Cara Membuat Link Spotify di Bio Instagram yang Bisa Diklik

Berikut panduan lengkap cara membuat link Spotify di bio Instagram beserta tips agar tampilan link tidak terlalu panjang. Mari simak!
Cara Membuat Link Spotify di Bio Instagram

Pencarian cara membuat link Spotify di bio Instagram meningkat dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya, banyak pengguna yang ingin memasang playlist Spotify di akun IG mereka. Tujuannya tak lain untuk mengikuti tren viral.

Seperti yang kita tahu, Instagram menjadi satu dari sekian banyak media sosial dengan pengguna terbanyak. Selain bisa berbagi postingan, kita bebas mengekspresikan diri lewat fitur Reel dan Instastory.

Bahkan, banyak orang memanfaatkan IG untuk promosi bisnis. Entah itu lewat postingan feed atau tautan di bio akun. Ya, Instagram membebaskan pengguna menambahkan link yang mengarah ke laman bisnis atau platform lain.

Nah, di artikel ini Phonesable mau jelaskan cara membuat link Spotify di bio Instagram. Metodenya terbilang simpel, bahkan bisa menampilkan lebih dari 1 link. Penasaran? Yuk simak uraian di bawah ini.

Apa Bisa Menambahkan Link di Bio IG?

Faktanya, kita bisa menambahkan link apapun di bio IG. Tidak ada kebijakan melarang tindakan ini. Kecuali link yang dilampirkan menuju situs terlarang, contoh pornografi dan judi. Hal seperti ini akan membuat IG kamu diblokir.

Hampir semua pengguna menaruh link di bio Instagram mereka. Entah itu yang menuju Spotify, media sosial lain, atau Linktree.

Tapi jika kamu ingin melakukan hal serupa, pastikan untuk menambahkan teks lain, seperti tempat kerja, hobi, maupun organisasi yang sedang kamu ikuti.

Dengan kata lain, jangan hanya tautan saja. Nantinya malah terlihat seperti akun abal-abal. Apalagi kalau kamu punya niat untuk menjadi Selebgram.

Kamu bisa manfaatkan fitur ini sebagai media promosi. Beberapa afiliator Shopee sudah mulai “bergerak” membuat Reel produk dan menaruh link Shopee mereka di bio Instagram.

Cara Membuat Link Spotify di Bio Instagram

Pada dasarnya, biodata IG adalah sarana untuk menunjukkan kepada followers tentang kepribadian kita. Tapi seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai membuat link yang mengarah ke website, afiliasi Shopee, hingga playlist Spotify.

Bukan hanya playlist atau daftar putar, menaruh link Spotify aktif di bio IG juga bisa untuk musisi yang ingin mempromosikan lagu/album baru mereka. Jadi, pengunjung tinggal klik dan diarahkan ke aplikasi Spotify.

Berikut cara membuat link Spotify di bio Instagram dengan beberapa langkah mudah:

  • Pertama buka aplikasi Spotify di hp kamu, bebas Android atau iPhone
  • Lalu pilih playlist yang mau ditempelkan di bio IG
  • Di halaman playlist klik opsi titik tiga
  • Kemudian klik Share > Copy to clipboard
  • Setelah link tersalin, buka aplikasi Instagram
  • Masuk ke menu Profil > klik tombol Edit Profile
  • Selanjutnya di bawah “Bio” ada teks “Tautan”, klik teks-nya
  • Paste atau tempelkan link Spotify di kolom yang tersedia
  • Buat judul jika diperlukan
  • Terakhir, simpan perubahan dengan klik centang

Sampai tahap ini cara share link Spotify di bio Instagram sudah selesai. Mudah dan simpel, kan? Sekarang tampilan profil IG kamu terlihat lebih “profesional” layaknya artis atau musisi.

Sayangnya, link yang disalin langsung dari Spotify terlalu panjang. Sehingga membuat bio kamu kurang estetik. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mengubah link jadi singkat dengan bantuan aplikasi/situs pihak ketiga.

Cara Agar Link Spotify di Bio IG Tidak Terlalu Panjang

Tautan yang disalin langsung dari Spotify biasanya terlalu panjang setelah ditambahkan ke bio Instagram. Oleh sebab itu, kamu harus memperpendek link agar terlihat lebih estetik. Cara melakukannya cukup mudah.

Saat ini ada banyak situs shortlink yang berfungsi sebagai URL Shortener. Dengan situs ini, kita bisa membuat link yang awalnya panjang menjadi singkat, bahkan hanya beberapa kata saja.

Cara agar link Spotify tidak terlalu panjang kamu bisa mencoba Bitly atau Cuttly. Keduanya bebas digunakan tanpa perlu langganan. Kamu tinggal buat akun dan pendekkan link di kolom yang tersedia.

Cara Menambahkan Lebih Dari 1 Link di Bio IG

Setelah tahu cara memperpendek link Spotify yang terlalu panjang, mungkin beberapa dari kamu ada yang ingin menambahkan link lain. Sayangnya, untuk saat ini Instagram hanya mengizinkan 1 link di bagian profil.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok menambahkan lebih dari 1 link di bio IG. Metodenya sederhana, yakni menggunakan Linktree.

Linktree adalah platform yang berfungsi sebagai media untuk mengorganisir berbagai link di satu halaman. Jadi, ketika pengunjung mengklik tautan Linktree, mereka akan diarahkan ke halaman berisi 4 hingga 5 tautan.

Kalau kamu tertarik, langsung saja buat akun Linktree lewat hp Android maupun iPhone. Sepenuhnya gratis, hanya perlu daftar pakai alamat email dan kata sandi.

Akhir Kata

Sebagian orang merasa bio Instagram tidak terlalu penting. Namun bagi pelaku bisnis, fitur ini bisa jadi media promosi gratis. Apalagi kalau jumlah followers sudah banyak. Kita tinggal tempelkan link dan tunggu traffic datang.

Demikian uraian perihal cara membuat link Spotify di bio Instagram beserta panduan agar tampilan link tidak terlalu panjang. Silahkan ikuti setiap langkah agar followers tahu playlist atau lagu-lagu yang sering kamu dengar.