-->

Cara Mengatasi Hp Lag dan Lemot Saat Main Game, Begini!

Cara mengatasi hp lag dan lemot saat main game yang pertama adalah dengan meningkatkan kinerja Android. Teknisnya, sebelum Anda bermain game
cara mengatasi hp ngelag
source: switchedoninsurance.com

Teknologi berkembang kian masif pada era modern ini. Hampir dari segala sektor kehidupan kini telah tersentuh modernisasi. Tak terkecuali layanan seperti permainan atau game online. Namun seringkali masalah apabila ketika bermain game, tiba-tiba hp ngelag. Nah, lalu bagaimanakah cara mengatasi hp lag saat main game? Simak terus tulisan ini.

Bermain game kini menjadi hobi baru bagi hampir semua kalangan suka bermain game. Baik pria maupun wanita, anak-anak, remaja dan orang dewasa pun kini ikut bermain game. Entah itu game offline ataupun online.

Baik game online maupun offline memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Game online misalnya, dapat menambah teman dengan bertemu orang baru di sebuah room atau match acak. Bahkan banyak komunitas terbentuk karena kesamaan dari game yang dimainkan. Beberapa komunitas bahkan aktif menggelar gathering rutin tiap bulannya.

Di samping bisa menambah teman baru, game online juga memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya mengenai ruang penyimpanan. Bermain game online secara rutin dan kontinu dapat menumpuk data yang tersimpan dalam memori penyimpanan ponsel. Dampaknya, ponsel kita akan cepat penuh.

Kenapa hp bisa lag? Ruang penyimpanan yang semakin penuh terisi akan berimbas kepada optimal tidaknya kinerja penggunaan ponsel. Hal inilah yang dapat menyebabkan ketika kita menggunakan sebuah aplikasi, lantas terjadi perlambatan loading atau yang biasa disebut dengan istilah lag. Hal ini tentu sangat mengganggu apalagi ketika bermain game.

Tentu hal itu akan menjadi momen yang paling menyebalkan. Ketika sedang asyik-asyiknya bermain dan bahkan hampir memenangkan sebuah match misalnya, hp justru tiba-tiba bermasalah. Maka dari itu perlu kiranya Anda mengetahui kiat-kiat mengatasinya jika sewaktu-waktu mengalami kendala tersebut.

Kondisi ponsel terutama yang kerap kali digunakan khususnya yang menggunakan akses internet, kerap kali mengalami degradasi tingkat keoptimalan karena aktivitas yang terus-menerus yang menguras daya baterai yang berlebih.

Kemudian langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi hp yang nge-lag tadi adalah dengan melakukan upaya agar kinerja ponsel kembali optimal. Berikut adalah beberapa tips atau cara mengatasi hp nge-lag saat main game.

Langah Mengatasi Hp Nge-Lag Ketika Bermain Game

1. Menghidupkan Fitur Developer Options

Cara mengatasi hp lag atau lemot yang pertama adalah dengan meningkatkan kinerja Android. Teknisnya, sebelum Anda bermain game Anda harus menghidupkan developer options pada ponsel Anda. Cara ini cukup umum digunakan namun jika Anda belum mengetahui cara ini, berikut adalah penjelasannya.

  • Pertama, buka menu Settings pada ponsel Anda. 
  • Selanjutnya, pilih ‘About Phone’. 
  • Kemudian Anda tap sebanyak ketuk 7 kali di atas nomor Build. 
  • Lalu geser terus ke bawah hingga Anda menemukan option Force 4x MSAA
  • Setelah ketemu, silahkan hidupkan. Lalu, reboot ponsel Anda.

2. Mencopot Aplikasi Usang

uninstall aplikasi untuk mengurangi lag

Langkah kedua cukup simpel untuk lakukan. Tak jarang pada suatu waktu kita diharuskan memasang aplikasi yang penting namun seiring waktu berlalu bisa jadi aplikasi tersebut sudah tidak terpakai dan jarang diakses. Maka langkah paling bijak jika menemukan hal yang demikian ialah dengan mencopot aplikasi yang sudah tidak terpakai tersebut.

Buatlah skala prioritas. Anda harus memilah mana aplikasi yang Anda perlukan dan mana yang tidak. Copot aplikasi usang yang telah lama mendekam di ponsel Anda dan sudah lama tidak digunakan lagi. Hal ini jelas akan memperluas storage device ponsel Anda.

3. Menonaktifkan Background Apps

cara mengatasi hp lag saat main game

Ketika menggunakan ponsel, tentu kita akan bosan bila hanya mengakses salah satu aplikasi saja. Namun tanpa disadari, seringkali kita lupa untuk menutup aplikasi tersebut. Akibatnya, aplikasi itu masih bekerja atau sekedar jeda menanti untuk kembali digunakan kembali. Hal tersebut mengakibatkan tak sepenuhnya aplikasi pada latar belakang tersebut tertutup sehingga akan memakan penggunaan kinerja ponsel.

