordle dengan tampilan yang sangat menyerupai Katla. Hanya saja, di sini katanya dalam bahasa Inggris. Artinya, selain mengasah otak kamu juga bisa menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris.

Wordle menghadirkan beberapa mode, pertama tebak kata harian dan kedua Unlimited Wordle yang dapat dimainkan tanpa batas dengan kesulitan berdasarkan level.

Title: Wordle!
Ukuran: 60 MB
Rating: 4,7/5

4. Katla

Bagi kamu yang mencari game mirip Katla ringan, rekomendasi satu ini bisa jadi pilihan. Size-nya tidak lebih dari 11 MB. Judulnya memang mirip, namun belum dapat dipastikan keduanya berasal dari developer yang sama.

Katla dikembangkan dalam versi aplikasi oleh Sarang Koding. Namun game ini tidak gratis, kamu harus mengeluarkan biaya download sebesar Rp3.000 untuk menikmati gimnya. Sangat murah mengingat fitur-fitur yang dihadirkan.

Title: Katla
Ukuran: 11 MB
Rating: 4,3/5

5. Tebak Kata Santai

Tebak Kata Santai merupakan game mirip Katla bahasa Indonesia besutan Soft Towel Games. Berdasarkan keterangan Playstore, gim ini baru dirilis sehingga belum kelihatan rating ataupun ulasan pengguna.

Tapi dari lampiran deskripsi, konsep yang ditawarkan lebih seru dari Katla. Alasannya karena ada 2000 level permainan dengan tingkat kesulitan berbeda. Kamu bisa pilih kata tebakan mulai dari 4 sampai 7 huruf.

Title: Tebak Kata Santai
Ukuran: 80 MB
Rating: -

6. BTS Wordle

Turut serta meramaikan jagat game mirip Katla Android, BTS Wordle bisa kamu coba khususnya penggemar BTS atau Army. Konsep permainannya persis seperti Katla karena dihadirkan oleh website yang sama, yaitu Vercel App.

Perbedaan Katla dan BTS Wordle ada pada kata tersembunyi. Kalau Katla berasal dari KBBI, BTS Wordle diambil dari sesuatu yang berkaitan dengan BTS. Seperti nama member, judul lagu, album, hingga username IG.

Title: BTS Wordle
Ukuran: - (versi website)
Rating: -

7. Wordaily

Kehadiran Wordaily semakin menambah daftar game mirip Katla terbaik di Android. Kamu bisa bermain sendiri atau bersama teman untuk melatih otak. Setiap kata tersembunyi hanya diberi 6 kesempatan untuk dijawab.

Satu hal menarik, Wordaily memungkinkan kamu membuat kata sendiri dan bagikan ke teman. Selain tersedia dalam bahasa Inggris, game ini juga mendukung banyak bahasa, salah satunya Indonesia.

Title: Wordaily – With No Daily Limit
Ukuran: 60 MB
Rating: 4,8/5

8. Absurdle

Absurdle merupakan game yang dikembangkan oleh Medrodome Software. Ini menyediakan permainan tebak kata layaknya Katla. Hanya saja, game satu ini menghadirkan kata tersembunyi dalam bahasa Inggris.

Selain itu, kesempatan yang diberikan untuk menjawab satu kata tidak terbatas. Sehingga kamu tak perlu khawatir bila tebakan salah. Sayangnya, Absurdle belum memiliki rating karena baru rilis.

Title: Absurdle
Ukuran: 3,7 MB
Rating: -

9. Word Guess

Word Guess bisa jadi pilihan yang tepat kalau kamu mencari game mirip Katla offline. Dengan ukuran download 30 MB, game ini punya fitur cukup lengkap dan bisa menghemat memori penyimpanan hp.

Word Guess dibekali tampilan yang sangat mirip dengan Katla. Kamu hanya perlu menebak kata tersembunyi dalam bahasa Inggris dengan 6 kali kesempatan.

Title: Word Guess – Daily Challenge
Ukuran: 30 MB
Rating: -

10. Worde

Banyak yang bilang kalau Worde adalah game mirip Katla ringan. Sebab, di Google Play ukuran download hanya 15 MB. Sehingga tak memakan banyak ruang penyimpanan, terlebih game ini menghadirkan mode offline.

Seperti halnya Worde, jawaban dari pertanyaan berasal dari kata Inggris. Sangat cocok bagi kamu yang ingin mengasah daya berpikir dan kemampuan bahasa Inggris.

Selain misi harian yang diperbarui 24 jam sekali, di sini juga tersedia mode unlimited. Bahkan, Worde juga bisa dimainkan bersama teman lewat fitur multiplayer online.
 
Title: Worde
Ukuran: 15 MB
Rating: 4,8/5

Akhir Kata

Katla bisa dimainkan di waktu senggang atau setelah lelah beraktivitas. Gameplay-nya pun sederhana, tak rumit seperti kebanyakan game Android. Apalagi Katla dapat dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan berpikir.

Itulah beberapa rekomendasi game mirip Katla terbaik di Android maupun iOS. Hampir semua daftar di atas bisa kamu mainkan tanpa koneksi internet alias offline. Jadi, mana yang paling membuat kamu penasaran? Yuk dicoba!