Dengan demikian kecepatan akses ponsel akan berkurang dan melambat disebabkan oleh ruang RAM yang terkonsumsi sangat masif dan berimbas pada terkurasnya daya baterai. Maka dengan menghapus aplikasi yang masih ada di background dapat membantu mengoptimalkan kinerja hp dan mengatasi nge-lag ketika menggunakan aplikasi atau game.

4. Upgrade Android System


cara mengatasi hp lemot

Senantias mengikuti perkembangan sistem juga sangat penting. Dengan melakukan pembaharuan software pada ponsel Anda, itu akan sangat membantu Anda dalam mengakses berbagai aplikasi.

Sistem yang sudah diperbarui akan menjaga stabilitas dan optimalisasi kinerja ponsel. Selain itu, fitur-fitur baru juga sering diberikan. Hal ini membantu Anda menjangkau lebih luas akses penggunaan ponsel Anda. System apps updater dapat ditemukan di bawah opsi ‘About Phone’.

5. Memasang Aplikasi Booster

cara mempercepat kinerja hp saat ngegame

Sebagai upaya cara mengatasi hp nge-lag ketika bermain game dan meningkatkan kinerja ponsel agar optimal, Anda bisa menggunakan aplikasi booster. Anda dapat mengunduhnya di Google Playstore. Beberapa contoh aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja akses ponsel Anda seperti Game Booster, Swift Gamer, DU Speed Booster dan lain sebagainya.

6. Nonaktifkan Animasi

Langkah berikutnya yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi hp lag dan lemot adalah dengan mematikan animasi pada layar ponsel Anda. Hal ini dapat meningkatkan kinerja ponsel dan memperlancar aktivitas penggunaan Android, termasuk bermain game. 

Untuk melakukan langkah ini, Anda perlu membuka developer system pada ponsel Anda. Lalu, scroll sampai menemui skala Windows animation scales dan tetapkan skala animasi 10x. Atau jika ingin lebih optimal, Anda bisa mematikannya dengan menekan opsi ‘Animasi Mati’.

7. Update Game

update game ke versi baru

Lazimnya, pihak developer akan terus mengevaluasi aplikasi karya mereka. Mereka akan terus berinovasi dan menghadirkan fitur atau challenge baru agar para penggunanya tetap mengaksesnya. Hal inilah yang menyebabkan developer aplikasi pasti melakukan pembaharuan aplikasi dalam beberapa jangka waktu sekali.

Ketika bermain game, selain masalah lag dari internal ponsel pengguna, ada masalah sejenis yang juga sering dijumpai pengguna. Dalam game, tak jarang kita menemukan bug di dalamnya. Bug ini seperti missing puzzle dalam proses pembuatan game maka seringkali hanya dapat diketahui setelah game telah dibuat.

Mengupdate game merupakan solusi yang dapat dilakukan untuk terus dapat memainkan game favorit. Karena hampir setiap pembaruan aplikasi, developer memberi fitur baru di dalamnya. Selain itu, grafis game juga hampir selalu membaik dan membuat permainan tampak lebih riil.

8. Nonaktifkan Battery Saver

Battery saver atau penghemat daya ponsel memang bermanfaat dalam endurance baterai ponsel. Akan tetapi mode tersebut juga dapat memberi garis kerja Unit Prosesor dan mengakibatkan pengaksesan suatu aplikasi tidak optimal karena berfokus kepada bagaimana cara ponsel menghemat daya ketahanan baterai saja.

Mematikan ‘Battery saver’ dapat menjadi opsi logis untuk optimalisasi akses aplikasi karena dengan menonaktifkan mode tersebut akan memberi dorongan lebih pada pemaksimalan penggunaan ponsel terutama akses aplikasi atau pemakaian ponsel.

9. Menggunakan aplikasi Lite

Jika Anda ragu untuk mencopot aplikasi favorit, ada cara lain agar Anda bisa tetap bermain namun juga menghemat space ponsel Anda. Cara tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi versi lite. Lite dalam bahasa Inggris berarti kecil, mini atau ringkas.

Aplikasi lite lebih membantu menguras over capacity pada ‘Storage device’ ponsel karena hanya membutuhkan sedikit ruang untuk pemasangan jika dikomparasikan dengan apilkasi versi utamanya. Beberapa aplikasi yang telah menyediakan versi lite seperti Google, Facebook dan aplikasi media sosial lainnya. 

Aplikasi lite adalah jenis aplikasi yang berisi fitur-fitur basic dan penting saja dari sebuah aplikasi reguler atau aplikasi utamanya. Perbedaannya dengan aplikasi utamanya, fitur yang ada di aplikasi lite hanya fitur inti yang umumnya sering digunakan oleh user suatu aplikasi. Dengan demikian, hal ini dapat menghemat ruang penyimpanan pada ponsel Anda.

Nah, demikian tadi cara mengatasi hp lag saat main game. Bisa dicoba ketika penyimpanan Anda mulai mengikis dan ingin main game namun sering nge-lag. Meskipun masih banyak cara lainnya di luar, namun kiranya beberapa langkah tadi bisa dicoba dan semoga bermanfaat dalam membantu mengatasi hp yang nge-lag ketika main game.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>